Minal Aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Batin Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga hari kemenangan ini membawa kehangatan dan kedamaian bagi seluruh insan di dunia. Selamat Hari Raya. Semoga Idul Fitri kita mendapat limpahan berkah oleh Allah. Mari kita rayakan dengan menebar cinta dan kebahagiaan kepada sesama. Eid Mubarak 2024! May this Eid be the best one yet for all of us. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga Idul Fitri tahun ini menjadi yang terbaik bagi kita semua.

Artikel/Berita

Piala Asia

Prediksi Iran vs Qatar di Semifinal Piala Asia AFC 2024

Admin TB

06 Februari 2024 13:37:49

1.215 Kali Dibaca

Tenggulangbaru.id - Iran akan menghadapi Qatar pada babak Semifinal Piala Asia AFC 2024. Laga Iran vs Qatar akan berlangsung di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, pada Rabu, 7 Februari 2024, pukul 22.00 WIB. Laga Iran vs Qatar rencananya akan tayang live di RCTI, iNews TV, serta live streaming Vision+ (Soccer Channel).

Iran lolos ke semifinal lewat pertarungan sengit melawan Jepang pada babak 8 Besar. Tim Melli mengalahkan Jepang dengan skor 2-1 di perempat final.

Sementara itu, Qatar juga lolos ke semifinal lewat jalan terjal. Berhadapan dengan Uzbekistan pada babak 8 Besar, tim asuhan Tintin Marquez menang dalam adu penalti.

Hasil dramatis mewarnai kelolosan Iran dan Qatar ke semifinal Piala Asia 2024. Iran yang bertanding lebih dulu menang 2-1 atas Jepang dalam laga perempat final di Stadion Education City, Al Rayyan, Sabtu (3/2) kemarin.

Iran yang bermain tanpa salah satu penggawa terbaiknya, Mehdi Taremi tertinggal lebih dulu oleh gol Jepang dari Hidemasa Morita 28’. Lantas Mohammad Mohebi menyamakan kedudukan di menit 55. Sedangkan gol penalti Alireza Jahanbakhsh di injury time babak ke-2 memastikan kemenangan Tim Melli atas Samurai biru.

Sementara, Qatar menundukan Uzbekistan lewat drama adu penalti yang berakhir dengan skor 3-2 dalam laga di Stadion Stadion Al Bayt, Al Khor, yang berakhir Minggu (4/2) dini hari. Di babak normal dan tambahan, kedua tim bermain imbang 1-1.

Qatar selaku tuan rumah dan juara bertahan unggul lebih dulu lewat gol bunuh diri Utkir Yusupov di menit 27’. Kemudian Uzbekistan menyamakan kedudukan oleh Odilzhon Khamrobekov di menit 59’.

Pada duel tos-tosan, 3 dari 5 eksekutor Qatar sukses menyelesaikan tugasnya. Sementara, Uzbekistan tersingkir usai 3 dari 5 penendang penalti gagal mengoyak jala Qatar.

Prediksi Iran vs Qatar di Semifinal Piala Asia AFC 2024
Prediksi Iran vs Qatar di Semifinal Piala Asia AFC 2024


 

Preview Iran vs Qatar

Sejatinya Timnas Iran maupun Timnas Qatar sama-sama layak masuk final Piala Asia 2024. Namun sayang sekali salah satu di antara mereka mesti angkat kaki sebelum sampai laga puncak.

Timnas Qatar selaku tuan rumah turnamen sekaligus tim juara bertahan, tentu bakal memanfaatkan dukungan penuh publik mereka sendiri. Sementara Iran bisa berharap kepada kualitas dan pengalaman para pemain mereka. Sebagai kolektor 3 gelar juara AFC Asian Cup, posisi Iran tentu tak bisa dianggap remeh.

Timnas Qatar memburu gelar ke-2 mereka dalam sejarah Piala Asia. Gelar pertama raih 5 tahun lalu di Uni Emirat Arab, usai mengalahkan Jepang 3-1. Kepercayaan diri Timnas Qatar membumbung jelang laga kali ini, terlebih meraih back to back gelar juara di Piala Asia bukan merupakan hal baru.

Sepanjang sejarah sudah ada 4 tim lain yang pernah meraih 2 gelar secara beruntun. Mereka adalah Korea Selatan, Iran, Jepang, dan Arab Saudi. Khusus bagi Timnas Iran, mereka bahkan dapat hattrik pada 1968, 1972, dan 1976.

Pada edisi sebelumnya juga ada 7 tuan rumah yang berhasil menjadi juara di markas sendiri. Mereka adalah Korea Selatan 1960, Israel 1964, Iran 1968 dan 1976, Kuwait 1980, Jepang 1992, serta Australia 2015. Qatar tentu kian termotivasi untuk mengikuti jejak mereka.

Keberhasilan lolos ke semifinal tahun ini turut membuktikan kualitas sepak bola Qatar. Namun demikian pelatih Tintín Márquez López menyatakan bahwa timnya belum puas. Masih ada 2 pertandingan yang harus dituntaskan, demi memuluskan target gelar di kandang sendiri.

"Kami meyakini bahwa lolos ke semifinal adalah sebuah pencapaian bagus. Tapi misi kami belum usai. Masih ada 2 pertandingan, dan kami ingin maksimal dalam 2 pertandingan tersebut. Tapi terlebih dahulu kami harus fokus melawan Iran," kata López, dikutip dari laman AFC.

Bagi Iran, keberhasilan menembus semifinal seakan melepaskan dahaga sekian lama. Meski merupakan langganan lolos Piala Dunia mewakili Asia dan 3 kali menjadi yang terbaik di Asia, Timnas Iran dalam fase menurun.

Faktanya, terakhir kali tim berjuluk Team Melli itu lolos ke semifinal AFC Asian Cup terjadi pada edisi 2004 di China. Ketika itu Iran dikalahkan China di semifinal via adu penalti. Untungnya, gelar hiburan berupa juara ketiga bisa diraih usai mengalahkan Bahrain 4-2.

Tidak heran jika kemenangan atas Timnas Jepang di perempat final Piala Asia 2024 disambut haru skuad Iran. Mereka berhasil mengakhiri penantian panjang lolos ke semifinal, lewat laga yang berakhir dramatis. Gol kemenangan atas Jepang terjadi pada menit 90+6, lewat eksekusi penalti Alireza Jahanbakhsh.

"Semoga kami bisa meneruskan performa ini untuk menjadi juara Asia. Dengan cara itu kami bisa membuat masyarakat Iran senang dan bangga," ucap striker Timnas Iran, Mohammad Mohebbi.

Yordania vs Korea Selatan di Semifinal Piala Asia AFC 2024 Yordania vs Korea Selatan di Semifinal Piala Asia AFC 2024


 

Analisis Iran vs Qatar

Akram Afif dan Moustafa Tarek merayakan kemenangan adu penalti Qatar atas Uzbekistan di perempat final Piala Asia 2023. © Reuters
Akram Afif dan Moustafa Tarek merayakan kemenangan adu penalti Qatar atas Uzbekistan di perempat final Piala Asia 2023. © Reuters.

Qatar memiliki peluang menjadi negara ketiga di abad ini yang lolos ke final Piala Asia secara beruntun, saat mereka bersaing dengan Iran pada hari Rabu di Stadion Al Thumama.

Tim Melli berhasil mengalahkan Jepang 2-1 di perempat final, mencetak gol kemenangan melalui penalti waktu tambahan, sementara juara bertahan menyingkirkan Uzbekistan lewat adu penalti setelah pertandingan berakhir kimbang 1-1.

Untuk kampanye Piala Asia kedua berturut-turut, Iran melaju ke babak semifinal, memperpanjang rekor tak terkalahkan mereka menjadi 18 pertandingan di semua kompetisi.

Sabtu lalu menjadi momen penebusan bagi Amir Ghalenoei, yang memimpin Iran pada Piala Asia 2007 ketika mereka tersingkir di perempat final melalui adu penalti melawan Korea Selatan.

Meskipun Iran memiliki sejumlah pemain berbakat yang bermain di klub-klub top Eropa, adalah semangat juang mereka yang membawa mereka ke tahap ini, selamat dari kejutan di babak 16 besar, dan meraih kemenangan comeback pertama mereka di turnamen ini sejak 2011 (menang 2-1 atas Irak).

Dengan kemenangan ini, Iran melangkah ke final Piala Asia untuk yang pertama sejak 1976, ketika mereka menjadi tuan rumah dan memenangkan acara tersebut.

Namun, Team Melli telah kalah dalam enam pertandingan semifinal terakhir mereka di turnamen ini.

Iran belum pernah memimpin dalam satu semifinal Piala Asia sejak 1988 ketika Arab Saudi mengalahkan mereka lewat adu penalti setelah pertandingan berakhir imbang 1-1.

Mereka juga tak terkalahkan dalam 10 pertandingan terakhir melawan Qatar, memenangkan enam pertemuan beruntun melawan mereka dengan tidak kebobolan dalam enam pertemuan terakhir dengan Maroons.

Sementara itu, di kubu Qatar berhasil keluar sebagai pemenang, berkat penjaga gawang yang luar biasa pada babak perempat final kontra Uzbekistan.

Kesalahan penjaga gawang Utkir Yusupov membuat tuan rumah unggul, dan meskipun gagal mengeksekusi dua penalti dalam adu penalti, Uzbekistan gagal tiga kali dari titik putih, memungkinkan Maroons meraih kemenangan perempat final Piala Asia mereka yang kedua berturut-turut setelah tersingkir pada tahap ini pada dua kesempatan sebelumnya (2000 dan 2011).

Sebelum babak gugur Piala Asia, Tintin Marquez hanya melihat timnya kebobolan sekali dalam enam pertandingan kompetitif.

Meskipun mereka sudah kebobolan gol pada babak 16 besar dan perempat final turnamen ini, satu gol lebih banyak dari yang mereka izinkan pada fase gugur Piala Asia 2019.

Dengan kemenangan ini, mereka menjadi tuan rumah pertama yang mencapai final kompetisi Piala Asia sejak Australia pada tahun 2015 dan hanya yang ketiga pada tahun 2000-an yang melaju ke pertandingan penentu.

Berkat kemenangan dramatis mereka pada hari Sabtu, mereka adalah juara bertahan pertama yang melangkah lebih jauh dari perempat final turnamen ini sejak Jepang pada tahun 2007 (tempat keempat).

Tim Maroons tidak terkalahkan dalam 12 pertandingan Piala Asia berturut-turut dan tidak pernah kalah dalam pertandingan gugur turnamen ini sejak perempat final 2011 (kalah 3-2 dari Jepang).

  • Bentuk Iran Piala Asia : WWWWW
  • Bentuk Iran (semua kompetisi): WWWWWW
  • Bentuk Qatar Piala Asia: WWWWW
  • Bentuk Qatar (semua kompetisi): LWWWWW

 Inter Milan vs Juventus di Pekan ke-23 Liga Italia 2023-2024


Akram Afif dan Moustafa Tarek merayakan kemenangan adu penalti Qatar atas Uzbekistan di perempat final Piala Asia 2023. © Reuters
Akram Afif dan Moustafa Tarek merayakan kemenangan adu penalti Qatar atas Uzbekistan di perempat final Piala Asia 2023. © Reuters.

 

Berita Tim Iran vs Qatar

Iran kemungkinan besar tidak akan diperkuat Sadegh Moharrami untuk pertandingan ini karena cedera ligamen, Majid Hosseini mengalami cedera pergelangan kaki, sementara Mehdi Taremi melewatkan pertandingan perempat final karena skorsing.

Ada empat perubahan yang dilakukan pada starting 11 Iran di babak delapan besar, dengan Milad Mohammadi , Hossein Kanaanizadegan , Omid Ebrahimi dan Mohammad Mohebi menggantikan Ehsan Hajsafi , Rouzbeh Cheshmi , Taremi dan Mehdi Ghayedi .

Mohebi mencetak gol penyeimbang untuk Iran melawan Jepang pada akhir pekan sebelum Alireza Jahanbakhsh mencetak gol kemenangan dari titik penalti.

Penjaga gawang cadangan Salah Zakaria adalah satu-satunya kekhawatiran cedera yang dialami Qatar menjelang pertemuan ini, dengan pemain berusia 24 tahun itu menghadapi masalah yang tidak diketahui.

Ada dua pendatang baru di starting 11 Qatar selama akhir pekan yang tidak memulai pertandingan babak 16 besar mereka, karena Al-Mahdi Ali Mukhtar dan Tarek Salman menggantikan Boualem Khoukhi dan Bassam Al-Rawi .

Meshaal Barsham menghentikan tiga penalti Uzbekistan, memberikan penangguhan hukuman bagi Mukhtar dan Almoez Ali , yang gagal mengeksekusi tendangan penalti, memungkinkan Ro-Ro mengirim mereka lolos dengan mengkonversi penalti kelima yang menentukan.

Alireza Jahanbakhsh dan Mohammad Mohebbi merayakan gol kemenangan Iran melawan Jepang di Piala Asia 2023. © Reuters.
Alireza Jahanbakhsh dan Mohammad Mohebbi merayakan gol kemenangan Iran melawan Jepang di Piala Asia 2023. © Reuters.

 Real Madrid vs Atletico Madrid di Pekan ke-23 LaLiga 2023-2024


 

Perkiraan Susunan Pemain

Berikut ini adalah prediksi susunan pemain yang diturunkan Timnas Iran vs Qatar di Semifinal Piala Asia AFC 2024:

Iran Iran (4-2-3-1):

  • Line-up: Alireza Beiranvand; Sadegh Moharrami, Hossein Kanaanizadegan, Shojae Khalilzadeh, Ehsan Hajsafi; Saeed Ezatolahi, Saman Ghoddos; Ali Gholizadeh, Mehdi Taremi, Mehdi Ghayedi; Sardar Azmoun.
  • Pelatih: Amir Ghalenoei.

Qatar Qatar (3-5-2):

  • Line-up: Meshaal Barsham; Tarek Salman, Lucas Mendes, Almahdi Ali; Pedro Miguel, Jassem Gaber, Ahmed Fathy, Hassan Al Haydos, Mohammed Waad; Almoez Ali, Akram Afif.
  • Pelatih: Tintin Marquez.

 Qatar vs Uzbekistan di Babak Perempat Final Piala Asia 2024

Prediksi Iran vs Jepang di Babak Perempat Final Piala Asia 2024 Iran vs Jepang di Babak semifinal Piala Asia 2024


 

Head to Head dan Performa

Laga ini bakal menjadi pertemuan ke-3 Iran dan Qatar di putaran final Piala Asia. Duel perdana terjadi ketika fase grup Qatar 1988, kala itu tuan rumah takluk 0-2. Lalu yang kedua, terjadi saat fase grup Australia 2015. Kala itu Iran menang 1-0.

Secara total, Iran dan Qatar sudah bertemu 24 kali. Hasilnya, Iran menang 16 kali, Qatar unggul 3 kali, dan sisanya berakhir seri. Duel terakhir kedua tim terjadi pada Oktober 2023. Iran saat itu menghabisi Qatar 4-0.

5 Pertemuan terakhir Iran vs Qatar

  • 18/10/23 Qatar 0 - 4 Iran
  • 01/01/19 Qatar 1 - 2 Iran
  • 23/03/17 Qatar 0 - 1 Iran
  • 01/09/16 Iran 2 - 0 Qatar
  • 15/01/15 Qatar 0 - 1 Iran

5 Laga terakhir Iran

  • 15/01/24 Iran 4 - 1 Palestina
  • 20/01/24 Hong Kong 0 - 1 Iran
  • 23/01/24 Iran 2 - 1 UAE
  • 31/01/24 Iran 1 - 1 (5-3 pen) Suriah
  • 03/02/24 Iran 2 - 1 Jepang

5 Laga terakhir Qatar

  • 12/01/24 Qatar 3 - 0 Lebanon
  • 17/01/24 Tajikistan 0 - 1 Qatar
  • 22/01/24 Qatar 1 - 0 China
  • 29/01/24 Qatar 2 - 1 Palestina
  • 03/02/24 Qatar 1 - 1 (3-2 pen) Uzbekistan

 Prediksi Australia vs Korea Selatan di Babak semifinal Piala Asia 2024


 

Prediksi Skor Iran vs Qatar

Iran tampil sangat stabil di Piala Asia 2023. Iran punya banyak pemain dengan jam terbang tinggi. Iran juga bisa diperkuat Mehdi Taremi, yang absen pada laga babak 8 Besar karena akumulasi kartu. Taremi bisa jadi faktor kunci bagi Iran.

Qatar juga punya skuad berpengalaman. Ada banyak pemain yang membawa Qatar juara Piala Asia 2019 yang masih bermain pada edisi 2023 ini. Penyerang senior Hassan Al Haydos selalu bikin gol pada tiga laga terakhir.

Peluang Menang:

  • Iran: 62% . 
  • Qatar: 22%
  • Seri: 16%
Prediksi Skor: Iran 2-1 Qatar

DISCLAIMER: Pembahasan ini hanya bersifat prediksi bisa salah atau benar.

 Tajikistan vs Yordania di Babak semifinal Piala Asia 2024

 Jadwal Lengkap semifinal Piala Asia 2024


 

Live Streaming Iran vs Qatar

Live streaming RCTI antara Iran vs Qatar dalam jadwal semifinal Piala Asia 2024 dapat diakses melalui Vision+, pada Rabu 7 Februari 2024, jam tayang pukul 22.00 WIB.

Untuk menyaksikan Piala Asia 2024 di Vision+, Anda dapat memilih paket berlangganan Premium Sports. Paket tersebut terdiri dari 3 pilihan yakni Paket 30 Hari Rp35.000, Paket 90 Hari Rp95.000, dan Paket 1 Tahun Rp200.000.

Link Live Streaming Iran vs Qatar Link Live Streaming Iran vs Qatar:

Link Live Streaming Iran vs Qatar - RCTI Link Live Streaming Iran vs Qatar - Soccer Channel (Vision+)

DISCLIMER: Jadwal dan stasiun televisi yang menayangkan Piala Asia 2024 dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pemegang hak siar.

 Jadwal Lengkap Premier League Inggris 2023/2024


 

Jadwal Piala Asia 2024 Qatar

Semifinal Piala Asia 2023

6 Februari 2024

7 Februari 2024

 

Final Piala Asia 2023

10 Februari 2024

  • 22:00 WIB Yordania/Korea Selatan vs Iran/Qatar
    Lusail Stadium, Lusail

 Jadwal Lengkap Piala Asia 2023 Yordania

 

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Hosting Murah se Indonesia

Statistik

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Hosting Gratis

MHosting Gratis Rp.0

Komentar

Topani Sahara
03 April 2024 04:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
28 Maret 2024 01:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 09:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 23:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 22:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 17:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya
Satria setiawan wijaya
06 Maret 2024 23:47:49
Bagaimana cara mndaftarkan ank saya dpet pip... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 22:48:40
Mohon bantuannya ..utk bisa mendapatkan PIP..Anak saya... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 22:47:46
Mohon bantuannya ..utk bisa mendapatkan PIP..Anak saya... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 22:44:08
Bagaimana cara mendapatkan PIP..suami terkena PHK..... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:1.607
Kemarin:6.008
Total Pengunjung:18.250
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.34.253
Browser:Tidak ditemukan