Minal Aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Batin Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga hari kemenangan ini membawa kehangatan dan kedamaian bagi seluruh insan di dunia. Selamat Hari Raya. Semoga Idul Fitri kita mendapat limpahan berkah oleh Allah. Mari kita rayakan dengan menebar cinta dan kebahagiaan kepada sesama. Eid Mubarak 2024! May this Eid be the best one yet for all of us. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga Idul Fitri tahun ini menjadi yang terbaik bagi kita semua.

Artikel/Berita

Piala Asia

Prediksi Jepang vs Indonesia di Piala Asia 2024, 24 Januari 2024

Admin TB

24 Januari 2024 23:09:57

518 Kali Dibaca

Tenggulangbaru.id - Pertandingan Jepang vs Indonesia akan menjadi laga pemungkas fase grup sekaligus penentu bagi langkah skuad Merah Putih pada Grup D Piala Asia 2023 (2024). Timnas Indonesia akan menghadapi Jepang pada Rabu, 24 Januari 2024. Laga ini bakal berlangsung di Al Thumama Stadium, Doha, Qatar mulai pukul 18.30 WIB.

Siaran langsung Jepang vs Timnas Indonesia di laga terakhir penyisihan Grup D dapat ditonton melalui TV nasional RCTI. Sementara itu, live streaming laga penentu tiket fase knockout ini tayang melalui Vision+, tepatnya di kanal Soccer Channel (Link Streaming ada dibawah artikel ini.

Skuad Garuda minimal perlu meraih hasil imbang untuk membuka peluang lolos ke babak 16 besar. Saat ini mereka menempati posisi kedua di klasemen sementara peringkat ketiga terbaik dengan koleksi tiga poin. Indonesia dapat melaju ke fase gugur dengan catatan Oman, Suriah, dan Palestina tidak menang pada pertandingan terakhir di grup masing-masing.

Namun, menahan imbang Jepang bukan tugas yang mudah. Samurai Biru adalah salah satu tim terbaik di kawasan Asia. Mereka langganan tampil di Piala Dunia dan kolektor gelar Piala Asia terbanyak dengan total empat kali juara pada edisi 1992, 2000, 2004, dan 2011.

Prediksi Jepang vs Indonesia di Piala Asia 2024, 24 Januari 2024


Prediksi Indonesia vs Irak di Piala Asia 2023, 15 Januari 2024

Preview Jepang vs Indonesia

Partai lawan Jepang adalah laga terberat Timnas Indonesia di Grup D. Pasalnya, Samurai Biru menempati peringkat 17 FIFA dalam ranking edisi Desember 2023. Ini kontras dengan Garuda yang nomor 146. Namun, peluang sekecil apa pun mesti dirawat oleh Merah Putih.

Penyerang Timnas Indonesia, Hokky Caraka, optimistis timnya bisa mengimbangi Jepang . Pasalnya, dalam 2 laga awal penampilan awal tidak terlalu superior, salah satunya kalah dari Irak 2-1 di matchday 2.

"Kami harus segera fokus ke laga selanjutnya melawan Jepang . Kami akui Jepang tim kuat, namun kami juga optimistis mampu mengimbangi Jepang apalagi sudah melihat permainan mereka," kata Hokky Caraka dikutip laman resmi PSSI.

Penyerang muda Timnas Indonesia tersebut tampil sebagai pemain pengganti melawan Vietnam dan menciptakan beberapa peluang. Kendati gagal mencetak gol, dia berharap diberi kesempatan lagi di laga pemungkas Grup D.

Di sisi lain Jepang yang tumbang dari Irak di laga ke-2 bakal berupaya bangkit di laga pemungkas fase grup. Oleh karenanya, pelatih Hajime Moriyasu, menegaskan timnya akan mengincar 3 poin agar bisa lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2024.

"Kami harus belajar dari kekalahan yang kami terima dari Irak. Para pemain sudah bekerja sangat keras, dan turnamen belum berakhir. Kami harus bersiap menghadapi Indonesia di laga terakhir untuk meraih kemenangan," kata Hajime Moriyasu, dikutip dari laman AFC.

Prediksi Bahrain vs Malaysia di Piala Asia 2024


 

Analisis Jepang vs Indonesia

Sampai Minggu (21/1) dini hari, Timnas Indonesia ada di posisi 2 dalam klasemen peringkat 3 terbaik Piala Asia 2024. Dengan koleksi 3 angka dari 2 laga, Garuda sebenarnya punya poin yang sama dengan Bahrain yang menempati posisi 1. Bahkan, selisih gol dan produktivitas gol Merah Putih sama persis dengan Bahrain, yaitu minus 1 gol dan skor 2-3.

Syarat sebuah tim lolos ke fase 16 besar Piala Asia 2024 adalah menjadi juara dan runner-up grup. Namun, masih ada 4 tiket tersisa ke babak gugur itu. Keempat tiket itu didapatkan dari 4 peringkat ketiga terbaik dari Grup A hingga F.

Namun, Timnas Indonesia tercatat sudah terkena 4 kartu kuning dalam 2 laga Grup D. Kartu-kartu itu didapatkan Elkan Baggot dan Marc Klok saat lawan Irak, lalu Pratama Arhan dan Yakob Sayuri saat jumpa Vietnam.

Sebaliknya, Bahrain baru mengantongi 3 kartu kuning, dengan rincian Moses Atede dan Ali Madan saat bertempur kontra Korsel, juga Kamil Al Aswad ketika jumpa Malaysia. Ini membuat nilai fair play Bahrain (-3) lebih tinggi daripada Indonesia (-4).

Posisi Indonesia di klasemen peringkat 3 masih bisa berubah, naik atau turun tergantung dari hasil pertandingan lain. Ada kemungkinan, Merah Putih bisa lolos lebih cepat, bahkan sebelum bertanding lawan Jepang. Namun, hal itu baru terjadi jika terjadi syarat-syarat khusus.

Pertama, jika laga terakhir Grup A antara Tajikistan vs Lebanon berakhir imbang. Jika itu yang terjadi, tim peringkat 3 grup tersebut hanya punya 2 angka, atau lebih sedikit daripada Indonesia.

Andai duel Tajikistan vs Lebanon berakhir dengan kemenangan satu pihak, masih ada harapan jika partai Qatar vs China ditutup dengan kemenangan Al Annabi. Andai ini terjadi, lagi-lagi tim peringkat 3 Grup A punya poin lebih kecil daripada Indonesia.

Laga kunci lain adalah partai pemungkas Grup B antara Suriah vs India. Jika partai ini berakhir seri, Suriah hanya akan punya 2 angka, lebih kecil daripada Merah Putih. Namun, jika India menang, tinggal berapa skor yang dibuat. India saat ini punya 0 angka, dengan selisih gol -5.

Harapan lain juga muncul dari Grup C. Pasalnya, di laga pemungkas, Palestina dan Hong Kong saling bertemu. Jika laga ini berakhir seri, Palestina cuma punya 2 poin, atau satu angka di bawah Indonesia. Jika Hong Kong menang, selisih gol mereka yang bakal menentukan. Saat ini, Hong Kong punya -3.

Selama ada 2 tim peringkat 3 Grup A hingga C memiliki nilai di bawah 3, posisi Timnas Indonesia lolos ke 16 besar AFC Asian Cup akan aman. Lain cerita jika semua skenario di atas tidak terjadi.

Andai Garuda kalah dari Jepang, kemudian hanya ada 1 tim peringkat 3 dari Grup A hingga C yang punya poin di bawh Merah Putih, Timnas Indonesia harus berharap tim peringkat 3 lain dari Grup E hingga F bernilai lebih buruk.

Misalnya, berharap laga terakhir Grup E antara Yordania vs Bahrain berakhir dengan kemenangan The Cedars lewat skor telak. Ini akan membuat Bahrain ada di bawah Indonesia, dengan syarat Garuda kalah dengan jumlah gol lebih sedikit saat lawan Jepang.

Prediksi Yordania vs Korea Selatan di Piala Asia 2024


 

Berita Tim Jepang vs Indonesia

Mayoritas pemain Jepang menghuni tim utama di klubnya masing-masing. Seperti Takefusa Kubo yang menjadi tulang punggung Real Sociedad di Liga Spanyol. Kemudian Wataru Endo yang merupakan gelandang bertahan utama Liverpool, hingga Ritsu Doan, winger utama SC Freiburg di Liga Jerman.

Jepang juga dikabarkan mendapat kekuatan tambahan menjelang menghadapi Indonesia. Winger andalan mereka, Kaoru Mitoma sudah mulai ikut berlatih setelah absen pada dua laga awal karena cedera. Kehadiran pemain Brighton & Hove Albion itu menjadi sinyal bahaya untuk lini pertahanan Tim Merah Putih.

Dari segi materi pemain, Indonesia belum sebanding dengan Jepang. Beberapa Pasukan Garuda memang berkarier di luar negeri, tetapi mayoritas tak masuk tim utama. Tercatat hanya Jordi Amat (Johor Darul Ta'zim) dan Sandy Walsh (KV Mechelen) yang langganan tampil sebagai starter di klub, sementara sisanya hanya menjadi pemain pengganti.

Situasi Indonesia makin sulit setelah bek utama Jordi Amat mengalami cedera saat mengalahkan Vietnam pada laga sebelumnya. Pemain berusia 31 tahun itu menderita cedera patah tulang hidung sehingga mesti menjalani pengobatan. Jordi diprediksi akan tetap bisa tampil dengan menggunakan topen, meski begitu kondisi tersebut dapat mempengaruhi performanya di lapangan.

Hasil Akhir Vietnam vs Indonesia di Matchday Kedua Piala Asia (AFC) 2023

 

Perkiraan Susunan Pemain

Jepang diprediksi tampil full team dengan menurunkan pemain-pemain top seperti Takefusa Kubo, Takehiro Tomiyasu, Takumi Minamino, dan lainnya. Pelatih Hajime Moriyasu diperkirakan tetap bermain dengan skema 4-2-3-1.

Di sisi lain, Timnas Indonesia diperkirakan tidak melakukan banyak perubahan melawan Jepang. Di posisi belakang, pelatih Shin Tae-yong, akan menunggu kondisi terakhir Jordi Amat, apakah memungkinkan bermain di laga pemungkas.

Skema 5-4-1, yang dapat berubah menjadi 3-4-2-1 bakal menjadi andalan Indonesia menghadapi Jepang. Di posisi penyerang, Rafael Struick, diperkirakan menjadi false nine, didukung Yakob Sayuri dan Shayne Pattynama, yang diplot sebagai winger.

Berikut ini prediksi susunan pemain Jepang vs Indonesia di Piala Asia AFC 2024:

Jepang Jepang (4-2-3-1):

    • Line-up: Zion Suzuki; Yukinari Sugawara, Kou Itakura, Shogo Taniguchi, Hiroki Ito; Hidemasa Morita, Wataru Endo; Junya Ito, Takefusa Kubo, Takumi Minamino; Ayase Ueda.
    • Pelatih: Hajime Moriyasu.

Indonesia Indonesia (3-4-2-1):

  • Line-up: Ernando Ari; Sandy Walsh, Jordi Amat, Justin Hubner; Asnawi Mangkualam, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Pratama Arhan; Yakob Sayuri, Egy Maulana Vikri; Rafael Struick.
  • Pelatih: Shin Tae-yong.
Prediksi Vietnam vs Indonesia di Piala Asia 2024

 

Head to Head dan Performa

5 pertemuan terakhir

5 laga terakhir Jepang

  • 21/11/23 Suriah 0 - 5 Jepang
  • 01/01/24 Jepang 5 - 0 Thailand
  • 09/01/24 Jepang 6 - 1 Yordania
  • 14/01/24 Jepang 4 - 2 Vietnam
  • 19/01/24 Irak 2 - 1 Jepang

5 laga terakhir Indonesia

Hasil Real Madrid vs Barcelona di Final Supercopa de Espana 2023/2024


 

Statistik Jepang vs Indonesia

  • Jepang menang di 11 dari 12 laga terakhirnya di semua kompetisi.

  • Jepang menang di 7 dari 9 laga terakhirnya di Piala Asia.

  • Jepang paling tidak mencetak 4 gol di 10 dari 12 laga terakhirnya di semua kompetisi.

  • Indonesia gagal menang di 6 dari 7 laga terakhirnya di semua kompetisi.

  • Indonesia tak pernah meraih lebih dari tiga poin dalam sejarah mereka di Piala Asia

Pelatih

  • Kedua pelatih, Hajime Moriyasu dan Shin Tae-yong belum pernah bertemu sebelumnya.
  • Moriyasu belum pernah melawan Indonesia.
  • Shin Tae-yong pernah sekali melawan Jepang, yakni saat melatih Korea Selatan di ajang Piala EAFF 2017. Dia berhasil menang 4-1.

Wasit

  • Laga ini akan dipimpin oleh wasit asal Qatar, Khamis Al Marri.
  • Ini akan jadi laga pertama Al Marri di Piala Asia 2023.
  • Indonesia belum pernah diwasiti Al Marri.
  • Rekor Jepang saat diwasiti Al Marri: 2 laga, 2 menang.

Pemain Kunci

  • Jepang
    • Top Scorer: Takumi Minamino (2 gol)
    • Top Assist: Takumi Minamino, Takefusa Kubo, Reo Hatate, Wataru Endo (1 assist)
    • Top Rating: Takumi Minamino (8,15)
  • Indonesia
    • Top Scorer: Marselino Ferdinan, Asnawi Mangkualam (1 gol)
    • Top Assist: Yakob Sayuri (1 assist)
    • Top Rating: Marselino Ferdinan (7,80)

Prediksi Indonesia vs Irak di Piala Asia 2023


 

Prediksi Skor Jepang vs Indonesia

Pratinjau Pertandingan

Pertandingan Jepang vs Indonesia diprediksi akan berlangsung ketat. Khususnya, bagi ke dua tim laga tersebut penting untuk bisa mengamankan poin dan lolos ke babak enam belas besar Piala Asia 2023.

Kekalahan dari Irak merupakan pukulan telak bagi Jepang. Sang Raja Asia bisa dikalahkan setelah tampil bagus. Namun, Jepang bisa jadi bakal bangkit dengan cepat. Sebab, bakal jadi aib jika Jepang gagal di fase grup Piala Asia 2023.

Dalam pertandingan tersebut Jepang lebih berpeluang lebih dapat memenangkan pertandingan. Pasalnya, cukup banyak pemain Jepang yang bermain di klub besar Eropa.

Meski demikian, Timnas Indonesia juga mempunyai peluang untuk bisa mengalahkan Jepang

Indonesia diprediksi akan tampil lepas saat berjumpa Jepang. Menang mungkin sulit, tetapi meraih poin masih mungkin dilakukan. Jika mampu bertahan dengan rapat seperti saat lawan Vietnam, Skuad Garuda punya peluang bikin kejutan.

Prediksi Skor: Jepang 2-0 Indonesia

DISCLAIMER: Pembahasan ini hanya bersifat prediksi bisa salah atau benar.

Prediksi AC Milan vs AS Roma di Pekan ke-20 Liga Italia 2023-2024

 

Live Streaming Jepang vs Indonesia

Apabila tidak ada perubahan jadwal, live streaming Jepang vs Timnas Indonesia di matchday 3 penyisihan grup Piala Asia dapat disaksikan di Vision+ Kanal Soccer Channel. Selain itu, jalannya laga pada Rabu, 24 Januari 2024 dapat disaksikan melalui siaran langsung RCTI.

Untuk menonton tayangan Piala Asia 2024 di Vision+ Anda dapat berlangganan paket Premium terlebih dahulu. Terdapat sejumlah pilihan paket langganan yang dapat Anda pilih dengan durasi dan harga bervariasi.

Link Live Streaming Jepang vs Indonesia Link Live Streaming Jepang vs Indonesia:

Link Live Streaming Jepang vs Indonesia - RCTI Link Live Streaming Jepang vs Indonesia - Soccer Channel

DISCLIMER: Jadwal dan stasiun televisi yang menayangkan Piala Asia 2024 dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pemegang hak siar.

Prediksi Manchester United vs Tottenham di Pekan ke-21 Liga Inggris 2023/2024


 

Klasemen Piala Asia 2024

Grup D

Rank
Klub
T
M
S
K
1
Irak
2
2
0
0
5
2
3
6
2
2
1
0
1
5
4
1
3
3
2
1
0
1
2
3
-1
3
4
Vietnam
2
0
0
2
2
5
-3
0

Prediksi Manchester United vs Tottenham di Pekan ke-21 Liga Inggris 2023/2024


 

Jadwal Piala Asia 2024 Qatar

Matchday 3

Senin, 22 Januari 2024

  • 22.00 WIB: Qatar 1-0 China
  • 22.00 WIB: Tajikistan 2-1 Lebanon

Selasa, 23 Januari 2024

  • 18.30 WIB: Australia 1-1 Uzbekistan
  • 18.30 WIB: Suriah 1-0 India
  • 22.00 WIB: Iran 2-1 Uni Emirat Arab
  • 22.00 WIB: Hong Kong 0-3 Palestina

Rabu, 24 Januari 2024

Kamis, 25 Januari 2024

  • 18.30 WIB: Korea Selatan vs Malaysia
  • 18.30 WIB: Yordania vs Bahrain
  • 22.00 WIB: Arab Saudi vs Thailand
  • 22.00 WIB: Kirgistan vs Oman

Jadwal Lengkap Piala Asia 2023 Qatar

 

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Artikel Menarik Lainnya

Hosting Murah se Indonesia

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Hosting Gratis

MHosting Gratis Rp.0

Komentar

Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya
Satria setiawan wijaya
06 Maret 2024 16:47:49
Bagaimana cara mndaftarkan ank saya dpet pip... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 15:48:40
Mohon bantuannya ..utk bisa mendapatkan PIP..Anak saya... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:5.157
Kemarin:5.531
Total Pengunjung:56.380
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:108.162.216.14
Browser:Mozilla 5.0