Pendaftaran seleksi PPPK sudah dibuka kembali untuk jabatan fungsional guru melalui website https://sscasn.bkn.go.id. Pendaftaran PPPK Guru tahun ini dijadwalkan berlangsung mulai akhir oktober sampai pertengahan November. Namun ada beberapa kendala yang dihadapi pelamar salah satunya gagal login. Kali ini akan kami sampaikan cara atasi gagal login di sscasn bkn go id PPPK sesuai dengan panduan yang dirilis oleh panitia seleksi nasional.
Berdasarkan buku Panduan Pendaftaran CASN yang diterbitkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) ada beberapa kendala yang umum dihadapi pelamar PPPK di sscasn.bkn.go.id.
Berikut daftar kendala tersebut dan cara mengatasinya:
Gagal login di sscasn.bkn.go.id bisa terjadi karena berbagai alasan, salah satunya lupa password akun SSCASN.
Perlu diketahui bahwa pelamar yang ingin mendaftar PPPK wajib memiliki akun SSCASN. Bagi pelamar yang pada seleksi tahun sebelumnya sudah membuat akun, maka dapat kembali menggunakan akun lamanya. Sedangkan pelamar yang belum memiliki akun bisa mendaftar melalui link https://daftar-sscasn.bkn.go.id.
Namun, jika pelamar lupa password pelamar bisa mengakses laman https://helpdesk-sscasn.bkn.go.id lalu klik menu “Reset Password Akun SSCASN” dan lengkapi formulir yang tersedia.
Selanjutnya, pelamar tinggal menjawab pertanyaan pengaman sesuai dengan yang pelamar daftarkan sebelumnya. Setelah itu, pelamar dapat membuat password baru yang bisa digunakan untuk login SSCASN.
Selain lupa password, lupa jawaban pengaman juga menjadi kasus yang sering ditemui saat pendaftaran PPPK di SSCASN.
Merujuk laman tanya jawab SSCASN, kendala ini bisa diatasi dengan mengisi formulir di laman Helpdesk SSCASN. Caranya, pelamar bisa masuk ke link https://helpdesk-sscasn.bkn.go.id kemudian pilih menu “Lupa Jawaban Pengaman 1” atau “Lupa Jawaban Pengaman 2” dan lengkapi formulir isian yang tersedia.
Selanjutnya, pelamar bisa melakukan membuat password dan jawaban pengaman yang baru. Jika khawatir lupa lagi dengan jawaban pengaman, pelamar bisa mencatat dan menyimpan jawaban yang dibuat di tempat yang aman, namun mudah diingat.
Kendala lain yang sering dihadapi pelamar PPPK adalah kesulitan membuka website sscasn.bkn.go.id. Hal ini mengakibatkan peserta tidak bisa login ke akun maupun mengakses informasi yang ada di SSCASN.
Kendala ini bisa diatasi dengan memastikan akses menggunakan browser yang tepat. Berdasarkan buku panduan yang dirilis BKN, pelamar disarankan untuk membuka website SSCASN menggunakan Google Chrome atau Mozilla Firefox versi terbaru. Selain itu, pastikan sambungan internet yang digunakan pelamar cepat dan stabil.
Kendala ini dapat terjadi saat proses pendaftaran akun di SSCASN. Jika terjadi ketidaksesuaian antara Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK), pelamar akan menerima pesan: “Galat. Mohon maaf NIK dan No.KK tidak sesuai” Pesan ini muncul begitu pelamar memasukkan data NIK dan KK saat pendaftaran akun SSCASN.
Apabila muncul Pesan Galat NIK dan No KK tidak sesuai, silahkan ikuti instruksi pada Pesan Galat, BUKAN menghubungi instansi atau Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).
Jika terjadi kendala ini, maka panselnas menyarankan untuk menghubungi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) setempat bukan BKN. Pelamar juga bisa melaporkan ketidaksesuaian NIK dan KK melalui layanan HALO Dukcapil di nomor 1500537.
Salah satu tahap dalam pendaftaran PPPK di SSCASN adalah unggah dokumen atau berkas persyaratan.
Kendati demikian, sering dilaporkan pelamar yang gagal mengunggah dokumen yang disyaratkan. Kendala ini bisa diatasi dengan memastikan bahwa ukuran dan jenis file dokumen yang diunggah tidak melebihi batasan yang ditetapkan.
Mengutip FAQ SSCASN, berikut ketentuan batas ukuran unggah dokumen persyaratan:
Selain dari Cara Atasi Gagal Login di sscasn bkn go id PPPK di atas, perlu juga kami sampaikan juga hal-hal sebagai berikut:
Anda TIDAK DAPAT memperbaiki data jika sudah klik “Akhiri Pendaftaran” di halaman Resume. Untuk itu Anda harus BERHATI-HATI dalam mengisi data. Namun demikian, apabila ternyata masih terdapat data yang perlu diperbaiki setelah terkirim maka data tersebut dapat diperbaiki setelah lulus ujian dan akan diproses pada waktu pemberkasan penetapan NIP.
Dokumen yang sudah diunggah masih dapat diganti selama Anda belum klik “Akhiri Pendaftaran”.
Tinggalkan Balasan