Minal Aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Batin Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga hari kemenangan ini membawa kehangatan dan kedamaian bagi seluruh insan di dunia. Selamat Hari Raya. Semoga Idul Fitri kita mendapat limpahan berkah oleh Allah. Mari kita rayakan dengan menebar cinta dan kebahagiaan kepada sesama. Eid Mubarak 2024! May this Eid be the best one yet for all of us. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga Idul Fitri tahun ini menjadi yang terbaik bagi kita semua.

Artikel/Berita

HIKMAH

Batal Puasa Sengaja? Ini Hukumnya, Kafaratnya, dan Cara Membayarnya!

Admin TB

24 Maret 2024 09:01:34

154 Kali Dibaca

Tenggulangbaru.id - Puasa Ramadhan adalah bagian penting dari ajaran Islam yang wajib dilakukan oleh setiap Muslim yang mampu melakukannya. Melakukan puasa Ramadhan memiliki banyak keutamaan dan manfaat, seperti meningkatkan ketaqwaan, kesabaran, dan kebersihan jiwa.

 

Namun, bagaimana jika seseorang dengan sengaja membatalkan puasanya tanpa alasan yang sah? Apakah hukumnya? Apakah ada konsekuensi atau denda yang harus ditanggung?

 

Baca Juga: Sahkah Puasa dalam Keadaan Junub? Begini Penjelasannya Menurut Imam Syafi’i

 

Hukum Membatalkan Puasa dengan Sengaja

 

Para ulama sepakat bahwa membatalkan puasa Ramadhan dengan sengaja tanpa alasan yang sah adalah perbuatan yang dilarang dan berdosa. Hal ini karena puasa Ramadhan adalah kewajiban yang harus dipenuhi dan tidak boleh diabaikan tanpa alasan yang jelas.

 

Allah SWT berfirman:

 

اَيَّامًا مَّعْدُوْدٰتٍۗ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَّرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗ وَعَلَى الَّذِيْنَ يُطِيْقُوْنَهٗ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِيْنٍۗ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَّهٗ ۗ وَاَنْ تَصُوْمُوْا خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ.

 

Artinya: "(Yaitu) beberapa hari tertentu. Maka barangsiapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain. Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin. Tetapi barangsiapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itu lebih baik baginya, dan puasamu itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui."

 

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

 

مَنْ لَمْ يَدَعْ قَوْلَ الزُّورِ وَالْعَمَلَ بِهِ فَلَيْسَ لِلَّهِ حَاجَةٌ فِى أَنْ يَدَعَ طَعَامَهُ وَشَرَابَهُ

 

Artinya: "Barangsiapa yang tidak hanya menghindari perkataan dusta tetapi juga mengamalkannya, maka Allah tidak memerlukan puasanya dari rasa lapar dan haus yang dia tahan." (HR. Bukhari no. 1903).

 

Apa yang dimaksud dengan az zuur? Az zuur adalah istilah dalam bahasa Arab yang mengacu pada berkata dusta dan menfitnah (buhtan). Menurut As Suyuthi, mengamalkannya berarti melakukan perbuatan keji yang merupakan konsekuensi dari berbicara dusta dan menfitnah, yang telah dilarang oleh Allah. (Syarh Sunan Ibnu Majah, 1/121, Maktabah Syamilah)

 

Membatalkan puasa dengan sengaja menunjukkan ketidakhormatan terhadap bulan suci Ramadhan dan kurangnya penghargaan terhadap nikmat Allah SWT. Tindakan tersebut merupakan pelanggaran terhadap hak Allah SWT dan hak diri sendiri.

 

Selain itu, orang yang sengaja membatalkan puasa juga melewatkan kesempatan untuk mendapatkan pahala dan ampunan dari Allah SWT. Tindakan tersebut juga berdampak negatif pada dirinya sendiri, menimbulkan rasa bersalah, malu, dan ketakutan akan azab Allah SWT.

Baca Juga: Cara Menggantikan Shalat yang Telah Terlupakan dalam Waktu Bertahun-tahun

 

Kafarat Membatalkan Puasa dengan Sengaja

 

Kafarat merupakan bentuk denda atau tebusan yang harus dibayarkan oleh seseorang yang melakukan pelanggaran dalam ibadah. Tujuan kafarat adalah untuk membersihkan dosa dan menimbulkan rasa takut agar tidak mengulangi kesalahan yang sama.

 

Terkait dengan orang yang sengaja membatalkan puasa tanpa alasan yang sah. Terdapat tiga pendapat utama dari para ulama mengenai kafarat bagi orang yang sengaja membatalkan puasa:

  1. Menurut mayoritas ulama dari berbagai mazhab seperti Hanafi, Maliki, Imam Syafi'i, dan Imam Hanbali, orang yang membatalkan puasa dengan sengaja harus membayar kafarat dengan memerdekakan seorang budak. Jika tidak memungkinkan, maka ia harus berpuasa dua bulan berturut-turut. Jika juga tidak mampu, maka ia harus memberi makan enam puluh orang fakir miskin.

  2. Sebagian ulama dari kalangan Zahiri dan Syi'ah berpendapat bahwa cukup bagi orang yang sengaja membatalkan puasa hanya dengan mengqadha atau mengganti puasanya di hari lain, tanpa perlu membayar kafarat.

  3. Sebagian ulama dari kalangan Hanafi dan Syafi'i berpendapat bahwa orang yang sengaja membatalkan puasa dapat memilih antara membayar kafarat atau mengqadha puasanya.

 

Berikut adalah hal-hal yang menyebabkan seseorang wajib membayar kafarat jika membatalkan puasa dengan sengaja:

 

  1. Bersetubuh dengan pasangan sah di siang hari bulan Ramadhan.

  2. Makan dan minum dengan sengaja di siang hari bulan Ramadhan, lalu membatalkan puasa dengan alasan telah makan dan minum.

  3. Mengeluarkan mani secara sengaja dengan tangan atau cara lainnya.

Baca Juga: Memahami Hukum Melagukan Al Quran: Sunnah atau Haram?

 

Cara Membayar Kafarat Puasa

 

Berikut adalah cara membayar kafarat puasa bagi orang yang sengaja membatalkan puasa:

 

  1. Memerdekakan budak, orang tersebut harus mencari budak yang masih ada di negara-negara yang masih mengenal perbudakan, seperti Mauritania, Sudan, atau Mali. Budak tersebut harus dibeli dari majikannya, lalu diberikan kebebasan secara sah.

 

  1. Jika tidak bisa memerdekakan Budak, maka harus berpuasa dua bulan berturut-turut, orang tersebut harus mulai berpuasa sejak hari pertama setelah Ramadan dan tidak boleh melewatkan satu hari pun tanpa alasan syar'i. Jika ada satu hari yang terlewat, puasa harus diulangi dari awal lagi. Orang tersebut juga harus berniat untuk membayar kafarat puasa setiap hari sebelum subuh.

 

  1. Jika tidak mampu berpuasa dua bulan harus beralih ke nomor tiga, yaitu memberi makan enam puluh orang fakir miskin, orang tersebut harus memberikan makanan pokok yang biasa dikonsumsi oleh orang-orang di daerahnya, seperti beras, gandum, kurma, atau roti. Takarannya adalah satu mud atau sekitar 6.75 ons untuk setiap orang fakir miskin. Makanan tersebut dapat diberikan langsung atau melalui lembaga amil zakat atau yayasan sosial.

Baca Juga: Syarat dan Rukun Shalat yang Wajib Diketahui

 

Langkah-Langkah Setelah Meninggalkan Puasa Ramadhan

 

Maka, bagi orang yang meninggalkan puasa Ramadhan tanpa alasan yang sah, berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan:

 

  1. Bertaubat kepada Allah SWT

 

Meninggalkan puasa Ramadhan adalah dosa besar, dan pelakunya harus bertaubat kepada Allah SWT dengan tulus. Taubat yang tulus akan diampuni oleh Allah SWT, sebagaimana disebutkan dalam hadis qudsi.

 

  1. Mengqadha Puasa yang Ditinggalkan

 

Meskipun meninggalkan puasa Ramadhan dengan sengaja, seseorang tetap harus mengqadha puasanya. Karena puasa yang ditinggalkan adalah hutang, dan hutang kepada Allah SWT lebih berhak untuk ditunaikan. Qadha puasa harus dilaksanakan segera di bulan lain yang bukan waktu haram berpuasa.

 

Wujud taubat yang tulus harus disertai dengan rasa menyesal atas perbuatan yang telah dilakukan. Tidak hanya itu, pelakunya juga harus bertekad untuk tidak mengulanginya kembali. Wallahu'alam.

(DM)

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Artikel Menarik Lainnya

Hosting Murah se Indonesia

Arsip Artikel

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Hosting Gratis

MHosting Gratis Rp.0

Komentar

Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya
Satria setiawan wijaya
06 Maret 2024 16:47:49
Bagaimana cara mndaftarkan ank saya dpet pip... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 15:48:40
Mohon bantuannya ..utk bisa mendapatkan PIP..Anak saya... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:489
Kemarin:6.771
Total Pengunjung:66.364
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.71.167.140
Browser:Mozilla 5.0