5 Sep 2024 06:20 - 5 menit membaca

Prediksi Arab Saudi vs Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia 2026 Putaran Ketiga

Bagikan

Timnas Indonesia dan Timnas Arab Saudi akan berjumpa di matchday pertama Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion King Abdullah, Jumat 6 September 2024. Laga Arab Saudi vs Indonesia dimainkan mulai pukul 01.00 WIB, live di RCTI dan Vision+.

Arab Saudi kalah 1-2 dari Yordania pada laga terakhirnya, Juni 2024 lalu. The Falcons kalah justru ketika bermain di kandang sendiri. Artinya, Arab Saudi bukan tim tidak bisa dikalahkan bahkan saat bermain di kandang.

Sementara, Indonesia menang 2-0 melawan Filipina pada laga terakhirnya. Skuad Garuda punya modal apik pada lawatan ke markas Arab Saudi. Indonesia menang pada laga tandang terakhirnya. Pasukan Shin Tae-yong menang 3-0 lawan Vietnam di Stadion My Dinh.

Arab Saudi punya rekor pertemuan bagus lawan Indonesia. Pada lima pertemuan terakhir, The Falcons menang empat kali dan satu laga berakhir imbang. Kedua tim terakhir bertemu pada 2014 lalu, Arab Saudi menang 1-0.

Pesepak bola Timnas Indonesia berfoto bersama sebelum melawan Timnas Filipina dalam laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa, 11 Juni 2024. Foto: ANTARA
Pesepak bola Timnas Indonesia berfoto bersama sebelum melawan Timnas Filipina dalam laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa, 11 Juni 2024. Foto: ANTARA


Preview Pertandingan Arab Saudi vs Indonesia

Timnas Arab Saudi dan Indonesia memiliki komposisi skuad yang cenderung berbeda. The Green Falcons mayoritas dihuni pemain dari liga lokal. Sebaliknya, Garuda mengandalkan banyak pemain abroad, dengan sekira 14 pemain merumput di luar negeri.

Bermodal banyak pemain abroad tidak lantas jadi jaminan untuk Garuda. Pemain Arab Saudi kendati hanya berkarier di liga lokal, tetapi mereka sudah mendapat persaingan dan pengalaman tinggi, lewat hadirnnya deretan pemain top dunia. Secara keseluruhan, Arab masih unggul kualitas atas Indonesia.

Timnas Arab Saudi berpotensi menyerang sejak menit awal, demi mengamankan poin di laga perdana. Sementara itu, Indonesia berpotensi memaksimalkan soliditas pertahanan untuk mengimbanginya.

Setidaknya ada 2 nama yang bisa menjadi kunci performa Timnas Indonesia di laga kali ini. Mereka adalah bek tengah, Jay Idzes, serta kiper naturalisasi kaya pengalaman yang kabarnya sudah bisa dimainkan, Maarten Paes.

Dibanding pemain lain, Idzes relatif jadi penggawa Garuda yang saat ini berkarier di level kompetisi tertinggi, dengan patokan 5 top liga Eropa. Idzes main di Liga Italia Serie A bersama klub Venezia.

Peran Idzes makin krusial, terlebih menyusul absennya bek berpengalaman seperti Jordi Amat. Tak hanya itu, bek milik skuad muda Wolverhampton, Justin Hubner, juga absen karena akumulasi kartu

Statistik menarik dibawa Idzes bersama Garuda, yang sudah mengemas 3 caps sejak debut Maret 2024. Sejak dikawal Idzes, gawang Indonesia belum pernah kebobolan. Indonesia sempat kebobolan ketika kalah 0-2 dari Irak, namun bertepatan dengan absennya Idzes.

Nama lain yang bisa diharapkan Indonesia adalah sang kiper, Mareen Paes. Pemain FC Dallas ini bisa menjalani debut usai proses kepindahan federasi rampung pada Agustus lalu. Namun Paes agaknya masih butuh adaptasi, untuk bisa langsung nyetel dengan situasi tim.

“Maarten (Paes) kondisinya tidak jelek, pastinya dia capek karena lama di perjalanan,” ungkap pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dikutip dari laman PSSI, Selasa (3/9/2024) lalu.

Suasana lapangan jelamng laga kontra Arab Saudi pata putaran ke tiga Kulifikasi Piala Dunia 2026. (instagram@pratamaarhan8)
Suasana lapangan jelamng laga kontra Arab Saudi pata putaran ke tiga Kulifikasi Piala Dunia 2026. (instagram@pratamaarhan8)

Info Tim Arab Saudi vs Indonesia

Arab Saudi berpotensi mengandalkan skuad terbaiknya di laga nanti. Salem Al Dawsari berpotensi masih akan jadi andalan, sekaligus menopang Firas Al Buraikan. Sedangkan Ali Al Bulayhi isa jadi benteng di barisan belakang.

Indonesia berpotensi mengandalkan Jay Idzes sebagai sebagai penahan agresivitas lawan. Dari pos kiper, Marteen Paes bisa dicoba untuk menjalani debut. Adapun Thom Haye berpeluang masih akan diandalkan di barisan tengah.

Prediksi Susunan Pemain Arab Saudi vs Indonesia

Arab Saudi (3-1-4-2)

  • Line-up: Moh Al Owais; Rayan Hamed, Ali Lajami, Ali Al Bulayhi; Abdullah Alkhaibari; Saud Abdulhamid, Moh Kano, Musab Al Fahd; Nasser Al Dawsari; Firas Al Bulaikan, Salem Aldawasari.
  • Pelatih: Roberto Mancini

Indonesia (3-5-2)

  • Line-up: Mareen Paes; Rizky Ridho, Jay Idzes, Nathan Tjoe A On; Sandy Walsh, Marselino Ferdinan, Thom Haye, Justin Hubner, Calvin Verdonk; Rafael Struick, Ragnar Oratmangoen.
  • Pelatih: Shin Tae Yong

Head to Head Arab Saudi vs Indonesia

Rekor 5 pertemuan terakhir kedua kubu, menunjukkan Indonesia belum pernah menang atas Arab Saudi. Garuda menelan 4 kekalahan dan 1 imbang. Satu-satunya hasil seri kedua tim terjadi ketika uji coba 2011 silam.

5 Pertemuan Terakhir Arab Saudi vs Indonesia

  • 06/03/14 Arab Saudi 1 – 0 Indonesia
  • 23/03/13 Indonesia 1 – 2 Arab Saudi
  • 07/10/11 Indonesia 0 – 0 Arab Saudi
  • 14/07/07 Arab Saudi 2 – 1 Indonesia
  • 12/10/04 Indonesia 1 – 3 Arab Saudi

5 Laga terakhir Arab Saudi

  • 30/01/24 Arab Saudi 1 – 1 (2-4) Korea Selatan
  • 22/03/24 Arab Saudi 1 – 0 Tajikistan
  • 26/03/24 Tajikistan 1 – 1 Arab Saudi
  • 06/06/24 Pakistan 0 – 3 Arab Saudi
  • 12/06/24 Arab Saudi 1 – 2 Yordania

5 Laga terakhir Indonesia

  • 21/03/24 Indonesia 1 – 0 Vietnam
  • 26/03/24 Vietnam 0 – 3 Indonesia
  • 02/06/24 Indonesia 0 – 0 Tanzania
  • 06/06/24 Indonesia 0 – 2 Irak
  • 11/06/24 Indonesia 2 – 0 Filipina

Prediksi Skor Arab Saudi vs Indonesia

Arab Saudi punya materi pemain yang lebih mumpuni dan berkualitas. Salem Al Dawsari dan Saleh Al Shehri jadi nama yang patut diwaspadai. Mereka pernah mencetak gol pada laga melawan Argentina di Piala Dunia 2022 lalu.

Kubu Indonesia harus bermain lepas, tanpa perlu terbebani dengan target meraih poin. Tanpa Justin Hubner, Shin Tae-yong harus menemukan komposisi yang tepat agar bisa menahan gempuran pemain depan Arab Saudi. Kehadiran Maarten Paes akan menjadi nilai lebih bagi pertahanan Indonesia.

Prediksi Skor: Arab Saudi 2-0 Indonesia.

Live Streaming Arab Saudi vs Indonesia

Live streaming Arab Saudi vs Indonesia dalam jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2026 ronde 3 Asia, dapat diakses melalui Vision+ dan siaran langsung RCTI. Jadwal Arab Saudi vs Indonesia akan berlangsung di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah, Jumat (6/9/2024) pukul 01.00 WIB.

Siaran pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 bisa didapatkan secara streaming dengan mengaktifkan paket berbayar terlebih dulu di layanan over the top Vision+.

Link Live Streaming Arab vs Indonesia:

* Jadwal dan stasiun televisi yang menayangkan Kualifikasi Piala Dunia 2026 dapat berubah sewaktu-waktu, sesuai dengan kebijakan pemegang hak siar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Recent Posts

- - Prediksi Southampton vs Manchester United di Pekan ke-4 Liga Inggris 2024/2025