Minal Aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Batin Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga hari kemenangan ini membawa kehangatan dan kedamaian bagi seluruh insan di dunia. Selamat Hari Raya. Semoga Idul Fitri kita mendapat limpahan berkah oleh Allah. Mari kita rayakan dengan menebar cinta dan kebahagiaan kepada sesama. Eid Mubarak 2024! May this Eid be the best one yet for all of us. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga Idul Fitri tahun ini menjadi yang terbaik bagi kita semua.

Artikel/Berita

BISNIS

Usaha Online Shop Terlaris Tahun 2023

Admin TB

06 Agustus 2023 13:03:41

549 Kali Dibaca

Membuka usaha kini lebih mudah berkat kehadiran sosial media dan marketplace. Ada banyak jenis usaha online shop terlaris yang bisa Anda coba untuk menambah pemasukan.

Dari banyaknya usaha online shop yang ada, Tim BFI Finance telah berhasil merangkum 8 usaha terlaris yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk memulai bisnis pribadi. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak selengkapnya di sini.

Baca Juga: Info KUR Mandiri 2023, Cara dan Syarat Mengajukan Pinjaman KUR Mandiri 2023

 

Daftar Isi:

  1. 8 Usaha Online Shop Terlaris 2023
    1. Fashion dan Aksesoris
    2. Kosmetik dan Kecantikan
    3. Gadget dan Elektronik
    4. Makanan dan Minuman
    5. Perlengkapan Rumah
    6. Produk Digital
    7. Produk Kesehatan
    8. Hobi dan Mainan
  2. Cara Jualan Online Untuk Pemula
    1. Tentukan Nama Brand dan Produk yang Akan Dijual
    2. Tentukan Unique Selling Point
    3. Menerapkan Strategi Content Marketing
    4. Berjualan di E Commerce/Marketplace
    5. Menerapkan Strategi Marketing Word of Mouth
    6. Aktif Berjualan di Media Sosial
    7. Manfaatkan Fitur Ads di Sosial Media
  3. Alternatif Modal Usaha

 

8 Usaha Online Shop Terlaris 2023

1. Fashion dan Aksesoris

Fashion dan aksesoris adalah usaha online shop terlaris yang ada di tahun 2023. Hal ini tentunya tidak mengherankan sebab dunia mode menjadi salah satu lingkup tren yang selalu berkembang dari waktu ke waktu secara cepat.

Beberapa segmentasi usaha online di kategori fashion dan aksesoris yang paling laku adalah:

  • Busana Muslim
  • Fashion Wanita dan Pria
  • Pakaian Anak, Aksesoris Fashion
  • Sepatu
  • Tas dan Dompet
  • Jam Tangan
  • Kacamata dan Softlens

Baca Juga: Cara Cek Riwayat Kredit via SLIK Online

 

2. Kosmetik dan Kecantikan

Memiliki kulit yang indah dan terawat tentu menjadi dambaan bagi kebanyakan orang, khususnya bagi kaum hawa. Namun, seiring dengan berkembangnya zaman, banyak kaum adam yang kini sadar betapa pentingnya memiliki penampilan yang menarik.

Hal ini sekaligus menjadi sebuah fakta bilamana industri kosmetik dan kecantikan kian berkembang secara pesat dan banyak digandrungi oleh orang-orang. Tren penggunaan skincare dan make up merajalela dimana-mana. Tentu, hal ini bisa menjadi ladang cuan yang bagus untuk Anda tekuni.

Jika Anda tertarik untuk membuka usaha dengan kategori kosmetik dan kecantikan, Anda bisa memulainya dengan berjualan skincare seperti pelembab, toner, facewash, serum, dan lain sebagainya. Anda juga bisa berjualan make up dan parfum yang sedang menjadi hits terkini.

Yang terpenting, pastikan produk yang Anda jual sudah terjamin keamanannya seperti mendapat izin dari BPOM dengan masa kadaluarsa yang masih lama.

Baca Juga: Terjerat Pinjaman Online, Berikut Ini Cara dan Tempat Mengadu

 

3. Gadget dan Elektronik

Usaha online shop terlaris berikutnya yakni benda dengan pangsa pasar terluas dan diminati oleh berbagai kalangan. Apalagi kalau bukan gadget dan elektronik! Semakin ke sini, teknologi semakin berkembang dan banyak mempermudah kita dalam urusan sehari-hari. Tak ayal, harga gadget dan elektronik pun sudah semakin terjangkau dan memiliki variasi harga yang lebih beragam.

Beberapa gadget dan elektronik yang paling banyak diminati di tahun 2023 antara lain:

  • Handphone
  • Tablet
  • Laptop
  • Televisi
  • Alat Fotografi dan Vlogging

Baca Juga: Begini Syarat dan Cara Menukar Uang Baru

 

4. Makanan dan Minuman

Bisnis F&B boleh jadi salah satu peluang bisnis yang tidak ada matinya. Serupa dengan fashion, setiap tahunnya selalu ada inovasi baru dalam industri yang satu ini. Jika Anda termasuk orang yang suka kulineran dan gemar memberikan testimoni, memulai usaha di bidang F&B sangat berpeluang membawa banyak rezeki!

Ada begitu banyak makanan dan minuman yang bisa Anda coba, seperti Snack Kiloan, Sembako, Buah dan Sayur, Jajanan Kekinian, maupun makanan seribuan. Yang manapun yang akan Anda pilih, pastikan untuk mempertimbangkannya secara matang ya sobat!

Baca Juga: Cara Mendapatkan Nomor EFIN Secara Online Untuk Lapor SPT Tahunan

 

5. Perlengkapan Rumah

Perlengkapan rumah atau peralatan rumah tangga selalu punya daya tarik tersendiri bagi kebanyakan orang. Selain karena teknologinya dapat membantu pekerjaan menjadi lebih efisien, bentuk barang yang ada pun cenderung unik dan praktis. Beberapa diantaranya yakni peralatan portable, alat masak, air diffuser, IoT dan Smarthome.

Jika Anda merasa modal yang dikeluarkan untuk stok barang terbilang mahal, Anda bisa mulai berjualan dengan cara membuka pre-order, dropshipper, maupun jastip. Selain lebih murah, dengan menekuni bisnis ini lewat tiga cara tersebut, Anda tidak perlu khawatir stock barang yang Anda miliki tidak laku terjual.

Baca Juga: Info KUR BRI 2023, Cara dan Syarat Mengajukan Pinjaman KUR BRI 2023

 

6. Produk Digital

Tertarik untuk berjualan produk digital seperti pulsa, paket data, voucher game atau musik, dan voucher berlangganan lainnya? Usaha online shop terlaris di kategori produk digital bisa Anda coba!

Pasalnya, pengguna produk digital sangatlah marak dan setiap bulannya mayoritas orang-orang akan menyisihkan uang yang ada untuk membelinya. Anda juga dapat menjualnya di marketplace untuk menjangkau lebih banyak pembeli. Yang terpenting, pastikan produk yang Anda jual sudah legal, ya!

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang Dari TikTok, Mudah dan Menghasilkan untuk Pemula

Infografis Usaha Online Shop Terlaris di Tahun 2023 | Source: Aset Digital BFI FinanceInfografis Usaha Online Shop Terlaris di Tahun 2023 | Source: BFI Finance

Baca Juga: Cara Mudah Jualan di TikTok Shop Untuk Pemula agar Cepat Laris

 

7. Produk Kesehatan

Menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit dan aktif menjadi salah satu gaya hidup yang banyak dijalani oleh manusia modern di jaman ini. Lantaran demand yang tinggi, produk kesehatan masih banyak dicari. Beberapa produk kesehatan dengan pangsa pasar tertinggi diantaranya yaitu masker, multivitamin, dan essential oil.

Baca Juga: Cara Buat NPWP Secara Online dengan Mudah

 

8. Hobi dan Mainan

Produk hobi dan mainan punya daya tarik tersendiri bagi para peminatnya. Selain memberikan kepuasan dan kesenangan, ada beberapa alasan kuat lainnya yang menjadikan produk ini tidak pernah sepi peminat. Diantaranya yaitu sebagai pengisi waktu luang, mengasah keterampilan dan kreatifitas, membantu meredakan stres, sampai dengan menjalin hubungan sosial dengan mereka yang memiliki hobi yang sama.

Di tahun 2023, beberapa produk dengan kategori hobi dan mainan yang paling laris adalah:

  • Merchandise Kpop
  • Perlengkapan Hewan Peliharaan
  • Tanaman Hias
  • Peralatan Aquascape
  • Mainan / Action Figure
  • Peralatan Camping / Hiking

Baca Juga: Cara Terbaru Download Foto dan Video Instagram Tanpa Aplikasi, Mudah dan Cepat

 

Cara Jualan Online Untuk Pemula

Jualan online boleh dikatakan gampang-gampang susah. Sebab, biarpun terlihatnya mudah untuk dimulai, nyatanya ada beragam faktor yang perlu dipertimbangkan agar bisnis yang ada dapat berjalan dengan baik dan mampu bersaing di luaran sana.

Maka dari itu, penting untuk kita ketahui cara jualan online yang efektif. Khususnya jika Anda pemula atau baru pertama kali ingin berkecimpung dalam bisnis ini. Berikut ini 8 cara jualan online untuk pemula yang bisa Anda terapkan.

Cara Jualan Online Untuk Pemula Tahun 2023 | Source: Aset Digital BFI Finance

Cara Jualan Online Untuk Pemula Tahun 2023 | Source: BFI Finance

 

1. Tentukan Nama Brand dan Produk yang Akan Dijual

Cara jualan online yang pertama dan mungkin sudah banyak diagungkan oleh orang-orang adalah menentukan nama brand atau nama toko dari bisnis yang Anda jalani.

Untuk pemilihan nama brand, Anda bisa memilih nama sederhana yang mudah untuk diingat dan belum dipakai sebelumnya.

Baca Juga: Cara Sederhana Download Video Snack Tanpa Watermark

 

2. Tentukan Unique Selling Point

Unique selling point adalah ciri khas yang terdapat pada produk Anda. Unique selling point atau USP ini sengaja dibuat agar produk yang dijual lebih menarik dari kompetitor.

Cara Menentukan Unique Selling Point

Dilansir dari Glints.com, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menentukan unique selling point.

  1. Tempatkan Diri Pada Posisi Pelanggan
  2. Cari Tahu Motivasi Konsumen Untuk Membeli
  3. Buat Perbandingan dengan Produk Kompetitor

Membandingkan produk pesaing yang ada di lapangan. Dengan membandingkan kita bisa tahu apa yang jadi kelebihan maupun kekurangan produk kita.

Baca Juga: Chat GPT Open AI, Login Chat GPT, Daftar Chat GPT

 

3. Menerapkan Strategi Content Marketing

Content marketing adalah salah satu strategi marketing yang berfokus pada produksi dan publikasi konten. Konten yang dibuat bukan sekedar konten biasa, akan tetapi konten yang dapat menarik perhatian banyak orang, sehingga memungkinkan mereka untuk menjadi pelanggan Anda. Singkatnya, konten ini relevan dengan target pasar.

Konten yang dibuat umumnya bersifat mengedukasi maupun konten hiburan. Strategi ini juga kerap kali disebut sebagai teknik soft selling. Anda bisa mencoba cara ini sebagai bagian dari strategi usaha online shop terlaris.

Baca Juga: Cara Mudah Download TikTok Tanpa Watermark, Bisa Dilakukan Tanpa Menggunakan Aplikasi

 

4. Berjualan di E Commerce/Marketplace

Saat ini masyarakat memiliki kecenderungan untuk berbelanja secara online melalui e-commerce atau marketplace. Selain lebih mudah dan aman, marketplace seringkali menawarkan promo menarik seperti gratis ongkir. Tak ayal, banyak orang lebih suka berbelanja di marketplace. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba berjualan di marketplace kenamaan, ya!

Baca Juga: Promo Besar di Shopee Live Streaming, Semua Diskon 50 Persen

 

5. Menerapkan Strategi Marketing Word of Mouth

Promosi dari mulut ke mulut atau word of mouth masih menjadi andalan hingga saat ini. Hal ini dikarenakan kita cenderung percaya untuk membeli produk yang disarankan oleh orang terdekat atau public figure yang kita sukai. Jika Ada memiliki budget lebih, Anda bisa mencoba Endorse sebagai salah satu strategi usaha online shop terlaris.

Baca Juga: Cara Mengurus atau Mendapatkan Label SNI

 

6. Aktif Berjualan di Media Sosial

Sosial media menjadi salah satu tempat yang paling sering dikunjungi orang-orang setiap harinya. Maraknya penggunaan sosial media oleh berbagai kalangan dapat Anda manfaatkan sebagai salah satu peluang untuk memperkenalkan bisnis Anda kepada banyak orang.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memasarkan produk beserta link pembelian dari marketplace.

Jangan lupa untuk membangun komunikasi yang baik antara akun jualan Anda dengan audiens. Semakin erat jalinan komunikasi yang ada, semakin besar kemungkinan produk yang Anda tawarkan cepat laku terjual.

Daftar Sosial Media dengan Pengguna Terbanyak 2023:

  • Tiktok
  • Instagram
  • TikTok
  • Facebook

Baca Juga: Cara Mudah Mengurus Sertifikasi Halal Gratis

 

7. Manfaatkan Fitur Ads di Sosial Media

Beriklan di sosial media dengan cara memanfaatkan fitur ads yang ada terbukti dapat membantu para pelaku usaha dalam meningkatkan hasil penjualan. Pasalnya, iklan yang terpasang di sosial media dapat disesuaikan dengan segmentasi pasar serta target pasar yang ingin dicapai. Beberapa fitur ads yang bisa Anda coba antara lain yaitu Google Ads, Facebook Ads, dan sebagainya.

Baca Juga: Destinasi Wisata Labuan Bajo yang Wajib Dikunjungi Sekali dalam Seumur Hidup

 

Alternatif Modal Usaha

Tertarik untuk berjualan online namun terhalang oleh modal? Tenang, Anda masih tetap bisa mewujudkan impian tersebut dengan pinjaman dana cepat di BFI Finance!

Jangan takut mengajukan pinjaman untuk kebutuhan produktif seperti membangun usaha, ajukan pembiayaan dengan Jaminan BPKB Motor, Mobil, atau Sertifikat Rumah di BFI Finance. Proses mudah dan cepat, dapatkan pencairan dana hingga 85% dari aset yang dijaminkan jika persyaratan lengkap!

Sobat BFI, demikian pembahasan mengenai usaha online shop terlaris di tahun 2023. Semoga informasi ini bisa menginspirasi Anda dan mudah untuk dipraktekkan. Salam bisnis!

 

Source: 

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Hosting Murah se Indonesia

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Hosting Gratis

MHosting Gratis Rp.0

Komentar

Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya
Satria setiawan wijaya
06 Maret 2024 16:47:49
Bagaimana cara mndaftarkan ank saya dpet pip... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 15:48:40
Mohon bantuannya ..utk bisa mendapatkan PIP..Anak saya... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:3.019
Kemarin:6.771
Total Pengunjung:68.894
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.69.7.53
Browser:Mozilla 5.0