Mari kita saling bersinergi untuk mewujudkan pembangunan desa tercinta ini melalui semangat gotong royong dan kerjasama antar elemen masyarakat desa. -- selengkapnya... Selamat Hari Anak Sedunia 2023. Semua anak di penjuru dunia berhak untuk tertawa, bermain, dan bersenang-senang. -- selengkapnya... Tanggal 20 November 2023 adalah Hari Anak Sedunia 2023. Semoga anak-anak bangsa di seluruh dunia mampu menjadi generasi penerus terbaik! -- selengkapnya... Selamat Hari Anak Sedunia tahun 2023! Marilah kita menghargai dan menghormati hak-hak setiap anak di dunia! -- selengkapnya... Selamat Hari Anak Sedunia 20 November 2023! Penuhi hak pendidikan anak melalui pendidikan inklusif! -- selengkapnya... Selamat Hari Anak Sedunia 2023 untuk semua anak terkasih. Semoga kelak dapat melayani setiap orang dengan penuh kasih sayang dan rasa sabar. -- selengkapnya... Selamat Hari Anak Sedunia. Semoga peringatan ini bisa memberikan kesadaran semua pihak untuk lebih mengutamakan pendidikan untuk anak. -- selengkapnya...

Artikel

Pemerintah Buka 1 Juta Lowongan CPNS dan PPPK 2023, Berikut ini Bocoran Jadwalnya

19 Mei 2023 15:25:04  Admin TB  1.146 Kali Dibaca  CPNS

Jakarta - Pemerintah membuka lowongan 1 juta Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) yang terdiri dari Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun ini.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas mengatakan hari ini dirinya akan menandatangani surat usulan untuk Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati terkait formasi CPNS 2023.

Baca Juga: Kirab Juara SEA Games 2023 Berlangsung Meriah, Bentuk Terima Kasih kepada Pejuang Olahraga

"Hari ini saya akan menandatangani surat usulan kepada Menteri Keuangan. Surat usulan berdasarkan yang dikirim daerah, kurang lebih 1.030.000 orang formasi," kata Anas di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Rabu (17/5/2023).

Anas menyebut pihaknya sedang berdiskusi intensif jelang pembukaan CPNS 2023. Salah satunya mempertimbangkan usulan untuk melibatkan lebih banyak lulusan baru (fresh graduate) terutama untuk sektor digitalisasi.

Azwar Anas mengungkapkan, formasi CASN tak hanya diusulkan oleh pemerintah daerah saja, melainkan juga diusulkan pemerintah pusat. Lebih lanjut, berbagai K/L sudah menyetorkan kebutuhan pegawai.

Di sisi lain, Anas menjelaskan, pihaknya tengah mencari jalan keluar untuk tenaga honorer kategori 1 (THK 1) hingga peserta yang sudah mengikuti seleksi PPPK untuk jabatan fungsional.

"Kita sedang diskusi insentif di samping kita menyelesaikan PR yang kemarin itu, yang TKH II dan P1," ujarnya.

"Ada banyak usulan supaya fresh graduate ini dilibatkan karena banyak anak-anak fresh graduate, tapi tidak ada di dalam formasi. Nah salah satu sektor yang akan kita berikan ruang adalah di digitalisasi," ujarnya.

"Karena pemerintah sedang punya program digitalisasi, maka ke depan kita akan hitung berapa sebenarnya talenta-talenta digital yang akan kita berikan ruang di dalam rekrutmen ASN di 2023," tambah Anas.

 

 

Dihubungi terpisah, Kepala Biro Data, Komunikasi dan Informasi Publik Kemenpan-RB Mohammad Averrouce mengatakan rencana pembukaan formasi CASN 2023 mencapai 1.030.000 orang, terdiri dari CPNS dan PPPK di pusat dan daerah. Pada 2023 juga telah ditetapkan formasi untuk sekolah kedinasan sejumlah 4.672.

"Rencana kebutuhan ASN Pusat dan Daerah sejumlah 1,030 juta terdiri dari CPNS dan PPPK yang masih proses difinalisasi, sejalan proses validasi yang saat ini dilakukan terhadap usulan instansi pusat dan daerah," tuturnya.

Sebelumnya Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian PAN-RB Alex Denni mengatakan pendaftaran CPNS ditargetkan dibuka pada kuartal III-2023. Kalender seleksi telah selesai disusun dan dijamin pembukaannya akan dimulai lebih cepat dibanding tahun sebelumnya.

"Sudah ada kalender. Target kita April sudah ada mulai penetapan formasi. Jadi target kita lebih awal dari tahun lalu. Tahun lalu kan baru Oktober Q3, sekarang Q2 masuk formasi sudah ditetapkan, dan Q3 baru kita sudah mulai eksekusi," kata Alex di Hotel Grand Sahid Rayaz, Jumat (26/01/2023).

"Iya (Juni 2023)," katanya saat ditanya seleksi CPNS dibuka Juni 2023.

Meskipun belum ada tanggal pastinya kapan rekrutmen tersebut akan dibuka, yang jelas bulan Juli 2023. Untuk itu ada baiknya jika menyiapkan dokumen-dokumen persyaratannya dari sekarang.

Baca Juga: Rekor Suhu Panas di Seluruh Asia Tenggara atau ASEAN selama akhir Pekan

 

Dokumen Pendaftaran untuk Lulusan SMA

  • Scan ijazah, transkrip nilai, serta fotokopi Akta Kelahiran
  • Scan sertifikat Ijazah Komputer
  • Fotokopi Identitas, KTP ataupun surat keterangan identitas lain

Dokumen Pendaftaran untuk Lulusan S1

  • Scan surat lamaran, ukuran maksimal 300kb dan KTP maksimal 200kb.
  • Scan dokumen pendukung lainnya sesuai yang diminta, dengan ukuran maksimal 800 kb
  • Scan transkrip nilai, ukuran maksimal 500kb
  • Scan swafoto maksimal ukuran 200kb dan scan pas foto latar belakang merah, dengan ukuran maksimal 200kb, setor dalam format JPEG atau JPG.

Nantinya seluruh berkas Pendaftaran CPNS 2023 akan melalui proses validasi data untuk mengantisipasi terjadinya data error di sistem.

Makanya jauh-jauh hari bagi yang berminat sebaiknya lakukan persiapan dokumen agar nanti setelah tiba pendaftaran bisa langsung mendaftar.

Untuk pendaftarannya bisa akses di link SSCASN yang masih sama seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

Agar anda tidak ketinggalan informasi terbaru seputar CPNS, anda bisa join di Channel WA Tenggulangbaru.id dengan KLIK DI SINI.

Anda dapat menyimak update berita lainnya di tenggulangbaru.id dengan mengakses Google News

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Hosting Murah se Indonesia

 Arsip Artikel

 Statistik

 Media Sosial

 Hosting Gratis

MHosting Gratis Rp.0

 Komentar

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : SP 5, Tenggulang Baru Kec. Babat Supat Kab. Musi Banyuasin Prov. Sumatera Selatan
: Tenggulang Baru
Kecamatan : Babat Supat
Kabupaten : Musi Banyuasin
Kodepos : 30755
Telepon : 085273552303
Email : tenggulangbaru@gmail.com

 Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:2.385
    Kemarin:7.493
    Total Pengunjung:288.277.910
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.220.62.183
    Browser:Tidak ditemukan