Selamat Hari Pendidikan Nasional! Semoga pendidikan Indonesia semakin maju dan menghasilkan generasi cerdas serta berbudi pekerti luhur. Hari Pendidikan Nasional Selamat Hari Pendidikan Nasional 2024, mari suarakan lewat mimpi-mimpi besar lewat pendidikan yang berkualitas. Hardiknas Selamat memperingati Hari Pendidikan Nasional! Terima kasih para pahlawan pendidikan yang telah mengabdikan diri untuk mencerdaskan bangsa. Hardiknas Tak ada kunci keberhasilan yang lebih mujarab selain pendidikan. Selamat Hari Pendidikan Nasional, semoga semakin membuka pintu ilmu pengetahuan. Hardiknas Hari Pendidikan Nasional mengingatkan kita untuk terus belajar dan mengasah ilmu agar dapat menjadi individu yang bermanfaat bagi negeri. Hardiknas Di Hari Pendidikan Nasional, mari kita apresiasi seluruh insan pendidikan yang tak kenal lelah dalam membagikan ilmu dan membentuk karakter bangsa. Hardiknas

  Artikel/Berita

HIKMAH

Delapan Anggota Tubuh yang Harus Dijaga dari Dosa, Nomor 5 siksaanya amat pedih

Admin TB

06 November 2023 23:00:56

341 Kali Dibaca

Beberapa bagian tubuh manusia menjadi sarana dalam tindakan positif maupun negatif seseorang. Paling tidak, ada delapan aspek anatomi yang seharusnya dijaga dari perbuatan yang melanggar etika.

Pandangan ini telah diperinci oleh Imam al-Ghazali dalam salah satu karyanya yang bertajuk "Minhajul 'Abidin." Dalam buku tersebut, Imam al-Ghazali menyoroti lima di antaranya.

Hujjatul Islam menegaskan bahwa siapa pun yang ingin menjalani kehidupan yang takwa kepada Allah SWT, seharusnya menjaga dengan baik mata, telinga, lidah, hati, dan perut dari tindakan yang bertentangan dengan prinsip moral.

"Kita harus berusaha sungguh-sungguh untuk menjaga kelima bagian tubuh tersebut dari segala hal yang dapat membahayakan aspek keagamaan kita, seperti perbuatan dosa, yang haram, aktivitas yang tidak berguna, dan bahkan kelebihan dalam hal-hal yang diperbolehkan," Imam al-Ghazali menjelaskan dengan kata-kata yang diterjemahkan oleh Abu Hamas as-Sasaky.

Baca Juga: Warna Pakaian Muslimah yang Sedang Tren: Apakah Ini Termasuk Tabarruj Tanda Kiamat?

Mata merupakan penyebab dari berbagai perbuatan buruk dan sumber dari berbagai penyakit
Ilustrasi: Mata merupakan penyebab dari berbagai perbuatan buruk dan sumber dari berbagai penyakit.

 

Delapan Anggota Tubuh yang Harus Dijaga dari Dosa

Berikutnya, mari kita simak penjelasan lebih lanjut dari Imam al-Ghazali.

 

  1. Mata

Imam al-Ghazali menjelaskan bahwa mata merupakan penyebab dari berbagai perbuatan buruk dan sumber dari berbagai penyakit.

Al-Qur'an memberikan petunjuk yang jelas untuk menjaga penglihatan. Allah SWT berfirman dalam surah An Nur ayat 30,

قُل لِّلۡمُؤۡمِنِينَ يَغُضُّواْ مِنۡ أَبۡصَٰرِهِمۡ وَيَحۡفَظُواْ فُرُوجَهُمۡ ۚ ذَٰلِكَ أَزۡكَىٰ لَهُمۡ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ خَبِيرُۢ بِمَا يَصۡنَعُونَ

Artinya:

"Katakanlah kepada laki-laki yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu lebih suci bagi mereka. Sungguh, Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat."

(QS. An-Nur 24: Ayat 30)

 

Sahabat Hudzaifah radliyallahu ‘anh meriwayatkan hadits dari Nabi ﷺ:

   النَّظْرَةُ سَهْمٌ مِن سِهَامِ إِبْلِيْسَ، مَنْ تَرَكَهَا مِنْ خَوْفِ اللهِ أَتاهُ إِيْمَانًا حَلَاوَتَهُ فِي قَلْبِهِ

Artinya:

“Pandangan itu adalah panah di antara panah iblis, siapa yang meninggalkannya karena takut kepada Allah, maka Allah mendatangkan kepadanya keimanan, yang ia dapatkan manisnya dalam hatinya.” (HR ath-Thabrani dan al-Hakim)  

 

Imam al-Ghazali juga menekankan bahwa mata merupakan alat untuk mengagumi kebesaran Tuhan Yang Maha Esa, dan tidak ada kemuliaan yang lebih tinggi daripada itu. Oleh karena itu, sangatlah patut untuk menjaga, menghormati, dan memuliakan penglihatan kita.

Baca Juga: Misteri Tersembunyi: 5 Keistimewaan Wanita Hamil yang Jarang Diketahui

 

  1. Telinga

Imam al-Ghazali menegaskan perlunya menjaga telinga dari mendengarkan hal-hal yang tidak memberikan manfaat, dengan alasan-alasan yang kuat. Pertama, mendengarkan hal-hal tersebut dapat mengasosiasikan diri dengan pembicara, baik dalam konteks perkataan yang baik maupun buruk.

Kedua, tindakan mendengarkan dapat memicu imajinasi dan memungkinkan pengaruh bisikan-bisikan setan di dalam hati. Hal ini dapat mengarah pada pengaruh negatif pada seluruh aspek diri. Oleh karena itu, bijak untuk menjauhi hal-hal tersebut agar terhindar dari dampak yang merugikan yang lebih besar.

Baca Juga: Catatan Sejarah: 5 Peristiwa Penting yang Terjadi pada Bulan Rabiul Akhir

 

  1. Lidah

Anggota tubuh yang harus dilindungi dari dosa selanjutnya adalah lidah atau lisan. Lisan merupakan bagian tubuh yang paling sulit untuk dikendalikan dan paling mungkin menyebabkan seseorang tersesat.

Imam al-Ghazali merujuk kepada sebuah riwayat bahwa Sufyan bin Abdullah pernah bertanya kepada Rasulullah SAW tentang apa yang paling dihawatirkan olehnya. Rasulullah SAW menjawab sambil memegang lidahnya, "Ini."

Imam al-Ghazali menjabarkan lima prinsip penting dalam menjaga lisan. Pertama, lisan memiliki pengaruh besar terhadap seluruh anggota tubuh, bisa membawa hidayah atau kesesatan.

Kedua, menjaga lisan melibatkan pemilihan waktu yang bijak, tidak menyia-nyiakan kesempatan berdzikir kepada Allah SWT.

Selanjutnya, menjaga lisan bukan hanya menjaga amal baik, tetapi juga menjaga diri dari dosa.

Terakhir, menyalahgunakan lidah akan berdampak pada hukuman dari Allah SWT pada hari kiamat.

Baca Juga: Rahasia Luar biasa 4 Doa Hebat yang Meredakan Musim Kemarau

 

  1. Hati

Selanjutnya, Imam al-Ghazali menekankan pentingnya menjaga dan memperbaiki hati. Menurutnya, hati adalah bagian tubuh manusia yang paling berbahaya, paling kompleks dalam dampaknya, paling sensitif dalam masalahnya, paling sulit untuk diperbaiki, dan paling rumit dalam keadaannya.

Terdapat empat faktor yang dapat merusak hati. Keempatnya adalah keinginan berlebihan untuk hidup lama di dunia, rasa iri, tergesa-gesa dalam beribadah, dan sikap sombong.

Sebaliknya, terdapat empat cara untuk memperbaiki hati. Ini termasuk tidak terlalu mengharapkan dunia, berlaku baik kepada semua ciptaan Allah SWT, menjalani ibadah dan urusan lain dengan ketenangan, serta memiliki rasa rendah hati.

Baca Juga: Bertobat 100 Kali Setiap Hari: Inilah Rahasia Bacaan Istighfar Pilihan Rasulullah SAW

 

  1. Perut

Perut juga termasuk bagian tubuh yang wajib dijaga dari dosa bagi seseorang yang berusaha menempuh jalan ibadah dan ketaatan.

Imam al-Ghazali menjelaskan.

"Perut adalah pusat kekuatan tubuh. Di dalamnya terdapat energi untuk seluruh anggota tubuh. Perut juga merupakan sumber dari kekuatan, kelemahan, kebenaran, perbuatan jahat, dan perlawanan,"

Menjauhkan perut dari perbuatan dosa, dalam pandangan Imam al-Ghazali, berarti menjaga agar tidak ada yang haram atau syubhat yang masuk ke dalamnya. Dasar untuk ini terdapat dalam firman Allah SWT dalam surah An-Nisa ayat 10,

إِنَّ ٱلَّذِينَ يَأۡكُلُونَ أَمۡوَٰلَ ٱلۡيَتَٰمَىٰ ظُلۡمًا إِنَّمَا يَأۡكُلُونَ فِي بُطُونِهِمۡ نَارًا ۖ وَسَيَصۡلَوۡنَ سَعِيرًا

"Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara zalim, sebenarnya mereka itu menelan api dalam perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka)."

(QS. An-Nisa' 4: Ayat 10)

Baca Juga: Misteri Karmin: Dilema Hukum Islam yang Mengguncang - Halal atau Haram?

 

  1. 7, 8. Kemaluan, Tangan, dan Kaki

Imam al-Ghazali dalam kitab Bidayatul Hidayah juga menekankan pentingnya menjauhkan tiga anggota tubuh lain dari dosa dan perbuatan maksiat. Ketiganya adalah kemaluan, tangan, dan kaki.

Menurut keyakinan, anggota tubuh akan menjadi saksi pada hari kiamat atas segala perbuatan manusia selama hidup di dunia. Dalam sebuah riwayat dalam kitab At-Tadzkirah karya Imam Syamsuddin Al-Qurthubi, disebutkan bahwa paha dan telapak tangan akan menjadi anggota tubuh yang pertama bersaksi pada hari Hisab.

Nabi SAW pernah bersabda,

"Pada hari kiamat, kalian akan datang. Mulut-mulut kalian akan tertutup oleh penapis (saringan). Bagian tubuh manusia yang pertama kali bersaksi adalah paha dan telapak tangan." (HR Ahmad, Thabrani, dan Hakim)

Wallahu a'lam. [DM]

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Hosting Murah se Indonesia

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Hosting Gratis

MHosting Gratis Rp.0

Komentar

Tenggulangbaru.id
02 Mei 2024 11:49:08
Selamat Hari Pendidikan Nasional! Semoga setiap anak... selengkapnya
Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya
Satria setiawan wijaya
06 Maret 2024 16:47:49
Bagaimana cara mndaftarkan ank saya dpet pip... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:845
Kemarin:6.357
Total Pengunjung:96.312
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.178.35
Browser:Mozilla 5.0