Selamat Hari Pendidikan Nasional! Semoga pendidikan Indonesia semakin maju dan menghasilkan generasi cerdas serta berbudi pekerti luhur. Hari Pendidikan Nasional Selamat Hari Pendidikan Nasional 2024, mari suarakan lewat mimpi-mimpi besar lewat pendidikan yang berkualitas. Hardiknas Selamat memperingati Hari Pendidikan Nasional! Terima kasih para pahlawan pendidikan yang telah mengabdikan diri untuk mencerdaskan bangsa. Hardiknas Tak ada kunci keberhasilan yang lebih mujarab selain pendidikan. Selamat Hari Pendidikan Nasional, semoga semakin membuka pintu ilmu pengetahuan. Hardiknas Hari Pendidikan Nasional mengingatkan kita untuk terus belajar dan mengasah ilmu agar dapat menjadi individu yang bermanfaat bagi negeri. Hardiknas Di Hari Pendidikan Nasional, mari kita apresiasi seluruh insan pendidikan yang tak kenal lelah dalam membagikan ilmu dan membentuk karakter bangsa. Hardiknas

Artikel/Berita

KEPENDUDUKAN

Cara Lulus Ujian Praktik SIM C Model Terbaru

Admin TB

24 September 2023 11:51:22

245 Kali Dibaca

Mulai 7 Agustus 2023, materi tes zig-zag atau slalom untuk ujian praktik pemohon SIM C dihapuskan.

Keluhan masyarakat kala mengikuti ujian praktik kendaraan roda dua untuk mendapatkan surat izin mengemudi (SIM) akhirnya didengar Kepolisian RI. Mulai Senin, 7 Agustus 2023, Polri mengubah jalur lintasan ujian praktik SIM C.

Ada beberapa model tes yang dihilangkan dan diganti dengan model baru. Surat izin mengemudi merupakan dokumen yang wajib dimiliki pengendara, baik pengendara roda dua, roda empat, atau kendaraan lainnya. Namun untuk bisa memilikinya, pengendara harus melewati tahapan ujian SIM yang sudah ditetapkan oleh Polri.

Menurut Kakorlantas Polri Irjen Firman Santyabudi, saat mengecek ujian SIM di Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta, Jumat (4/8/2023), ada perubahan besar pada proses ujian SIM C atau lisensi bagi pengemudi sepeda motor. Hal ini sesuai peraturan perundangan bahwa lintasan ujian praktik SIM kali ini dibentuk huruf 'S' sebagai representasi kondisi di jalan raya.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Dana Indonesiana untuk Kebudayaan, bisa dapat Rp 550 juta rupiah

 

Mengutip dari situs NTMC Polri, ada beberapa perubahan yang berbeda dibandingkan tempat ujian SIM sepeda motor sebelumnya. Setidaknya ada empat perubahan dalam ujian praktik tersebut, antara lain:

  1. Perubahan dari lintasan menjadi sirkuit;

  2. Materi tes zig-zag ujian SIM atau slalom telah dihapuskan;

  3. Materi tes angka 8 ujian SIM diubah menjadi letter "S";

  4. Ukuran lebar lintasan disesuaikan dari yang awalnya 1,5 kali lebar kendaraan menjadi 2,5 lebar kendaraan.

Baca Juga: Cara Mudah Perpanjang STNK dari Rumah menggunakan HP Secara Mandiri

 

Adapun dalam perubahan ujian SIM motor terbaru ini ada beberapa poin yang jadi pertimbangan lulus atau tidaknya seseorang dari tes pembuatan SIM. Setidaknya ada lima hal yang dijadikan kriteria, yakni:

  • Berjalan lurus;
  • Bermanuver u-turn (putar balik);
  • Balik arah;
  • Gerakan letter S;
  • Bereaksi untuk manuver ke kiri dan ke kanan;
  • Peserta ujian tidak boleh jatuh pada lintasan menanjak.

Baca Juga: Cara Buat NPWP Secara Online dengan Mudah

 

Selain itu, Kakorlantas menyampaikan, aturan soal kaki tidak boleh menginjak aspal tetap diberlakukan. Menurut dia, perlu keterampilan supaya masyarakat dapat melewati lintasan tanpa menginjakkan kaki ke aspal.

Para pemohon SIM wajib melalui tes teori dan praktik. Di samping itu, pemohon SIM baru wajib melengkapi persyaratan administrasi, seperti tes kesehatan jasmani dan psikologi.

Untuk itu, pihak Korlantas Polri meluncurkan buku panduan berupa kisi-kisi soal tes teori SIM agar dapat dipelajari masyarakat sebelum menjalani tes teori. Buku panduan ini tersedia di Satpas prototipe, di antaranya, di Polres Purwakarta, Polda Metro Jaya, dan Polres Karawang.

Di samping meluncurkan kisi-kisi, Korlantas Polri juga melakukan inovasi lain untuk mendapatkan SIM. Direktur Regident Korlantas Polri Brigjen Yusri Yunus menerangkan tes teori SIM kini dilakukan dengan mengembangkan teknologi animasi.

Dengan begitu, pemohon SIM tidak perlu menjawab soal pada kertas ujian, tetapi di komputer. Soal-soal ujian teori dibuat animasi sehingga nantinya pemohon hanya tinggal memilih opsi jawaban.

Baca Juga: Cara Terbaru Download Foto dan Video Instagram Tanpa Aplikasi, Mudah dan Cepat

 

Terdapat 526 soal ujian pada tes teori yang terdapat pada buku panduan ini. Namun, pemohon SIM nantinya hanya diwajibkan menjawab 65 soal.

Adapun tarif pembuatan SIM masih sama seperti sebelumnya. Biaya SIM A baru Rp120 ribu dan SIM C baru Rp100 ribu. Sementara itu untuk perpanjangan SIM A Rp80 ribu dan SIM C Rp75 ribu. Tarif tersebut belum termasuk biaya untuk tes kesehatan, psikologi, dan asuransi. Semua pembayaran melalui bank.

Untuk perpanjangan SIM bisa mengunduh aplikasi SINAR (SIM Nasional Presisi), setelah jadi pihak Korlantas bisa mengirim kartu SIM ke alamat pemohon. Sedangkan, untuk pembuatan surat tanda nomor kendaraan (STNK) bisa melalui aplikasi SIGNAL (Samsat Digital Nasional) yang sudah berlaku di seluruh Indonesia.

 

Penulis: Kristantyo Wisnubroto

Source: Indonesia.go.id

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Artikel Menarik Lainnya

Hosting Murah se Indonesia

Arsip Artikel

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Hosting Gratis

MHosting Gratis Rp.0

Komentar

Tenggulangbaru.id
02 Mei 2024 11:49:08
Selamat Hari Pendidikan Nasional! Semoga setiap anak... selengkapnya
Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya
Satria setiawan wijaya
06 Maret 2024 16:47:49
Bagaimana cara mndaftarkan ank saya dpet pip... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:612
Kemarin:5.134
Total Pengunjung:82.369
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.69.6.160
Browser:Mozilla 5.0