Minal Aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Batin Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga hari kemenangan ini membawa kehangatan dan kedamaian bagi seluruh insan di dunia. Selamat Hari Raya. Semoga Idul Fitri kita mendapat limpahan berkah oleh Allah. Mari kita rayakan dengan menebar cinta dan kebahagiaan kepada sesama. Eid Mubarak 2024! May this Eid be the best one yet for all of us. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga Idul Fitri tahun ini menjadi yang terbaik bagi kita semua.

Artikel/Berita

HIKMAH

Sunnah di Malam Jumat: Tiga Amalan Utama yang Dianjurkan

Admin TB

29 Februari 2024 05:06:58

157 Kali Dibaca

Hari Jumat adalah hari istimewa bagi umat Muslim. Hari Jumat juga disebut sebagai hari yang paling mulia, atau hari besar setiap minggu. Oleh karena itu, ada amalan-amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah Muhammad Sallallahu ‘alaihi wasallam. Jika melakukan amalan-amalan tersebut, pahalanya sangat besar.

Dalam sebuah Hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah disebutkan bahwa Hari Jumat juga merupakan hari bersejarah dan menjadi hari terjadinya kiamat.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ وَفِيهِ أُخْرِجَ مِنْهَا وَلَا تَقُومُ السَّاعَةُ إِلَّا فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ. رواه مسلم

“Dari Abu Hurairah, semoga Allah meridhainya, bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Hari yang paling baik di mana matahari terbit adalah hari Jumat; pada hari itu Adam diciptakan, dimasukkan ke dalam surga, dan juga dikeluarkan darinya, dan tidak akan terjadi kiamat kecuali pada hari Jumat” (HR. Muslim).


Sunnah di Malam Jumat: Tiga Amalan Utama yang Dianjurkan

 

Tiga Amalan Utama yang Dianjurkan Malam Jum'at

Tiga amalan yang disunnahkan oleh Rasulullah untuk dibaca pada malam Jumat antara lain:

  1. Membaca Surat Al-Kahfi.

Rasulullah Sallallahu ‘alaihi wasallam pernah menganjurkan umat Muslim untuk membaca Surat Al-Kahfi.

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ. رواه الدارمي. والحديث : صححه الشيخ الألباني في ” صحيح الجامع “

“Siapa pun yang membaca surat Al-Kahfi pada malam Jum’at, pasti akan memancar cahaya terang yang menerangi antara dirinya dan Baitul ‘Atiq” (HR. Ad-Darimi dan disahkan oleh Al-Albani dalam “Shahihul Jami”).

 Nisfu Syaban: Makna, Doa, Amalan, dan Keutamaan

 

  1. Membaca Shalawat kepada Nabi Muhammad Sallahu ‘alaihi wasallam.

Saat hari Jumat tiba, disunnahkan bagi umat Muslim untuk memperbanyak membaca salawat kepada Nabi Muhammad Sallahu ‘alaihi wasallam.

عَنْ أَوْسِ بْنِ أَوْسٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : إِنَّ مِنْ أَفْضَلِ أَيَّامِكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ قُبِضَ وَفِيهِ النَّفْخَةُ وَفِيهِ الصَّعْقَةُ فَأَكْثِرُوا عَلَيَّ مِنْ الصَّلَاةِ فِيهِ فَإِنَّ صَلَاتَكُمْ مَعْرُوضَةٌ عَلَيَّ قَالَ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَكَيْفَ تُعْرَضُ صَلَاتُنَا عَلَيْكَ وَقَدْ أَرِمْتَ يَقُولُونَ بَلِيتَ فَقَالَ إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ حَرَّمَ عَلَى الْأَرْضِ أَجْسَادَ الْأَنْبِيَاءِ (رواه أبو داود)

“Aus bin Aus, semoga Allah meridhainya, berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ‘Sesungguhnya hari terbaik di antara hari-hari kalian adalah hari Jumat, maka perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari itu, karena sesungguhnya shalawat kalian akan disampaikan kepadaku.’ Para sahabat bertanya, “Bagaimana mungkin shalawat kami disampaikan kepadamu sedangkan engkau telah hancur?’ Aus menjawab, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ‘Aku telah hancur?’ Beliau melanjutkan, ‘Sesungguhnya Allah telah mengharamkan bagi bumi untuk memakan jasad para Nabi’” (HR Abu Dawud).

 Keistimewaan Bulan Syaban: 12 Momen-Momen Penting yang Membawa Berkah

 

  1. Memperbanyak Berdoa.

Umat Muslim disunnahkan untuk memperbanyak berdoa, meskipun pada hari-hari lain juga dianjurkan untuk berdoa. Namun, Rasulullah Muhammad SAW menyebutkan keutamaannya khusus di hari Jumat.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَكَرَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَقَالَ :  فِيهِ سَاعَةٌ لَا يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ وَهُوَ قَائِمٌ يُصَلِّي يَسْأَلُ اللَّهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلَّا أَعْطَاهُ إِيَّاهُ، وَأَشَارَ بِيَدِهِ يُقَلِّلُهَا (متفق عليه)

 “Dari Abu Hurairah, semoga Allah meridhainya, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda tentang hari Jumat, ‘Pada hari Jumat terdapat suatu waktu di mana seorang hamba muslim yang beribadah dan berdoa pada waktu tersebut meminta sesuatu, pasti Allah akan memberikan permintaannya’. Beliau menandai dengan tangannya untuk menunjukkan bahwa waktu tersebut sangat terbatas” (HR. Bukhari dan Muslim).

 Bulan Rajab: Menyingkap 12 Rahasia Keutamaan yang Menakjubkan!

Oleh karenanya hari Jumat adalah hari yang dianggap istimewa dan penuh berkah. Hadis-hadis yang disebutkan menunjukkan bahwa pada hari Jumat terdapat waktu yang sangat berharga di mana doa-doa diterima, serta keutamaan dalam membaca surat Al-Kahfi dan memperbanyak shalawat kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Hal ini mengingatkan umat Islam untuk memanfaatkan hari Jumat dengan lebih aktif dalam ibadah dan berdoa, serta meningkatkan kecintaan dan penghormatan kepada Rasulullah sebagai tindakan yang dianugerahi balasan yang besar dari Allah SWT. Wallahu ‘alam. [DM]

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Hosting Murah se Indonesia

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Hosting Gratis

MHosting Gratis Rp.0

Komentar

Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya
Satria setiawan wijaya
06 Maret 2024 16:47:49
Bagaimana cara mndaftarkan ank saya dpet pip... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 15:48:40
Mohon bantuannya ..utk bisa mendapatkan PIP..Anak saya... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:3.317
Kemarin:8.422
Total Pengunjung:49.009
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.100.233
Browser:Mozilla 5.0