Minal Aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Batin Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga hari kemenangan ini membawa kehangatan dan kedamaian bagi seluruh insan di dunia. Selamat Hari Raya. Semoga Idul Fitri kita mendapat limpahan berkah oleh Allah. Mari kita rayakan dengan menebar cinta dan kebahagiaan kepada sesama. Eid Mubarak 2024! May this Eid be the best one yet for all of us. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga Idul Fitri tahun ini menjadi yang terbaik bagi kita semua.

Artikel/Berita

Bansos

Penyebab Bansos PKH Tahap 4 pada November 2022 Tidak Cair Lagi

Admin TB

14 November 2022 12:14:57

114.397 Kali Dibaca

PKH atau Program Keluarga Harapan adalah program pemberian bansos bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat atau KPM. Program ini adalah upaya percepatan penanggulangan kemiskinan yang sudah dirilis sejak tahun 2007.

Di dunia internasional, Program Perlindungan Sosial dikenal dengan istilah Conditional Cash Transfers (CCT). Pendekatan ini terbukti berhasil dalam menekan tingkat kemiskinan yang dihadapi di negara-negara tersebut terutama masalah kemiskinan kronis.

Baca Juga:  ASAL USUL DATA PENERIMA BANTUAN PKH

Dalam menjalankan Program Keluarga Harapan (PKH) ini, Pendamping PKH yang secara garis besar bertugas sebagai pelaksana program, mendapat data olahan dari pemerintah pusat untuk ditindaklanjuti dan diverifikasi data, komponen dan syarat warga sebagai penerima PKH. Lalu apa saja syarat dan ketentuan penerima PKH?

Syarat penerima PKH harus mempunyai minimal 1 dari ketiga komponen yang ada di PKH. Komponen PKH adalah Pendidikan (SD, SMP dan SMA/Sederajat), Kesehatan (Ibu Hamil dan Balita 0-6 Tahun), Kessos (Keluarga yang mempunyai Lansia 70 tahun dan Disabilitas berat).

Menurut perkiraan, PKH tahap 4 tahun 2022 akan cair pada November. Kemungkinan tanggalnya pencairan berlangsung antara 1 sampai 30 November.

Meski begitu, pencairannya bisa saja berlangsung tidak serentak karena KPM yang menerima bantuan PKH tersebut adalah dalam jumlah yang besar. Belum lagi kondisi geografis KPM yang memungkinkan penyaluran bansos tersebut harus berlangsung lebih lama.

Baca Juga:  Daftar Nama Penerima Bansos BLT 2022 Lihat di Link Ini, Bisa Dapat BLT Rp3 Juta

Berikut besaran PKH tahap 4 pada November 2022 yang disesuaikan dengan kategori KPM, yakni:

1. Ibu hamil menyusui dapat bantuan sebesar Rp3 juta per tahun
2. Anak usia 0-6 tahun dapat bantuan sebesar Rp3 juta per tahun
3. Lansia usia 60 tahun ke atas dapat bantuan sebesar Rp2,4 juta per tahun
4. Penyandang disabilitas berat dapat bantuan sebesar Rp2,4 juta per tahun
5. Siswa SMA sederajat dapat bantuan sebesar Rp2 juta per tahun
6. Siswa SMP sederajat dapat bantuan sebesar Rp1,5 juta per tahun
7. Siswa SD sederajat dapat bantuan sebesar Rp900.000 per tahun.

Apabila sudah dinyatakan diterima sebagai pada PKH tahap 4 November 2022, KPM dapat melakukan pencairan PKH tahap 4 di ATM bank himbara. 

Baca Juga:  Cara Cek dan Daftar Penerima Bansos BPNT, BST, PKH & BLT-BBM

 

Penyebab Bansos PKH Tidak Cair Lagi

Kenapa bansos PKH tahap 4 pada November 2022 tidak cair lagi ke Keluarga Penerima Manfaat atau KPM? Berikut penyebabnya.

Bansos Program Keluarga Harapan (PKH) tahap 4 bagi Keluarga Penerima Manfaat telah disalurkan oleh Kemensos mulai Oktober dan berlanjut hingga November dan Desember 2022.

PKH menjadi program perlindungan sosial yang berfokus pada perbaikan kualitas hidup dasar masyarakat miskin akan menjadi dasar penargetan program-program jaminan dan perlindungan sosial lainnya. Salah satunya program Jaminan Kesehatan Nasional.

Baca Juga:  Tentang PKH 2022 dan Cara cek PKH melalui Cekbansos untuk para Penerima Manfaat PKH

Seluruh peserta PKH tahap 4 yang cair pada November 2022 pada saat yang bersamaan adalah Penerima Bantuan Iuran (PBI) dari program Jaminan Kesehatan Nasional.

Kartu Indonesia Sehat (KIS) menjamin dan memastikan masyarakat kurang mampu untuk mendapat manfaat pelayanan kesehatan seperti yang dilaksanakan melalui Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan.

Selain itu, secara bertahap cakupan peserta akan diperluas meliputi penyandang masalah kesejahteraan sosial dan bayi yang lahir dari Penerima.

Bagi Anda yang ingin mengetahui apakah sebagai penerima PKH tahap 4 pada November 2022, KPM bisa cek nama penerima PKH tahap 4 melalui laman cekbansos.kemensos.go.id.

Perlu diketahui, tidak semua  KPM yang memiliki KKS bisa memperoleh bantuan karena masih menunggu pembayaran tahap selanjutnya atau perihal lainnya yang menyebabkan bantuan sosial PKH tidak bisa dicairkan oleh KPM.

Baca Juga:  Cek Bantuan Langsung Tunai atau BLT BBM 2022 melalui DTKS Cek Bansos Kemensos

Berikut ini adalah penyebab tidak cairnya bantuan PKH tahap 4 pada November 2022, yakni:

  1. Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau nomor Kartu Keluarga (KK) tidak valid dengan data dukcapil
  2. NIK pengurus dan NIK di rekening penerima berbeda, seperti nama pengurus ternyata anak, sedangkan di rekening adalah nama ayahnya.
  3. NIK KPM berubah di sistem.
  4. Terindikasi sebagai penerima ganda bansos dalam satu KK
  5. Belum masuk DTKS di dinas sosial
  6. Data dapodik tidak terindikasi sistem,kemungkinan kesalahan penginputan NIK, nama, data lainnya di data dapodik sekolah.
  7. Data lansia terindikasi belum melakukan e KTP di capil.
  8. Terindikasi ada tanggungan pinjaman di bank penyalur
  9. Kategori anak sekolah terindikasi sudah berusia lebih dari 20 tahun ke atas.
  10. Kategori siswa terindikasi menempuh pendidikan di sekolah elit
  11. Kategori disabilitas belum terindikasi di sistem
  12. Kategori ibu hamil belum terindikasi di sistem
  13. Pengurus meninggal dunia, saat pembaruan data capil, nomor KK berubah
  14. Nama pengurus beda dengan di buku tabungan.
  15. Terindikasi ada status sosial pekerjaan yang mumpuni dalam KK, misalnya sebagai TNI, Polri.
  16. Adanya permasalahan lainnya.
  17. Hasil dari verifikasi tidak valid atau tidak disetujui.

Baca Juga:  Cek Bantuan Subsidi Upah (BSU) 2022 dan Persyaratan Mendapatkannya

 

Ada beberapa catatan yang perlu dipahami  Jika ditemukan suatu nama di laman cek bansos tetapi yang bersangkutan tidak/belum menerima bantuan sosial. Untuk hal semacam ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya :
  1. Ada Nama yang Sama Dalam Satu Desa, Karena di laman tersebut hanya menyebutkan nama penerima, tidak menutup kemungkinan yang terdaftar sebagai penerima bansos adalah orang lain yang memiliki nama sama di suatu desa.
  2. Ada Perbedaan Ejaan Nama antara KTP dengan Buku Tabungan/KKS, Hal semacam ini mengakibatkan gagal bayar / gagal omspan.
  3. Ada Perbedaan NIK antara KTP dengan Buku Tabungan/KKS, Hal semacam ini juga mengakibatkan gagal bayar / gagal omspan.
  4. Dikategorikan Sebagai KELUARGA MAMPU, Karena bantuan sosial ditujukan untuk warga miskin.
  5. Belum Menerima KKS dari Himbara, Untuk beberapa kasus seperti ini, karena penerima tersebut merantau dan KKSnya masih di Bank. 
  6. Gagal BUREKOL, Di beberapa kasus, ketika pengajuan buka rekening kolektif untuk penerima bansos, ada yang gagal burekol karena sudah memiliki rekening bansos PIP dari Kemdikbud atau sebab lain karena ada ketidaksesuaian data kependudukan antara KTP dan KK.
  7. Belum Dimutakhirkan Datanya / Proses Pemutakhiran Data, Untuk kasus seperti ini terjadi apabila orangnya sudah meninggal dunia.
  8. Atau mungkin masih ada penyebab lain selain yang sudah disebutkan diatas.

 

Semoga dengan adanya bantuan sosial ini akan membantu meringkankan serta meningkatkan daya beli bagi masyarakat rentan dan miskin sehingga angka kemiskinan di Indonesia tetap dapat kita upayakan menurun. [admin-TB]

Komentar

Supriyanti

24 Maret 2023 11:35:17

Saya cek di aplikasi ternyata saya statusnya penerima pkh triwulan 4 tahun 2022. Tapi sampai sekarang belum dapat. Kira2 kpn saya mendapatkannya atau bagaimana. Terimakasih

Kifti safitri

29 Januari 2023 14:37:03

Sy bru cek lwt app cek bansos, &trnyta sy dpt kpm PKH,triwulan 4 di2022, sdgkn skrg sdh 2023 tp tertera di sna msh proses bank himbara/pt kantor pos??? Itu gmna ya??? Krn em sy blm prnh trma bansos dithn 2022...,sdgkan di thn sblmnya 2021 saat covid sy mndptkn BST. Tuch jg klo g slh cm smpai bln mei. Tlg pencerahannya agar sy gak gagal paham..,apa bnr nti di thn 2023 ini sy akan mndptkn bantuan PKH trsbut??? Jk bnr alhamdulillah aq amat sngt bersyukur krn akhr nya aq bs terbantu dr keterpurukkn dlm khdpan slma ini. Trma ksh sblmnya mhn mav jk ada slh2 dlm perkataan sy. Wass....????????????

jauwusa

06 Januari 2023 21:06:54

kenapa pkh tahap 4 saya tidak cair dan bpnt terakhir terima maret 2022?

Dede Supriatna

01 Januari 2023 01:49:19

Tolong diselidiki pendamping PKH di nangoh kelurahan Bungursari kecamatan Bungursari ada beberapa kejanggalan pada penerima PKH..karna ada warga yang tidak memiliki memiliki kriteria penerima manfaat PKH tp mendapatkan PKH dan sebaliknya, dan setiap pencairan PKH maka penerima selalu menyetor uang kepada ketua PKH, dan anehnya .... seorang penerima PKH yang kritis maka bantuan nya diberhentikan. tolong pa/bu....tindak lanjuti!!!!

Silvia susanti

24 Desember 2022 17:32:54

kenapa pkh tahap 4 2022 saya tidak cair,padahal saya punya anak balita 2,anak smp 1,anak sd 1.

Baiq herwani

02 Desember 2022 18:34:40

Tetangga saya sudah pencairan PKH 2kali,tahap 3 dan 4 saya kok belum cair,

Wiwit

01 Desember 2022 23:41:32

Seerti yg para komentator tuliskan ..d kampung saya pun demikian..banyak tetangga yg berkucukupan memiliki usaha...tapi mereka dapat bantuan..sedang kan bnyk tetangga saya yg kurang mampu bahkan ada lansia pun..mereka tidak dapat bantuan...tolonglah pemerintah lebih bijak lagi...bnyk sekali yg salah sasaran..bukan saya iri ..hanya saja saya tekadang suka emosi...ibu saya 80 tahun tidak dapat bntuan apapun..sedangkan d sini d tuliskan bntuan untuk lansia..lansia yg bagai mana....????????????

Nunung nurhayati

29 November 2022 13:53:05

Orang2 didesa saya tetangga semua sudah menerima undangan bansos, sedangkan saya sampai saat ini belum ada, padahal saya sebelum2 menerima bantuan, penghasilan suami pun masih dibawah, klu lihat rumah memang udah permanen tapi itu hibah orang tua kehidapan sehari2 tetap aja jauh dari sehahtera, jangan lihat kondisi tempat dong, tanya pekerjaan? Penghasilan berapa per bulannya? Yg adil.saja ? Semua kesehahteeaan dari rakyat untk seluruh rakyat

Nurul muswar

26 November 2022 14:57:45

Kenapa orang orang didesa saya udah dapat undangan,sedangkan saya belum,apakah yg belum dapat seperti saya akan ada tahap selanjut nya????????????????????????

Sri lestari

23 November 2022 16:49:28

Kenapa saya tidak dapat undangan yah, sedangkan semuanya dapet

solikha

23 November 2022 07:03:20

bansos PKH,BPNT,BLT BBM belum cair semua pdahal sekarang tetangga sudah dapet, sudah terdaftar di DTKS, apakah ikut tahap selanjutnya atau memang udh GK dapet

Sri syifa fauziyah

22 November 2022 11:18:08

Anak saya tiga yg 1 9th sd kls 3 yg no 2 umur 4 thn yg ke 3 umur 2thn lebih hidup saya masih dibilang kekurangan sampai tidak mampu sekolahin anak saya bukan nya iri melihat orang sering dapat bantuan tolong sebagai pemrintah yg baik lihat kondisi warga nya kaya apa banyak yg kaya pada dapet bantuan sedangkan yg miskin ga pernah dapet bantuan tolong serahkan manfat nya yg bener" orang membutuhkan jangan disalah gunakan

Sri wulandari

18 November 2022 03:11:45

Hallo ,,aku sbagai penerima pkh pas 2021 kenapa 2022 aku ga menerima lagi apakah karna aku ganti kartu kluarga ya

Ridwan

17 November 2022 05:14:19

Kebetulan saya adalah Operator SIKS-NG di Desa. Memang terkait data Bansos ini masih sangat perlu di perbahrui. Dan terkait untuk yg belum tercover DTKS, kita akan upayakan akan masuk DTKS melalui usulan Musdes, namun kembali lagi pada keputusan Sistem lolos tidaknya. Kami memang selalu dilema terkait data Bansos ini.. Semoga saja ke depannya bisa lebih tepat sasaran...

Moch aziz nur fauzy

16 November 2022 11:21:55

saya sebagai warga Indonesia,rumah saya papan krja serabutan Anak tugas,tp....Alhamdulillah sampai saat ini saya blm pernah dapat bantuan serupiah pun dr pemerintah,tp sy bukanya sy iri bnyk tetangga sy yg tanahnya luas rumahnya bagus tp tiap ada bantuan pemerintah sllu dpt,sbnrnya ada ap?sy minta pemerintah lbh selektif dlm memberikan bantuan kepada masyarakat,hrs d surfey,lngsng jgn percaya sama aparat desa,terutama RT RW kadus,krna RT RW skrng mmntingkan sodara kluarga dan teman dekat,buat pemerintah kebijakan anda baik tp sllu d slh gunakan oleh aparat yg keparat trima kash

Dwi lestari

14 November 2022 17:52:40

Cek bansos kemensos

ismail

14 November 2022 15:32:59

PKH tahap 4 belum c

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Artikel Menarik Lainnya

Hosting Murah se Indonesia

Arsip Artikel

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Hosting Gratis

MHosting Gratis Rp.0

Komentar

Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya
Satria setiawan wijaya
06 Maret 2024 16:47:49
Bagaimana cara mndaftarkan ank saya dpet pip... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 15:48:40
Mohon bantuannya ..utk bisa mendapatkan PIP..Anak saya... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:2.595
Kemarin:8.422
Total Pengunjung:48.287
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.69.7.129
Browser:Mozilla 5.0