Minal Aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Batin Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga hari kemenangan ini membawa kehangatan dan kedamaian bagi seluruh insan di dunia. Selamat Hari Raya. Semoga Idul Fitri kita mendapat limpahan berkah oleh Allah. Mari kita rayakan dengan menebar cinta dan kebahagiaan kepada sesama. Eid Mubarak 2024! May this Eid be the best one yet for all of us. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga Idul Fitri tahun ini menjadi yang terbaik bagi kita semua.

Artikel/Berita

HIKMAH

Rahasia ibadah: Delapan Amalan Sunnah yang Populer di Bulan Jumadil Awal

Admin TB

22 November 2023 16:49:25

714 Kali Dibaca

Bulan Jumadil Awal, yang merupakan bulan kelima dalam kalender Hijriyah, menawarkan berbagai amalan yang dapat diperoleh, mulai dari sholat sunnah hingga berpuasa.

Menurut kalender Hijriyah yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia, 1 Muharram 1445 jatuh pada 19 Juli 2023, dan berdasarkan perhitungan tersebut, 1 Jumadil Awal Jatuh pada 15 November 2023, besok.

Seperti bulan-bulan lain dalam kalender Hijriah, Jumadil Awal memiliki keutamaan tersendiri bagi umat Islam yang melaksanakan amalan-amalan sunnah.

Berikut adalah delapan amalan sunnah yang dapat dilakukan selama bulan Jumadil Awal, yang saya kutip dari buku "Kalender Ibadah Sepanjang Tahun" (2018) karya Ustadz Abdullah Faqih Ahmad Abdul Wahid.

 

8 Amalan Bulan Jumadil Awal

  1. Membaca Tasbih

Dianjurkan untuk membaca tasbih sebanyak mungkin selama bulan Jumadil Awal. Bacaan tasbih yang dianjurkan:

سُبُّوْحٌ قُدُّوْسٌ

Subbuhun quddusun.

Artinya: "Maha Suci lagi Kudus Tuhan kami."

 

  1. Sholat Sunnah pada Malam Pertama Bulan Jumadil Awal

Pada malam pertama bulan Jumadil Awal, sebagian ulama menyarankan umat Islam untuk melaksanakan sholat sunnah. Sholat ini dilakukan sebagai berikut:

  • Dilakukan pada malam pertama bulan Jumadil Awal.
  • Terdiri dari dua rakaat.
  • Pada rakaat pertama setelah membaca Al-Fatihah, membaca surat Al-Jumu'ah, sementara rakaat kedua membaca surat Al-Muzzammil.

 

  1. Sholat Sunnah Hari Pertama

Dianjurkan pada hari pertama bulan Jumadil Awal untuk melaksanakan sholat sunnah empat rakaat. Setiap rakaat, setelah membaca Al-Fatihah, bacalah surat An-Nasr sebanyak tujuh kali.

اِذَا جَاۤءَ نَصْرُ اللّٰهِ وَالْفَتْحُۙ - ١

وَرَاَيْتَ النَّاسَ يَدْخُلُوْنَ فِيْ دِيْنِ اللّٰهِ اَفْوَاجًاۙ - ٢

فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَاسْتَغْفِرْهُۗ اِنَّهٗ كَانَ تَوَّابًا ࣖ - ٣

Artinya: "Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan. Dan kamu lihat manusia masuk agama Allah dengan berbondong-bondong. Maka, bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya, Dia adalah Maha Penerima Taubat."

 

  1. Sholat Sunnah Malam Ketiga

Disunnahkan juga pada malam ketiga bulan Jumadil Awal untuk melaksanakan sholat sunnah dengan langkah-langkah berikut:

  • Lakukan dua puluh rakaat dengan sepuluh salam.

  • Setiap rakaat, setelah membaca surat Al-Fatihah, bacalah surat Al-Qadr sebanyak 10 kali.

  • Setelah salam, lanjutkan dengan membaca tasbih berikut hingga waktu sholat Subuh:

    "Yaa 'azhiimu ta'azh-zhamta bil 'azhamati wal 'azhamatu fii 'azhamatika yaa 'azhiim."

    Artinya: "Duhai Dzat Yang Agung, kami mengagungkan-Mu dengan keagungan, dan keagungan

 

  1. Berpuasa Ayyamul Bidh

Umat Islam juga dianjurkan untuk menjalankan puasa sunnah Ayyamul Bidh, yang dilaksanakan pada pertengahan bulan jumadil awal, yakni pada tanggal 13, 14, dan 15.

 

  1. Sholat Sunnah pada Malam Tanggal 21 dan 27 Jumadil Awal

Kaum muslim disarankan juga pada malam tanggal 21 dan 27 Jumadil Awal untuk melaksanakan sholat sunnah delapan rakaat dengan empat salam. Pada setiap rakaat, setelah Al-Fatihah, bacalah surat Ad-Dhuha sebanyak satu kali.

 

  1. Banyak Berdzikir

Banyak berdzikir di bulan Jumadil Awal juga termasuk ibadah yang ditekankan untuk dilakukan. Berdzikir dapat dilakukan melalui doa, membaca Al-Qur'an, dan berbagai amalan lainnya.

 

  1. Membaca Doa Bulan Jumadil Awwal

Sebagian ulama menyebutkan bahwa berdoa di bulan Jumadil Awal mempunyai faedah yang sangat besar bagi orang yang melakukannya. Adapun doa yang dapat dibaca yaitu:

Allahumma gharatin nujumu wa hada'atil 'uyunu wa anta hayyun qayyumun la ta'khudzuka sinatun wa la naumun ya hayyu ya qayyumu ahdi' laili wa anim 'ain'. A'udzu bikalimatillahi at-tammati min ghadlabihi wa min syarri 'ibadihi wa min hamazatisy syayathiini wa an yahdluruni"

Artinya: "Ya Allah, telah terbenam semua bintang, dan tidak berkedip mata ini. dan, Engkaulah Dzat Yang Maha Hidup lagi Berdiri Sendiri. Rasa kantuk dan tidur tidak akan Engkau alami. Wahai Dzat Yang Maha Hidup lagi Berdiri Sendiri, tenangkanlah malam ini serta tidurkanlah mataku."

Bulan Jumadil Awal menandai periode penting bagi umat Islam, di mana amalan-amalan sunnah dianjurkan untuk dikerjakan. Pertama, diawali dengan membaca tasbih, memuliakan Tuhan dengan kata-kata suci. Selanjutnya, pada malam pertama bulan ini, disarankan melaksanakan sholat sunnah dengan membaca surat Al-Jumu'ah dan Al-Muzzammil. Adapun pada malam ketiga, sholat sunnah dilakukan dengan dua puluh rakaat, di mana setiap rakaatnya diberikan keistimewaan dengan membaca surat Al-Qadr sepuluh kali.

Selain itu, bulan Jumadil Awal juga menunjukkan keutamaan puasa sunnah Ayyamul Bidh pada tanggal 13, 14, dan 15. Pada malam tanggal 21 dan 27, umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan sholat sunnah delapan rakaat dengan membaca surat Ad-Dhuha pada setiap rakaatnya. Bukan hanya itu, kesempurnaan ibadah di bulan ini juga ditekankan melalui banyaknya dzikir, yang dapat dilakukan dengan berdoa, membaca Al-Qur'an, dan amalan-amalan lainnya.

Terakhir, bulan Jumadil Awal menjadi momen berdoa secara khusyuk dengan doa yang mencerminkan pengagungan pada Allah, sang Pencipta yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri. Ulama menekankan bahwa berdoa pada bulan ini memberikan manfaat besar bagi mereka yang melakukannya, memperkuat ikatan spiritual dan mencapai ketenangan di malam-malam yang dianggap istimewa dalam kalender Islam.[DM]

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Artikel Menarik Lainnya

Hosting Murah se Indonesia

Arsip Artikel

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Hosting Gratis

MHosting Gratis Rp.0

Komentar

Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya
Satria setiawan wijaya
06 Maret 2024 16:47:49
Bagaimana cara mndaftarkan ank saya dpet pip... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 15:48:40
Mohon bantuannya ..utk bisa mendapatkan PIP..Anak saya... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:2.068
Kemarin:6.771
Total Pengunjung:67.943
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.69.59.196
Browser:Mozilla 5.0