Minal Aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Batin Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga hari kemenangan ini membawa kehangatan dan kedamaian bagi seluruh insan di dunia. Selamat Hari Raya. Semoga Idul Fitri kita mendapat limpahan berkah oleh Allah. Mari kita rayakan dengan menebar cinta dan kebahagiaan kepada sesama. Eid Mubarak 2024! May this Eid be the best one yet for all of us. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga Idul Fitri tahun ini menjadi yang terbaik bagi kita semua.

Artikel/Berita

HIKMAH

Mengungkap Makna dan Amalan Tersembunyi di Balik Rebo Wekasan dalam Islam

Admin TB

13 September 2023 08:41:00

328 Kali Dibaca

Rebo Wekasan adalah istilah yang mengacu pada salah satu hari di pekan terakhir bulan Safar, tepatnya pada hari Rabu. Istilah lain yang sering digunakan untuk merujuk pada Rabu terakhir di bulan Safar adalah Rebo Kasan atau Rebo Pungkasan.

Terkait dengan Rebo Wekasan ini, terdapat banyak mitos dan keyakinan di kalangan masyarakat bahwa hari tersebut berkaitan dengan kemalangan dan bencana. Karena alasan ini, masyarakat sering melaksanakan ritual keagamaan pada hari tersebut untuk menjauhkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Ritual keagamaan yang dilakukan mencakup berbagai kegiatan, mulai dari shalat, dzikir, hingga berdoa. Salah satu amalan lainnya adalah membaca ayat-ayat Al-Quran yang dikenal sebagai ayat selamat.

Sebenarnya, amalan-amalan tersebut memiliki makna penting dalam Islam. Shalat merupakan bentuk komunikasi langsung dengan Allah, sementara dzikir adalah upaya untuk mengingat-Nya secara berulang-ulang. Berdoa adalah cara untuk memohon dan berbicara dengan Allah tentang kebutuhan dan harapan. Membaca ayat selamat dari Al-Quran, pada khususnya saat Rebo Wekasan, diyakini dapat membawa perlindungan dan rahmat bagi umat.

Semua amalan ini mencerminkan hubungan yang mendalam antara seorang muslim dan Allah dalam ajaran Islam, serta menjadi sarana untuk memperkuat iman dan memohon berkah-Nya.

Mengungkap Makna dan Amalan Tersembunyi di Balik Rebo Wekasan dalam Islam

 

Amalan Pada Rebo Wekasan

Mengacu pada berbagai sumber kitab salaf, dijelaskan bahwa terdapat beberapa amalan yang sangat dianjurkan pada hari Rabu terakhir bulan Safar, yang juga dikenal sebagai Rebo Wekasan. Beberapa amalan tersebut antara lain:

 

1. Salat Sunnah

Salah satu amalan yang bisa dilakukan umat muslim pada hari Rebo Wekasan yaitu melaksanakan shalat sunnah untuk tolak bala atau (Shalat Awwabin). Shalat sunnah ini dikakukan 4 rakaat dengan 2 kali salam. Adapun cara pelaksanaannya yaitu sebagai berikut:

 

Baca niat

اُصَلِّى سُنَّةَ الأَوَّابِينَ رَكَعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Usholli sunnatal awwabina rak’ataini lillahi ta’ala

Bacalah Surat Al-Fatihah terlebih dahulu,

Kemudian bacalah Surat Al-Kautsar sebanyak 17 kali, Surat Al-Ikhlas sebanyak 5 kali, Surat Al-Falaq sebanyak 1 kali, dan Surat An-Nas sebanyak 1 kali.

Baca Juga: Terungkap: Keajaiban Wudhu - Kunci Kesehatan, Kecantikan, dan Ketenangan

 

2. Baca doa Rabu akhir

Selain melaksanakan shalat sunnah Rebo Wekasan, disarankan juga untuk membaca doa Rebo Wekasan dengan maksud memohon perlindungan dari Allah SWT terhadap segala bentuk bencana. Berikut ini adalah bacaan doanya:

وَصَلَّى اللّٰهُ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىَ اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ اللَّهُمَّ يَا شَدِيْدَ الْقُوَى وَيَا شَدِيْدَ الْمِحَالِ يَا عَزِيْزُ ذَلَّتْ لِعِزَّتِكَ جَمِيْعُ خَلْقِكَ اِكْفِنِيْ مِنْ جَمِيْعِ خَلْقِكَ يَا مُحْسِنُ يَا مُجَمِّلُ يَا مُتَفَضِّلُ يَا مُنْعِمُ يَا مُكْرِمُ يَا مَنْ لَا اِلَهَ اِلَّا أَنْتَ اِرْحَمْنِيْ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ،

اللَّهُمَّ بِسِرِّ الْحَسَنِ وَأَخِيْهِ وَجَدِّهِ وَأَبِيْهِ وَأُمِّهِ وَبَنِيْهِ اِكْفِنِيْ شَرَّ هَذَا الْيَوْمِ وَمَا يَنْزِلُ فِيْهِ يَا كَافِيَ الْمُهِمَّاتِ يَا دَافِعَ الْبَلِيَّاتِ فَسَيَكْفِيْكَهُمُ اللّٰهُ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ ،

وَحَسْبُنَا اللّٰهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ وَصَلىَّ اللّٰهُ تَعَالىَ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ.

Artinya: "Semoga Allah memberkati junjungan kami Muhammad, keluarganya, dan para sahabatnya. Ya Allah, yang Mahakuat dan Mahabesar, Engkau yang tak terjangkau, keagungan-Mu telah merendahkan seluruh ciptaan. Cukupkanlah aku dari seluruh ciptaan-Mu, wahai Pemberi Kebaikan, Pemberi Kecantikan, Pemberi Anugerah, yang Penuh Kemuliaan, wahai Dzat yang tiada Tuhan selain Engkau, kasihanilah aku dengan rahmat-Mu, wahai Yang Paling Penyayang di antara penyayang.

Ya Allah, dengan rahasia kebaikan, saudaranya, kakeknya, ayahnya, ibunya, dan anak-anaknya, lindungilah aku dari kejahatan hari ini dan apapun yang terjadi di dalamnya, wahai Yang Mencukupi dalam mengatasi permasalahan, wahai Yang Menolak bala. Allah mencukupi untukmu, dan Dialah Yang Maha Mendengar, Maha Mengetahui.

Dan Allah sudah mencukupi bagi kita, dan sungguh mulia-Nya Dia sebagai pelindung. Tidak ada kekuatan dan kekuasaan selain dengan Allah, Yang Maha Tinggi, Yang Maha Perkasa. Semoga Allah, Yang Maha Tinggi, memberkati junjungan kami Muhammad, keluarganya, dan para sahabatnya."

Baca Juga: Rahasia Keindahan Bahasa Al-Qur'an: Pesan Mendalam dari Allah

 

3. Bersedekah

Amalan berikutnya pada hari Rabu menjelang akhir bulan Safar adalah membagi harta, yang dalam istilah umum dikenal sebagai sedekah. Tindakan memberi ini memiliki keistimewaan seperti menghapus dosa, membersihkan harta, menjaga dari bencana, mendatangkan berkah dalam rezeki, dan menjadi bukti iman serta sebagai jembatan yang menghubungkan dengan Allah.

 

Kesimpulannya, Rebo Wekasan, atau Rabu terakhir bulan Safar, memiliki makna penting dan mitos di kalangan masyarakat. Meskipun dipercayai berkaitan dengan kemalangan, ritual keagamaan dilakukan untuk menjauhkan hal-hal negatif. Shalat, dzikir, doa, dan membaca ayat-ayat Al-Quran adalah amalan yang menunjukkan hubungan mendalam antara seorang muslim dan Allah dalam ajaran Islam.

Baca Juga: Rahasia Elegansi dan Kehormatan: Berpakaian dengan 8 Adab dalam Islam

 

Dalam Islam, shalat adalah komunikasi langsung dengan Allah, dzikir adalah cara mengingat-Nya, doa adalah bentuk memohon dan berbicara dengan Allah, sementara membaca ayat selamat dari Al-Quran membawa perlindungan dan rahmat. Semua amalan ini memperkuat iman dan memohon berkah-Nya.

Pada Rebo Wekasan, amalan yang dianjurkan mencakup salat sunnah, membaca doa khusus, dan bersedekah. Salat sunnah dilakukan sebagai bentuk tolak bala, doa dipanjatkan untuk perlindungan, dan bersedekah membawa banyak keistimewaan. Semua amalan ini memberikan kesempatan untuk memperdalam spiritualitas dan meraih berkah dari Allah. [DM]

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Artikel Menarik Lainnya

Hosting Murah se Indonesia

Arsip Artikel

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Hosting Gratis

MHosting Gratis Rp.0

Komentar

Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya
Satria setiawan wijaya
06 Maret 2024 16:47:49
Bagaimana cara mndaftarkan ank saya dpet pip... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 15:48:40
Mohon bantuannya ..utk bisa mendapatkan PIP..Anak saya... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:6.094
Kemarin:5.531
Total Pengunjung:57.317
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.131.157
Browser:Mozilla 5.0