AdminTB on Bola Piala Dunia
7 Jun 2024 15:35 - 4 minutes reading

Hasil Vietnam vs Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Putaran Kedua, Skor 3-2

Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua grup F, Timnas Vietnam lolos ke putaran ketiga usai mengalahkan Filipina. Duel Vietnam vs Filipina ini berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi, Kamis (6/6/2024) pukul 19.00 WIB dengan skor akhir 3-2.

Bermain di kandang sendiri tak membuat Vietnam bisa dengan mudah mengalahkan Timnas Filipina dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Anak asuh Kim Sang-sik kebobolan lebih dulu di menit ke-62. Namun Patrick Reichelt berhasil membuat publik Vietnam panik karena golnya, meskipun dengan segera bisa disamakan Nguyen Tien Linh menit ke-65.

Vietnam bahkan berbalik unggul lewat Tien Linh menit ke-76, tepatnya pada menit ke-88, setelah sepakan setengah voli Kevin Ingreso membuat publik Hanoi terdiam. Vietnam berhasil memastikan kemenangan di masa injury time (90+5\’) lewat gol Pham Tuan Hai.

Dengan hasil ini Vietnam mengemas enam angka di Grup F dari lima laga. Tapi mereka tetap tertahan di posisi ketiga, sementara Filipina ada di dasar klasemen dengan koleksi satu angka saja.

Jalannya Pertandingan

Filipina sejatinya bermain bagus pada babak pertama. Tim asuhan Tom Saintfiet ini bertahan dengan solid dari serangan Vietnam.

Sesekali Michael Baldisimo dan kawan-kawan menyerang guna memberikan ancaman kepada The Golden Star Warriors. Pertahanan apik Filipina cukup membuat frustrasi lini serangan tuan rumah di babak pertama.

Keasyikan menyerang membuat pertahanan Vietnam lengah. Melalui serangan balik cepat, striker Patrick Reichelt membawa Filipina unggul pada menit ke-62.

Reichelt menyerang dari sisi kiri. Meski dalam penjagaan ketat Do Duy Manh, Reichelt tetap tenang. Pemain 35 tahun itu kemudian memenangkan duel dengan Duy Manh.

Setelah melewati Duy Manh, Reichelt tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper Dang Van Lam. Reichelt pun tanpa kesulitan menempatkan bola di sisi kiri bawah gawang.

Akan tetapi keunggulan itu tak bertahan lama. Pada menit ke-65, Vietnam bisa menyamakan skor menjadi 1-1.

Mereka mencetak gol melalui penyerangnya, Nguyen Tien Linh. Ia menyambar bola umpan dari Nguyen Van Toan setelah sebelumnya berhasil melewati kiper di dalam kotak penalti.

Pada menit ke-76, Vietnam kembali mencetak gol. Kali ini Tien Linh kembali mencatatkan namanya di papan skor dengan tandukannya, memaksimalkan umpan silang dari Phan Tuan Tai dari sayap kiri. 2-1.

Vietnam kemudian coba menekan pertahanan Vietnam lagi. Mereka ingin menambah pundi golnya karena skor 2-1 masih tak aman.

Namun Filipina malah bisamencetak gol lagi. Mereka menyamakan skor menjadi 2-2 melalui Kevin Ingreso pada menit ke-89.

Vietnam berusaha keras untuk mencetak gol lagi. Usaha mereka akhirnya membuahkan hasil pada menit 90+5. Pham Tuan Hai berhasil menjebol gawang Filipina. 3-2!

Filipina kemudian mencoba keras untuk menyamakan skor. Bahkan di saat-saat terakhir kiper Neil Etheridge berusaha ikut menyerang saat sepak pojok. Sayangnya usanya tak membuahkan hasil. Vietnam menang 3-2.

Baca Juga:

Susunan Pemain Vietnam vs Filipina

  • Vietnam (3-4-3)
    • Line-up: Dang Van Lam; Do Duy Manh, Nguyen Duc Chien, Bui Tien Dung, Pham Xuan Manh, Do Hung Dung, Nguyen Hoang Duc, Khuat Van Khang, Nguyen Van Toan, Nguyen Tien Linh, Nguyen Quang Hai.
    • Pelatih: Kim Sang-sik.
  • Filipina (4-2-3-1)
    • Line-up: Neil Etheridge, Jesper Nyholm, Santiago Rublico, Adrian Ugelvik, Scott Phillip Galang Woods, Kevin Ingreso, Michael Baldisimo, Alex Monis, Zico Bailey, Dylan Demuynck, Patrick Reichelt.
    • Pelatih: Tom Saintfiet.

Baca Juga: Spanyol vs Inggris di Final EURO 2024

Klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2026
Zona Asia

Klasemen Putaran Kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia:
Klub
T
M
S
K
Irak
5
5
0
0
14
1
13
15
Indonesia
5
2
1
2
6
8
-2
7
Vietnam
5
2
0
3
5
7
-2
6
Filipina
5
0
1
4
3
12
-9
1

Jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Grup F

Kamis, 6 Juni 2024

    • Indonesia 0-2 Irak
    • Vietnam 3-2 Filipina

Selasa, 11 Juni 2024

    • 19.00 WIB Filipina vs Indonesia

Rabu, 12 Juni 2024

    • 01.00 WIB Irak vs Vietnam