Berolahraga dengan benar mengoptimalkan kesehatan fisik dan menguatkan mental. Baca selengkapnya Selain menyegarkan tubuh, olahraga dapat menyegarkan pikiran. Baca selengkapnya Membaca, bagi pikiran, seperti olahraga bagi tubuh. Baca selengkapnya Tertawa itu seperti olahraga untuk jiwa. Baca selengkapnya Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H / 2024 M Khutbah Idul Adha 1445 H / 2024 M: Kurban dan Haji Sebagai Cerminan Keimanan dan Ketakwaan

  Artikel/Berita

HIKMAH

Puasa Dzulhijjah 2024: Niat dan Keistimewaannya

Admin TB

08 Juni 2024 13:25:37

44 Kali Dibaca

Tenggulangbaru.id - Pada sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah seperti berdzikir, membaca Al-Qur’an, dan melaksanakan berbagai ibadah sunnah lainnya. Termasuk di antaranya adalah puasa sunnah pada tanggal satu hingga sembilan Dzulhijjah, sebagaimana disabdakan oleh Rasulullah SAW.

 

Ibnu Hajar (w. 1449 M) dalam kitab Fath al-Bârî menjelaskan bahwa keistimewaan sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah disebabkan oleh terkumpulnya ibadah-ibadah utama pada hari-hari tersebut, yaitu shalat, puasa, sedekah, dan haji. Hal ini tidak ditemukan pada bulan lainnya (Ibnu Hajar, Fath al-Bârî, juz 3, h. 390).

 

Syekh Zakaria al-Anshari (w. 1520 M) dalam Asnâ al-Mathâlib menjelaskan bahwa pada tanggal satu hingga sembilan Dzulhijjah, disunnahkan untuk berpuasa. Pada tanggal satu hingga tujuh, puasa sunnah dianjurkan baik bagi yang sedang menunaikan ibadah haji maupun yang tidak. Namun, pada tanggal delapan (hari Tarwiyyah) dan sembilan (hari ‘Arafah), puasa sunnah hanya dianjurkan bagi mereka yang tidak sedang melaksanakan ibadah haji.

 

Puasa bagi mereka yang sedang menunaikan ibadah haji pada tanggal delapan dan sembilan Dzulhijjah dianggap kurang utama, bahkan makruh menurut Imam An-Nawawi.

 

 

Baca Juga: Menelusuri Sejarah Halal Bihalal: Dari Tradisi Lokal Menuju Pemersatu Bangsa

 

Niat Puasa Dzulhijjah

Seperti puasa pada umumnya, niat untuk puasa Dzulhijjah dilakukan pada malam hari, yaitu sejak terbenamnya matahari hingga terbit fajar. Berikut adalah lafal niatnya:

 

  1. Niat puasa dari tanggal 1 sampai 7 Dzulhijjah

 

    نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِيْ الْحِجَّةِ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

 

Nawaitu shauma syahri dzil hijjah sunnatan lillâhi ta‘âlâ.

 

Artinya: “Saya niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah ta’âlâ.”

 

  1. Niat pada tanggal 8 Dzulhijjah (hari Tarwiyyah)

 

    نَوَيْتُ صَوْمَ تَرْوِيَةَ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

 

Nawaitu shauma tarwiyata sunnatan lillâhi ta‘âlâ.

 

Artinya: “Saya niat puasa sunnah Tarwiyah karena Allah ta’âlâ.”

 

  1. Niat puasa pada tanggal 9 Dzulhijjah (hari Arafah)

 

    نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

 

Nawaitu shauma arafata sunnatan lillâhi ta’âlâ.

 

Artinya: “Saya niat puasa sunnah Arafah karena Allah ta’âlâ.”

 

Baca Juga: Ada 10 Keutamaan Silaturahmi yang Mengubah Hidup Anda

 

Keutamaan Puasa Dzulhijjah

Sebagai salah satu bulan yang dimuliakan (asyhur al-hurum), bulan Dzulhijjah memiliki beberapa keistimewaan dibanding bulan lainnya. Berpuasa pada sembilan hari pertama bulan ini juga memiliki keutamaan tersendiri. Berikut beberapa di antaranya:

 

  1. Dilipatgandakan pahala

Pahala ibadah pada sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah dilipatgandakan dibanding ibadah di bulan lainnya. Rasulullah ﷺ bersabda:

 

    مَا مِنْ أَيَّامٍ أَحَبَّ إِلَى اللّٰهِ أَنْ يُتَعَبَّدَ لَهُ فِيْهَا مِنْ عَشْرِ ذِي الْحِجَّةِ يَعْدِلُ صِيَامُ كُلِّ يَوْمٍ مِنْهَا بِصِيَامِ سَنَةٍ وَقِيَامُ كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْهَا بِقِيَامِ لَيْلَةِ الْقَدْرِ

 

Artinya: “Tiada hari-hari yang lebih Allah sukai untuk beribadah selain sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah. Satu hari berpuasa di dalamnya setara dengan satu tahun berpuasa, dan satu malam melaksanakan shalat malam setara dengan shalat pada malam Lailatul Qadar" (HR At-Tirmidzi).

 

  1. Penghapusan dosa

Puasa di  tanggal 9 Dzulhijjah (hari Arafah) bisa menghapus dosa selama dua tahun. Rasulullah ﷺ bersabda:

 

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِي بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُوْرَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِيْ قَبْلَهُ

 

Artinya: “Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang. Puasa Asyura (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu" (HR Muslim).

 

Menurut mayoritas ulama, dosa-dosa yang dihapus karena puasa Arafah adalah dosa kecil (An-Nawawi, Syarah Muslim, juz 3, h. 113).

 

  1. Hari pembebasan dari siksa neraka

Salah satu keutamaan hari Arafah adalah bahwa Allah lebih banyak membebaskan hamba-Nya dari api neraka pada hari ini dibandingkan hari-hari lainnya. Rasulullah ﷺ bersabda:

 

مَا مِنْ يَوْمٍ أَكْثَرَ مِنْ أَنْ يُعْتِقَ اللَّهُ فِيهِ عَبْدًا مِنَ النَّارِ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ، وَإِنَّهُ لَيَدْنُو ثُمَّ يُبَاهِى بِهِمُ الْمَلاَئِكَةَ فَيَقُولُ: مَا أَرَادَ هَؤُلاَءِ؟

 

Artinya: "Tidak ada hari di mana Allah membebaskan hamba dari neraka lebih banyak daripada Hari Arafah, dan sungguh Dia mendekat lalu membanggakan mereka di depan para Malaikat dan berkata: ‘Apa yang mereka inginkan?" (HR Muslim). Wallâhu a’lam.

(DM)

--------------

Agar anda tidak ketinggalan informasi terbaru seputar HIKMAH, anda bisa join di Channel WA Tenggulangbaru.id dengan KLIK DI SINI. Selain itu Anda dapat menyimak update berita lainnya di tenggulangbaru.id dengan mengakses Google News.

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Advertisement

Advertisement

Komentar

Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:43:18
Saya pingin dapat PIP tahun 2024... selengkapnya
Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:40:20
Butuh ... selengkapnya
Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:4.687
Kemarin:6.543
Total Pengunjung:232.093
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.43.142
Browser:Tidak ditemukan