Artikel/Berita

Bansos

Penyebab Bansos PKH atau BPNT Tidak Cair Saldo Nol dan Solusinya

Admin TB

12 Juli 2023 07:26:44

71.938 Kali Dibaca

Pencairan bansos pemerintah yakni Program Keluarga Harapan atau PKH mulai bergulir. Begitu juga Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tahun 2023. 

Bahkan beberapa daerah juga telah menerima bansos PKH dan BPNT tersebut. Bantuan PKH dan BPNT 2023 merupakan dari sekian banyak program pemerintah dalam rangka penanggulangan kemiskinan.

Sejak pertengahan 2018 sampai dengan saat ini, bantuan PKH dan BPNT (Sembako) disalurkan secara non tunai melalui KKS (Kartu Keluarga Sejahtera). KKS ini merupakan kartu berwarna merah putih sekaligus berfungsi sebagai ATM yang diterbitkan oleh Bank Himbara bersamaan dengan Buku Tabungannya. 

Baca Juga: Info Bansos PKH Tahap 3 Hari Ini Juli 2023, Cek Penerima di Link Resmi, Segini Nominalnya

 

Tujuan awal dari tranformasi tunai menjadi non tunai, salah satunya agar bantuan lebih tepat sasaran dan menghindari potongan dari pihak yang tidak bertanggungjawab. Karena KKS ini harus dipegang oleh  masing-masing KPM (Keluarga Penerima Manfaat).

Pemegang KKS ini seyogyanya merupakan warga miskin yang telah ditetapkan sebagai KPM bantuan sosial PKH maupun Sembako. Mereka dapat mengambil bantuan PKH melalui ATM / Agen Bank Himbara terdekat, sedangkan untuk bantuan sembako dapat diambil di Agen Bank Himbara terdekat. 

Untuk periode bantuan PKH disalurkan setiap 3 bulan sekali, dan untuk bantuan sembako disalurkan setiap 1 bulan sekali. Adapun nominal bantuan PKH yang diterima setiap KPM berbeda-beda antara yang satu dengan yang lain, karena tergantung dari jumlah komponen PKH yang terdapat dalam keluarga tersebut. Baca : Skema Penyaluran Bantuan PKH dan Nominalnya. Sedangkan untuk bantuan sembako nominalnya sama, saat ini setiap KPM penerima program sembako mendapatkan 200.000 per bulan yang dapat dibelanjakan dalam bentuk sembako.

Pada bulan April tahun 2021, Kementerian Sosial menerapkan kebijakan terbaru, yaitu sinkronisasi data antara data penerima bantuan sosial PKH / sembako, dengan data DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) dan data Dukcapil (Kemendagri). Artinya setiap penerima bansos PKH maupun sembako harus terdaftar di DTKS dan data Dukcapil. 

Tujuan dari sinkronisasi ini tentunya agar data penerima bansos semakin valid, tepat sasaran, tidak terjadi double bantuan (karena dapat dideteksi melalui NIK dan No KK), dan agar kedepannya data penerima bansos dapat dimutakhirkan secara berkesinambungan sesuai kondisi ekonomi si penerima bansos. 

Namun, dampak lain dari hasil sinkronisasi tersebut juga menyebabkan beberapa penerima bansos yang sebenarnya masih layak menerima menjadi tidak menerima lagi, alias bantuannya tidak cair (saldo nol). 

Baca Juga: BLT Dana Desa Cair Juli 2023, Cek dan Pastikan Nama Kamu Terdaftar

 

Penyebab Bansos PKH / Sembako Tidak Cair

Di bawah ini, akan kami tulis beberapa penyebab mengapa bansos PKH atau sembako yang tadinya cair menjadi tidak cair (saldo nol) beserta solusinya, antara lain :

1. Tidak Atau Belum Terdaftar Dalam DTKS 

DTKS bisa dikatakan sebagai Data Induk Kemiskinan, yang mana syarat penerima bansos harus terdaftar di dalamnya. Syarat mutlak orang bisa masuk DTKS adalah harus benar-benar warga miskin, bukan yang pura-pura miskin agar mendapat bantuan. Jika masalah bansos tidak cair karena belum masuk DTKS, maka solusinya adalah mengajukan permohonan kepada pihak desa agar datanya diajukan ke dalam DTKS melalui aplikasi SIKS. Selanjutnya pengajuan tersebut menunggu proses sampai disetujui oleh Kemensos. Setelah masuk dalam DTKS, selanjutnya pihak desa mengajukan bantuan PKH atau sembako untuk orang tersebut juga melalui aplikasi SIKS. Dan pengajuan bansos ini juga membutuhkan waktu dan proses sampai dengan disetujui oleh Kemensos.

2. Terdaftar dalam DTKS Tapi Tidak Terdaftar Sebagai Penerima Bansos

Penyebabnya masalah ini adalah ketika sinkronisasi terjadi permasalahan yang mengakibatkan datanya tidak match, sehingga kepesertaan bansosnya hilang. Ini kebanyakan terjadi pada KPM PKH Validasi tahun 2021. Solusinya, mengajukan permohonan kepada pihak desa agar datanya diajukan ke dalam penerima PKH atau sembako melalui aplikasi SIKS. 

3. Belum Perekaman eKTP

Ini juga menjadi salah satu penyebab kenapa bansos menjadi tidak cair, yaitu karena belum memiliki eKTP. Solusinya, datang ke kantor kecamatan atau dukcapil untuk melakukan perekaman eKTP.

4. NIK Belum Online Sistem Dukcapil

Untuk permasalahan NIK belum online sistem dukcapil ini, menurut info yang beredar berlaku bagi warga yang sejak tahun 2017 tidak pernah melakukan update KK (kartu keluarga). Jadi solusinya juga datang ke kantor kecamatan atau dukcapil untuk melakukan update KK.

5. Ada Perbedaan antara Data Penerima Bansos dengan Data Dukcapil

Perbedaan NIK, Nama (ejaan), Tempat Tanggal Lahir, dan alamat, antara data bansos dengan data dukcapil juga menjadi salah satu penyebab bansos tidak cair. Kalau dulu sebelum ada sinkronisasi, perbedaan seperti ini masih bisa ditolerir asal benar-benar orang yang sama. Akan tetapi setelah ada sinkronisasi, maka data penerima bansos harus sesuai dengan data dukcapil. Jika terjadi masalah seperti ini, pihak desa melakukan perbaikan data melalui aplikasi SIKS sesuai data dukcapil. 

6. Ada Perbedaan antara Data di eKTP dengan Data di KK

Penyebab bansos tidak cair selanjutnya adalah beda antara data di eKTP dengan KK. Perbedaan mendasar terletak pada NIK, Nama (ejaan) dan tempat tanggal lahir, dan alamat. Jika terjadi masalah ini, solusinya datang ke kantor kecamatan atau dukcapil untuk menentukan data mana yang mau dipakai dan mengajukan agar keduanya (eKTP atau KK) datanya sama. Selanjutnya konsultasi ke pihak desa agar dicek di data bansos, jika sudah sama dengan data dukcapil terbaru maka menunggu prosesnya, akan tetapi jika antara data bansos dengan data dukcapil terbaru berbeda maka perlu pengajuan ulang di aplikasi SIKS.

7. Terdeteksi Dobel Bantuan

Penerima bansos ditetapkan 1 KK 1 penerima jenis bansos. Jadi jika dalam 1 KK terdapat 2 nama penerima bansos, maka salah satu akan tidak cair.

8. Terdeteksi Sudah Mampu

Bansos ini adalah bantuan untuk warga miskin, jadi yang merasa sudah mampu tidak perlu menanyakan kenapa bansosnya tidak cair. Karena amanat UUD 1945 pasal 34, yang dipelihara oleh Negara adalah Fakir Miskin. 

9. Terdeteksi Sudah Meninggal Dunia

Karena sudah tersinkron dengan data dukcapil, maka data bansospun akan mendeteksi apabila ada penerima bansos yang sudah meninggal dunia. Jika penerima bansos yang meninggal dunia ini masih ada anggota keluarga dalam 1 KK dan masih layak menerima bantuan, maka anggota keluarga tersebut perlu diajukan oleh pihak desa sebagai penerima bansos melalui aplikasi SIKS.

10. Ada Perbedaan antara Data Penerima Bansos Dengan Data Bank (Butab KKS)

Untuk masalah yang ini biasanya terjadi karena dulu ketika pengajuan Burekol (Buka Rekening Kolektif) ke Bank Himbara datanya salah (Nama dan NIK), sehingga data di Butab & KKS yang terbit juga akhirnya salah. Perbaikan data di aplikasi SIKS hanya merubah data bansos, dan tidak merubah data di Butab KKS yang telah terbit. Pada akhirnya ketika penyaluran bantuan, sistem mendeteksi perbedaan data tersebut sehingga terjadi gagal bayar.

Baca Juga: Cara Cek dan Daftar Penerima PIP Secara Mandiri

 

Selain itu, KPM PKH juga bisa melaporkan pengaduan berupa telepon, SMS / WA dan email berikut:

Telepon:

  • 1500-299 (Masyarakat Umum dan KPM PKH)
  • (021) 314-4321 (Jalur Internal SDM PKH dan Kedinasan)

SMS dan WA : 0811-1500-229

Email: [email protected]

 

--------------

Agar anda tidak ketinggalan informasi terbaru seputar Bansos, anda bisa join di Channel WA Tenggulangbaru.id dengan KLIK DI SINI. Selain itu Anda dapat menyimak update berita lainnya di tenggulangbaru.id dengan mengakses Google News.

Komentar

Matias Demmmaraya

05 Februari 2024 06:37:23

Kenapa BNPT saya tidak pernah cair lagi dari bulan September 2022 sampai sekarang.

Rina Dahanayanti

19 Desember 2023 14:19:43

Kenapa bpnt saya dari bulan juni sampai sekarang masih kosong

endang susilawati

02 Desember 2023 13:20:14

asalamualaikum..saya.ingin bertanya kenapa saya sufah tidak dpat dana bantuan PKH dan BPNT.sementara saya cek di aplikasi kemensos data saya mas8h aktif.mohon di bantu.atas bantuan yang diberikam saya ucapkan terimakasih

Purwanto

27 November 2023 13:38:05

Saya kok gak dapat bansos padahal nama terdaftar di dtks, mohon bantuannya

M.juliyansyah

15 November 2023 02:44:06

Assalamualaikum bapak ibuk yg terhormat para pengurus PKH ataupun sembako mohon jelaskan kenp ibuk saya tidak dpt lagi dan saya mohon kpd bapak/ibu yg mengurus dapat mempertimbangkan lagi karena ibu saya masih banyak tanggungan Nama: Nurbaiti,burai kabupaten Ogan Ilir kecamatan tanjung batu

Siti khamidah

15 November 2023 01:20:57

Saya mau tanya?? Saya dapt kartu sembako tapi kok gk perna ada saldonya, ,, knp ya???

Abdussalam

04 November 2023 16:52:55

Saya belum nerima bantuann BPNT bulan oktober ini smpaii sekrang 2023

Putri

28 Oktober 2023 07:22:57

Kenapa bpnt saya tidak cair di bulan Juli Agustus sampai bulan Oktober padahal sebelum nya selalu dapat?

JOHAN Fitria

24 Oktober 2023 19:53:30

Kenapa bpnt saya tidak cair semenjak terakhir sampai sekarang udah 2 kali bantuan bpnt cair saya tidak cair. Apakah ada yang salah data,kenapa kemarin2 saya dapat sekarang tidak.mohon penjelasan

Andi lasmana

25 September 2023 14:12:55

Saya dapat bantuan beras di bulan ini, tapi saya tidak dapat bantuan BNPT, padahal saya cek di cek. Kebansos status ya tahap juli-september 2023.mohon penjelasanya

Mamah rahmawati

24 September 2023 07:18:46

Kenapa pkh ama bpnt saya gk cair. Padahal anak sy yng SMK 1 SMP ama sd apa sebabnya padahal di dtks masih aktip tolong dibantu

hengky

22 September 2023 00:43:24

mengapa bansos pkh tahap 3 saya belum cair pak,, mohon penjelasannya,, makasih pak,,,

Rosnani

20 September 2023 01:11:11

Tolong di bantu pak atau ibu diksos pusat,krn pkh d bnpt sy tidak cair .

Nunung

18 September 2023 19:37:56

Pkh & bpnt tidak cair saldo nol bln september & agustus 20238

Nunung

18 September 2023 19:23:04

Pkh & bpnt tidak cait saldo nol bln september & agustus 2023

Samiasih

16 September 2023 03:26:50

Kenapa PKH ibu saya belum cair padahal terakhir cair bulan mei. Tolong informasinya Terima kasih

Nurjanah

15 September 2023 11:47:50

Kenapa bpnt adik saya tidak cair dari bulan Agustus..... Hari ini jumat 15/9/23 adik saya tidak dapat bantuan beras. Bagaimana solusinya mohon bantuannya??? Terima kasih

Sari Puspita Dewi

09 September 2023 16:22:13

Assalamualaikum.. Kenapa kartu kks a.n suami saya blm cair dr 2022? Mohon penjelasan .. Terima Kasih

DJUHARIAH

08 September 2023 20:42:57

Kenapa PKH dan bpnt saya tidak cair dan didtks TDK berubah msh mei Juni,saya cuma pensiunan dari suami,kecil dapetnya,mohon diperhatikan kemensos

Yuliana

08 September 2023 06:12:28

Knpa PKH dan bpnt saya tidak cair d karenakan swami saya karyawan padahal gajinya UMR itupun UMR daerah,padahal anak saya 2 masih sekolah SMA dan SD

Tatik

06 September 2023 14:24:34

Saya trakir dpt bpnt bulan Desember 2022..itu aja baru dapat berapa kali aja...trs smp sekarang saya blum dpt lagi.. Itu kenapa... Maaf PIP ..sembako.. PKH.. sy jg gak pernah dpt....baru dapat bpnt itu aja skrg udah tidak dapat lagi.... Padahal yang ekonomi menengah keatas pada dpt malah dobel "..

ning fitri

06 September 2023 09:03:18

kenapa pkh dan bpnt saya kok blom cair padahal biasanya cair mohon informasinya soalnya semua sudah pada cair

ning fitri

06 September 2023 04:50:26

kenapa punya saya biasany cair barengan sama orang2 sekarang punya saya kok masih belum cair juga dan saldonya masih tetap padahal semua sudah pada cair pkh dan bpnt nya bulan agustus mohon penjelasanya soalnya biasanya cair

Titi sumyati

06 September 2023 04:06:45

Knpa ya bpnt saya gak turun ,status masih Maret april ,bulan kemaren cair ,bulan juli Agustus GK cair status nya pun masih Maret april

Bayu Kurnia Manurung

06 September 2023 03:05:20

Izin saya mau bertanya Kenapa saya untuk periode Juli Agustus 2023 tidak dapat ya? Sementara teman2 saya yg lain, biasanya kami bersama ngambil nya mereka masih pada dapat. Saya bingung mau bertanya minta kejelasan kemana??? Padahal saya sangat butuh uang itu Malah di antara kamu, saya yg paling sering nanya2 kapan uang itu cair Tolong bantu jelasin kesalahan saya Dimana mind

Rosita

06 September 2023 00:07:42

Kenapa bpnt dan pkh bulan ini belum juga cair.. Padahal yang lain udh pada cair semua

Mulia rahmi

05 September 2023 17:17:29

Punya saya belum cair juga kenapa ya bulan agstus...pdhal tetangga saya hampir seluruhnya dapat...saya sangat perlu uang trsbut .

Tusiyem

05 September 2023 13:37:34

apa cuma krn suami pekerja dpt gji per bln 2200.000 Saya sudah tidak dapat bantuan lagi padahal anak saya msh pd sekolah

DESSI sagita

01 September 2023 00:14:32

Kenapa periode blm juli agustus saldonya masih nol ya Sedangkan yang lainnya sudah ada saldonya Mohon informasinya ya Trimakasih

Nurul umairoh

31 Agustus 2023 17:59:52

Kenapa bpnt suami saya tidak cair bulan ini semua udah pada cair Padahal saya berharap bgt cair karena untuk beli buku paket anak saya sekolah kalo data saya d hapus itu gak adil kenapa saya doang pdhl saya lebih membutuhkan dari pada yang lain nya d kampung saya

Eka p

30 Agustus 2023 05:08:33

Kenapa punya aku dari bulan mei gak keluar yah bantuan bpnt nya padahal yg lain pada cair semua tolong dong pak / Bu kenapa itu ya

Nelly Martinawati

29 Agustus 2023 14:06:25

Kenapa yang lain dapat PKH dan BPNT sedangkan saya cuman PKH. Kenapa tidak dapat BPNT

Kartika octaria

29 Agustus 2023 13:36:55

Untuk ibu hamil sudah tidak ada bantuan kah? Sudah mengumpulkan surat keterangan hamil dari puskesmas ke pengurus pkh, dari usia kandungan 8minggu, sampe anak lahir udah hampir 1bulan, tapi tidak cair.

Akmal gani

29 Agustus 2023 10:28:23

Kenapa penerima bpnt yang lain sudah cair, tapi saya nggak cair.

Reni nurhayati

29 Agustus 2023 07:46:07

Kenapa bnpt bulan agustus punya saya tidak cair sedangkan yg lain pada cair

ANISA

29 Agustus 2023 06:08:13

Kenapa ya bulan ini saldo nya ga masuk ya padahal bulan kemaren masuk yg ibu saya

Yesi Kayolanda

28 Agustus 2023 12:07:38

Kenapa bpnt saya belum cair atau saldo di atm kosong padahal tetangga sudah dapat semua, bulan kemarin periode mei juni dpt tp bulan j Agustus engga dapat

ASRORUDIN

28 Agustus 2023 11:06:28

Bpnt dan PKH saya blom jg cair sedangkan yg lain udah pada cair...tolong di bantu

PUNGKI Apriliana

28 Agustus 2023 07:53:59

Kenapa bpnt saya tidak cair yg lainnya cair semua,katanya ada yg bilng di karenakan data kk nya pekerjaan suami (karyawan swasta) Yg dpet bntuan hanya yg buruh atau tani Tidak adil bagiku , karyawan juga termasuk buruh

Nur fitriyah

28 Agustus 2023 07:15:53

Kenapa bpnt juli Agustus saya belum cair sementara yang lain sudah cair

Wida

27 Agustus 2023 15:42:39

Kenapa pkh dan bpnt saya tidak cair padahal yang lain pada cair saya masih punya 2 balita dan belum mampuh tolong bersipat adil

Tri amelia

26 Agustus 2023 09:23:08

Kenapa periode bulan juli Agustus ATM saya masih nol.. sedangkan yg lain sudah cair semua

Tin kusdiantini

26 Agustus 2023 05:31:03

Kenapa pkh dan bpnt saya tidak cair bulan juli agustus?

Adistia

25 Agustus 2023 15:50:30

Kenapa saya bulan Juli Agustus saldo nya masih nol ya sedangkan yg lain nya pada ada saldo nya mohon informasinya terimakasib

Nursia

18 Agustus 2023 18:48:26

Kenapa saya sudah tidak dapat lagi

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Advertisement

Advertisement

Komentar

Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:43:18
Saya pingin dapat PIP tahun 2024... selengkapnya
Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:40:20
Butuh ... selengkapnya
Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:9.409
Kemarin:7.103
Total Pengunjung:255.014
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.135.44
Browser:Tidak ditemukan