Selamat Hari Pendidikan Nasional! Semoga pendidikan Indonesia semakin maju dan menghasilkan generasi cerdas serta berbudi pekerti luhur. Hari Pendidikan Nasional Selamat Hari Pendidikan Nasional 2024, mari suarakan lewat mimpi-mimpi besar lewat pendidikan yang berkualitas. Hardiknas Selamat memperingati Hari Pendidikan Nasional! Terima kasih para pahlawan pendidikan yang telah mengabdikan diri untuk mencerdaskan bangsa. Hardiknas Tak ada kunci keberhasilan yang lebih mujarab selain pendidikan. Selamat Hari Pendidikan Nasional, semoga semakin membuka pintu ilmu pengetahuan. Hardiknas Hari Pendidikan Nasional mengingatkan kita untuk terus belajar dan mengasah ilmu agar dapat menjadi individu yang bermanfaat bagi negeri. Hardiknas Di Hari Pendidikan Nasional, mari kita apresiasi seluruh insan pendidikan yang tak kenal lelah dalam membagikan ilmu dan membentuk karakter bangsa. Hardiknas

  Artikel/Berita

HIKMAH

Rahasia Kehadiran Malaikat: 7 Cara Ampuh Menciptakan Berkah di Setiap Ruangan Rumah

Admin TB

11 Januari 2024 07:48:28

544 Kali Dibaca

Berbahagialah mengetahui bahwa malaikat yang disetujui Allah hadir di tempat tinggal kita. Kehadiran mereka membawa berkah, ketentraman, keamanan, dan kenyamanan bagi rumah kita.

Malaikat tidak turun kecuali atas izin Allah SWT, sebagaimana dinyatakan dalam Surat Maryam ayat 64.

Baca Juga: Bukan Sembarang Orang: 12 Golongan yang selalu didoakan para malaikat, Dan Ini Rahasia Amalannya!

 

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

وَمَا نَتَنَزَّلُ إِلَّا بِأَمۡرِ رَبِّكَ ۖ لَهُۥ مَا بَيۡنَ أَيۡدِينَا وَمَا خَلۡفَنَا وَمَا بَيۡنَ ذَٰلِكَ ۚ وَمَا كَانَ رَبُّكَ نَسِيًّا

Artinya "Dan tidaklah kami (Jibril) turun, kecuali atas perintah Tuhanmu. Milik-Nya segala yang ada di hadapan kita, yang ada di belakang kita, dan segala yang ada di antara keduanya, dan Tuhanmu tidak lupa."

(QS. Maryam 19: Ayat 64)

Namun, bagaimana kita dapat mengundang kehadiran malaikat?

Berikut adalah 7 cara menghadirkan malaikat ke rumah agar mendapat limpahan rahmat dan berkah:

Rahasia Kehadiran Malaikat: 7 Cara Ampuh Menciptakan Berkah di Setiap Ruangan Rumah

 

  1. Selalu Iman Kepda Allah Dan Istiqamah

Iman adalah kunci untuk meraih rahmat dan pengampunan Allah. Firman Allah dalam Surat Fushshilat ayat 30 menegaskan bahwa orang yang tetap teguh dalam iman akan mendapatkan kunjungan malaikat.

Berikut ayatnya;

إِنَّ ٱلَّذِينَ قَالُواْ رَبُّنَا ٱللَّهُ ثُمَّ ٱسۡتَقَٰمُواْ تَتَنَزَّلُ عَلَيۡهِمُ ٱلۡمَلَٰٓئِكَةُ أَلَّا تَخَافُواْ وَلَا تَحۡزَنُواْ وَأَبۡشِرُواْ بِٱلۡجَنَّةِ ٱلَّتِي كُنتُمۡ تُوعَدُونَ

Artinya: "Sesungguhnya orang-orang yang berkata, "Tuhan kami adalah Allah" kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka maka malaikat-malaikat akan turun kepada mereka (dengan berkata), "Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu bersedih hati; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan kepadamu.""

(QS. Fussilat 41: Ayat 30)

Baca Juga: Rahasia Sholat Witir: 10 Manfaat Luar Biasa yang Terbuka Saat Anda Melakukannya

 

  1. Selalu memperbanyak Berzikir di Rumah

Zikir merupakan media efektif untuk mengundang malaikat. Rasulullah SAW menunjukkan bahwa zikir kepada Allah dapat menarik kehadiran malaikat rahmat, membawa kebahagiaan dan ketenangan.

Sebagaimana yang diriwayatkan oleh sahabat abi hurairah dan abi said  radhiallahu anhuma:

وَعَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ وَعَنْ أَبِي سَعِيْدٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالاَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لاَ يَقْعُدُ قَوْمٌ يَذْكُرُوْنَ اللهَ إِلاَّ حَفَّتْهُمُ المَلاَئِكَةُ وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَنَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِيْنَةُ وَذَكَرَهُمُ اللهُ فِيْمَنْ عِنْدَهُ رَوَاهُ مُسْلِمٌ.

Artinya: Dari Abu Hurairah dan Abu Sa'id radhiyallahu 'anhuma, mereka berdua berkata, "Rasulullah SAW bersabda, 'Tidaklah suatu kaum duduk berdzikir (mengingat) Allah, melainkan mereka dikelilingi oleh para malaikat, diliputi oleh rahmat, diturunkan sakinah (ketenangan), dan mereka disebut oleh Allah di hadapan malaikat yang ada di sisi-Nya'." (HR. Muslim).

Baca Juga: 99 Asmaul Husna Lengkap Arab, Latin dan Artinya

 

  1. Membaca Al-Qur'an di Rumah

Al-Qur'an adalah wahyu Allah yang diturunkan melalui malaikat. Membaca Al-Qur'an akan mendatangkan malaikat, rahmat, kebaikan, dan menjauhkan syaitan dari rumah.

Mahmud asy-Syafrowi, dalam bukunya "Mengundang Malaikat ke Rumah," menyarankan beberapa amalan untuk mengundang malaikat. Dengan melakukan amalan-amalan ini, kita dapat menarik ampunan, rahmat, dan pertolongan dari Allah SWT.

Abu Hurairah radhiyallahu anhu berkata:

إِنَّ الْبَيْتَ لَيَتَّسِعُ عَلَى أَهْلِهِ وَتَحْضُرُهُ الْمَلَائِكَةُ وَتَهْجُرُهُ الشَّيَاطِينُ وَيَكْثُرُ خَيْرُهُ أَنْ يُقْرَأَ فِيهِ الْقُرْآنُ.

Artinya: Rumah yang dibacakan Al-Qur'an akan terasa luas bagi penghuninya, dan akan dihadiri/dipenuhi oleh para malaikat. Setan pun akan pergi meninggalkan rumah tersebut, dan akan banyak kebaikan dalam rumah itu.

Baca Juga: Gunung Merapi Erupsi, Bacalah Doa Ini untuk Menghindar dari Ancaman Bencana

 

  1. Meningkatkan Bacaan Sholawat kepada Nabi SAW

Tidak dapat disangkal bahwa di antara malaikat Allah SAW terdapat yang khusus ditugaskan untuk mencari orang-orang yang bersholawat. Mereka membawa berita gembira kepada Rasulullah SAW dan kembali membawa rahmat, keselamatan, serta keberkahan berkali lipat kepada mereka yang bersholawat.

Rasulullah SAW menyatakan,

عَنْ عَبْدِاللهِ بْنِ عَمْرٍو بْنِ الْعَاصِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا اَنَّهُ سَمِعَ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَقُوْلُ مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلاَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ بِهَا عَشْرًا رواه مسلم.

Artinya: "Barang siapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali." (HR Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Nasa’i).

Baca Juga: Jumadil Akhir: Jejak 4 Peristiwa Penting dan Bersejarah dalam Islam

 

  1. Mengumandangkan Adzan di Dalam Rumah

Disarankan untuk melantunkan adzan di dalam rumah. Salah satu manfaat adzan adalah mengusir syaitan dan jin, sebagaimana yang disampaikan Rasulullah SAW,

إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ أَدْبَرَ الشَّيْطَانُ وَلَهُ ضُرَاطٌ حَتَّى لَا يَسْمَعَ التَّأْذِينَ.

Artinya: "Setiap kali adzan diperdengarkan, setan melarikan diri sambil mengeluarkan suara kentut, sehingga dia tidak mendengar adzan tersebut." (HR. Bukhari dan Muslim)

Setiap adzan yang kita lantunkan akan terdengar oleh seluruh makhluk sejauh suara kita, termasuk malaikat. Mereka yang mendengar akan menjadi saksi atas adzan yang kita kumandangkan.

Baca Juga: Rahasia ibadah: Delapan Amalan Sunnah yang Populer di Bulan Jumadil Awal

 

  1. Mempercantik Rumah dengan Sholat Sunnah

Keberkahan dan kebaikan akan meliputi rumah yang dihiasi dengan sholat, terutama sholat sunnah. Rasulullah SAW menganjurkan,

عَنْ زَيْدٍ بْنِ ثَابِتٍ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – : أَنَّ النَّبِيَّ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – ، قَالَ : (( صَلُّوا أَيُّهَا النَّاسُ فِي بُيُوتِكُمْ ، فَإنَّ أَفْضَلَ الصَّلاَةِ صَلاَةُ المَرْءِ في بَيْتِهِ إِلاَّ المَكْتُوبَةَ )) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

 

Artinya: Dari Zaid bin Tsabit radhiyallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Shalatlah kalian, wahai manusia, di rumah-rumah kalian, karena sebaik-baiknya shalat adalah shalat seseorang di rumahnya, kecuali shalat wajib.” (Muttafaqun ‘alaih) [HR. Bukhari, no. 731 dan Muslim, no. 781]

Baca Juga: Jumadil Awal: Misteri Keajaiban, Keutamaan, dan 4 Peristiwa Penting yang Menggetarkan

 

  1. Menjalin Tali Silaturahmi

Malaikat senang kepada orang yang menjalin silaturahmi. Saat seseorang menyambangi saudaranya, malaikat akan menyertainya. Sebaliknya, malaikat tidak suka dan akan menjauh dari rumah yang di dalamnya ada yang memutuskan silaturahmi.

Rasulullah SAW menyampaikan,

إِنَّ المَلَائِكَةَ لَا تَنْزِلُ عَلَى قَوْمٍ فِيهِمْ قَاطِعُ رَحِمٍ

Artinya: "Malaikat tidak akan turun kepada suatu kaum yang di dalamnya ada yang memutuskan silaturahmi." (HR. Tabrani)

Semoga bermanfaat. Wallahu a'lam.[DM]

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Hosting Murah se Indonesia

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Hosting Gratis

MHosting Gratis Rp.0

Komentar

Tenggulangbaru.id
02 Mei 2024 11:49:08
Selamat Hari Pendidikan Nasional! Semoga setiap anak... selengkapnya
Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya
Satria setiawan wijaya
06 Maret 2024 16:47:49
Bagaimana cara mndaftarkan ank saya dpet pip... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:6.596
Kemarin:5.134
Total Pengunjung:88.353
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:108.162.216.14
Browser:Mozilla 5.0