Artikel/Berita

Liga Champions

Prediksi PSG vs Borussia Dortmund di Semifinal Liga Champions 2023/2024

Admin TB

07 Mei 2024 14:01:36

109 Kali Dibaca

Tenggulangbaru.id - Pertandingan antara Paris Saint-Germain melawan Borussia Dortmund pada leg kedua semifinal Liga Champions 2023/2024 akan berlangsung di Stadion Parc des Princes, Paris, Prancis, Rabu, 8 Mei 2024 pukul 02.00 WIB. Laga PSG vs Dortmund diprediksi bakal berlangsung sengit dapat disaksikan live via Vidio, Champions TV, dan siaran langsung SCTV.

PSG dipaksa menyerah oleh Dortmund pada leg pertama di Jerman. Juara Ligue 1 Prancis itu kalah 0-1. Mereka tumbang oleh gol tunggal yang dicetak Niclas Fullkrug di menit 36.

PSG kalah, tapi jalan ke final masih terbuka. Untuk itu, Kylian Mbappe dan kawan-kawan perlu meng-comeback Dortmund, seperti yang mereka lakukan pada Barcelona di babak sebelumnya.

Bagi PSG, ini adalah sebuah tantangan. Tidak bakal mudah bagi mereka untuk mewujudkannya. Terlebih lagi, akhir pekan kemarin, Marco Reus dan rekan-rekannya sudah memanaskan mesin jelang lawatan ke Paris nanti dengan menghajar Augsburg 5-1 di Bundesliga.

Namun, PSG diuntungkan dengan waktu istirahat dan persiapan yang cukup ideal. Pasalnya, seperti di babak sebelumnya, PSG diberi 'libur' oleh pihak Ligue 1 setelah leg pertama.

Tanpa pertandingan liga di akhir pekan kemarin, PSG bisa fokus penuh pada duel leg kedua. Setelah comeback lawan Barcelona di perempat final, PSG kali ini akan mencoba comeback lawan Dortmund dan lolos ke final.

Musim ini, ketika bertemu di fase grup, PSG sudah mengalahkan Dortmund di Parc des Princes dua gol tanpa balas. Waktu itu, PSG menang lewat penalti Mbappe menit 49 dan gol Achraf Hakimi menit 58.

Prediksi PSG vs Borussia Dortmund di Semifinal Liga Champions 2023/2024

 Kylian Mbappe dari Paris Saint-Germain tampak sedih setelah Niclas Fullkrug dari Borussia Dortmund mencetak gol pertamanya pada 1 Mei 2024 © Reuters
Kylian Mbappe dari Paris Saint-Germain tampak sedih setelah Niclas Fullkrug dari Borussia Dortmund mencetak gol pertamanya pada 1 Mei 2024 © Reuters

 

Preview PSG vs Borussia Dortmund

Pekan lalu, saat bermain di Signal Iduna Park, Kylian Mbappe dan rekan-rekannya mampu mendominasi penguasaan bola. Mereka memiliki sejumlah peluang gol tetapi tak ada satu pun gol tercipta. Gol Niclas Fulkrug pada menit ke-36 menjadi penentu kemenangan Dortmund di laga leg pertama. 

Bermain di hadapan pendukung di kandang sendiri akan menjadi kekuatan pendorong bagi pasukan Luis Enrique saat menghadapi Dortmund. “Saya pikir peran para penggemar akan sangat penting, seperti yang terjadi sepanjang musim,” kata pelatih asal Spanyol itu.

“Kami memiliki jaminan penuh bahwa para penggemar akan sepenuhnya mendukung kami seperti yang telah mereka lakukan sepanjang tahun, terutama ketika kami membutuhkannya, dan ini bukanlah hal yang normal," kata dia. "Kami semua akan bersama-sama dan saya harap kami bisa merayakan kemenangan dan mendapatkan tempat di final.”

PSG yang sebelumnya mencapai semifinal setelah membalikkan defisit gol melawan Barcelona 2-3 dengan meraih kemenangan 4-1 di leg kedua, berpotensi melakukan hal yang sama untuk mendapatkan tiket ke final Liga Champions.

 Tendangan pemain Paris St Germain Kylian Mbappe masih membentur tiang gawang Dortmund dalam pertandingan leg pertama semifinal Liga Champions di Signal Iduna Park, Dortmund, 2 Mei 2024. REUTERS/Thilo Schmuelgen/Tempo
Tendangan pemain Paris St Germain Kylian Mbappe masih membentur tiang gawang Dortmund dalam pertandingan leg pertama semifinal Liga Champions di Signal Iduna Park, Dortmund, 2 Mei 2024. REUTERS/Thilo Schmuelgen/Tempo

 

Motivasi Kylian Mbappe yang akan memainkan laga terakhirnya bersama PSG di Liga Champions, setelah mengumumkan rencana kepergiannya dari Paris, bisa membuat semangatnya berlipat untuk tampil terbaik. Sebelumnya, dia telah mengungkapkan keinginannya memenangkan Kejuaraan Eropa ini bersama tim asal negaranya.

Di satu sisi, atmosfer Parc des Princes akan memberikan tekanan tersendiri bagi skuad asuhan Edin Terzic. Namun, mereka memiliki semangat lain yang bisa menjadi motivasi tersendiri, yakni pemain ikon tim, Marco Reus telah mengumumkan bakal meninggalkan klub. Motivasi untuk memberikan hadiah perpisahan indah berupa medali Liga Champions di lehernya akan memompa semangat para pemain tim Bundesliga itu saat melawan PSG. 

Kemenangan 1-0 di leg pertama menjadi modal penting bagi Dortmund. Hasil itu membuat rekor head-to-head mereka menjadi imbang dalam tujuh laga terakhir, yakni dua kali menang dan dua kali kalah, dengan sisanya seri.

Namun, di satu sisi, PSG yang sebelumnya menang 2-0 atas Dortmund di penyisihan Grup F ketika bermain di hadapan pendukungnya, akan menjadi kekuatan bagi Mbappe dan rekan-rekannya. Di babak grup, tim Ligue 1 itu tak terkalahkan dengan laga tandang berakhir 1-1.

Pertemuan di leg kedua semifinal ini akan menjadi kali keempat musim ini bagi kedua tim. Tentunya, kedua pelatih sama-sama tahu permainan lawan. 

Dortmund vs Atletico Madrid di Perempat Final UCL 2023/2024

 

Analisis PSG vs Borussia Dortmund

Kubu PSG tentu paham benar dengan situasi mereka jelang laga leg 2. Les Parisiens wajib menang dengan margin 2 gol jika ingin membalikkan agregat, sekaligus mengunci tiket lolos ke final Liga Champions (UCL) 2023/2024. Kemudian jika hanya unggul 1 gol, maka pertandingan berlanjut extra time hingga adu penalti.

Sisi positif bagi PSG adalah mereka punya waktu hingga sepekan untuk mempersiapkan diri jelang laga ini. Pasalnya akhir pekan lalu mereka tidak memiliki jadwal pertandingan di Liga Prancis (Ligue 1). Oleh karenanya dari sisi kebugaran pemain, kubu Les Parisiens dinilai sudah cukup siap untuk menyambut laga kontra Dortmund.

Kendati saat leg 1 menelan kekalahan, kubu PSG sejatinya tak perlu terlalu khawatir dengan performa di leg 2. Pasalnya ketika bermain away sekalipun mereka tampil lebih dominan ketimbang Dortmund. Mengacu statistik leg 1, PSG sanggup menguasai 54 ball possession dan melepaskan 14 tembakan (3 on target). Di sisi lain, Dortmund hanya melepaskan 12 tembakan (4 on target).

Oleh karenanya pada pertandingan leg 2 kali ini, kubu PSG hanya perlu lebih mengoptimalkan sisi penyelesaian akhir mereka yang terbilang buruk.

"Kami punya beberapa peluang bersih, tapi gagal memanfaatkannya menjadi gol. Sekarang kami harus pulang ke rumah, memulihkan diri, dan bersiap menjalani laga kedua," kata pelatih Luis Enrique setelah laga pekan lalu.

 Niclas Fullkrug dari Borussia Dortmund merayakan gol pertama mereka bersama rekan satu tim pada 1 Mei 2024 © Reuters
Niclas Fullkrug dari Borussia Dortmund merayakan gol pertama mereka bersama rekan satu tim pada 1 Mei 2024 © Reuters

 

Sementara itu kubu Borussia Dortmund juga lebih percaya diri menatap laga ini. Keunggulan agregat 1 gol memang belum cukup aman, tapi setidaknya dengan modal tersebut mereka bisa menerapkan strategi yang lebih fleksibel di Paris.

Dortmund punya catatan menarik di kompetisi antarklub Eropa. Die Borussen total sudah pernah lolos 9 kali di kompetisi Eropa, seperti UCL dan UEL. Dari kesempatan tersebut mereka sanggup 4 kali lolos ke final.

Menariknya setiap kali lolos ke final, Dortmund selalu melakoni leg 2 di markas lawan. Hal itu terjadi pada 1993 di Auxerre (UEFA Cup), tahun 1997 di Manchester United (UCL), tahun 2002 di Milan (UEFA Cup), dan 2013 di markas Real Madrid (UCL).

Persamaannya adalah pada 4 semifinal itu, Dortmund selalu menang pada leg 1 di kandang sendiri. Kemudian saat leg 2 hanya 1 kali menang, yakni saat bertemu Man United. Sedangkan pada 3 semifinal lain, Dortmund selalu kalah di leg 2 tapi masih bisa memastikan tiket ke final.

  • Bentuk Liga Champions PSG: DWWLWL
  • Bentuk PSG (semua kompetisi): LWWWDL
  • Bentuk Liga Champions Dortmund: DDWLWW
  • Bentuk Dortmund (semua kompetisi): WWDLWW
Jadwal Lengkap AFC U-17 Women Asian Cup 2024

 

Berita Tim PSG vs Borussia Dortmund

Lucas Hernandez dipastikan absen untuk pertandingan melawan Dortmund ini. Dia kembali mengalami cedera ACL di leg pertama pekan lalu, setelah menderita cedera yang sama ketika Piala Dunia 2022. Situasinya itu membuat dia dipastikan akan melewatkan Euro 2024.

Hernandez bergabung dengan Achilles yang sudah absen panjang, Presnel Kimpembe, serta dua pemian sayap Layvin Kurzawa dan Sergio Rico, serta Lucas Beraldo. 

 Lucas Hernandez dari Paris Saint-Germain menerima perawatan medis setelah mengalami cedera pada 1 Mei 2024 © Reuters
Lucas Hernandez dari Paris Saint-Germain menerima perawatan medis setelah mengalami cedera pada 1 Mei 2024 © Reuters

 

Marco Asensio, Lee Kang-in atau Goncalo Ramos berpotensi dimainkan bersama Mbappe, menyusul kegagalan Ousmane Dembele dan Bradlet Barcola pekan lalu. 

Dortmund juga tidak tampil tanpa cedera di lini pertahanan pekan lalu, karena bek Julian Ryerson mengalami kram dan harus meninggalkan lapangan. Dia tidak masuk skuad ketika mengalahkan Augsburg 5-1 pada Sabtu. 

Namun, Ryerson dan Sebastien Haller diharapkan bisa mengatasi gangguan yang dihadapi dan siap untuk laga leg kedua semifinal Liga Champions ini. Jadon Sancho yang tampil apik di leg pertama, diyakini akan kembali dimaikan untuk laga ini. 

Crystal Palace vs Manchester United di Pekan ke-36 Liga Inggris 2023-2024

 

Susunan Pemain PSG vs Borussia Dortmund

Berikut ini Prediksi Susunan Pemain PSG vs Borussia Dortmund di Leg Kedua Semifinal Liga Champions 2023/2024:

PSG PSG (4-3-3)

  • Line-up: Gianluigi Donnarumma; Achraf Hakimi, Marquinhos, Lucas Beraldo, Nuno Mendes; Fabian Ruiz, Warren Zaire-Emery, Vitinha; Ousmane Dembele, Kylian Mbappe, Randal Kolo Muani.

  • Pelatih: Luis Enrique.

 

Borussia Dortmund Borussia Dortmund (4-2-3-1)

  • Line-up: Gregor Kobel; Julian Ryerson, Mats Hummels, Nico Schlotterbeck, Ian Maatsen; Emre Can, Marcel Sabitzer; Julian Brandt, Karim Adeyemi, Jadon Sancho; Niclas Fullkrug.

  • Pelatih: Edin Terzic.

Jadwal Lengkap Championship Series BRI Liga 1 2023/2024

 

Head to Head dan Performa

PSG dan Dortmund tercatat pernah bertemu dalam 5 laga UCL sebelumnya. Secara head to head, keduanya meraih hasil berimbang yakni masing-masing 2 kemenangan, dan 1 laga lain berakhir seri.

Bahaya bagi Dortmund adalah mereka belum pernah menang di kandang PSG. Jika melihat hasil dari 2 kunjungan sebelumnya ke markas PSG, Dortmund selalu kalah dengan skor 2-0.

Catatan Pertemuan di Liga Champions

  • PSG menang: 2
  • Seri: 1
  • Borussia Dortmund menang: 2

5 Pertemuan terakhir PSG vs Borussia Dortmund

  • 02-05-2024 Dortmund 1-0 PSG (Liga Champions)
  • 14-12-2023 Dortmund 1-1 PSG (Liga Champions)
  • 20-09-2023 PSG 2-0 Dortmund (Liga Champions)
  • 12-03-2020 PSG 2-0 Dortmund (Liga Champions)
  • 19-02-2020 Dortmund 2-1 PSG (Liga Champions).

5 pertandingan terakhir PSG (M-M-M-S-K)

  • 17-04-24 Barcelona 1-4 PSG (Liga Champions)
  • 22-04-24 PSG 4-1 Lyon (Ligue 1)
  • 25-04-24 Lorient 1-4 PSG (Ligue 1)
  • 28-04-24 PSG 3-3 Le Havre (Ligue 1)
  • 02-05-24 Dortmund 1-0 PSG (Liga Champions).

5 pertandingan terakhir Borussia Dortmund (M-S-K-M-M)

  • 17-04-24 Dortmund 4-2 Atletico (Liga Champions)
  • 21-04-24 Dortmund 1-1 Leverkusen (Bundesliga)
  • 27-04-24 Leipzig 4-1 Dortmund (Bundesliga)
  • 02-05-24 Dortmund 1-0 PSG (Liga Champions)
  • 04-05-24 Dortmund 5-1 Augsburg (Bundesliga)
Regulasi Championship Series BRI Liga 1 2023/2024, Mulai menggunakan VAR

 

Statistik PSG vs Borussia Dortmund

  • PSG selalu menang dengan skor 2-0 dalam 2 laga kandang terakhir vs Dortmund di Liga Champions.

  • Laga-laga kandang PSG di Liga Champions musim ini (M-M-S-M-K): 2-0 vs Dortmund, 3-0 vs Milan, 1-1 vs Newcastle, 2-0 vs Sociedad, 2-3 vs Barcelona.

  • PSG selalu mencetak minimal 2 gol dalam 11 dari 14 laga terakhir di semua kompetisi.

  • PSG cuma 1 kali clean sheet dalam 8 laga kandang terakhir di semua kompetisi.

  • Laga-laga tandang Dortmund di Liga Champions musim ini (K-M-M-S-K): 0-2 vs PSG, 1-0 vs Newcastle, 3-1 vs Milan, 1-1 vs PSV, 1-2 vs Atletico.

  • Tak ada hasil seri dalam 6 laga tandang terakhir Dortmund di semua kompetisi (M4 S0 K2).

  • Dortmund selalu mencetak gol dalam 8 laga tandang terakhir di semua kompetisi.

Hasil Jepang vs Uzbekistan di Final Piala Asia U-23 2024, Skor Dramatis 1-0

 

Prediksi Skor PSG vs Borussia Dortmund

PSG adalah musuh terburuk Dortmund di depan gawang. Pada laga leg pertama telah membentur tiang gawang sebanyak 10 kali di Liga Champions musim ini, namun istirahat tepat waktu dari tugas domestik telah memberi Enrique dan stafnya waktu yang cukup waktu untuk membedah pertandingan pekan lalu. 

Namun, tim Dortmund juga sudah cukup istirahat, dan motivasi tambahan untuk memberi Reus hadiah perpisahan berupa medali Liga Champions di lehernya, itu merupakan sebuah motivasi yang sangat kuat.

Pertandingan sepak bola selama dua jam mungkin tidak cukup untuk menyelesaikan pertandingan ini, namun atmosfer Parc des Princes yang mengintimidasi akan berperan dalam adu penalti yang menegangkan ini, di mana kami yakin PSG akan tetap berani untuk mengamankan tiket mereka ke final.

Peluang Menang:

  • PSG: 66%
  • Seri: 19%
  • Borussia Dortmund: 15%

Prediksi Skor:

PSG 2-1 Borussia Dortmund

DISCLAIMER: Pembahasan ini hanya bersifat prediksi bisa salah atau benar.

Hasil Irak vs Indonesia di Perebutan Peringkat 3 Piala Asia U-23 2024

 

Live Streaming PSG vs Borussia Dortmund

Live streaming pertandingan antara PSG vs Dortmund di leg 2 dalam jadwal semifinal Liga Champions (UCL) 2023/2024, bisa ditonton di Vidio melalui channel Champions TV dan SCTV, pada Rabu (8/5/2024), jam tayang 02.00 WIB.

Untuk menyaksikan deretan pertandingan Liga Champions 2023/2024 di Vidio, penggemar sepak bola terlebih dulu dapat mengikuti paket berlangganan. Pihak Vidio menyediakan aneka paket langganan dengan harga dan durasi yang bervariasi.

Link Live Streaming PSG vs Borussia Dortmund Link Live Streaming PSG vs Borussia Dortmund:

Link Live Streaming PSG vs Borussia Dortmund - Vidio Link Live Streaming PSG vs Borussia Dortmund - Champions TV Link Live Streaming PSG vs Borussia Dortmund - SCTV 

DISCLAIMER: Jadwal dan stasiun televisi dan live streaming yang menayangkan Liga Champion (UCL) 2023/2024 dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pemegang hak siar.

Jepang vs Uzbekistan pada Final Piala Asia U-23 2024

 

Jadwal Liga Champions 2023/2024

Babak Semifinal

LEG 1

  • Rabu, 1 Mei 2024
    02:00 WIB Bayern Munchen 2-2 Real Madrid

 

  • Kamis, 2 Mei 2024
    02:00 WIB Borussia Dortmund 1-0 PSG

 

LEG 2

 

  • Kamis, 9 Mei 2024
    02:00 WIB Real Madrid vs Bayern Munchen

Jadwal Liga Champions 2023-2024 Lengkap

--------------

Agar anda tidak ketinggalan informasi terbaru seputar Liga Champions, anda bisa join di Channel WA Tenggulangbaru.id dengan KLIK DI SINI. Selain itu Anda dapat menyimak update berita lainnya di tenggulangbaru.id dengan mengakses Google News.

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Advertisement

Advertisement

Komentar

Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:43:18
Saya pingin dapat PIP tahun 2024... selengkapnya
Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:40:20
Butuh ... selengkapnya
Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:4.729
Kemarin:6.543
Total Pengunjung:232.135
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.43.142
Browser:Tidak ditemukan