Minal Aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Batin Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga hari kemenangan ini membawa kehangatan dan kedamaian bagi seluruh insan di dunia. Selamat Hari Raya. Semoga Idul Fitri kita mendapat limpahan berkah oleh Allah. Mari kita rayakan dengan menebar cinta dan kebahagiaan kepada sesama. Eid Mubarak 2024! May this Eid be the best one yet for all of us. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga Idul Fitri tahun ini menjadi yang terbaik bagi kita semua.

Artikel/Berita

HIKMAH

Nisfu Syaban: Makna, Doa, Amalan, dan Keutamaan

Admin TB

24 Februari 2024 13:57:12

147 Kali Dibaca

Malam Nisfu Syaban memiliki keistimewaan dalam agama Islam. Malam ini dianggap penting dan umat Islam sering melakukan amalan khusus untuk merayakannya.

Tahun ini, Malam Nisfu Syaban jatuh pada Sabtu, 24 Februari 2024 setelah Maghrib hingga Minggu, 25 Februari 2024 sebelum waktu Subuh. Ini mengikuti pengumuman resmi dari Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU) mengenai awal bulan Syaban 1445 H./2024 M. dan kalender Hijriah Indonesia 2024 dari Bimas Islam Kementerian Agama RI.


Nisfu Syaban: Makna, Doa, Amalan, dan Keutamaan

 

Makna Malam Nisfu Syaban

Beberapa ulama dalam karya-karya mereka menyebut Malam Nisfu Syaban sebagai malam pertengahan bulan Syaban atau tanggal 15 Syaban. Imam al-Ghazali dalam bukunya Ihya 'Ulumuddin, yang telah diterjemahkan oleh Purwanto, memasukkan Malam Nisfu Syaban sebagai salah satu malam yang istimewa. Hujjatul Islam menjelaskan hal ini ketika merinci malam-malam yang istimewa dalam Islam.

Selain Imam al-Ghazali, beberapa ulama menganggap Malam Nisfu Syaban sebagai malam yang istimewa karena memiliki keutamaan. Para ulama juga menganjurkan untuk melakukan sejumlah amalan pada malam tersebut, seperti berdoa, berzikir, dan melakukan salat.

 Keistimewaan Bulan Syaban: 12 Momen-Momen Penting yang Membawa Berkah

 

Doa Malam Nisfu Syaban

Berikut adalah salah satu bacaan doa yang dibaca oleh Rasulullah SAW, sebagaimana terdapat dalam Shahih Bukhari dari riwayat Ibnu Abbas RA:

"اللَّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِعِزَّتِكَ لَا إِلَهَ إِلا أَنْتَ أَنْ تُضِلَّنِي أَنْتَ الْحَيُّ الَّذِي لَا يَمُوْتُ وَالْجِنُّ وَالْإِنْسُ يَمُوتُوْنَ"

Artinya: "Ya Allah, hanya kepada-Mu aku berserah diri, kepadamu aku bertawakal, dan kepada-Mu aku bertobat dan kepada-Mu aku bermusuhan, ya Allah, sungguh aku berlindung kepada keagungan-Mu, tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau, agar Engkau tidak menyesatkan aku, Engkau Mahahidup yang tidak akan mati, sementara jin dan manusia akan mati."

 

Imam an-Nawawi dalam kitab Al-Adzkar, yang telah diterjemahkan oleh Ulin Nuha, memasukkan bacaan doa tersebut sebagai salah satu doa penting. Selain itu, kita juga dapat membaca doa keselamatan dunia dan akhirat yang terkenal yang terdapat dalam Al-Qur'an. Berikut ini bacaannya:

"رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ"

Artinya: "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka." (QS Al Baqarah: 201)

 

Ada juga yang membaca doa Nisfu Syaban dengan lafaz berikut ini:

"اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى اللهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ وَ اْلمُعَافَاةَ الدَّائِمَةَ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَة"

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Pemurah, Engkau suka memaafkan maka maafkanlah aku. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon maaf, afiyah, dan keselamatan yang terus-menerus dalam agama dan dunia serta akhirat."

 Bulan Rajab: Menyingkap 12 Rahasia Keutamaan yang Menakjubkan!

 

Amalan Malam Nisfu Syaban

Selain membaca doa, terdapat beberapa amalan yang dapat dilakukan pada malam Nisfu Syaban. Amalan-amalan ini diwarisi dari para ulama dan telah menjadi tradisi. Seperti yang dikutip dari laman NU Jateng, berikut adalah beberapa amalan malam Nisfu Syaban:

  1. Memperbanyak salat-salat sunnah.
  2. Membaca surah Yasin tiga kali, diawali dengan Al Fatihah, dan ditutup dengan doa setelah Yasin.
  3. Membaca doa malam Nisfu Syaban.
  4. Membaca tasbih Nabi Yunus AS sebanyak 2375 kali.
  5. Memperbanyak doa lainnya, seperti doa tobat Nabi Adam AS.
  6. Memperbanyak dzikir.
  7. Memperbanyak sholawat nabi.
  8. Membaca surah Ad Dukhan.
  9. Berpuasa pada siang harinya.

 Rahasia Kehadiran Malaikat: 7 Cara Ampuh Menciptakan Berkah di Setiap Ruangan Rumah

 

Keutamaan Malam Nisfu Syaban

Malam Nisfu Syaban memiliki sejumlah keutamaan. Salah satu keutamaannya, sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits, adalah bahwa malam tersebut menjadi waktu terkabulnya doa. Dikatakan bahwa pada malam itu, Allah SWT akan mengabulkan permintaan hamba-Nya.

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Mu'adz bin Jabal dari Nabi SAW, beliau bersabda, "Allah Tabaraka wa Ta'ala melihat kepada makhluk-Nya pada malam Nishfu Sya'ban, lalu Allah mengampuni seluruh makhluk-Nya kecuali orang musyrik dan orang yang bermusuhan." (HR Abu Nu'aim dan Ibnu Hibban menyatakan ini shahih, sementara Imam Thabrani menyatakan perawinya dapat dipercaya).

Hadits tentang keutamaan malam Nisfu Syaban juga terdapat dalam Ibnu Majah yang diriwayatkan dari Abu Musa Al-Asy'ari RA. Hadits ini dihimpun oleh Buya Yahya dalam Hujjah Ilmiah: Amalan di Bulan Syaban. Wallahu alam. [DM]

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Hosting Murah se Indonesia

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Hosting Gratis

MHosting Gratis Rp.0

Komentar

Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya
Satria setiawan wijaya
06 Maret 2024 16:47:49
Bagaimana cara mndaftarkan ank saya dpet pip... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 15:48:40
Mohon bantuannya ..utk bisa mendapatkan PIP..Anak saya... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:3.827
Kemarin:8.422
Total Pengunjung:49.519
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.127.72
Browser:Mozilla 5.0