Minal Aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Batin Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga hari kemenangan ini membawa kehangatan dan kedamaian bagi seluruh insan di dunia. Selamat Hari Raya. Semoga Idul Fitri kita mendapat limpahan berkah oleh Allah. Mari kita rayakan dengan menebar cinta dan kebahagiaan kepada sesama. Eid Mubarak 2024! May this Eid be the best one yet for all of us. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga Idul Fitri tahun ini menjadi yang terbaik bagi kita semua.

Artikel/Berita

Bansos

Program Bansos Termasuk PKH dan BPNT Merupakan Upaya Agar Penerima Bisa Keluar Dari Kemiskinan

Admin TB

12 Februari 2023 00:03:45

1.028 Kali Dibaca

JAKARTA (8 Februari 2023) - Pemerintah melanjutkan program akselerasi penanganan kemiskinan di Indonesia agar masyarakat miskin bisa segera keluar dari lingkaran kemiskinannya. Sesuai tupoksi Kementerian Sosial, penangangan kemiskinan dilaksanakan dalam berbagai program rehabilitasi sosial, pemberdayaan sosial serta perlindungan sosial.

“Kami terus melakukan penanganan kemiskinan agar mereka segera keluar dari kemiskinannya. Jadi, bukan dipelihara kemiskinannya, ” ujar Menteri Sosial Tri Rismaharini usai Rapat Kerja dengan Komisi VIII di Gedung DPR Jakarta, Rabu (8/2/2023).

Untuk melaksanakan berbagai program rehabilitasi sosial, pemberdayaan sosial, dan perlindungan sosial diperlukan dukungan dari sisi anggaran yang cukup serta kolaborasi dan sinergi dengan pihak terkait lainnya.

“Kami berkomunikasi dengan Komisi VIII soal anggaran yang diblokir Kemenkeu dan akan dibuka sebagai wujud dukungan akselerasi penanganan kemiskinan yang dilaksanakan oleh Kemensos. Saat pandemi anggaran kami Rp 91 triliun dan setelah bantuan pandemi dihapus kini anggaran Kemensos Rp 74 triliun, ” katanya.

Penanganan kemiskinan oleh Kemensos melalui Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial, salah satunya melalui program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) yang sudah dirasakan manfaatnya oleh para penerima.

Bantuan yang diberikan berupa permakanan dan tambahan nutrisi, alat bantu bagi penyandang disabilitas, serta bantuan untuk kewirausahaan. Penerima program ATENSI adalah lanjut usia (lansia) yang sudah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan belum menerima program bansos dari Kemensos.

Tujuan ATENSI untuk mencapai keberfungsian sosial individu, keluarga dan komunitas dalam upaya memenuhi kebutuhan dan hak dasar, melaksanakan tugas dan peranan sosial, serta mengatasi masalah dalam kehidupan.

Adapun dukungan pemenuhan kebutuhan dasar merupakan salah satu implementasi ATENSI guna mewujudkan lansia mencapai keberfungsian sosial. Sebab, dukungan pemenuhan kebutuhan hidup layak merupakan harapan bagi setiap Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS).

Selain itu, ATENSI merupakan komitmen bersama dalam mendukung kesejahteraan sosial bagi PPKS dan wujud kehadiran negara di tengah-tengah masyarakat di mana sinergitas dan kolaborasi dengan pemangku kepentingan akan semakin kokoh dalam mewujudkan layanan bagi kelompok masyarakat rentan.

 

Sementara itu dalam waktu yang sama, Kemensos merespon cepat berita yang viral mengenai lanjut usia yang hidup sebatang kara di Tambora, Jakarta Barat. Hal ini sesuai dengan  dengan arahan Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini   yang memberikan perhatian khusus terkait kasus ini. 

Adalah Nek Benah (76) lansia yang hidup sendirian karena sang suami dan putra semata wayangnya yang telah menyusul sang ayah pada Desember 2021 silam serta seorang cucu yang tidak diketahui keberadaannya.

Nek Benah (76) semakin sulit hidupnya setelah tidak lagi bekerja pasca operasi sendi tumit pada kaki kanan yang mengakibatkan kesulitan dalam beraktivitas sehingga menggunakan tongkat untuk membantu mobilitasnya dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Karena kondisi tersebut, Nek Benah menggantungkan hidup sehari-harinya  pada tetangga sekitar. 

Tinggal di sebuah rumah petak dengan luas 2,5 x 5 m²  yang di huninya sejak tahun 1972, Mak Benah tak pernah merasakan hangatnya cahaya matahari karena ventilasi rumah yang tidak memadai sehingga menjadikan rumah lembab, bau dan banyak tikus serta kecoa berkeliaran disekitar rumah. Hal tersebut juga membuat kondisi kesehatan Mak Benah semakin menurun. 

Mewakili Kepala Sentra Handayani di Jakarta Plt. Kepala Sub bagian Tata Usaha, Meerada Sariaty segera mengerahkan Tim untuk menindaklanjuti laporan tersebut. Bersama dengan Direktorat Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia, Tim Sentra Handayani memberikan pelayanan kesehatan dan menyerahkan bantuan Atensi berupa perbaikan rumah, paket nutrisi dan kebersihan diri serta perabotan rumah tangga senilai Rp. 7.541.400,-.

Bantuan Atensi diserahkan secara langsung oleh Koordinator Pokja Lansia Sentra Handayani Jakarta, Dyah Wijayanti bersama dengan Direktorat Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia, Dinas Sosial Jakarta Barat, UPTD Puskesmas Tanah Sareal, Kecamatan Tambora serta Kelurahan Tanah Sareal. 

Saat ini Mak Benah sudah dapat merasa  senang karena rumahnya sudah mulai di perbaiki dan di tata kembali dibantu oleh pihak Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU) Kelurahan Tanah Sereal. Semoga Mak Benah bisa merasa lebih nyaman dan lebih sehat menjalani masa tuanya di rumahnya yang sederhana. 

 

Source:

 

Komentar

Ajudim

15 Februari 2023 19:05:58

Mohon di bantu

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Hosting Murah se Indonesia

Statistik

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Hosting Gratis

MHosting Gratis Rp.0

Komentar

Topani Sahara
03 April 2024 04:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
28 Maret 2024 01:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 09:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 23:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 22:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 17:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya
Satria setiawan wijaya
06 Maret 2024 23:47:49
Bagaimana cara mndaftarkan ank saya dpet pip... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 22:48:40
Mohon bantuannya ..utk bisa mendapatkan PIP..Anak saya... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 22:47:46
Mohon bantuannya ..utk bisa mendapatkan PIP..Anak saya... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 22:44:08
Bagaimana cara mendapatkan PIP..suami terkena PHK..... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:1.587
Kemarin:6.008
Total Pengunjung:18.230
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.34.252
Browser:Tidak ditemukan