15 Okt 2024 13:14 - 7 menit membaca

Prediksi Jepang vs Australia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 – 15 Oktober 2024

Bagikan

Duel Jepang vs Australia akan tersaji pada matchday keempat Grup C Putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Laga ini akan berlangsung di Stadion Saitama, pada Selasa 15 Oktober 2024 pada pukul 17.35 WIB, tayang melalui live streaming Vision+ saluran Soccer Channel dan tidak disiarkan langsung oleh TV nasional.

Jepang kini memimpin klasemen Grup C. Wataru Endo dan kolega meraih sembilan poin dari tiga laga, mencetak 14 gol, dan belum kebobolan. Australia berada di peringkat kedua dengan empat poin, mencetak tiga gol, dan kebobolan dua kali.

Pada laga terakhirnya, Jepang menang 2-0 di markas Arab Saudi. Jepang selalu menang dan tidak kebobolan pada tujuh laga terakhirnya. Sementara, Australia meraih kemenangan dengan skor 3-1 saat menjamu China pada laga pekan ketiga lalu.

Jepang punya rekor pertemuan bagus saat berjumpa Australia. Jepang empat kali menang pada lima laga terakhir lawan Australia, satu laga lain imbang. Pada pertemuan terakhir, Maret 2022, brace Kaoru Mitoma mengantar Jepang 2-0 lawan Australia.

Squad Jepang di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. (c) Okezone
Squad Jepang di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. (c) Okezone

Preview Jepang vs Australia

Jepang

Jepang saat ini menempati puncak klasemen Grup C dengan raihan poin sempurna dari 3 laga. Samurai Biru diikuti oleh Australia (4 poin), Arab Saudi (4 poin), Bahrain (4 poin), Indonesia (3 poin), dan China (0 poin). Situasi itu membuat Jepang tampak sangat aman untuk mendapatkan tiket lolos langsung ke Kanada-Meksiko-USA 2026.

Selain itu, Jepang juga menjadi salah satu tim yang belum terkalahkan di putaran 3 kualifikasi zona AFC. Jepang memang tidak sendirian karena catatan belum tumbang itu mereka bagi bersama Indonesia, Korea Selatan, Irak, Uzbekistan dan Iran. Menariknya, dari keenam negara itu, hanya Timnas Indonesia sebagai tim yang belum terkalahkan namun berada di luar zona lolos.

Kepercayaan diri Jepang jelang duel melawan Australia juga sedang tinggi usai mengalahkan Arab Saudi di Jeddah. Tim Samurai Biru menang 0-2 berkat gol Daichi Kamada dan Koki Ogawa. Hasil itu disambut gembira skuad Jepang karena mereka sebelumnya selalu kalah dalam tiga laga away ke Arab Saudi.

Kini, sebelum laga kandang melawan Socceroos, Jepang kembali menargetkan tiga poin. Melihat situasi terkini kedua tim, memang tidak aneh jika menempatkan Jepang sebagai unggulan di laga ini.

“Kami selalu bertujuan untuk menang, tapi bermain di Arab Saudi tidak mudah dan kami mendapatkan hasil buruk di sana sebelumnya. Para pemain juga telah belajar main bertahan dalam laga sulit seperti melawan Arab Saudi. Pemain tidak hanya bagus saat menyerang tapi juga bagus ketika ada transisi dari bertahan ke menyerang,” tutur pelatih Hajime Moriyasu.

Australia

Australia, di sisi lain, sangat lega bisa menang versus China di laga termutakhir pada Kamis (10/10). Itu adalah kemenangan pertama The Socceroos di Grup C. Sebelumnya, mereka dikalahkan Bahrain 0-1 dan hanya bisa main imbang tanpa gol lawan Indonesia.

Hanya meraih 4 poin dari target 9 poin melawan tiga tim seperti Bahrain, Indonesia, dan China jelas merupakan hasil buruk bagi Jackson Irvine dan kawan-kawan. Namun, bagaimanapun juga, kemenangan atas China membuat kepercayaan diri pemain kembali.

Tidak mudah ketika akan menghadapi Jepang dalam laga away. Terlebih, Samurai Biru punya statistik sangat bagus karena tidak pernah kebobolan di 7 laga terakhir. Tentunya, menjaga lini depan tetap tajam menjadi pekerjaan rumah bagi Australia. Tanpa gol, mustahil mereka bisa mencuri kemenangan di Saitama.

“Pastinya meraih kemenangan di Jepang akan menjadi tantangan berat sekaligus kesempatan bagus. Jika kami bisa meningkatkan performa saat melawan China, kami bisa menang di Jepang. Perbaikan itu yang akan menjadi kunci dan tidak ada yang perlu kami takutkan,” kata pelatih Australia, Tony Popovic dikutip laman resmi AFC.

Jepang Rilis Skuad Kualifikasi Piala Dunia 2026, Bisa Jadi Gambaran Shin Tae-yong untuk Racik Timnas Australia. Sumber : tvonenews/AFC
Skuad Australia di Kualifikasi Piala Dunia 2026, (c): CNN/AFC

Berita Tim Jepang vs Australia

Kendati dipanggil ke dalam skuad untuk pertandingan internasional bulan Oktober, bek berusia 38 tahun Yuto Nagatomo – pemain pria dengan penampilan terbanyak kedua di Jepang sepanjang sejarah dengan 142 penampilan – tidak dinominasikan ke dalam skuad pada pertandingan melawan Arab Saudi, sehingga keikutsertaannya di sini masih belum pasti.

Mantan pemain sayap Liverpool dan Monaco saat ini Takumi Minamino ditarik keluar pada babak pertama dalam kemenangan atas Arab Saudi, meskipun tidak jelas apakah itu merupakan pilihan yang dipaksakan atau taktis dari Moriyasu, yang memiliki Takefusa Kubo dan Junya Ito yang menunggu sebagai cadangan.

Dengan asumsi Minamino dalam kondisi prima, mantan penyerang The Reds itu mesti bergabung dengan Kamada sebagai bagian dari pemain pendukung di lini depan, meski Ogawa kini punya peluang untuk menjadi starter menggantikan Ayase Ueda menyusul golnya dari bangku cadangan minggu lalu.

Sedangkan untuk Australia, penyerang Portsmouth Sam Silvera terpaksa absen dalam kemenangan atas China karena skorsing – setelah mendapat kartu kuning kedua saat kualifikasi melawan Indonesia bulan lalu, tetapi pemain berusia 23 tahun itu kini tersedia lagi.

Kembalinya Silvera datang pada waktu yang tepat, karena Nestory Irankunda terpaksa keluar lapangan karena cedera yang tidak diketahui penyebabnya pada babak pertama melawan China, meskipun masih harus dilihat apakah kekhawatirannya cukup serius untuk membuatnya absen pada pertandingan hari Selasa.

Bagaimana pun, Riley McGree dan pencetak gol Velupillay adalah pilihan yang kompeten untuk maju menyerang, sementara Jackson Irvine mengemban ban kapten dari lini tengah taman.

Bos Jepang Hajime Moriyasu pada Juni 2024. (c) Imago
Bos Jepang Hajime Moriyasu pada Juni 2024. (c) Imago

Prediksi Susunan Pemain Jepang vs Australia

Berikut ini perkiraan susunan pemain awal Jepang vs Australia:

Jepang (3-4-2-1)

  • Pemain: Zion Suzuki; Ko Itakura, Shogo Taniguchi, Kōki Machida; Ritsu Dōan, Kaoru Mitoma, Wataru Endō, Hidemasa Morita; Daichi Kamada, Takefusa Kubo; Ayase Ueda.
  • Pelatih: Hajime Moriyasu.

Australia (4-2-3-1)

  • Pemain: Mathew Ryan; Lewis Miller, Harry Souttar, Cameron Burgess, Aziz Behich; Keanu Baccus, Jackson Irvine; Riley McGree, Samuel Silvera, Craig Goodwin; Mitchell Duke.
  • Pelatih: Tony Popovic.
Pelatih kepala Australia Tony Popovic pada 23 September 2024. (c) Imago
Pelatih kepala Australia Tony Popovic pada 23 September 2024. (c) Imago

Head to Head Jepang vs Australia

Dalam sembilan pertemuan terakhir antara kedua tim, Jepang memiliki catatan yang lebih unggul. Samurai Biru berhasil memenangkan tiga pertandingan terakhir melawan Australia, dengan kekalahan terakhir mereka dari Socceroos terjadi pada tahun 2009. Australia harus berjuang keras untuk mematahkan dominasi Jepang dalam laga kali ini, apalagi dengan performa brilian tim asuhan Moriyasu.

5 Pertemuan Terakhir Jepang vs Australia

  • 24/03/22 Australia 0 – 2 Jepang
  • 12/10/21 Jepang 2 – 1 Australia
  • 31/08/17 Jepang 2 – 0 Australia
  • 11/10/16 Australia 1 – 1 Jepang
  • 18/11/14 Jepang 2 – 1 Australia

Berikut ini 5 pertandingan terakhir kedua tim:

Pertandingan Terakhir Jepang

  • 06/06/24 Myanmar 0 – 5 Jepang
  • 11/06/24 Jepang 5 – 0 Suriah
  • 05/09/24 Jepang 7 – 0 China
  • 10/09/24 Bahrain 0 – 5 Jepang
  • 11/10/24 Arab Saudi 0 – 2 Jepang

Hasil 5 Pertandingan Terakhir Australia:

  • 06/06/24 Bangladesh 0 – 2 Australia
  • 11/06/24 Australia 5 – 0 Palestina
  • 05/09/24 Australia 0 – 1 Bahrain
  • 10/09/24 Indonesia 0 – 0 Australia
  • 10/10/24 Australia 3 – 1 RR Tiongkok
Daichi Kamada dari Jepang beraksi pada 11 Agustus 2024. (c) Imago
Daichi Kamada dari Jepang beraksi pada 11 Agustus 2024. (c) Imago

Prediksi Skor Jepang vs Australia

Jepang punya segalanya untuk menang lawan Australia, apalagi mereka akan bermain di kandang. Koki Ogawa bakal menebar banyak ancaman ke gawang Australia. Dia selalu mencetak gol pada dua laga terakhir bersama Jepang, termasuk lawan Arab Saudi.

Pergantian pelatih membawa dampak instan bagi Australia. Namun, meskipun menang pada laga melawan China, performa mereka belum cukup stabil. Australia sempat kesulitan pada babak pertama dan terlihat butuh waktu untuk adaptasi.

Prediksi Skor Akhir : Jepang 2-0 Australia

Live Streaming Jepang vs Australia

Pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Jepang vs Australia di Stadion Saitama, Saitama, Jepang, akan tayang live di Vision+ saluran Soccer Channel, Selasa 15 Oktober 2024 pukul 17.35 WIB.

Untuk dapat menyaksikan Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Vision+, Anda dapat berlangganan Paket Premium Sports. Paket tersebut terdiri dari 3 pilihan, yakni Paket 30 Hari Rp40.000, Paket 90 Hari Rp95.000, dan Paket 1 Tahun Rp200.000.

Link Live Streaming Jepang vs Australia:

Link Live Streaming Jepang vs Australia - Vision+

DISCLAIMER: Jadwal dan stasiun televisi yang menayangkan Kualifikasi Piala Dunia 2026 dapat berubah sewaktu-waktu, sesuai dengan kebijakan pemegang hak siar.

Klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Grup C

Jadwal dan Hasil Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia

Putaran ke 3

Grup C

5 September 2024

  • Jepang 7-0 China
  • Australia 0-1 Bahrain
  • Arab Saudi 1-1 Timnas Indonesia

10 September 2024

  • China 1-2 Arab Saudi
  • Timnas Indonesia 0-0 Australia
  • Bahrain 0-5 Jepang

10 Oktober 2024

  • Australia 3-1 China
  • Bahrain 2-2 Timnas Indonesia
  • Arab Saudi 0-2 Jepang

15 Oktober 2024

  • 17:35 WIB: Jepang vs Australia
  • 19:00 WIB: China vs Timnas Indonesia

16 Oktober 2024

  • 01.00 WIB: Arab Saudi vs Bahrain

14 November 2024

  • Australia vs Arab Saudi
  • Bahrain vs China
  • Timnas Indonesia vs Jepang

19 November 2024

  • Bahrain vs Australia
  • China vs Jepang
  • Timnas Indonesia vs Arab Saudi

20 Maret 2025

  • Jepang vs Bahrain
  • Australia vs Timnas Indonesia
  • Arab Saudi vs China

25 Maret 2025

  • Jepang vs Arab Saudi
  • China vs Australia
  • Timnas Indonesia vs Bahrain

5 Juni 2025

  • Australia vs Jepang
  • Bahrain vs Arab Saudi
  • Timnas Indonesia vs China

10 Juni 2025

  • Jepang vs Timnas Indonesia
  • Arab Saudi vs Australia
  • China vs Bahrain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Recent Posts

Klasemen

- - Prediksi Bologna vs Shakhtar Donetsk di Matchday 1 Liga Champions Eropa 2024/2025