Selamat Hari Pendidikan Nasional! Semoga pendidikan Indonesia semakin maju dan menghasilkan generasi cerdas serta berbudi pekerti luhur. Hari Pendidikan Nasional Selamat Hari Pendidikan Nasional 2024, mari suarakan lewat mimpi-mimpi besar lewat pendidikan yang berkualitas. Hardiknas Selamat memperingati Hari Pendidikan Nasional! Terima kasih para pahlawan pendidikan yang telah mengabdikan diri untuk mencerdaskan bangsa. Hardiknas Tak ada kunci keberhasilan yang lebih mujarab selain pendidikan. Selamat Hari Pendidikan Nasional, semoga semakin membuka pintu ilmu pengetahuan. Hardiknas Hari Pendidikan Nasional mengingatkan kita untuk terus belajar dan mengasah ilmu agar dapat menjadi individu yang bermanfaat bagi negeri. Hardiknas Di Hari Pendidikan Nasional, mari kita apresiasi seluruh insan pendidikan yang tak kenal lelah dalam membagikan ilmu dan membentuk karakter bangsa. Hardiknas

  Artikel/Berita

BERITA

Rizal Ramli Tutup Usia, Ini Penyakit yang Diderita serta Profilnya

Admin TB

02 Januari 2024 16:50:53

636 Kali Dibaca

Ekonom senior sekaligus mantan menteri Rizal Ramli meninggal dunia pada Selasa (2/1/2024) pada pukul 19.30 di usia 69 tahun. Rizal Ramli meninggal dalam perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta.

Kerabat dekat Rizal Ramli, Adhi Massardi mengungkapkan, mantan Menko Ekuin itu meninggal akibat sakit gula dan mengalami komplikasi. Ia telah dirawat di RSCM sejak sebulan lalu.  "Dimakamkan rencananya di  Jeruk Purut, masih nunggu putrinya dari AS datang ke Jakarta," ujar sesama mantan aktivis itu. 

Baca Juga: Hasil Survei Elektabilitas Capres 2024

Sebelumnya sejumlah tokoh juga telah menyampaikan bela sungkawa atas meninggalnya Rizal Ramli. Satu di antaranya adalah Mahfud MD. 

"Innaa lillaah wa innaa ilaihi raji'un. Sahabat baik saya DR. RIZAL RAMLI telah wafat, malam ini," tulis Mahfud lewat kicauanya di akun-X. 

"Saya ikut berdukacita yang mendalam, sahabat seperjuangan yang bisa saling mendukung atau pun saling mengritik. Semoga almarhum mendapat surga-Nya. Mas Rizal, damailah di sisi-Nya."

Mantan Menteri Keuangan Chatib Basri juga ikut berbela sungkawa.  "Innalillahi wa innailaihi rojiun. Turut berduka cita atas meninggalnya senior saya Dr. Rizal Ramli," kicaunya di akun X (Twitter), Selasa (2/1/2024). 

Chatib mengaku mengenal Rizal sejak era mahasiswa dulu. Ia menyebut Rizal Ramli sebagai Ekonom yang cemerlang, aktivis yang gigih.  "Saat saya di pemerintahan kritiknya bukan main pedasnya. Tapi saya tahu itu dibutuhkan untuk Indonesia yang lebih baik. Selamat jalan Bang Rizal. Kehilangan besar untuk Indonesia," tulisnya. 

Mantan penyidik KPK Yudhi Purnomo Harahap juga menyampaikan rasa dukanya di Twitter. "Innalillahi wa innailaihi rojiun, selamat jalan Pak Rizal Ramli, Indonesia berduka," tulisnya. 

Baca Juga: Data Pengungsi Rohingya dan Berbagai Permasalahannya

Rizal Ramli yang merupakan kelahiran Padang ini dikenal sebagai sosok cukup kritis terhadap peemerintah.  Mantan Menko Ekuin berulangkali melontarkan kritik tajam terkait masalah ekonom yang dihadapi negara ini. Rizal Ramli lahir di Padang, Sumatera Barat, pada 10 Desember 1954. 

Dikenal sebagai aktivis sejak mahasiswa, Rizal sangat kritis terhadap jalannya kebijakan pemerintah.


Potret Rizal Ramli sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman pada Kabinet Kerja (Foto: Wikipedia)

 

Profil Rizal Ramli

Melansir dari situs resmi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI, Rizal Ramli lahir di Padang, Sumatera Barat, pada tanggal 10 Desember 1954. Ia adalah seorang mantan tokoh pergerakan mahasiswa, ahli ekonomi dan politisi Indonesia.

Di tingkat internasional, Rizal pernah dipercaya sebagai anggota tim panel penasehat ekonomi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bersama beberapa tokoh ekonom dari berbagai negara lainnya.

Karena ingin fokus mengabdi pada negara dan bangsa Indonesia, Rizal pernah menolak jabatan internasional sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Economic & Social Commission of Asia and Pacific (ESCAP) yang ditawarkan PBB pada November 2013.


Potret Rizal Ramli sebagai Koordinator Bidang Perekonomian RI (Foto: Ekon.go.id)

 

Riwayat Pekerjaan:

  • Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog)
  • Menteri Koordinator Bidang Perekonomian
  • Menteri Keuangan Indonesia pada Kabinet Persatuan Nasional pada masa pemerintahan


Rizal Ramli pada tahun 2000 (Foto: Wikipedia)

 

Riwayat Pendidikan:

  • S-1 Jurusan Teknik Fisika, Institut Teknologi Bandung
  • Doktor Ekonomi Boston University

Rizal Ramli merintis jalan hidup dengan susah payah. Sebagai anak yatim-piatu, ia mesti membiayai sendiri kuliahnya di Institut Teknologi Bandung (ITB). Tekanan hidup itu justru mendekatkan dirinya dengan problematika masyarakat.

Pada 1978, ia ikut dalam gerakan menentang pemilihan kembali Soeharto sebagai presiden. Kejadian itu memberinya ruang di sel selama 18 bulan. Lepas dari penjara, Rizal Ramli banyak meniti pendidikan di luar negeri. Ia memperoleh gelar doktor dari Boston University dan sejurus kemudian memutuskan pulang ke tanah air.


Rizal Ramli pada tahun 2009 (Foto: Wikipedia)

 

Di Indonesia, Rizal mendirikan Econit (1992). Sebuah lembaga pengkajian ekonomi. Dari Econit inilah, Rizal menuai reputasinya. Ia banyak mengkritisi kebijakan pemerintah yang dirasakan tidak fair bagi masyarakat.

Namanya mulai familiar setelah dia menjabat sebagai Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) periode 2000-2001. Di tahun yang sama Rizal juga menjabat Menko Ekonomi, Keuangan dan Industri.

Di era pemerintahan Presiden Jokowi, Rizal Ramli dipercaya menjabat sebagai Menko Bidang Maritim dan Sumber Daya Indonesia pada 2015 hingga 2016. Rizal Ramli dikenal sangat kritis saat menjadi Menko Bidang Maritim dan Sumber Daya Indonesia. Ucapan yang terkenal adalah 'rajawali ngepret' atau Raja Ngepret.

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Hosting Murah se Indonesia

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Hosting Gratis

MHosting Gratis Rp.0

Komentar

Tenggulangbaru.id
02 Mei 2024 11:49:08
Selamat Hari Pendidikan Nasional! Semoga setiap anak... selengkapnya
Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya
Satria setiawan wijaya
06 Maret 2024 16:47:49
Bagaimana cara mndaftarkan ank saya dpet pip... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:81
Kemarin:7.353
Total Pengunjung:89.191
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:108.162.216.86
Browser:Mozilla 5.0