Minal Aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Batin Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga hari kemenangan ini membawa kehangatan dan kedamaian bagi seluruh insan di dunia. Selamat Hari Raya. Semoga Idul Fitri kita mendapat limpahan berkah oleh Allah. Mari kita rayakan dengan menebar cinta dan kebahagiaan kepada sesama. Eid Mubarak 2024! May this Eid be the best one yet for all of us. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga Idul Fitri tahun ini menjadi yang terbaik bagi kita semua.

Artikel/Berita

SEA Games - BOLA

Prediksi Indonesia vs Thailand pada Final Sepak Bola SEA Games 2023, 16 Mei 2023, 19.30 WIB

Admin TB

15 Mei 2023 12:16:22

20.597 Kali Dibaca

Laga antara Timnas Indonesia U-22 vsi Timnas Thailand U-22 pada babak final sepak bola SEA Games 2023. Duel akan berlangsung di Olympic Stadium, Phnom Penh, Selasa 16 Mei 2023 pukul 19:30 WIB, dapat disaksikan gratis di RCTI+.

Jika melihat perjalanan kedua kesebelasan di SEA Games 2023, langkah Timnas Indonesia U-22 cenderung lebih mulus. Garuda Muda belum selalu menang sejak babak penyisihan.

Sementara itu, Thailand masih sempat bermain imbang di fase grup ketika berhadapan dengan Vietnam. Akan tetapi, lawan yang dihadapi tim Gajah Perang cenderung lebih berat dibanding Indonesia.

Oleh karena itu, pertandingan diprediksi berlangsung sengit. Terlebih, Timnas Indonesia U-22 ingin melepas dahaga meraih medali emas setelah terakhir kali juara pada SEA Games 1991.

SEA Games 2023: Perolehan Medali Indonesia Terbaru di Hari Ini

Preview Analisis Pemain H2H Statistik Skor Live Jadwal Klasemen 

Preview Indonesia vs Thailand

Timnas Indonesia U22 secara dramatis sukses mengalahkan Vietnam U22 di semifinal SEA Games 2023 cabor sepak bola putra, lewat skor 3-2. Bermain dengan 10 pemain sejak awal babak kedua, Garuda Muda justru mampu mengunci tiket final lewat gol kemenangan yang tercipta jelang akhir laga.

Di sisi lain, Thailand U22 berjumpa Myanmar U22 di semifinal SEA Games 2023. Dalam laga tersebut The War Elephant secara meyakinkan unggul telak 3-0, sekaligus menyusul Indonesia ke pertandingan puncak.

Baik Indonesia maupun Thailand sama-sama belum pernah menelan kekalahan sejak pertandingan fase grup. Ini jelas menjadi final ideal untuk cabor sepak bola putra, sekaligus menjadi pembuktian bagi kedua tim tersebut.

Timnas Indonesia punya rekor sempurna alias selalu menang di SEA Games 2023. Garuda Muda jelas bakal menjadi lawan sepadan untuk Thailand, yang sama-sama mengincar medali emas sepak bola SEA Games tahun ini.

Dikutip dari Antara, pelatih Timnas Indonesia Indra Sjafri mengatakan skuadnya siap untuk merebut medali emas SEA Games 2023. Kendati tidak diperkuat Pratama Arhan, yang terkena kartu merah di semifinal, Merah Putih tetap memiliki deretan pemain lain yang dapat diandalkan.

Mengisi slot full bek kiri yang ditinggalkan Arhan, pelatih Indra Sjafri berpeluang memainkan Haykal Al Hafiz. Haykal terhitung sudah turun 2 kali di SEA Games 2023, termasuk ketika menjadi pemain pengganti saat melawan Vietnam di semifinal.

"Tidak ada Pratama Arhan [yang mendapat kartu merah] pun kami masih memiliki Haykal Al Hafiz. Kami menganggap 20 pemain yang dibawa [ke SEA Games 2023] adalah yang terbaik, dan tidak membeda-bedakan antara Arhan atau Haykal," kata Indra Sjafri.

Namun demikian, kehilangan Arhan jelas mengurangi peluang timnas untuk melakukan skema serangan lewat lemparan jauh atau long throw, yang kerap menjadi ancaman bagi lawan. Sepanjang SEA Games 2023 ini aksi Arhan lewat lemparan jauhnya terbukti sudah menghasilkan beberapa peluang yang berujung 2 gol.

Di sisi lain, Thailand U22 yang gagal meraih emas dalam beberapa edisi terakhir SEA Games bertekad untuk membayarnya tahun ini. Terlebih secara head to head (H2H) The War Elephant terhitung unggul atas Indonesia.

Kedua tim terakhir bertemu di semifinal SEA Games 2021 di Vietnam. Saat itu Thailand U22 berhasil mengalahkan Indonesia dengan skor 1-0, melalui gol tunggal Weerathep Phompan di babak perpanjangan waktu.⏏️

SEA Games 2023: Hasil Sepak Bola, Skor, dan Perolehan Medali

Analisis Indonesia vs Thailand

Garuda Muda punya ambisi tinggi, yakni membawa pulang medali emas pertama dalam 32 tahun.

Ya, terakhir kali Indonesia memenangi cabang sepak bola putra SEA Games adalah pada 1991, zamannya Aji Santoso dan kawan-kawan.

Menariknya, sukses tersebut didapat usai mengalahkan Thailand lewat drama adu penalti di partai puncak.

Sementara, Thailand U-22 bertekad mempertahankan supremasi di cabang ini. Mereka adalah tim paling dominan dengan 16 medali emas sepanjang sejarah turnamen.

Ekspresi pemain Indonesia U-22, Taufany Muslihuddin (tengah) selepas wasit memastiikan laga selesai dan mereka menang atas Vietnam U-22 untuk ke final SEA Games 2023 pada 13 Mei 2023. (Media PSSI)
Timnas U-22 Indonesia sedang dalam kondisi mental yang positif usai menundukkan Vietnam secara dramatis di semifinal.

Mereka bersemangat untuk melanjutkan tren kemenangan ini sampai laga terakhir. 

Ya, Taufany Muslihuddin dan kawan-kawan memang selalu mampu menundukkan semua lawan sejak fase grup. Filipina, Myanmar, Timor Leste, Kamboja, dan Vietnam berhasil dihabisi.

Jika mampu menang atas Thailand, medali emas akan menjadi pencapaian sempurna. Tambahan lagi, pasukan Indra Sjafri akan menjadi Timnas Indonesia pertama yang meraih podium tertinggi di era pembatasan umur (sejak 2001).

"Motivasi saya menghadapi laga final besok, saya siap menghadapi Thailand. Dan apabila dipercaya bermain, saya akan bekerja keras dan memberikan kemampuan terbaik. Fokus dan disiplin untuk meraih medali emas SEA Games tahun ini," ujar Taufany Muslihuddin, pahlawan kemennagan Indonesia U-22 atas Vietnam.

Satu hal yang menjadi pekerjaan rumah tim pelatih Indonesia adalah menemukan pengganti sepadan buat Pratama Arhan di sisi kiri pertahanan.

Tanpa Arhan yang menjalani hukuman kartu merah, opsinya ada Haykal Alhafiz (bek kiri natural) atau memindahkan Rio Fahmi seperti pada laga versus Vietnam.

Pelatih Timnas U-22 Thailand di SEA Games 2023, Issara Sritaro. (Twitter - @Changsuek_TH)
Jika melihat rekam jejak, Thailand U-22 patut diunggulkan. Mereka adalah pemegang rekor medali emas terbanyak dalam sejarah sepak bola putra SEA Games, dan punya sejarah positif versus Indonesia.

Dalam 23 pertemuan di turnamen ini, Thailand menang 16 kali, imbang dua kali, dan hanya tumbang lima kali dari Tim Garuda.

Kekalahan terakhir Thailand dari Indonesia terjadi pada fase grup SEA Games 2019, ketika gol-gol Egy Maulana Vikri dan Osvaldo Haay menentukan laga di Manila.

Meski demikian, pelatih Thailand U-22, Issara Sritaro, tetap menyimpan kekhawatiran. Dia mengakui pasukannya agak kelelahan usai melakoni jadwal yang padat.

"Saya akui tim kami sangat kelelahan. Saya akan terus mengecek kondisi para pemain, termasuk cedera yang dialami," katanya.

"Melawan Indonesia di final, saya tahu mereka adalah tim bagus. Namun, saya tak bisa mengatakan apa pun sebelum pertandingan dimulai. Bagaimana hasilnya? Itu akan terjawab di lapangan," dia menambahkan.

Thailand diprediksi bakal menurunkan komposisi terbaik, termasuk sang pencetak gol terbanyak, Teerasak Poeiphimai.

Pertandingan besok akan jadi bentrok ke-24 kedua tim sepanjang sejarah SEA Games atau yang keempat di final turnamen multievent antarnegara Asia Tenggara ini.

Dalam tiga final sebelumnya, Timnas Garuda hanya sekali mampu mengalahkan Gajah Perang, yakni di SEA Games 1991 Manila.

Kemenangan adu penalti 4-3 (0-0) pada laga itu juga menjadi terakhir kali Indonesia meraih medali emas sepakbola putra SEA Games.

Secara keseluruhan, dalam 23 pertemuan sebelumnya di SEA Games, Thailand 16 kali menang, Indonesia 5 kali menang dan dua laga lainnya berakhir imbang.

Dari faktor skuad, kualitas pemain kedua tim sebenarnya bisa dikatakan berimbang. Sedangkan dari faktor head to head, Thailand lebih unggul.

Akan tetapi faktanya, Timnas Indonesia U-22 adalah tim terbaik di SEA Games 2023 sejauh ini dengan mencetak 16 gol sejauh ini dan kebobolan tiga kali.

Sementara Thailand membukukan 13 gol dan kebobolan 3 kali dari babak penyisihan hingga semifinal. ⏏️

Hasil Timnas Kamboja U-22 vs Timnas Indonesia U-22 pada SEA Games 2023, Skor 1-2

Prediksi Susunan Pemain Indonesia vs Thailand

Indonesia dan Thailand diprediksi sama-sama menggunakan formasi 4-3-3. Pelatih Indra Sjafri, bisa mengandalkan Fajar Fathurrahman, Witan Sulaeman, dan Ramadhan Sananta di posisi penyerang. Sementara Marselino Ferdinan bermain sebagai playmaker.

Thailand di lain pihak, dapat mengandalkan Teerasak Poeiphimai yang sudah mencetak 4 gol. Ia bisa ditemani Leon James dan Achitpol Keereerom. Adapun di lini belakang terdapat duet bek Jonathan Khemdee dan Songchai Thongcham.

Indonesia  Indonesia U-22 (4-3-3)

  • Ernando Ari Sutaryadi; Rizky Ridho, Muhammad Ferrari, Ilham Rio Fahmi, Amiruddin Bagas Kaffa; Muhammad Taufany, Alfeandra Dewangga, Marselino Ferdinan; Fajar Fathurrahman, Witan Sulaeman, Ramadhan Sananta.
  • Pelatih: Indra Sjafri.

Thailand Thailand U-22 (4-3-3)

  • Soponwit Rakyart; Bukkoree Lemdee, Jonathan Khemdee, Songchai Thongcham, Chatmongkol Rueangthanarot; Airfan Doloh, Channarong Promsrikaew, Purachet Thodsanit; Leon James, Achitpol Keereerom, Teerasak Poeiphimai.
  • Pelatih: Issara Sritaro.⏏️

Update Terbaru Klasemen Perolehan Medali SEA Games 2023 Hari Ini

Head to Head Indonesia vs Thailand

Dari rekor head to head (H2H) Thailand lebih unggul atas Indonesia ketika berjumpa di SEA Games. Dalam 5 pertemuan terkini dalam ajang multievent negara Asia Tenggara tersebut, The War Elephants berhasil 3 kali memetik kemenangan, dan 1 kali tumbang di tangan Garuda Muda.

Sementara satu-satunya kemenangan Indonesia atas Thailand dalam periode tersebut, terjadi saat penyisihan grup SEA Games 2019 silam. Kala itu Garuda Muda yang juga dilatih Indra Sjafri, berhasil menang dengan skor 2-0.

5 Pertemuan Terakhir Indonesia vs Thailand di SEA Games

  • 19/05/22: Thailand vs Indonesia 1-0
  • 26/11/19: Indonesia vs Thailand 2-0
  • 15/08/17: Indonesia vs Thailand 1-1
  • 21/12/13: Indonesia vs Thailand 0-1
  • 12/12/13: Indonesia vs Thailand 1-4

5 Pertandingan Terakhir Indonesia di SEA Games (MMMMM)

  • 13/05/23: Indonesia U22 vs Vietnam U22 3-2
  • 10/05/23: Kamboja U22 vs Indonesia U22 1-2
  • 07/05/23: Timor Leste U22 vs Indonesia U22 0-3
  • 04/05/23: Indonesia U22 vs Myanmar U22 5-0
  • 29/04/23: Indonesia U22 vs Filipina U22 3-0

5 Pertandingan Terakhir Thailand di SEA Games (MSMMM)

  • 13/05/23: Thailand U22 vs Myanmar U22 3-0
  • 11/05/23: Vietnam U22 vs Thailand U22 1-1
  • 08/05/23: Laos U22 vs Thailand U22 1-4
  • 06/05/23: Thailand U22 vs Malaysia U22 2-0
  • 30/04/23: Thailand U22 vs Singapura U22 3-1⏏️

SEA Games 2023: Kalahkan Timor Leste, Timnas Indonesia Melangkah ke Semifinal SEA Games 2023 Kamboja

 

Statistik Indonesia vs Thailand

Rekor Pertemuan Timnas Indonesia vs Thailand di Piala AFF

Berikut ini rekor pertemuan Timnas indonesia vs Thailand di Piala AFF sejak 1998 hingga 2018.

  • 31 Agu 1998 Indonesia vs Thailand 2-3
  • 05 Sep 1998 Thailand vs Indonesia 3-3
  • 10 Nov 2000 Thailand vs Indonesia 4-1
  • 18 Nov 2000 Thailand vs Indonesia 4-1
  • 29 Des 2002 Indonesia vs Thailand 2-2
    16 Des 2008 Indonesia vs Thailand 0-1
  • 20 Des 2008 Thailand vs Indonesia 2-1
  • 07 Des 2010 Indonesia vs Thailand 2-1
  • 19 Nov 2016 Thailand vs Indonesia 4-2
  • 14 Des 2016 Indonesia vs Thailand 2-1
  • 17 Des 2016 Thailand vs Indonesia 2-0
  • 17 Nov 2018  Thailand vs Indonesia 4-2

Statistik Pertandingan

Statistik Indonesia Indonesia ThailandThailand
Gol 18 12
Kebobolan 7  
Cleansheet 1 15
Tendangan Sudut 45 28
Conversion Rate 22% 17%
Akurasi Umpan Silang 24% 33%
Akurasi Umpan 79% 84%
Tembakan 96 115
Tembakan Tepat Sasaran 37 39
Kartu Kuning 11 11

SEA Games: Perolehan Medali Indonesia Sepanjang Masa

Prediksi Skor Indonesia vs Thailand

Timnas Indonesia U-22 telah bersua Thailand sebanyak 3 kali pada babak final SEA Games. Dari pertemuan tersebut, Garuda Muda hanya menang 1 kali saat menjuarai SEA Games 1991.

Pada edisi tersebut, Timnas Indonesia U-22 menang melalui drama adu penalti. Artinya, ada peluang Garuda Muda mengulang kesuksesan 32 tahun lalu.

Peluang Menang:

Indonesia 

Seri Thailand 
55% 5 40%

Prediksi skor akhir:

Indonesia 2-1 Thailand

⏏️

SEA Game 2023: I Gede Siman dan Masniari Wolf Sumbangkan Medali Emas dari Cabor Renang

Live Streaming Indonesia vs Thailand Final SEA Games 2023

Apabila tidak ada perubahan jadwal, laga Indonesia vs Thailand di final SEA Games 2023 cabor sepak bola putra dapat disaksikan melalui siaran langsung dan live streaming gratis RCTI+.

Sesuai jadwal jam tayang laga final SEA Games 2023 antara Indonesia vs Thailand di Stadion Nasional Olimpiade, Phnom Penh, akan memulai kick off pada Selasa (16/5/2023) pukul 19.30 WIB.

Link Live Streaming Indonesia vs Thailand:

live-streaming Indonesia vs Thailand

Live Final Indonesia vs Thailand SEA Games 2023

⏏️

Jadwal Lengkap SEA Games 2023

⏏️
Pertandingan antara Indonesia vs Thailand di laga Piala AFF U-19 2022

Jadwal dan Hasil Lengkap, Klasemen, dan Top Skor Sepak Bola SEA Games 2023

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Artikel Menarik Lainnya

Hosting Murah se Indonesia

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Hosting Gratis

MHosting Gratis Rp.0

Komentar

Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya
Satria setiawan wijaya
06 Maret 2024 16:47:49
Bagaimana cara mndaftarkan ank saya dpet pip... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 15:48:40
Mohon bantuannya ..utk bisa mendapatkan PIP..Anak saya... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:2.269
Kemarin:6.771
Total Pengunjung:68.144
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.71.254.190
Browser:Mozilla 5.0