Minal Aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Batin Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga hari kemenangan ini membawa kehangatan dan kedamaian bagi seluruh insan di dunia. Selamat Hari Raya. Semoga Idul Fitri kita mendapat limpahan berkah oleh Allah. Mari kita rayakan dengan menebar cinta dan kebahagiaan kepada sesama. Eid Mubarak 2024! May this Eid be the best one yet for all of us. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga Idul Fitri tahun ini menjadi yang terbaik bagi kita semua.

Artikel/Berita

BERITA

Instagram Luncurkan Threads, Aplikasi Kembaran Twitter

Admin TB

06 Juli 2023 16:56:39

436 Kali Dibaca

Di tengah spekulasi soal ajang pertarungan antara Mark Zuckerberg dan Elon Musk, Meta merilis aplikasi Threads kembaran Twitter untuk HP Android dan iPhone.

Threads adalah aplikasi buatan Instragram yang sangat menyerupai Twitter. Bersama Facebook dan WhatsApp, Instagram adalah media sosial milik perusahaan yang dipimpin oleh Zuckerberg, Meta.

"Ayo lakukan ini. Selamat datang di Threads," kata CEO Meta Mark Zuckerberg di aplikasi Threads.

Baca Juga: Prediksi PSS Sleman vs Persis Solo pada Pekan ke-2 BRI Liga 1 2023/2024

 

Aplikasi Threads kini sudah bisa diunduh di Play Store dan App Store di 100 negara, termasuk oleh pengguna HP Android dan iPhone di Indonesia.

Analis menyatakan investor antusias menantikan dampak Threads ke bisnis Meta. Pasalnya, Threads terhubung dengan Instagram sehingga bisa langsung menarik pengguna Instagram serta membuka potensi "iklan silang" antara kedua aplikasi.

Kemunculan Threads, menurut Reuters, bisa menyedot pendapatan iklan Twitter yang kinerjanya diragukan sejak kepemilikannya diambil alih oleh Elon Musk.

Threads bisa langsung digunakan oleh pengguna Instagram, dengan login memanfaatkan nama akun dan password mereka di Instagram. Setelah login di Threads, pengguna juga bisa langsung menghubungkan akun mereka dengan akun yang mereka ikuti dan mengikuti mereka di Instagram.

"Investor tidak bisa menyembunyikan kegirangan mereka akan prospek bahwa Meta memiliki 'Pembunuh Twitter'," kata Danni Hewson, analis dari AJ Bell.

Threads muncul pada saat netizen menantikan realisasi pertarungan antara Zuckerberg dan Musk. Dalam beberapa pekan terakhir, isu soal pertarungan fisik di ring antara kedua miliarder tersebut mencuat.

Brand besar seperti Billboard, HBO, Variety, hingga Bloomberg langsung membuka akun Threads sejak menit pertama peluncuran.

Meta juga dikabarkan telah menjalin kontak dengan influencer di media sosial untuk menarik mereka menggunakan Threads dan mendorong mereka untuk melakukan post paling tidak dua kali sehari. 

Pendiri dan kepala eksekutif Facebook Meta, Mark Zuckerberg, mengatakan aplikasi Threads yang baru diluncurkan perusahaannya bertujuan untuk mengungguli Twitter.

Para pengamat berkata, Threads bisa menarik pengguna Twitter yang tidak senang dengan perubahan kebijakan pada platform tersebut.

Threads - yang saat ini belum diluncurkan di Uni Eropa - memungkinkan pengguna untuk mengunggah hingga 500 karakter, dan memiliki banyak fitur yang mirip dengan Twitter.

Aplikasi ini telah diunduh dan diakses sepuluh juga lebih dalam tujuh jam pertama, kata Zuckerberg.

Sebelumnya, dia mengatakan ingin membuat platform yang "bersahabat... yang pada akhirnya akan menjadi kunci keberhasilan".

Tetapi pemilik Twitter, Elon Musk, menanggapi dengan: "Lebih baik diserang oleh orang asing di Twitter, daripada menikmati kebahagiaan palsu dan kesedihan di Instagram."

Ketika ditanya apakah aplikasi Threads akan "lebih besar dari Twitter", Zuckerberg berkata: "Itu akan membutuhkan waktu, tapi saya kira harus ada aplikasi percakapan publik dengan lebih dari satu miliar orang di dalamnya."

"Twitter punya kesempatan untuk wujudkan itu, meski belum berhasil. Mudah-mudahan kami bisa melakukannya."

Para pesaing mengkritik jumlah data yang mungkin digunakan aplikasi tersebut. Data itu termasuk kesehatan, keuangan, dan penjelajahan yang ditautkan ke identitas pengguna, menurut Apple App Store.

Threads sekarang tersedia untuk diunduh di lebih dari 100 negara termasuk Inggris, namun belum di Uni Eropa karena persoalan peraturan.

Baca Juga: Prediksi Arema FC vs Persib Bandung pada Pekan ke-2 BRI Liga 1 2023/2024

 

Versi Awal

Mark Zuckerberg menghadapi pertanyaan dari sejumlah senator AS (c) BBCMark Zuckerberg menghadapi pertanyaan dari sejumlah senator AS (c) BBC

 

Meta, yang menaungi Facebook dan Instagram, menyebut aplikasi baru ini sebagai "versi awal", dengan fitur tambahan yang memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan orang-orang di aplikasi media sosial lain seperti Mastodon.

"Visi kami dengan Threads adalah untuk mengambil yang terbaik dari Instagram dan mengembangkannya menjadi teks," ujar perusahaan itu sebelum peluncuran.

Meskipun Threads menjadi aplikasi tersendiri, pengguna bisa masuk menggunakan akun Instagram. Nama pengguna Instagram pengguna tetap ada, namun ada opsi untuk menyesuaikan profil mereka khusus di Threads.

Pengguna juga bisa memilih untuk mengikuti akun yang sama dengan yang mereka ikuti di Instagram, kata Meta.

Baca Juga: Liga Champions UEFA 2023/2024: Pertandingan, Final dan Tanggal-tanggal Penting

 

Berikut ini perbandingan antara Threads dengan Twitter:

Threads dan Twitter (c) BBCThreads dan Twitter (c) BBC

 

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk memproteksi atau 'privat' akun Instagramnya, tetapi membuka untuk umum akun Threadsnya.

Perilisan aplikasi baru ini muncul setelah kritik terhadap bisnis Meta.

Tahun lalu, pembocor rahasia Meta, Frances Haugen, mengatakan perusahaan telah menempatkan "keuntungan di atas keamanan" dan mengkritik bagaimana platform tersebut dimoderasi.

Perusahaan itu juga diguncang skandal yang mengizinkan pihak ketiga, termasuk konsultan politik Inggris Cambridge Analytica, untuk mengakses data pribadi pengguna Facebook.

Merujuk pada sejumlah kontroversi di masa lalu, Elon Musk berguyon dengan berkata "syukurlah mereka dijalankan dengan sangat waras".

Ada beberapa alternatif yang tersedia selain Twitter, seperti Bluesky dan Mastodon, tetapi aplikasi alternatif ini sulit menarik perhatian publik.

Threads memiliki keunggulan signifikan karena terhubung ke Instagram, dan ratusan juta pengguna sudah ada di platfrom tersebut.

Baca Juga: Musabaqah Qira’atil Kutub Nasional 2023 Digelar di Lamongan 10-18 Juli

 

Cara Kerja Threads

Di Threads, unggahan bisa dibagikan ke Instagram dan sebaliknya, serta bisa menyertakan tautan, foto juga video berdurasi hingga lima menit.

Akan tetapi, beberapa pengguna awal pada Rabu (05/07) melaporkan masalah ketika mengunggah gambar.

Pengguna melihat konten-konten, yang disebut Meta sebagai "utas", dari orang yang mereka ikuti serta konten yang direkomendasikan.

Mereka bisa mengontrol siapa yang "menyebut" mereka dan memfilter balasan unggahan yang berisi kata-kata tertentu.

Berhenti mengikuti, memblokir, membatasi, atau melaporkan profil lain juga dimungkinkan. Dan akun apapun yang diblokir pengguna di Instagram secara otomatis diblokir di Threads.

Sementara Meta menekankan hubungannya dengan Instagram, liputan media berfokus pada kemiripannya dengan Twitter, dengan beberapa investor menggambarkan aplikasi ini sebagai "pembunuh Twitter".

Baca Juga: Cara Cek dan Daftar Penerima PIP Secara Mandiri

 

Di Threads, unggahan bisa dibagikan ke Instagram dan sebaluknya serta bisa menyertakan tautan, foto juga video. (c) BBC Di Threads, unggahan bisa dibagikan ke Instagram dan sebaluknya serta bisa menyertakan tautan, foto juga video. (c) BBC

 

Pada Sabtu (01/07), bos Twitter Elon Musk membatasi jumlah twit yang bisa dilihat pengguna di platformnya per hari, dengan alasan "pengumpulan data dan manipulasi sistem" yang ekstrem.

Itu adalah kebijakan terbaru Musk untuk membuat pengguna mendaftar ke Twitter Blue, layanan berlangganan platform tersebut.

Twitter juga telah mengumumkan bahwa dasbor pengguna yang populer atau TweetDeck akan menjadi layanan berbayar dalam waktu 30 hari.

Sejak Elon Musk mengambil alih, banyak pengguna Twitter secara terbuka menyatakan ketidakpuasan mereka terhadap platform ini dan penatalayanannya.

Bulan lalu, Musk dan bos Meta Mark Zuckerberg sepakat - atau mungkin berguyon - untuk bertarung di ring, dan unggahan awal Zuckerberg di Threads menyebutkan ketertarikannya pada seni bela diri campuran.

Meskipun Threads akan tersedia di Inggris, tapi belum ada di Uni Eropa karena ketidakpastian peraturan, khususnya seputar Undang-Undang Pasar Digital Uni Eropa. Namun belakangan perusahaan mengatakan akan merilisnya di Uni Eropa.

Rencana itu sedianya bakal menetapkan aturan tentang seberapa besar perusahaan seperti Meta bisa berbagi data antarplatform yang mereka miliki.

Berbagi data antara Threads dan Instagram adalah bagian dari masalah. Meta pun memastikan melindungi privasi adalah hal mendasar untuk bisnisnya.

 

Source: BBC Indonesia

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Hosting Murah se Indonesia

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Hosting Gratis

MHosting Gratis Rp.0

Komentar

Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya
Satria setiawan wijaya
06 Maret 2024 16:47:49
Bagaimana cara mndaftarkan ank saya dpet pip... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 15:48:40
Mohon bantuannya ..utk bisa mendapatkan PIP..Anak saya... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:2.065
Kemarin:6.771
Total Pengunjung:67.940
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.179.71
Browser:Mozilla 5.0