Minal Aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Batin Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga hari kemenangan ini membawa kehangatan dan kedamaian bagi seluruh insan di dunia. Selamat Hari Raya. Semoga Idul Fitri kita mendapat limpahan berkah oleh Allah. Mari kita rayakan dengan menebar cinta dan kebahagiaan kepada sesama. Eid Mubarak 2024! May this Eid be the best one yet for all of us. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga Idul Fitri tahun ini menjadi yang terbaik bagi kita semua.

Artikel/Berita

BERITA

Hari Anak Sedunia 2023: Sejarah, Tema, Ucapan dan Link Twibbon

Admin TB

20 November 2023 05:25:48

417 Kali Dibaca

Anak-anak adalah penerus cita-cita bangsa. Mereka adalah generasi masa depan yang perlu dijamin kesejahteraannya. Namun, tak semua anak-anak di penjuru dunia cukup beruntung untuk menikmati masa kanak-kanaknya.

Masalah tersebut lantas menjadi perhatian bagi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk mencetuskan adanya Hari Anak Sedunia. Peringatan internasional tersebut diperingati tiap 20 November dan menjadi hari untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan hak anak.

Bagaimana sejarah tanggal 20 November bisa menjadi peringatan Hari Anak Sedunia? Simak sejarah dan tema Hari Anak Sedunia 2023 di bagian berikut ini!

Baca Juga: Miss Universe 2023 Dimenangkan oleh Sheynnis Palacios dari Nicaragua, Sejarah Baru kontes kecantikan

 

Sejarah Hari Anak Sedunia

Merujuk situs resmi UNICEF, Hari Anak Sedunia atau World Children's Day adalah perayaan tahunan dari Dana Anak-Anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNICEF) untuk menyuarakan kesejahteraan dan hak anak-anak.

Peringatan ini pertama kali dicetuskan pada 1954. Namun, laman resmi PBB menyebutkan, namanya dulu adalah Universal Children's Day atau Hari Anak Universal.

Hari Anak Universal juga jatuh pada 20 November. Tujuan dari peringatan tersebut adalah untuk mendorong kesadaran dan kebersamaan masyarakat di seluruh dunia untuk meningkatkan kesejahteraan anak-anak.

Barulah pada 1990, nama hari penting internasional tersebut berganti menjadi World Children's Day hingga saat ini. Adapun tahun 1990 menandakan hari jadi Majelis Umum PBB mengadopsi Deklarasi dan Konvensi Hak Anak.

Lantas, mengapa tanggal 20 November dipilih untuk Hari Anak Universal maupun Sedunia? Sebagai informasi, 20 November adalah tanggal yang penting bagi PBB, nih, detikers.

Tanggal tersebut merupakan waktu ketika Majelis Umum PBB mengadopsi Deklarasi Hak-Hak Anak pada 1954. Pada tanggal yang sama pula, tetapi di tahun 1989, Majelis Umum PBB mengadopsi Konvensi Hak Anak.

Hingga sekarang, tanggal 20 November rutin diperingati sebagai Hari Anak Sedunia. Pada hari tersebut, ruang tercipta bagi anak-anak dan remaja untuk menyuarakan pendapat mereka tentang isu-isu yang penting bagi mereka.

Pada waktu yang sama pula, Hari Anak Sedunia menawarkan kepada semua orang untuk mengadvokasi, mempromosikan, dan merayakan hak-hak anak, yang diterjemahkan ke dalam dialog dan tindakan yang akan membangun dunia yang lebih baik bagi anak-anak.

Baca Juga: Jadwal Babak 16 Besar Piala Dunia U17 2023

 

Tema Hari Anak Sedunia 2023

Ada tema spesial yang diusung pada peringatan Hari Anak Sedunia 2023. Dikutip dari laman resmi UNICEF, pada peringatan Hari Anak Sedunia 2023 ini mengusung tema "For Every Child, Every Right" yang berarti 'Untuk Setiap Anak, Setiap Hak'.

Dijelaskan oleh situs resmi UNICEF bahwa setiap anak memiliki hak atas beberapa hal, yakni:

  • setiap anak di mana saja berhak hidup dalam dunia yang damai;

  • setiap anak berhak atas planet yang aman dan layak huni; serta

  • setiap anak wajib didengarkan dan diikutsertakan dalam semua pengambilan keputusan yang akan memengaruhi mereka.

Artinya UNICEF memberikan ruang bagi anak-anak dan remaja untuk bersuara mengenai isu-isu yang penting bagi mereka. Dengan memprioritaskan hak dan partisipasi anak, maka dapat membantu membangun masa depan yang lebih baik bagi semua orang.

Baca Juga: Subsidi Pembelian Motor Listrik Sebesar Rp7 Juta, Berikut ini Syarat dan Cara Mendapatkannya

 

Link Twibbon Hari Anak Sedunia 2023

Supaya semkain banyak orang yang sadar akan isu yang dihadapi oleh anak-anak di seluruh belahan dunia, anda dapat memasang twibbon di media sosial.

Bagi anda yang ingin memasang Twibbon di media sosial, bisa mengunduh dari link Twibbon ini.

Twibbon adalah bingkai bertema yang bisa dipasang di foto profil akun seseorang. Biasanya twibbon ini dipasang untuk ditunjukkan sebagai dukungan, promosi, dan lainnya. Link twibbon bertemakan Hari Anak Sedunia 20 November 2023 bisa anda akses dan kirim ke orang lain melalui laman Twibbonize.com. Bahkan anda juga bisa memasang foto ke dalam Twibbon dengan mudah dan cepat.

Twibbon ini bisa digunakan untuk foto profil Facebook, Twitter, Instagram, termasuk aplikasi chatting seperti WhatsApp dan Telegram. Selain itu, Twibbon juga bisa dikirimkan ke orang lain sebagai bentuk ucapan.

Berikut ini terdapat beberapa link twibbon Hari Anak Sedunia 20 November 2023 yang bisa anda unduh secara gratis di laman Twibbonize.com yakni:

  1. www.twibbonize.com/harianaksedunia23
  2. www.twibbonize.com/harianaksedunia2023-semut
  3. www.twibbonize.com/twibbonbrandyharianak
  4. www.twibbonize.com/harianakkalibr45i
  5. www.twibbonize.com/desainramdani
  6. www.twibbonize.com/harianakseduniaaa2
  7. www.twibbonize.com/selamatharianaksedunia-tksp
  8. www.twibbonize.com/harianakseduniarspc
  9. www.twibbonize.com/happychildrensdaysempoasip
  10. www.twibbonize.com/has2023pkskaltim
  11. www.twibbonize.com/harianakseduniabcjan22
  12. www.twibbonize.com/kidsofbataanwcd2022
  13. www.twibbonize.com/harianaksedunia2023-semut#google_vignette
  14. www.twibbonize.com/harianaksedunia2023-semut
  15. www.twibbonize.com/hanpwsalimahlampung
  16. www.twibbonize.com/childremsdayframe
  17. www.twibbonize.com/happychildrensdaysempoasip
  18. www.twibbonize.com/hcd2023
  19. www.twibbonize.com/harianakseduniabykania
  20. www.twibbonize.com/nccpchildrensmonth2023
  21. twb.nz/harianakseduniaaa2
  22. twb.nz/harianaksedunia23
  23. twb.nz/harianakkalibr45i
  24. twb.nz/harianakseduniarspc
  25. twb.nz/harianakinternasionaldsn1
  26. twb.nz/twibbonbrandyharianak
  27. twb.nz/desyfitriaaa
  28. twb.nz/harianaksedunia-tksp
  29. twb.nz/harianaksedunia2023-semut
  30. twb.nz/campaignrafilahazza8i

Baca Juga: Indonesia kian Berpotensi Jadi Negara Maju

 

Ucapan Hari Anak Sedunia 2023

Dilansir situs resmi PBB, Hari Anak Sedunia menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran akan hak anak sekaligus mengoptimalkan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

Nah, langkah kecil yang dapat anda lakukan agar semakin banyak orang yang sadar akan isu ini adalah dengan mengunggah ucapan Hari Anak Sedunia 2023 di media sosial.

Berikut ini kami sajikan kumpulan contoh ucapan Hari Anak Sedunia 2023:

  1. Selamat Hari Anak Sedunia 2023. Semua anak di penjuru dunia berhak untuk tertawa, bermain, dan bersenang-senang.

  2. Tanggal 20 November 2023 adalah Hari Anak Sedunia 2023. Semoga anak-anak bangsa di seluruh dunia mampu menjadi generasi penerus terbaik!

     

  3. Selamat Hari Anak Sedunia tahun 2023! Marilah kita menghargai dan menghormati hak-hak setiap anak di dunia!

     

  4. Selamat Hari Anak Sedunia, untuk seluruh anak-anak. Teruslah tumbuh, jangan takut berbuat salah dan berbahagialah!

     

  5. Selamat Hari Anak Sedunia 20 November 2023! Penuhi hak pendidikan anak melalui pendidikan inklusif!

     

  6. Selamat Hari Anak Sedunia 2023 untuk semua anak terkasih. Semoga kelak dapat melayani setiap orang dengan penuh kasih sayang dan rasa sabar.

     

  7. Selamat Hari Anak Sedunia 2023, semoga pemenuhan hak dan perlindungan anak Indonesia segera terwujud!

     

  8. Semenjak kehadiranmu, dunia kamu semakin berwarna, dan di situlah kami selalu bersyukur saat menyadarinya. Terima kasih, Nak! Selamat Hari Anak Sedunia 2023!

     

  9. Salah satu kenangan termanis adalah saat kita menjadi anak-anak. Ukirlah kenangan itu sebanyak mungkin, Nak! Kami akan selalu mendukungnya, Selamat Hari Anak Sedunia!

     

  10. Selamat Hari Anak Sedunia 2023! Mari berikan waktu dan perhatian kepada mereka.

     

  11. Selamat Hari Anak Sedunia 2023! Tumbuh menjadi manusia yang lebih baik dari kami. Doa terbaik untuk anak-anak di seluruh dunia hari ini dan selamanya!

     

  12. Selamat Hari Anak Sedunia 2023! Yuk, bersama kita merayakan dan mendukung kesejahteraan anak sedunia!

     

  13. Mari jadikan rumah sebagai lingkungan ramah anak, supaya mereka bisa tumbuh dengan tenang, Selamat Hari Anak Sedunia 2023.

     

  14. Ajarkan cinta tanpa syarat pada anak-anak sehingga mereka bisa tumbuh tanpa rasa pamrih ke depannya. Selamat Hari Anak Sedunia 2023!

     

  15. Selamat Hari Anak Sedunia! Ini adalah hari spesial, Nak! Teruslah bermain dan belajar di waktu yang sama!

     

  16. Selamat Hari Anak Sedunia. Semoga peringatan ini bisa memberikan kesadaran semua pihak untuk lebih mengutamakan pendidikan untuk anak.

     

  17. Bermimpilah setinggi-tingginya, supaya jika jatuh, kau terjatuh di atas bintang-bintang. Selamat memperingati Hari Anak Sedunia 20 November 2023!

     

  18. Mari berjanji pada diri sendiri untuk menjadikan dunia ini tempat yang aman dan nyaman untuk tumbuh kembang anak. Selamat Hari Anak Sedunia 2023!

     

  19. Setiap satu di antara kamu memiliki keistimewaan masing-masing! Jangan takut untuk terus mencarinya! Selamat Hari Anak Sedunia 2023!

     

  20. Selamat Hari Anak Sedunia 2023! Mari bergandengan tangan untuk membuat dunia menjadi tempat yang aman dan menyenangkan bagi anak.

     

  21. Nikmatilah masa kecilmu! Kelak kau akan merindukan betapa bahagianya hal itu, Selamat Hari Anak Sedunia 20 November 2023!

     

  22. Anak-anak memang harapan bangsa. Namun semua itu tidak berada di atas kebahagiaan mereka sendiri. Selamat Hari Anak Sedunia 2023!

     

  23. Selamat memperingati Hari Anak Sedunia tanggal 20 November 2023! Semoga anak-anak di seluruh dunia mampu membentuk karakter yang baik dan menjadi generasi terbaik untuk mewujudkan cita-cita.

     

  24. Selamat Hari Anak Sedunia 2023. Terima kasih sudah menjadi tempat kami belajar dan tumbuh bersama. Mari kita lewati hari-hari bahagia lainnya, Nak!

     

  25. Semoga peringatan Hari Anak Sedunia dapat menjadi inspirasi bagi orang tua untuk memberikan hak serta pendidikan terbaik untuk anak. Selamat Hari Anak Sedunia 2023.

     

  26. Terima kasih sudah mengajarkan bahwa kita bahagia dengan hal-hal kecil. Selamat Hari Anak Sedunia 2023!

     

  27. Hari Anak Sedunia diperingati setiap 20 November. Tahun ini peringatan Hari Anak Sedunia 2023 mengangkat tema "For Every Child, Every Right". Mari bersama kita merayakannya!

     

  28. Selamat Hari Anak Sedunia 2023! Anak-anak adalah pembawa harapan dan kebahagiaan. Semoga hari ini menyenangkan untuk mereka.

     

  29. Tahukah kamu hari ini hari apa? Hari ini adalah Hari Anak Sedunia yang diperingati setiap 20 November. Selamat Hari Anak Sedunia 2023!

     

  30. Happy Children's Day 2023! Ketahuilah Nak, tidak ada yang lebih membahagiakan untuk kapi selain melihat senyuman itu!

     

  31. Jangan takut melakukan kesalahan, dari sanalah kamu akan banyak belajar, Nak! Selamat Hari Anak Sedunia!

     

  32. Dalam rangka memperingati Hari Anak Sedunia 2023, mari kita terus berkomitmen untuk lindungi dan sayangi anak-anak dengan tulus ikhlas!

     

  33. Anak adalah investasi bagi masa depan bangsa dan dunia. Mari bersama penuhi hak dan lindungi anak! Selamat Hari Anak Sedunia 20 November 2023!

     

  34. Selamat memperingati Hari Anak Sedunia! Semoga anak-anak dari berbagai belahan dunia mampu menjadi generasi terbaik penerus cita-cita bangsa.

     

  35. Anak adalah anugerah terindah dari Tuhan. Mari berikan masa depan terbaik yang dapat kita usahakan. Happy Children's Day, Nak!

     

  36. Anak yang mendapat cinta akan menyebarkannya lebih luas. Jadi, jaga cintanya, lindungi raganya, dan penuhi haknya. Selamat Hari Anak Sedunia.

     

  37. Selamat Hari Anak Sedunia 2023! Semoga anak-anak di seluruh dunia bisa mendapatkan pendidikan yang lebih baik dan menjadi generasi penerus peradaban yang cemerlang!

     

  38. Selamat Hari Anak Sedunia 2023. Hari untuk mengingat bahwa anak-anak harus dibiarkan menjadi anak-anak.

     

  39. Jangan biarkan jiwa anak kecilmu terkekang, tidak ada salahnya untuk membuat kesalahan dan belajar dari awal. Happy Children's Day 2023, Nak!

     

  40. Selamat Hari Anak Sedunia 2023, semoga hari ini menjadi pengingat bagaimana orang tua berperan penting mewujudkan cita-cita mereka.

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Hosting Murah se Indonesia

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Hosting Gratis

MHosting Gratis Rp.0

Komentar

Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya
Satria setiawan wijaya
06 Maret 2024 16:47:49
Bagaimana cara mndaftarkan ank saya dpet pip... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 15:48:40
Mohon bantuannya ..utk bisa mendapatkan PIP..Anak saya... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:4.682
Kemarin:5.531
Total Pengunjung:55.905
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.131.157
Browser:Mozilla 5.0