Selamat Hari Pendidikan Nasional! Semoga pendidikan Indonesia semakin maju dan menghasilkan generasi cerdas serta berbudi pekerti luhur. Hari Pendidikan Nasional Selamat Hari Pendidikan Nasional 2024, mari suarakan lewat mimpi-mimpi besar lewat pendidikan yang berkualitas. Hardiknas Selamat memperingati Hari Pendidikan Nasional! Terima kasih para pahlawan pendidikan yang telah mengabdikan diri untuk mencerdaskan bangsa. Hardiknas Tak ada kunci keberhasilan yang lebih mujarab selain pendidikan. Selamat Hari Pendidikan Nasional, semoga semakin membuka pintu ilmu pengetahuan. Hardiknas Hari Pendidikan Nasional mengingatkan kita untuk terus belajar dan mengasah ilmu agar dapat menjadi individu yang bermanfaat bagi negeri. Hardiknas Di Hari Pendidikan Nasional, mari kita apresiasi seluruh insan pendidikan yang tak kenal lelah dalam membagikan ilmu dan membentuk karakter bangsa. Hardiknas

  Artikel/Berita

HIKMAH

Memahami Hukum Melagukan Al Quran: Sunnah atau Haram?

Admin TB

18 Maret 2024 17:10:41

115 Kali Dibaca

Tenggulangbaru.id - Al Quran merupakan kitab suci umat Islam yang penuh dengan keindahan. Membaca Al Quran dengan memperhatikan tajwid merupakan salah satu bentuk penghormatan terhadap kitab suci ini.

Para pembaca Al Quran profesional, memiliki kemampuan untuk membaca Al Quran dengan suara yang indah dan merdu. Namun, ada beberapa orang yang mempertanyakan apakah boleh membaca Al Quran dengan suara yang bagus dan memperhatikan tajwid, karena hal itu menjadi tujuan utama membaca Al Quran.

Baca Juga: Syarat dan Rukun Shalat yang Wajib Diketahui

 

Pertanyaan:

Bagaimana hukum melagukan Al Quran dengan berbagai jenis cengkok suara dan nada?

 

Jawaban:

Hukumnya sunah dengan tetap mem-perhatikan hukum-hukum tajwid dalam ayat yang dibaca. Seperti: tidak menambah atau mengurangi huruf. Jika tidak memperhatikan hukum-hukum tajwid-nya, maka hukumnya haram.

Baca Juga: Apakah Boleh Mencicipi Makanan Saat Berpuasa? Ini Jawabannya

 

Referensi:

الحاوي للفتاوي ص ٢٩٦

مَسْألَةٌ: قُرّاءٌ يَقْرَأُونَ القُرْآنَ بِأصْواتٍ حَسَنَةٍ مُحْتَرِزِينَ مِنَ الزِّيادَةِ والنَّقْصِ فِيهِ، عالِمِينَ بِأحْكامِ القِراءَةِ فَهَلْ يُمْنَعُونَ مِن ذَلِكَ؟

الجَوابُ: قِراءَةُ القُرْآنِ بِالألْحانِ والأصْواتِ الحَسَنَةِ والتَّرْجِيعِ إنْ لَمْ تُخْرِجْهُ عَنْ هَيْئَتِهِ المُعْتَبَرَةِ سُنَّةٌ حَسَنَةٌ، وإنْ أخْرَجَتْهُ فَحَرامٌ فاحْشٌ – هَذا مَنقُولُ المَذْهَبِ – صَرَّحَ بِهِ النووي فِي الرَّوْضَةِ والتِّبْيانِ،

Artinya:

Al-Masalah: Para qari membaca Al Quran dengan suara yang baik, berhati-hati terhadap kelebihan dan kekurangan di dalamnya, mengetahui hukum-hukum membaca. Apakah mereka dilarang melakukannya?

Al-Jawab: Membaca Al Quran dengan nada dan suara yang baik serta melodi, asalkan tidak mengubah bentuk bacaan yang diterima secara umum, adalah sunnah yang baik. Namun, jika mengubahnya, itu haram dan sangat buruk – ini adalah pendapat yang dikutip – yang ditegaskan oleh Nawawi dalam Rawdat at-Talibin.” (Al-Hawi lil Fatawa, h. 296.)

 

Referensi ini menyimpulkan bahwa membaca Al Quran dengan suara yang baik dan melodis adalah suatu kesunahan yang baik, asalkan tidak mengubah bentuk bacaan yang diterima secara umum. Namun, jika mengubahnya, itu dianggap haram dan sangat buruk. Hal ini ditegaskan oleh Nawawi dalam Rawdat at-Talibin. Semoga bermanfaat. Wallahu’alam.

(DM)

 

Agar anda tidak ketinggalan informasi terbaru seputar HIKMAH, anda bisa join di Channel WA Tenggulangbaru.id dengan KLIK DI SINI. Selain itu Anda dapat menyimak update berita lainnya di tenggulangbaru.id dengan mengakses Google News

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Hosting Murah se Indonesia

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Hosting Gratis

MHosting Gratis Rp.0

Komentar

Tenggulangbaru.id
02 Mei 2024 11:49:08
Selamat Hari Pendidikan Nasional! Semoga setiap anak... selengkapnya
Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya
Satria setiawan wijaya
06 Maret 2024 16:47:49
Bagaimana cara mndaftarkan ank saya dpet pip... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:2.094
Kemarin:6.032
Total Pengunjung:112.909
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.178.69
Browser:Mozilla 5.0