Selamat Hari Pendidikan Nasional! Semoga pendidikan Indonesia semakin maju dan menghasilkan generasi cerdas serta berbudi pekerti luhur. Hari Pendidikan Nasional Selamat Hari Pendidikan Nasional 2024, mari suarakan lewat mimpi-mimpi besar lewat pendidikan yang berkualitas. Hardiknas Selamat memperingati Hari Pendidikan Nasional! Terima kasih para pahlawan pendidikan yang telah mengabdikan diri untuk mencerdaskan bangsa. Hardiknas Tak ada kunci keberhasilan yang lebih mujarab selain pendidikan. Selamat Hari Pendidikan Nasional, semoga semakin membuka pintu ilmu pengetahuan. Hardiknas Hari Pendidikan Nasional mengingatkan kita untuk terus belajar dan mengasah ilmu agar dapat menjadi individu yang bermanfaat bagi negeri. Hardiknas Di Hari Pendidikan Nasional, mari kita apresiasi seluruh insan pendidikan yang tak kenal lelah dalam membagikan ilmu dan membentuk karakter bangsa. Hardiknas

  Artikel/Berita

Piala Asia

Yordania vs Qatar di Final Piala Asia AFC 2024

Admin TB

09 Februari 2024 10:13:38

1.343 Kali Dibaca

Tenggulangbaru.id - Final Piala Asia 2023 (2024) edisi ke-18 antara Yordania vs Qatar bakal dihelat di Stadion Lusail, Qatar, pada Sabtu, 10 Februari 2024 kick-off pukul 22.00 WIB. Duel Yordania vs Qatar ini akan tayang di RCTI dan live streaming Vision+ (Soccer Channel). .

Yordania menjadi tim kejutan yang mampu mencapai pertandingan final Piala Asia 2023 untuk menantang juara bertahan dan tuan rumah Qatar. 

Yordania melaju ke final setelah secara meyakinkan menumbangkan kandidat juara Korea Selatan 2-0 pada pertandingan semifinal yang dimainkan di Stadion Ahmed Bin Ali, Selasa, 6 Februari 2024. Dua gol kemenangan Yordania ke gawang Taeguk Warrior dicetak Yazan Al-Naimat menit 53 dan Musa Al-Taamari menit 66.

Sedangkan Qatar melanjutkan kampanye mempertahankan gelar juara di rumahnya dengan menyingkirkan Iran 3-2 di Stadion Al Thumama, Rabu, 7 Februari 2024 malam. Tiga gol kemenangan Qatar disumbangkan Jassem Gaber Abdulsallam menit 17, Akram Afif (43), dan Almoez Ali (82). Sedangkan dua gol balasan Iran dicetak Sardar Azmoun menit 4 dan tendangan penalti Alireza Jahanbakhsh menit 51.

Lolosnya Yordania hingga ke partai puncak menjadikan Piala Asia 2023 berpotensi melahirkan juara baru seperti dua edisi sebelumnya saat Australia tampil sebagai kampiun pada 2015 dan Qatar tahun 2019. 

Mampukah Yordania melakukannya di kesempatan pertamanya lolos ke final dan harus merebut trofi langsung dari juara bertahan yang bertindak sebagai tuan rumah?

Kecuali kubu Yordania, sebagian besar orang diyakini bakal menjawab: berat! Namun, secara teknis Yordania punya kapasitas untuk menorehkan sejarah emas tersebut. Perjalanan dari fase grup hingga lolos ke final sudah menggambarkan kapabilitas yang dimiliki Yordania.

Meski hanya lolos melalui jalur peringkat ketiga terbaik dengan catatan sekali menang dari Malaysia (4-0), imbang dengan Korea Selatan (2-2) dan kalah dari Bahrain (0-1), Yordania garang di fase gugur. Mereka menyingkirkan dua juara Asia, Irak (2007) di babak 16 Besar dan Korea Selatan (1956, 1960) di semifinal. Sebelumnya, di perempat final, Yordania memulangkan Tajikistan.

Prediksi Yordania vs Qatar di Final Piala Asia AFC 2024
Yordania vs Qatar di Final Piala Asia AFC 2024


 

Preview Yordania vs Qatar

Tuan rumah, Qatar di ambang back to back juara. Lima tahun lalu di Piala Asia 2019, tim berjuluk The Maroon itu meraih gelar pertama. Kini, mereka ingin mempertahankan gelar di kandangnya sendiri.

Dalam sejarahnya, bukan kali pertama saja sang juara bertahan mampu mempertahankan gelar. Korea Selatan (Korsel) melakukannya 1956 dan 1960 silam, Iran (1968, 1972, 1976), Arab Saudi (1984, 1988), serta Jepang (2000, 2004).

Bukan hal baru tuan rumah mampu meraih gelar di kandangnya sendiri. Sejarah serupa telah diciptakan Korsel (1960), Israel (1964), Iran (1968, 1976), Kuwait (1980), Jepang (1992), hingga Australia (2015). Tak ayal, faktor sejarah mendekatkan Qatar ke gelar ke-2.

Di sisi lain, Yordania yang datang sebagai tim kejutan kini menantang tuan rumah. Sejarah telah diciptakan tim berjuluk The Chivalrous, yaitu lolos ke final untuk kali perdana. Jika mampu menang, Yordania akan menyamai torehan Arab Saudi (1996) dan Jepang (2004), saat mampu mengandaskan perlawanan tuan rumah di partai final.

Qatar dan Yordania lolos ke final usai sama-sama mengalahkan 2 dari 3 tim teratas ranking FIFA di Asia. Qatar dengan dramatis menyingkirkan Iran 2-3 dalam laga semifinal Piala Asia 2024, sedangkan Yordania memulangkan Korsel lewat skor 2-0.

Tim tuan rumah Qatar punya bekal kuat jelang final nanti. The Maroon masih menyisakan sejumlah alumni line-up final 2019 yang kini masih memperkuat tim, termasuk Akram Afif dan Almoez Ali yang sama-sama mencetak gol di semifinal.

Alumni final 2019 lainnya ialah Abdelaziz Hatem, Hassan Al Haydos, Tarek Salman, Boualem Khoukhi, Bassam Al Rawi, Pedro Miguel, Saad Al Sheeb, hingga Ahmed Alaaeldin yang 5 tahun lalu tampil sebagai pemain pengganti,

Qatar ke final Piala Asia dengan rekor nyaris sempurna, yaitu 5 kali menang dan sekali imbang. Satu-satunya hasil seri didapat di partai perempat final saat mereka ditahan Uzbekistan 1-1. The Maroon lolos dari fase itu lewat duel adu penalti.

Kendati begitu, perjalanan Qatar sebenarnya tak selalu mulus. The Maroon hanya punya waktu sebulan untuk beradaptasi dengan pelatih anyar. Pada Desember lalu, juru taktik berkebangsaan Spanyol, Marquez Tintin Lopez tiba-tiba ditunjuk sebagai pelatih baru menggantikan Carlos Queiroz.

Lopez hanya punya persiapan 2 laga uji coba sebelum tampil ke AFC Asian Cup ini. Hasilnya, mantan pelatih Al Qakrah itu mampu mengantarkan timya di ambang meraih back to back juara.

Sementara, rute berliku sejatinya juga dilalui Yordania. Pasalnya, The Chivalrous terus-terusan menelan pil pahit semenjak dilatih juru taktik asal Maroko, Houcine Ammouta pada Juni 2023 lalu. Sembilan laga awal Yordania di bawah kepemimpinan Ammouta hanya menghasilkan 7 kekalahan, 1 hasil imbang, dan hanya 1 kemenangan.

Menariknya satu-satunya kemenangan Yordania jelang Piala Asia 2024 ialah saat mereka menaklukan Qatar 1-2 di uji coba pada awal Januari 2024 lalu. Itu sekaligus jadi kemenangan perdana Ammouta bersama Yordania.

Perjalanan Yordania di Piala Asia 2024 sendiri juga penuh liku. Yordania lolos dengan status tim peringkat ke-3 terbaik. Total dari 6 laga, menghasilkan 4 kemenangan, 1 imbang, dan sekali kalah. Segala keraguan terjawab lewat sejarah baru, bahwa Yordania lolos ke final untuk kali perdana dalam sejarah.

Sejarah baru ingin terus diciptakan Yordania. Seperti di semifinal lalu, yang telah jadi sejarah baru kelolosan mereka ke babak 4 besar. Tak puas, Yordania melangkah ke final dan kini gelar juara untuk kali perdana juga telah menanti.

Yordania vs Korea Selatan di Semifinal Piala Asia AFC 2024 Iran vs Qatar di Semifinal Piala Asia AFC 2024

Yordania vs Korea Selatan di Semifinal Piala Asia AFC 2024 Yordania vs Korea Selatan di Semifinal Piala Asia AFC 2024


 

Analisis Yordania vs Qatar

Iran's Sardar Azmoun in an aerial duel Qatar's Lucas Mendes. [Sorin Furcoi/Al Jazeera]
Lucas Mendes dari Qatar dalam duel udara dengan Sardar Azmoun dari Iran. [Foto: Sorin Furcoi/Al Jazeera].

Yordania mengawali Piala Asia dengan menghadapi Malaysia. Dalam duel lawan Malaysia, Yordania mampu menunjukkan perbedaan kelas yang signifikan. Yordania bisa meraih kemenangan telak 4-0 atas Malaysia.

Pada laga kedua, Yordania menghadapi Korea Selatan. Yordania tampil gemilang dan bahkan mampu unggul 2-1 hingga laga memasuki masa injury time. Di masa injury time, Korea Selatan mampu menyamakan kedudukan sehingga skor imbang 2-2.

Namun yang jadi perhatian banyak orang, saat itu juara grup E akan menghadapi runner up grup D yang ditempati oleh Jepang. Banyak anggapan yang mengalir bahwa Yordania dan Korea Selatan sama-sama berusaha menghindari Jepang dengan tidak jadi juara grup E.

Yordania kalah dari Bahrain sedangkan Korea Selatan bermain imbang lawan Malaysia. Alhasil, Bahrain yang kemudian jadi juara grup sedangkan Yordania finis di posisi ketiga.

Jadi peringkat tiga grup E, Yordania menghadapi Irak di babak 16 besar. Duel Yordania vs Irak penuh drama. Irak bisa unggul 2-1 di menit ke-76 lewat gol Aymen Hussein. Namun Aymen Hussein mendapat kartu kuning kedua setelah merayakan gol tersebut.

Unggul jumlah pemain, Yordania berusaha bangkit dari ketinggalan. Namun hingga laga memasuki injury time, skor masih 2-1 untuk Irak.

Laga lalu berubah drastis dalam waktu singkat. Yordania sukses menang dramatis dengan skor 3-2 karena Yazan AL Arab dan Nizar Al Rashdan bisa mencetak gol balasan di menit kelima dan ketujuh injury time babak kedua.

Setelah melangkah ke babak perempat final, Yordania berjumpa tim kejutan Tajikistan. Yordania berhasil menang tipis 1-0 berkat gol bunuh diri Valdat Hanonov di menit ke-66.

Masuk ke babak semifinal, Yordania kembali berjumpa Korea Selatan. Yordania mampu membungkam Korea Selatan dengan skor 2-0. Yazan Al Naimat dan Nazar Al Taamari sukses mencetak gol di laga tersebut sekaligus membawa Yordania ke partai puncak.

Al Naimat dan Al Taamari sendiri jadi pemain tersubur dengan torehan tiga gol dalam perjalanan Yordania ke final.

Sementara itu Qatar yang jadi tuan rumah Piala Asia 2023 tak menemui kendala berarti di fase grup. Qatar bisa merebut poin sempurna sembilan di tiga laga awal fase grup.
Qatar menghajar Lebanon dengan skor 3-0, lalu menang 1-0 dalam duel lawan Tajikistan dan China. Qatar jadi salah satu tim yang tidak kebobolan di fase grup.

Perjalanan Qatar mulai berat di saat turnamen memasuki fase knock out. Di babak 16 besar, Qatar berhadapan dengan Palestina.

Di babak perempat final, Qatar menghadapi Uzbekistan. Laga berakhir imbang 1-1 hingga duel sepanjang 120 menit dilaksanakan.

Qatar sempat tertinggal saat adu penalti karena dua eksekutor mereka gagal yaitu Almoez Ali dan Ali Mukhtar. Namun akhirnya Qatar bisa menang 3-2 di akhir drama adu penalti.

Memasuki babak semifinal, Qatar harus duel lawan Iran yang di babak sebelumnya mengalahkan Jepang. Kedua tim silih berganti memegang keunggulan.

Iran lebih dulu memimpin lewat Sardar Azmoun di menit keempat. Qatar berbalik unggul lewat Jassem Gaber dan Akram Afif.

Iran sempat menyamakan skor menjadi 2-2 lewat penalti Alireza Jahanbakhsh. Namun kemudian Qatar bisa memastikan kemenangan lewat gol Almoez Ali di menit ke-82.

Dalam perjalanan ke babak final, Akram Afif jadi bintang lewat torehan lima gol.

Fakta Menarik jelang Final Piala Asia 2024

Berikut ini fakta menarik menjelang laga Yordaia vs Qatar di Final Piala Asia 2023 (2024):

  1. Ini merupakan kali pertama Timnas Yordania lolos ke final Piala Asia. Pencapaian terbaik sebelumnya adalah perempat final pada edisi 2004 dan 2011.

  2. Timnas Qatar berpeluang meraih gelar kedua Piala Asia secara beruntun setelah menjadi juara turnamen ini untuk kali pertama pada 2019. Situasi tersebut membuat Qatar juga punya kans untuk menyamai Jepang sebagai tim yang mampu mempertahankan gelar. Jepang mengukir pencapaian tersebut pada Piala Asia 2004.

  3. Timnas Yordania sejatinya lolos ke fase gugur Piala Asia 2023 hanya sebagai salah satu peringkat tiga terbaik fase grup. Di fase gugur, Yordania mampu menundukkan tim-tim yang di atas kertas lebih diunggulkan seperti Irak di babak 16 besar lalu, serta Korea Selatan di semifinal

  4. Qatar mengalami peningkatan enam peringkat di rangking FIFA berkat penampilan mereka sejauh ini di Piala Asia 2023. Qatar kini ada di ranking 41 dunia.

  5. Yordania mengalami lonjakan peringkat yang lebih gila lagi. Tim berjuluk The Chivalrous Ones ini mendapatkan tambahan 70,32 poin di ranking FIFA berkat keberhasilan mereka menembus final. Alhasil, Yordania naik 16 posisi dari peringkat 87 ke 71 dunia.

 Inter Milan vs Juventus di Pekan ke-23 Liga Italia 2023-2024


 

Berita Tim Yordania vs Qatar

Para pemain Qatar merayakan gol kedua yang spektakuler dari Akram Afif. [Sorin Furcoi/Al Jazeera]
Para pemain Qatar merayakan gol kedua yang spektakuler dari Akram Afif. [Foto: Sorin Furcoi/Al Jazeera].

Yordania

Manajer Houcine Ammouta tidak memiliki kekhawatiran cedera atau skorsing yang perlu dikhawatirkan menjelang final Piala Asia pertama timnya. Dia sebagian besar terjebak dengan XI yang sama sepanjang turnamen dan kemungkinan akan melanjutkan dengan cara yang sama.

Penyerang Mousa Al-Taamari dan Yazan Al-Naimat berada dalam performa terbaiknya untuk Yordania di turnamen ini. Mereka masing-masing telah mencetak tiga gol sejauh ini dan akan menjadi krusial bagi harapan negara mereka untuk mengangkat piala. Mahmoud Al-Mardi menjadi salah satu pemain yang harus diperhatikan karena dia telah mengantongi dua gol sejauh ini.

Qatar

Manajer Tintin Marquez tidak perlu khawatir akan skorsing, tetapi bek tengah dan kapten Almahdi Ali mungkin ragu-ragu. Ali mengalami cedera tak lama setelah satu jam pertandingan dalam kemenangan semifinal mereka atas Iran dan akan menghadapi tes kebugaran yang terlambat.

Akram Afif (5) dan Hassan Al Haydos (3) telah memimpin tim dalam daftar pencetak gol dan penampilan mereka di final akan sangat penting. Marquez akan menurunkan XI yang sama seperti yang ia lakukan di semifinal dan berharap mereka menyelesaikan pekerjaannya dan memenangkan piala.

 Real Madrid vs Atletico Madrid di Pekan ke-23 LaLiga 2023-2024


 

Perkiraan Susunan Pemain

Berikut ini adalah prediksi susunan pemain yang diturunkan Timnas Yordania vs Qatar di Final Piala Asia AFC 2024:

Yordania Yordania (3-4-2-1):

  • Line-up: Yazeed Abulaila; Abdallah Nasib, Yazan Alarab, Baraa Marei; Ehsan Haddad, Niza Mahmoud Al Rashan, Noor Al Rawabdeh, Mohammad Ali Hasheesh; Mousa Al Taamari, Mahmoud Al Mardi; Yazan Al Naimat.
  • Pelatih: Houcine Ammouta.

Qatar Qatar (4-4-2):

  • Line-up: Meshaal Aissa Barsham; Mohammed Waad, Almahdi Ali, Lucas Mendes, Pedro Miguel; Homam Ahmed, Ahmed Fathy, Jassem Gaber Abdulsallam, Yusuf Abdurisag; Akram Afif, Almoez Ali.
  • Pelatih: Marquez Tintin Lopez..

 Qatar vs Uzbekistan di Babak Perempat Final Piala Asia 2024


 

Head to Head dan Performa

Rekor 5 pertemuan terakhir kedua tim menunjukan keunggulan Qatar. The Maroon tercatat menang 3 kali dan Yordania membalas sekali. Adapun di perjumpaan terakhir dalam uji coba jelang Piala Asia 2024, kemenangan berlabuh untuk kubu Yordania.

5 Pertandingan Terakhir Yordania vs Qatar

  • 05/01/24 Qatar 1-2 Yordania
  • 23/12/18 Qatar 2-0 Yordania
  • 18/08/16 Yordania 2-3 Qatar
  • 07/01/14 Qatar 2-0 Yordania
  • 08/10/12 Qatar 1-1 Yordania

5 Pertandingan Terakhir Yordania

  • 06/02/24 Yordania 2-0 Korsel
  • 02/02/24 Tajikistan 0-1 Yordania
  • 29/01/24 Irak 2-3 Yordania
  • 25/01/24 Yordania 0-1 Bahrain
  • 20/01/24 Yordania 2-2 Korsel

5 Pertandingan Terakhir Qatar

  • 07/02/24 Iran 2-3 Qatar
  • 03/02/24 Qatar 1-1 Uzbekistan, pen 2-3
  • 29/01/24 Qatar 2-1 Palestina
  • 22/01/24 Qatar 1-0 China
  • 17/01/24 Tajikistan 0-1 Qatar

Prediksi Iran vs Jepang di Babak Perempat Final Piala Asia 2024 Iran vs Jepang di Babak semifinal Piala Asia 2024


 

Statistik Yordania vs Qatar

  • Terdapat 23 pertemuan sebelumnya antara kedua tim, dengan Yordania menang enam kali atas Qatar dan kalah 12 kali.

  • Kemenangan terakhir Jordan atas Qatar terjadi pada Agustus 2008, memastikan kemenangan 3-0 di Kejuaraan Federasi Sepak Bola Asia Barat.

  • Qatar telah mengalahkan Yordania dalam dua pertandingan terakhir mereka: 2-0 pada Januari 2014 dan 2-0 pada Desember 2018.

  • Qatar tidak terkalahkan melawan Yordania dalam empat pertandingan.

  • Setelah mencatatkan clean sheet di ketiga pertandingan grup mereka, Qatar telah kebobolan setidaknya sekali dalam ketiga pertandingan sistem gugur mereka.

 Prediksi Australia vs Korea Selatan di Babak semifinal Piala Asia 2024


 

Prediksi Skor Yordania vs Qatar

Ini adalah final, jadi kami tidak mengharapkan banyak aksi di depan gawang, namun ini bisa menjadi pertandingan yang menegangkan, dengan kedua belah pihak mengambil setiap langkah dengan hati-hati.

Yordania berada di wilayah yang belum dipetakan, karena ini adalah final besar pertama mereka dalam sejarah, namun mereka telah menunjukkan semangat juang yang luar biasa di babak sistem gugur untuk sampai ke sini.

Qatar telah melaju ke tahap ini, memenangkan lima dari enam pertandingan di Piala Asia 2024. Duo penyerang produktif Ali Almoez dan Akram Afif akan diandalkan untuk menghasilkan gol di sini, dan mereka tidak akan mengecewakan.

Sang juara bertahan diharapkan dapat mempertahankan gelarnya.

Peluang Menang:

  • Yordania: 43% . 
  • Qatar: 57%
Prediksi Skor: Yordania 1-2 Qatar

DISCLAIMER: Pembahasan ini hanya bersifat prediksi bisa salah atau benar.

 Tajikistan vs Yordania di Babak semifinal Piala Asia 2024


 

Live Streaming Iran vs Qatar

Live streaming final Piala Asia 2023 (2024) antara Yordania vs Qatar di Stadion Lusail, Qatar, akan dimainkan pada Sabtu (10/2/2024) kick-off pukul 22.00 WIB disiarkan secara langsung di RCTI dan dapat ditonton live streaming melalui Vision+.

Siaran Piala Asia 2024 tayang eksklusif di kanal-kanal MNC. Untuk menyaksikan secara streaming, penggemar bisa mengaktifkan paket di Vision+.

Link Live Streaming Yordania vs Qatar Link Live Streaming Yordania vs Qatar:

Link Live Streaming Iran vs Qatar - RCTI Link Live Streaming Yordania vs Qatar - Soccer Channel (Vision+)

DISCLIMER: Jadwal dan stasiun televisi yang menayangkan Piala Asia 2024 dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pemegang hak siar.

Jadwal Lengkap Perempat Final Piala Asia 2024


 

Jadwal Piala Asia 2024 Qatar

Semifinal Piala Asia 2023

6 Februari 2024

7 Februari 2024

 

Final Piala Asia 2023

10 Februari 2024

Jadwal Lengkap Piala Asia 2023 Qatar

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Artikel Menarik Lainnya

Hosting Murah se Indonesia

Arsip Artikel

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Hosting Gratis

MHosting Gratis Rp.0

Komentar

Tenggulangbaru.id
02 Mei 2024 11:49:08
Selamat Hari Pendidikan Nasional! Semoga setiap anak... selengkapnya
Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya
Satria setiawan wijaya
06 Maret 2024 16:47:49
Bagaimana cara mndaftarkan ank saya dpet pip... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:78
Kemarin:4.388
Total Pengunjung:99.933
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.131.50
Browser:Mozilla 5.0