Minal Aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Batin Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga hari kemenangan ini membawa kehangatan dan kedamaian bagi seluruh insan di dunia. Selamat Hari Raya. Semoga Idul Fitri kita mendapat limpahan berkah oleh Allah. Mari kita rayakan dengan menebar cinta dan kebahagiaan kepada sesama. Eid Mubarak 2024! May this Eid be the best one yet for all of us. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga Idul Fitri tahun ini menjadi yang terbaik bagi kita semua.

Artikel/Berita

Pilpres 2024

Hasil Survei Elektabilitas Capres 2024

Admin TB

30 Desember 2023 04:37:54

565 Kali Dibaca

Sejumlah lembaga survei telah merilis hasil sigi pasca debat calon presiden (capres) maupun calon wakil presiden (cawapres) yang berlangsung beberapa waktu lalu.

Publikasi lembaga survei tersebut menunjukkan adanya dinamika elektabilitas masing-masing kandidat pasca debat, meskipun kalau dilihat secara mendetail perubahan-perubahan dalam survei elektabilitas itu masih sangat dinamis.

Soal Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, misalnya, elektabilitas pasangan capres dan cawapres yang didukung oleh mayoritas koalisi pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), terus menunjukkan kenaikan. Elektabilitas Prabowo-Gibran mencapai 43,7 persen versi Centre For Strategic and International Studies (CSIS) dan 46,7 persen versi Indikator Politik. Prabowo-Gibran unggul jauh dibandingkan dengan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar maupun Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Anies-Munaimin atau AMIN berada di posisi runner up versi CSIS dengan angka sebanyak 26,1 persen, Ganjar-Mahfud hanya di angka 19,4 persen. Sebaliknya, elektabilitas Ganjar-Mahfud berada di peringkat kedua versi Indikator Politik dengan angka 24,5 persen, Anies-Muhaimin 21 persen.

Baca Juga: Jadwal Debat Capres dan Cawapres 2024, Siaran Langsung , Tema dan Profil Panelis

Hasil sigi dua lembaga survei tersebut mengonfirmasi bahwa elektabilitas Prabowo-Gibran masih kokoh di peringat pertama. Sedangkan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud bersaing memperebutkan peringkat kedua.

Berikut ini adalah hasil survei elektabilitas Capres 2024 terbaru dari delapan lembaga survei yang dirangkum Tenggulangbaru.id.

Baca Juga: Jadwal

 

Hasil Survei Elektabilitas Capres 2024

1. Centre for Strategic and International Studies (CSIS)

CSIS merilis hasil survei elektabilitas capres dan cawapres pascadebat capres perdana pada 12 Desember 2023. Hasilnya, pasangan Prabowo-Gibran unggul dengan elektabilitas 43,7%.

Survei dilakukan pada 13-18 Desember 2023. Survei dilakukan dengan metode survei multistage random sampling dengan jumlah sample sebesar 1.300 orang yang tersebar di 34 Provinsi Indonesia. Margin of error survei ini sebesar plus minus 2,7% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Responden survei adalah penduduk Indonesia yang berusia 17 tahun atau yang sudah menikah saat survei dilakukan. Survei menggunakan teknil wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner.

Responden diberikan pertanyaan ‘bila saat ini ibu/bapak sedang berada di bilik suara (TPS), siapakah yang akan ibu/bapak pilih sebagai presiden dan wakil presiden periode 2024-2029?’. Berikut hasilnya:

  • Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar Anies-Cak Imin: 26,1%
  • Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Prabowo-Gibran: 43,7%
  • Ganjar Pranowo-Mahfud MD Ganjar-Mahfud: 19,4%
  • Rahasia/belum menentukan pilihan Rahasia/belum menentukan pilihan: 6,4%
  • Tidak tahu/tidak jawab Tidak tahu/tidak jawab: 4,5%.

Ketua Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS, Arya Fernandes, mengatakan survei ini dilakukan sehari setelah debat capres. Dia juga mengingatkan elektabilitas ini bisa berubah sesuai perkembangan politik.

“Jadi ini peta yang kami dapatkan setelah debat pertama berlangsung. Ketiga calon masih ada waktu dan harapan untuk menentukan kerja politik, kedua situasi bisa aja ada perubahan tipis naik atau turun karena ada debat, jadi putaran debat masih ada 3 kali. Ketiga aktivitas mobilitas kampanye paslon,” kata Arya saat memaparkan hasil survei di YouTube CSIS, Rabu (27/12/2023).

 

2. Indikator Politik Indonesia

Pada Selasa (26/12/2023), Indikator Politik Indonesia merilis hasil simulasi terkait elektabilitas tiga pasangan capres dan cawapres peserta Pilpres 2024. Hasilnya, pasangan Prabowo-Gibran unggul dibanding pasangan lain.

Survei dilakukan pada 23 Desember hingga 24 Desember 2023 terhadap 1.217 responden. Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (265 responden) dan double sampling (952 responden). Margin of error ±2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Dalam survei, responden diberikan pertanyaan ‘Jika pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa yang akan Ibu/Bapak pilih di antara pasangan nama pasangan berikut?’

“Prabowo-Gibran 46,7%. Ini sekaligus menegaskan ya karena kemarin muncul rilis sebuah lembaga yang namanya mirip dengan kami ya. Jadi ada banyak sekali orang yang tanya ke saya itu apakah Indikator surveinya Prabowo-Gibran sudah menyentuh 50% plus, itu Indikator yang lain. Kami belum menemukan data Prabowo-Gibran menyentuh angka 50%, belum sampai,” kata Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam paparannya, Selasa (26/12/2023).

“Nah peringkat kedua dan ketiga, itu dalam margin of error, saya ingatkan sekali lagi 2,9%. Jadi saya tidak tahu siapa yang unggul antara Ganjar atau Anies. Jadi kalau misalnya tidak terjadi 1 putaran, misteri Tuhan, selain jodoh dan kematian, adalah siapa pendamping Prabowo-Gibran di putaran kedua. Kita belum bisa menebak sampai hari ini. Bisa Ganjar, bisa Anies. Tapi peluang keduanya masih terbuka seandainya Prabowo-Gibran meraih 50% plus satu,” lanjutnya.

Berikut hasil simulasi terkait elektabilitas tiga pasangan capres-cawapres Pilpres 2024 berdasarkan survei Indikator Politik Indonesia:

  • Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Prabowo-Gibran: 46,7%
  • Ganjar Pranowo-Mahfud MD Ganjar-Mahfud: 24,5%
  • Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar Anies-Cak Imin: 21,0%
  • Tidak tahu/tidak jawab Tidak Tahu/Tidak Jawab: 7,8%

 

3. Indikator Publik Nasional

Survei digelar selama 3-11 Desember 2023 yang melibatkan sebanyak 1.670 responden tersebar secara proposional di 34 provinsi. Responden merupakan warga berusia 17 tahun ke atas atau sudah memiliki KTP.

Teknik sampling dan teknik pengumpulan data yakni multistage random sampling dan wawancara langsung dengan bantuan kuesioner. Margin of error diklaim +- 2,4% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Indikator Publik Nasional merilis hasil survei elektabilitas tiga pasangan capres-cawapres 2024. Berikut ini hasilnya:

  • Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Prabowo-Gibran: 50,2%
  • Ganjar Pranowo-Mahfud MD Ganjar-Mahfud: 23,1%
  • Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar Anies-Cak Imin: 22,7%.

 

4. Litbang Kompas

Survei Litbang Kompas dilakukan pada 29 November hingga 4 Desember 2023 dengan melibatkan 1.364 orang responden. Margin of error dari survei ini +/- 2,65% dengan tingkat kepercayaan 95% .

Berikut hasil survei Litbang Kompas:

  • Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Prabowo-Gibran: 39,3%.
  • Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar Anies-Cak Imin: 16,7%
  • Ganjar Pranowo-Mahfud MD Ganjar-Mahfud: 15,3%.

 

Litbang Kompas merekam migrasi pemilih PDIP ke Prabowo-Gibran. Jumlah PDIP yang memberikan dukungan ke Prabowo meningkat dari 22,1% menjadi 35,1%.

Ada pula pergeseran suara orang yang memilih Jokowi pada Pilpres 2019. Sebanyak 39,8% dari kelompok itu memilih Prabowo dan 27,4% lainnya memilih Ganjar.

Jumlah itu berbeda dari catatan Litbang Kompas Agustus 2023. Saat itu, 48,1% pemilih Jokowi memilih Ganjar dan 22,9% lainnya memilih Prabowo.

 

5. Arus Survei Indonesia (ASI)

ASI merilis hasil survei elektabilitas capres-cawapres di Pulau Jawa. Survei dilaksanakan pada 28 November hingga 5 Desember 2023 di Pulau Jawa yang meliputi Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur. Survei dilakukan secara tatap muka dengan metode penarikan sampel multistage random sampling.

Dalam survei ini melibatkan 1.200 responden. Margin of error mencapai +- 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia, Ali Rif’an, menjelaskan alasan melakukan survei secara khusus dilakukan di Pulau Jawa. Dia mengatakan setengah pemilih di Pemilu 2024 berada di Pulau Jawa.

“Kenapa survei dilakukan di Pulau Jawa? Secara demografi data KPU mengatakan 56% pemilih ada di Pulau Jawa. Pemilih orang Jawa menyebar di seluruh Indonesia,” kata Ali dalam rilis survei ASI bertajuk Peta Elektoral Pilpres 2024 di Pulau Jawa di Hotel Alia, Cikini, Jakarta Pusat, Senin (11/12/2023).

Berikut ini hasil survei Arus Survei Indonesia:

  • Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Prabowo-Gibran: 34,2%.
  • Ganjar Pranowo-Mahfud MDGanjar-Mahfud: 30,7%
  • Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar Anies-Muhaimin: 26,3%.
  • Tidak tahu/tidak jawab Tidak tahu/tidak jawab: 8,7%

 

Survei ASI ini juga menangkap temuan pemilih yang tidak akan mengubah pilihan capres-cawapres atau strong voters di angka 48,6%.

“Sementara yang mengatakan masih dapat berubah atau swing voters 44,0% dan undecided voters 7,4%,” ujar Ali.

Survei ASI juga menjelaskan alasan pemilih di Pulau Jawa menentukan suara di Pilpres 2024. Faktor pertama berupa program kerja dengan angka 30,7%. Faktor yang juga berpengaruh secara urutan masing-masing berkarakter jujur dan dapat dipercaya sebesar 19,5%, berpengalaman di pemerintahan 10,6%, cerdas 8,0%, dan peduli dengan rakyat 7,9%.

Ali mengatakan temuan survei tersebut menunjukkan cerug suara di Pulau Jawa masih dapat diperebutkan. Dia menilai tidak ada pasangan capres-cawapres yang mendominasi di Pulau Jawa.

“Kompetisi capres-cawapres di Pulau Jawa masih sangat kompetitif karena belum ada yang unggul dominan,” kata Ali.

 

6. Populi Center

Lembaga Survei Populi Center merilis survei terbaru, salah satunya terkait elektabilitas tiga pasang capres dan cawapres di Pilpres 2024. Survei menunjukkan Prabowo-Gibran unggul di atas dua paslon lainnya.

Survei ini dilakukan pada 28 November hingga 5 Desember 2023. Sampel responden tersebar secara proporsional di 38 provinsi di Indonesia, termasuk di 4 (empat) Daerah Otonomi Baru, yaitu Papua Tengah, Papua Barat Daya, Papua Pegunungan, dan Papua Selatan.

Metode pengambilan data dalam survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka (face to face interview) dengan menggunakan aplikasi survei Populi Center kepada 1.200 responden yang dipilih menggunakan metode acak bertingkat (multistage random sampling). Margin of Error (MoE) diperkirakan ± 2,83 %dan tingkat kepercayaan 95%.

Peneliti Populi, Dimas Ramadhan, menjelaskan bahwa Prabowo-Gibran berada di atas pasangan calon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. Anies-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud memperoleh angka yang sama.

“Data menunjukkan bahwa pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mendapat elektabilitas tertinggi dengan 46,7%. Di urutan selanjutnya pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md serta Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat angka yang sama, yakni sebesar 21,7%,” kata Dimas Ramadhan dalam paparannya, Senin (11/12/2023).

Berikut elektabilitas 3 pasangan capres dan cawapres versi survei Populi Center:

  • Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Prabowo-Gibran: 46,7%
  • Ganjar Pranowo-Mahfud MD Ganjar-Mahfud: 21,7%
  • Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar Anies-Muhaimin: 21,7%
  • Tidak tahu/tidak jawab Belum memutuskan: 8,1%
  • Rahasia/belum menentukan pilihan Menolak menjawab: 1,8%

 

7. Roy Morgan

Roy Morgan merilis hasil survei terkait Pilpres RI 2024 berdasarkan pendataan pada bulan Juli-September 2023 dengan melibatkan 2.630 pemilih.

Survei jajak pendapat ini dilakukan sebelum tiga kandidat unggulan resmi mengumumkan pasangan cawapres dan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum untuk mengonfirmasi pencalonannya pada akhir Oktober 2023. Pemilihan cawapres diperkirakan akan berdampak signifikan terhadap hasil pemilu.

Berikut ini hasil survei Roy Morgan:

  • Ganjar Pranowo-Mahfud MD Ganjar-Mahfud: 38%
  • Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Prabowo-Gibran: 30%
  • Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar Anies-Cak Imin: 25%.

Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD resmi mendaftar ke KPU pada 19 Oktober 2023. Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming resmi mendaftar pada pekan berikutnya pada 25 Oktober 2023.

Persaingan telah terkonsolidasi di sekitar ketiga kandidat ini dengan koalisi partai yang mendukung masing-masing kandidat. Partai-partai tersebut semuanya mencalonkan diri dalam pemilu legislatif (pileg) yang digelar pada hari yang sama dengan pilpres RI, 14 Februari 2024.

 

8. Poltracking Indonesia

Poltracking Indonesia menggelar survei ini pada 29 November-5 Desember 2023. Mereka melibatkan 1.220 orang responden yang dipilih melalui metode stratified multistage random sampling. Margin of error survei +/- 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Berbeda dari survei Roy Morgan Poll, Poltracking Indonesia mencatat Elektabilitas paslon capres-cawapres adalah sebagai berikut:

  • Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Prabowo-Gibran: 45,2%.
  • Ganjar Pranowo-Mahfud MD Ganjar-Mahfud : 27,3%
  • Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar Anies-Cak Imin 23,1%.

Elektabilitas Prabowo-Gibran naik 5 persen, sedangkan Ganjar-Mahfud turun 2,8% dari November 2023. Elektabilitas Anies-Cak Imin turun tipis dari 24,4% pada waktu yang sama.

 

9. Lingkaran Survei Indonesia (LSI)

Lingkaran Survei Indonesia atau LSI Denny JA merilis survei elektabilitas akhir tahun 2023 mengenai capres dan cawapres 2024. Hasil survei menunjukkan elektabilitas pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka 43,3%.

Survei ini dilakukan pada 17-23 Desember 2023 terhadap 1.200 responden yang telah berusia 17 tahun atau sudah menikah yang memiliki hak pilih. Metode sampling survei adalah multi-stage random sampling.

Survei LSI Denny JA ini menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan metode tatap muka dengan kuesioner. Margin of error survei ini +- 2,9 persen. Survei juga dilengkapi dengan riset kualitatif.

Pada survei ini, Prabowo-Gibran dengan elektabilitas 43,3%, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) 25,3% dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md 22,9%.

Berikut hasil survei LSI Denny JA:

  • Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Prabowo-Gibran 43,3%
  • Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar Anies-Cak Imin 25,3%
  • Ganjar Pranowo-Mahfud MD Ganjar-Mahfud 22,9%
  • Rahasia/belum menentukan pilihan Suara tidak sah 0,6%
  • Tidak tahu/tidak jawab Tidak jawab/tidak tahu 7,9%

Direktur Konsultan Citra Indonesia-LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, mengatakan berdasarkan hasil survei ini, jika terjadi dua putaran maka pasangan yang sudah pasti lolos adalah Prabowo-Gibran. Sebab, Prabowo-Gibran sudah melebihi 33,3%.

"Ini adalah kalau terjadi dua putaran, maka yang sudah lolos ke putaran kedua adalah Prabowo-Gibran, statement ini sebetulnya bukan statement pertama yang kami sampaikan, bahwa awal November 2023 kami sampaikan ketika temuan survei kita pasca pendaftaran waktu itu kami sudah menyatakan pasangan Prabowo-Gibran punya potensi lolos ke putaran kedua," kata Adjie dalam rilis survei yang disiarkan YouTube LSI Denny JA, Jumat (29/12/2023).

"Data di akhir Desember ini menunjukkan, mengkonfirmasi temuan kita sebelumnya bahwa Prabowo-Gibran jika Pilpres diadakan 2 putaran, maka pasangan yang lolos ke putaran kedua karena angkanya sudah melewati batas minimal untuk lolos ke putaran kedua yaitu itu angka 33,3%," imbuhnya.

Adjie menyebut potensi pilpres satu putaran dan dua putaran berdasarkan survei ini masih 50%/50%. Dia menyebut Anies-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud saling berjuang merebut posisi untuk masuk ke putaran kedua.

"Pasangan yang lain juga dalam posisi yang sama ya, kalau kemudian 2 putaran maka Pak Anies dan Cak Imin itu membutuhkan suara tambahan 8% lagi untuk bisa lolos ke putaran kedua. Sementara Ganjar-Mahfud itu butuh kurang lebih 10% lagi untuk bisa lolos ke putaran kedua," katanya.

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Artikel Menarik Lainnya

Hosting Murah se Indonesia

Arsip Artikel

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Hosting Gratis

MHosting Gratis Rp.0

Komentar

Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya
Satria setiawan wijaya
06 Maret 2024 16:47:49
Bagaimana cara mndaftarkan ank saya dpet pip... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 15:48:40
Mohon bantuannya ..utk bisa mendapatkan PIP..Anak saya... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:7.692
Kemarin:5.531
Total Pengunjung:58.915
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.178.98
Browser:Mozilla 5.0