Minal Aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Batin Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga hari kemenangan ini membawa kehangatan dan kedamaian bagi seluruh insan di dunia. Selamat Hari Raya. Semoga Idul Fitri kita mendapat limpahan berkah oleh Allah. Mari kita rayakan dengan menebar cinta dan kebahagiaan kepada sesama. Eid Mubarak 2024! May this Eid be the best one yet for all of us. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga Idul Fitri tahun ini menjadi yang terbaik bagi kita semua.

Artikel/Berita

Bansos

Penyebab PIP Tidak Cair, Berikut ini Penjelasan dan Solusinya

Admin TB

01 Juni 2023 09:43:18

80.090 Kali Dibaca

Bantuan pemerintah melalui Kemendikbudristek yakni berupa Program Indonesia Pintar atau PIP, kembali digelontorkan tahun 2023. Tujuan bantuan itu untuk pelajar atau siswa atau peserta didik agar bisa tetap sekolah atau belajar.

Kebanyakan penerima bantuan PIP itu ada pelajar atau siswa dari keluarga tidak mampu atau masyarakat rentan miskin.

Baca Juga: PIP 2013 Cair, Cara Cek Penerima PIP Secara Mandiri Menggunakn NISN dan NIK 

 

Selain itu, ada juga sejumlah persyaratan bagi pelajar atau siswa untuk mendapat bantuan PIP dimaksud. demikian juga jumlah nominal bantuan PIP yang diberikan berbeda-beda untuk setiap jenjang pendidikan.

Nominal yang diterima untuk pelajar SD sederajat Rp450 ribu per semester, untuk pelajar atau siswa SMP sederajat Rp750 ribu per semester, dan untuk pelajar SMA atau SMK sederajat Rp1 juta per semester.

Yang jelas, dana bantuan PIP itu akan dicairkan oleh penerima PIP itu secara langsung, dengan membawa persyaratan yang diperlukan. 

Kalaupun pencairannya harus diwakili oleh orang lain, tentunya harus ada dokumen pendukung. Misalnya membawa surat kuasa dari orang tua atau wali dari siswa atau pelajar penerima PIP. Atau bisa juga membawa surat kuasa langsung dari siswa atau pelajar penerima bantuan.

Namun ada beberapa kasus yang dihadapi oleh siswa yang tadinya dapat PIP namun sekarang tidak dapat lagi.

Ada banyak sekali pertanyaan seputar dana PIP, namun yang umum ditanyakan adalah "Kenapa PIP Saya Tidak Cair?"

Dari pertanyaan tersebut disimpulkan bahwa sebelumnya anda adalah pemegang kartu KIP, PKH, KPS yang semestinya anda berhak mendapatkan dana PIP dari pemerintah. Namun kenyataannya anda tidak pernah mendapatkan dana PIP tersebut.

Baca Juga: Bansos 2023 Cair, Terdapat 6 Hal Menarik Terkait Bantuan Sosial pada Tahun 2023 

 

Penyebab Dana PIP Tidak Cair

Untuk memastikan bahwa anda adalah penerima dana PIP silahkan cek di aplikasi resmi PIP Kemdikbud  SIPINTAR Enterprise melalui Link https://pip.kemdikbud.go.id , caranya anda bisa baca di artikel DISINI..

Ada beberapa indikasi yang menyebabkan dana PIP anda tidak cair. Berikut 4 penyebab dana PIP tidak cair:

1. Tidak diusulkan oleh pihak sekolah.

Pastikan bahwa data anda diusulkan melalui aplikasi Dapodik / Emis. Solusinya; Jika anda sebelumnya pemegang kartu KIP, PKH, KPS anda bisa mengajukan melalui sekolah anda. Jika sebelumnya anda tidak punya kartu KIP, PKH, KPS anda bisa membuat surat keterangan tidak mampu melalui RT/RW atau kantor desa setempat untuk bisa mengajukan penerima PIP melalui sekolah anda.

2. NISN Tidak Valid

Pastikan bahwa Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) anda sudah valid. Untuk cek validasi NISN silahkan lakukan di alamat ini https://nisn.data.kemdikbud.go.id  Solusinya: lakukan verval NISN melalui bantuan operator sekolah, sertakan bukti NISN baik melalui kartu NISN anda atau NISN yang tertera di ijazah anda.

3. NIK Tidak Valid Dukcapil DTKS

Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tidak valid Dukcapil atau DTKS juga menjadi penyebab dana PIP tidak bisa cair. Solusinya; anda bisa melakukan verval NIK secara mandiri maupun melalui bantuan operator sekolah.

Jika anda melakukan verval NIK secara mandiri silahkan kunjungi laman NISN dan ikuti langkah berikut:

  1. Cari data NISN anda terlebih dulu, setelah ketemu silahkan lanjutkan dengan;
  2. Verifikasi Data Identitas Siswa. (Verifikasi Data Data Pribadi Siswa yang tercatat dalam Sistem Pendataan DAPODIK/EMIS);
  3. Masukkan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN);
  4. Masukkan Tanggal Lahir Peserta Didik;
  5. Silahkan masukkan NIK Peserta Didik yang tercatat di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DUKCAPIL);
  6. Lanjukan dengan tekan cari data;
  7. Masukkan Data NIK Orang Tua/Wali;
  8. Pastikan data yang dimasukkan sesuai dengan data Kependudukan. Silahkan berkoordinasi dengan Dinas DUKCAPIL setempat jika ada ketidaksesuaian data;
  9. Selanjutnya lakukan klik validasi data;
  10. Pengajuan Perbaikan (Data akan disetujui oleh Sekolah Bersangkutan).

Jika meminta bantuan kepada operator sekolah untuk melakukan verval NIK silahkan sertakan KK yang sudah sesuai dengan data Kependudukan.

4. Dana PIP kembali ke KAS Negara

Kasus yang terakhir ini sebenarnya dana PIP sudah cair hanya saja terlambat dalam proses pengambilannya. Dana PIP yang kembali ke KAS negara disebabkan karena batas cut off pengambilan sudah habis dan belum diambil oleh peserta didik. Dana ini akan secara otomatis melakukan pendebetan ke kas negara. Solusinya; Silahkan lihat Batas waktu cut off Dapodik untuk PIP. Lakukan koordinasi dengan pihak sekolah mengenai informasi siswa usulan sekolah, siswa nominasi dan penetapan siswa SK pemberian PIP.

Baca Juga: Daftar Bansos yang Dicairkan Tahap 3 Bulan Juni 2023, Cek Secara Online Penerimanya Disini 

 

Selai dari 4 penyebab diatas, ada lagi 6 penyebab dana bantuan PIP itu tidak bisa dicairkan lagi, yaitu:

  1. Siswa yang bersangkutan tidak lagi terdaftar sebagai penerima PIP.

  2. Peserta didik tidak menyetel persyaratan dokumen sebagai penerima PIP.

  3. Peserta didik tidak punya Kartu Indonesia Pintar (KIP).

  4. Peserta didik bukan berasal dari keluarga miskin/rentan miskin dengan pertimbangan khusus.

  5. Peserta didik tidak melakukan aktivasi rekening penerima PIP.

  6. Tidak mengambil dana bantuan PIP yang telah diberikan dengan batas waktu yang sudah ditentukan.

Dana bantuan PIP yang disalurkan melalui bank mempunyai batas waktu untuk pencairannya. Jika sampai batas waktu yang ditentukan namun dana tersebut tidak dicairkan, maka dana bantuan PIP secara otomatis akan dikembalikan ke kas negara.

Baca Juga: Jadwal Pencairan PIP Kemdikbud 2023, Termin 1 Sudah Cair, Ini Jadwal Setiap Termin Selengkapnya

 

Kuota Penerima PIP Tahun 2023

Untuk diketahui, untuk kuota siswa penerima PIP adalah sebagai berikut:

No Jenjang Kuota
1. SD/Sederajat 10.360.614 siswa
2. SMP/Sederajat 4.369.968 siswa
3. SMA/Sederajat 1.367.559 siswa
4. SMK/Sederajat 1.829.167 siswa

 

Nominal Penerima PIP Per Siswa

Untuk besaran nominal dana yang dicairkan persemester untuk setiap siswa adalah sebagai berikut:

No Jenjang Nominal
1. SD/Sederajat Rp450.000,-
2. SMP/Sederajat Rp750.000,-
3. SMA/SMKSederajat Rp1.000.000,-

Baca Juga: Bansos Cair Bulan Ini, Berikut Daftar Penerima dan Cara Cek Calon Penerima di Cekbansos

 

Cara Cepat Cek Penerima PIP

Berikut merupakan panduan untuk mengecek penerima bantuan PIP dengan cepat secara online, yakni melalui akses https://pip.kemdikbud.go.id:

1. Buka tautan https://pip.kemdikbud.go.id/home_v1 meggunakan komputer maupun HP. 

cara cek penerima pip 1    

2. Isikan NISN dan NIK, lalu isikan Hasil yang diminta sistem, lalu klik Cek Penerima PIP. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini:

cara cek penerima pip 2 

3. Jika data sudah dimasukkan dengan benar maka bisa diketahui apakah termasuk penerima PIP atau bukan. Termasuk sebagai pemegang Kartu Indonesia Pintar atau bukan. Jika tercatat sebagai penerima PIP, silahkan konfirmasikan ke sekolah untuk dibuatkan Surat Keterangan Penerima PIP dari sekolah.

cara cek penerima pip 3 

Demikian informasi seputar Penyebab PIP Tidak Cair beserta Penjelasan dan Solusinya. Semoga bermanfaat.

Komentar

Indah mardiyani

02 Februari 2024 13:31:37

Anak saya dr SD sampai SMP kelas 2 masih dpt PIP setelah naik kls 3SMP tidak dpt lagi. Kenapa y apa sebab nya.padahal kami orang tidak mampu rumah aja masih numpang sama org tua.

Tri Sulistyorini

24 Januari 2024 00:57:08

Anak saya dr kelas 1 sampai kelas 2 dapat PIP tp semenjak kelas 3 ga dapat padahal teman yg lain Uda dpt. Saya Uda cek validasi data dan semuanya sdh valid tp knp kok masih tetap belum dapat ya

Poni

16 Januari 2024 05:18:56

Anak sya dpt pip dan sdh aktivasi di bri dan dpt kartu kip, tp waktu di cek saldo nya kok 0 , kosong gimana ya , mohon bantuan nya.

NOVAL FAUZI

13 Januari 2024 05:00:47

waktu kelas satu daper kip..sekarang kls dua ko bln dapat lagi knpa yah

Muji

20 Desember 2023 04:24:37

Anak saya penerima PIP dari kelas 1-3 SMP setelah masuk kejenjang SMA kenapa tidak mendapatkan PIP lagi padahal sudah mengajukan ke pihak sekolah. Mohon solusinya pak

Chrisna mailoor

19 Desember 2023 02:28:01

Sdh dpt virtual acc dri skola dan surat rekom tpi kolom no rek kosong, katanya skolah hanya mndpt info sprti itu, tanpa no rek. Setelah ke bank katanya no re wajib diisi dari sekolah, klu tdk tdk bisa cair, Skolah tetap bilang mereka dpt info hny no virtual acc, tanpa no rek, lalu saya harus bagaimana, ? Masa kadaluarsa PIP sisa 2 hari lagi

Fafiani

14 Desember 2023 04:06:33

Anak saya penerima PIP pada saat kelas 4 SD,waktu kelas 5 masih menerima,tp setelah kelas 6 tidak keluar bantuannya,sekarang sudah kelas 7 SMP,saya sangat berharap PIP anak saya bisa keluar kembali karena saya sangat membutuhkannya

Soleman

11 Desember 2023 05:11:24

Kenapa anak saya anak sya ga cair lagi semenjak pindah sekolah

Amelia

07 Desember 2023 13:06:43

Anak saya sudah 2 tahun tahun tidak dapat PIP, sedangkan kami terdaftar dalam DTKS. Apa Kendalanya. Mohon solusinya

Suriyeh

03 Desember 2023 08:42:06

Saya cek anak saya masih aktif di pendidikan... Tapi semenjak anak saya lulus sd tidak dapat bantuan pip... Padahal waktu sd anak saya dapat bantuan terus... Sekarang smp malah gk dapat... Sampai anak saya berharap sekali dengan bantuan pip ini... Tolong kasih solusinya gimana...

Mulyati

29 November 2023 03:31:51

Anak" saya penerima pip tapi thn 2023 ini belum cair . waktu di cek ada tulisan merah tidak padan data dtks . Maksud nya apa ya

Anggi Cahya Ningsih

20 November 2023 07:52:03

Kenapa PIP saya nggak cair² ya!!! Pdhl teman² saya yang pip nya baru dibuat bisa lngsung pada cair tpi knp saya nggk cair² ya

Renny oktaviana

06 November 2023 05:58:54

Kenapa saya disms bahwa nama anak saya dapat pip dn disuruh cek kesekolah ternyata anak saya terdaftar dpat pip tp setelah aktifasi kok dananya tidak ada tp sempet cek di sipintar nama anak saya ada dn dicek 3 kl dibank dananya kosong

SUPIAH

06 November 2023 02:42:30

Kenapa PIP anak tidak keluar lg ,sedangkan temannya keluar lg di THN 2023 bln Oktober. Padahal waktu dapat sama ,Ama tmnnya pd thn 2022 bln Desember.saya sangat membutuhkan karena anak sy sebentar lg mau ujian kelulusan .Tp pIp yg di tunggu TDK kecair

SUPIAH

06 November 2023 02:39:41

Kenapa PIP anak tidak keluar lg ,sedangkan temannya keluar lg di THN 2023 bln Oktober. Padahal waktu dapat sama pd thn 2022 bln Desember.

Vera

18 Oktober 2023 06:02:11

Warga yang sudah punya rumah walopun tidak bagus bisa mendapatkan bantuan seperti PKH ,KIS dan KIP dr pemerintah.tetapi warga yang belum punya rmh(mengontrak /sewa rmh) tidak dpt menerima bantuan.kenapa? Pdhl justru yg blm pny rumah sendiri juga membutuhkan bantuan.

Tegar Rizki Rahayu

17 Oktober 2023 10:29:40

Kenapa punya saya tidak cair lagi

Rizswan

15 Oktober 2023 15:43:28

Anak saya dapat waktu kelas delapan di SMP 1 Kepahiang Bengkulu..sekarang sudah masuk SMK 04 Kepahiang,Bengkulu tidak dapat lagi..dan sekarang lagi ngurus KIP di sekolah juga tidak ada kabar nya jadi mohon petunjuk dan solusinya..

putri selvina maharani

01 Oktober 2023 18:11:58

kenapa pip tidak dapat padahal mulai SD dapat smp dapat tahun 2021 sekarang tidak

Sri yanti

22 Agustus 2023 00:23:22

Anak says tadi masuk nominasi pip udah aktivitasi bank di sipintar juga ada keterangannya tapi setelah berapa hari di cek lagi udah hilang taertulis anak saya bukan penerima pip itu mksdx gmna ya dia baru pertama kali mau dapat pip

Aqila nur azizah

11 Agustus 2023 02:03:17

Bulan juli 3023 ini anak sy ada pemberitahuan dr sekolah klo PIP sudah turun tp sy cek rekening ke BRI sellu tdk ada pdhl sudah 3x cek, sampai malu rasanya, pdhl pnya temannya sudah turun.. knp bisa seperti ini? Trs Klo misal cair batas max pengambilan brp hr ya?

Alya Putri

10 Agustus 2023 12:02:39

Kenapa PIP saya cair cuma sekali sedangkan teman saya sudah tiga kali cair

Susianti

09 Agustus 2023 02:28:58

Pak mau nanya anak saya pas kelas 1sd dapet PIP terus cair 1 kali dan ke 2 x nya saya telat mencairkan dan hangus terus dan sampai sekarang tidak cair lagi,jadi kira2 gmn ya solusinya pak biar cair kembali dana PIP nya ?

Mohammad Ali faozi

26 Juli 2023 17:11:50

Knp anak saya pip nya status nya merah/tidak LAPAN.yg SD .mohon bantu dijawab ya

Dinda putri kirana

16 Juli 2023 15:07:57

Dinda putri kirana sudah tdk dpt pip lagi..pdhl thn kmrin masih dpt skrng sdh tdk

Yuli hartati

09 Juli 2023 05:43:41

Knp pip ank saya tdk cair lg terakhir th 2021

Elvia agustina

03 Juli 2023 01:04:07

Saya sudah mendaftar ulang pip untuk taun ini di awal bulan juni knp belum ada notice pip akan cair sedangkan sebagian siswa sudah cair ???

Hasan ben boy

27 Juni 2023 12:52:33

Anak penerima pip tapi thn 2023 ini belum cair . waktu di cek ada tulisan merah tidak padan data dtks . Maksud nya apa ya

Yuniarti

26 Juni 2023 23:41:58

Anak sy THN 2021 dpt PIP tapi sampe skrg blom dpt lg baru 1x pas sy cek di PIP TPI yg keluar data THN 2021 ko yg keluar data 2021 lg

Aris

22 Juni 2023 08:26:16

Anak saya di beritahukan dari sekolah mendapatkam dana pip dan sudah di konfirmasi ke diknas tapi kenapa sampe sekarang dana nya tidak masuk ke rekening anak saya.

Firman Hidayat

09 Juni 2023 02:23:57

Anak saya penerima PIP dari sejak SD sampai dengan SMA kelas 10, tapi setelah kelas 11 ia tidak mendapatkan PIP lagi, bagaimana jalan keluarnya agak bisa mendapatkannya kembali

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Artikel Menarik Lainnya

Hosting Murah se Indonesia

Arsip Artikel

Statistik

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Hosting Gratis

MHosting Gratis Rp.0

Komentar

Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya
Satria setiawan wijaya
06 Maret 2024 16:47:49
Bagaimana cara mndaftarkan ank saya dpet pip... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 15:48:40
Mohon bantuannya ..utk bisa mendapatkan PIP..Anak saya... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 15:47:46
Mohon bantuannya ..utk bisa mendapatkan PIP..Anak saya... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 15:44:08
Bagaimana cara mendapatkan PIP..suami terkena PHK..... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:7.253
Kemarin:998
Total Pengunjung:8.252
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.34.7
Browser:Tidak ditemukan