Minal Aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Batin Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga hari kemenangan ini membawa kehangatan dan kedamaian bagi seluruh insan di dunia. Selamat Hari Raya. Semoga Idul Fitri kita mendapat limpahan berkah oleh Allah. Mari kita rayakan dengan menebar cinta dan kebahagiaan kepada sesama. Eid Mubarak 2024! May this Eid be the best one yet for all of us. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga Idul Fitri tahun ini menjadi yang terbaik bagi kita semua.

Artikel/Berita

HIKMAH

Warna Pakaian Muslimah yang Sedang Tren: Apakah Ini Termasuk Tabarruj Tanda Kiamat?

Admin TB

07 November 2023 12:35:28

279 Kali Dibaca

Saat ini, fashion telah menjadi kebutuhan esensial bagi setiap laki-laki maupun kaum perempuan. Transformasi fashion berlangsung cepat, menghadirkan beragam gaya yang menarik.

Tidak hanya wanita, tren kombinasi fashion kini semakin populer di kalangan pria. Dalam Islam, terdapat pedoman tentang berpakaian dengan sopan. Terutama bagi wanita, penting untuk menutup aurat. Saat ini, busana muslimah tak hanya berfungsi sebagai penutup aurat, tetapi juga menjadi ekspresi identitas diri seseorang.

Apakah dengan munculnya beragam tren fashion saat ini dapat dianggap sebagai bentuk tabarruj? Terutama mengingat variasi warna pakaian yang begitu banyak.

Tabarruj adalah perilaku yang menonjolkan keindahan atau bagian tubuh yang bisa menarik perhatian pria yang bukan mahram. Tingginya jumlah wanita yang terlibat dalam tabarruj bisa menjadi indikasi tanda-tanda kiamat.

Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang hal ini, mari kita lihat ringkasan penjelasannya seperti yang dilansir dari berbagai sumber Ilmu agama.

Baca Juga: Misteri Tersembunyi: 5 Keistimewaan Wanita Hamil yang Jarang Diketahui

Warna Pakaian Muslimah yang Sedang Tren, Apakah Ini Termasuk Tabarruj Tanda Kiamat  
Ilustrasi: Women With Hijab Images (c) freepik.com

 

Etika Berpakaian bagi Perempuan Muslimah

Untuk menjalankan adab berpakaian perempuan muslimah, berikut panduannya sebagaimana diuraikan dalam buku "Ar-risalah fiqih wanita" karya Maftuh Ahnan:

  1. Menutup seluruh tubuh, kecuali wajah dan telapak tangan.
  2. Gunakan bahan yang tebal dan tidak tembus pandang untuk menghindari penampakan kulit.
  3. Pakaian harus longgar dan tidak ketat agar tidak menampilkan lekuk tubuh.
  4. Hindari pakaian yang menyerupai pakaian laki-laki, dengan tujuan menghindari kesan meniru gaya berpakaian laki-laki.
  5. Jangan mengenakan pakaian yang menyerupai pakaian perempuan kafir atau perempuan jahiliyah, yang biasanya tidak menutupi leher dan dada.
  6. Pastikan pakaian tidak mencolok atau menarik perhatian orang lain.
  7. Batasi hiasan berlebihan, termasuk penggunaan warna-warna yang berlebihan pada pakaian.

Tindakan menjalankan etika berpakaian ini merupakan bagian penting dari ekspresi identitas dan kepatuhan bagi perempuan muslimah.

Baca Juga: Catatan Sejarah: 5 Peristiwa Penting yang Terjadi pada Bulan Rabiul Akhir

 

Bebas Memilih Warna Pakaian

Islam, dengan seluruh peraturannya, tidak bertujuan untuk menyulitkan umatnya, termasuk dalam hal berpakaian. Dalam Islam, tidak ada larangan khusus terkait penggunaan warna pakaian.

Oleh karena itu, Anda memiliki kebebasan untuk memilih warna pakaian sesuai selera Anda. Tetapi, tetap ada syarat yang perlu dipegang, yaitu warna pakaian tersebut tidak boleh digunakan dengan niatan untuk menarik perhatian pria yang bukan mahram.

Selain itu, penting untuk diingat bahwa warna pakaian bukanlah ukuran dari perhiasan. Dalam Al-Qur'an, dijelaskan bahwa perempuan dilarang untuk menampakkan perhiasannya. Warna pakaian yang digunakan oleh perempuan tidak termasuk dalam definisi perhiasan yang dimaksudkan dalam ajaran tersebut.

Baca Juga: Rahasia Luar biasa 4 Doa Hebat yang Meredakan Musim Kemarau

 

Pendapat Ulama Mengenai Warna Pakaian Perempuan Muslimah

Pandangan ulama mengenai warna pakaian perempuan bervariasi. Sebagian dari mereka menganjurkan agar perempuan muslimah memilih hijab berwarna gelap sebagai langkah pencegahan fitnah. Pendapat ini didukung oleh hadis berikut:

"Beberapa ulama menganjurkan para muslimah untuk memilih hijab berwarna gelap dengan tujuan mencegah timbulnya fitnah. Argumen ini didukung oleh hadis berikut,

خَرَجَ نِسَاءُ الْأَنْصَارِ كَأَنَّ عَلَى رُؤُوْسِهِنَّ الْغِرْبَانُ مِنَ السَّكِيْنَةِ، وَعَلَيْهِنَّ أَكْسِيَةٌ سُوْدٌ يَلْبَسْنَهَا.

 ''Wanita-wanita Anshar keluar seolah-olah pada kepala mereka terdapat burung-burung gagak karena tenang, dan mereka mengenakan pakaian yang berwaran hitam '' (HR Abu Dawud)."

 

Di sisi lain, beberapa ulama memperbolehkan perempuan muslimah untuk memakai pakaian berwarna-warni. Salah satu contoh adalah pandangan Syekh Abdul Karim al-Khudair, seorang ulama terkemuka di dunia Arab. Menurut beliau, aturan mengenai warna pakaian dapat mengikuti kebiasaan dan tradisi masyarakat sekitar. Terkadang, mengenakan pakaian yang berwarna gelap di suatu daerah malah dapat mengakibatkan fitnah.

Selain itu, terdapat juga situasi di mana mengenakan pakaian berwarna terang di suatu daerah dapat menimbulkan masalah. Oleh karena itu, sebagai seorang perempuan, bijaksana untuk memperhatikan kondisi lingkungan sekitar dalam memilih warna pakaian. Jika ditemukan bahwa penggunaan warna tertentu dapat menciptakan gangguan, lebih baik menghindarinya. Keputusan ini akan membantu menjaga ketertiban dan kenyamanan di lingkungan sekitar.

Baca Juga: Bertobat 100 Kali Setiap Hari: Inilah Rahasia Bacaan Istighfar Pilihan Rasulullah SAW

 

Anjuran Rasulullah untuk Perempuan Muslimah dalam Berpakaian

Rasulullah SAW tidak pernah melarang perempuan untuk mengenakan pakaian berwarna merah. Namun, ia melarang penggunaan warna merah yang polos dari celupan ushfur pada pakaian laki-laki. Nabi Muhammad SAW pernah berkata, "Apakah ibumu memerintahkanmu untuk memakai baju ini?" Aku menjawab, "Aku mencuci kedua baju ini." Rasulullah bersabda, "Bahkan, bakarlah kedua baju ini." (HR. Muslim)

Rasulullah SAW juga menganjurkan seluruh kaum muslimin, termasuk perempuan muslimah, untuk memilih pakaian berwarna putih. Beliau pernah bersabda,

الْبَسُوا مِنْ ثِيَابِكُمْ الْبَيَاضَ فَإِنَّهَا مِنْ خَيْرِ ثِيَابِكُمْ.

Artinya:

"Kenakanlah pakaian kalian yang berwarna putih, karena sesungguhnya itu adalah pakaian terbaik bagi kalian." (HR. Abu Dawud, Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad)

 

Selain itu, terdapat hadis-hadis lain yang menunjukkan bahwa seorang perempuan muslimah dapat memilih pakaian dengan beragam warna, termasuk hijau, kuning, merah, dan putih.

Dari sini, dapat disimpulkan bahwa dalam Islam, pemilihan warna pakaian bukanlah masalah yang dilarang, karena tidak ada dalil yang tegas yang melarang seorang muslimah untuk mengenakan pakaian dengan warna tertentu.

Baca Juga: Misteri Karmin: Dilema Hukum Islam yang Mengguncang - Halal atau Haram?

 

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Islam memberikan kebebasan kepada perempuan muslimah dalam memilih warna pakaian mereka. Kendati ada anjuran untuk memilih warna-warna yang sesuai dengan ajaran Rasulullah, seperti warna putih, namun tak ada larangan tegas terhadap pemakaian warna-warna lain. Keputusan pemilihan warna pakaian sebaiknya didasarkan pada pertimbangan budaya, tradisi, dan kebijaksanaan dalam menjaga ketertiban dan kenyamanan di lingkungan sekitar, sejalan dengan prinsip-prinsip Islam yang mengedepankan kepatuhan dan ketertiban. [DM]

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Hosting Murah se Indonesia

Statistik

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Hosting Gratis

MHosting Gratis Rp.0

Komentar

Topani Sahara
03 April 2024 04:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
28 Maret 2024 01:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 09:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 23:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 22:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 17:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya
Satria setiawan wijaya
06 Maret 2024 23:47:49
Bagaimana cara mndaftarkan ank saya dpet pip... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 22:48:40
Mohon bantuannya ..utk bisa mendapatkan PIP..Anak saya... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 22:47:46
Mohon bantuannya ..utk bisa mendapatkan PIP..Anak saya... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 22:44:08
Bagaimana cara mendapatkan PIP..suami terkena PHK..... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:4.403
Kemarin:7.129
Total Pengunjung:288.591.665
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.35.67
Browser:Tidak ditemukan