Minal Aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Batin Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga hari kemenangan ini membawa kehangatan dan kedamaian bagi seluruh insan di dunia. Selamat Hari Raya. Semoga Idul Fitri kita mendapat limpahan berkah oleh Allah. Mari kita rayakan dengan menebar cinta dan kebahagiaan kepada sesama. Eid Mubarak 2024! May this Eid be the best one yet for all of us. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga Idul Fitri tahun ini menjadi yang terbaik bagi kita semua.

Artikel/Berita

SOSOK

Profil Sinead O'Connor, Penyanyi Mualaf yang Wafat di Usia 56 Tahun

Admin TB

27 Juli 2023 09:01:59

371 Kali Dibaca

Penyanyi Sinead O'Connor meninggal dunia pada usia 56 tahun. Kabar mengenai kepergiannya dibagikan oleh keluarga.

"Dengan berat hati kami mengumumkan meninggalnya Sinead yang kami cintai," kata pernyataan keluarga, dilansir dari CNN, Kamis (27/7).

"Keluarga dan teman-temannya sangat terpukul dan meminta privasi di waktu yang sangat sulit ini," lanjut mereka.

Baca Juga: Treat Williams, Bintang Everwood and Hair, Meninggal pada Usia 71 Setelah Kecelakaan Sepeda Motor

 

Agoraphobia yang diidap penyanyi Sinead O'Connor terus membuatnya merasa cemas. Masalah mental satu ini telah lama diidap musisi asal Irlandia tersebut sebelum meninggal dunia.

"Diam-diam saya hidup dengan trauma yang 'melumpuhkan' saya secara psikis selama beberapa tahun terakhir. Akhir-akhir ini saya tidak makan karena itu membuat saya sangat agorafobia," tulis pelantun "Nothing Compares 2 U" ini dalam sebuah cuitan di Twitter-nya pada 2020 lalu, mengutip Page Six.

Agoraphobia adalah salah satu spektrum dari payung besar gangguan kecemasan. Kondisi ini dapat memicu ketakutan yang intens.

Biasanya, rasa takut muncul saat seseorang berada di tempat atau situasi yang membuatnya merasa terjebak dan tak bisa melarikan diri. Bukan tak mungkin jika pengidapnya merasa takut keluar atau berada jauh dari rumah.

Sayangnya, agoraphobia seperti yang dialami Sinead O'Connor ini sering disalah pahami sebagai ketakutan akan ruang terbuka. Padahal, agorafobia lebih dari sekadar rasa takut.

Sama seperti gangguan cemas lainnya, rasa takut yang intens akan terus menghantui kondisi ini. Beberapa orang dengan kondisi ini bahkan bisa mengalami serangan panik. Atau, kondisi ini juga bisa membuat seseorang terus mengurung diri dan tak mau keluar rumah.

Bak lingkaran setan, agorafobia juga dapat berkembang setelah seseorang mengalami serangan panik. Serangan panik membuat seseorang merasa takut akan kemunculan serangan berulang dalam situasi yang sama.

Misalnya, seseorang mengalami serangan panik di tengah mal. Selanjutnya mereka bisa saja menghindari mal lantaran takut serangan panik yang sama akan muncul.

Baca Juga: Tayang Perdana, Drama Dr Romantic 3 Raih Rating Tinggi, 6 Pesona So Ju Yeon Si Dokter Cantik

 

Profil Sinead O'Connor

Sinead O'Connor lahir di Irlandia pada 8 Desember 1966. Ia memulai debutnya di industri hiburan pada akhir 1980-an dengan album The Lion and the Cobra.

O'Connor mencapai kesuksesan pada 1990 lewat lagu Nothing Compares 2 U. Sebelumnya, lagu tersebut dipopulerkan oleh Prince.

Selama hidupnya, O'Connor banyak menuai kontroversi. Salah satunya saat ia merobek foto Paus John Paul II di acara televisi.

Pada 1992, O'Connor pun didaulat untuk menyanyikan lagu War milik Bob Marley secara akapela di acara Saturday Night Live (SNL).

O'Connor menyanyikan lagu tersebut untuk memprotes kasus kekerasan seksual pada anak yang banyak dilakukan oleh gereja Katolik Amerika Serikat era '90-an. Namun tak disangka, O'Connor merobek foto Paus John Paul II usai menyanyikan lirik 'evil'.

Penonton pun terdiam, tak ada yang bertepuk tangan atau mencemooh. O'Connor pun hanya menatap tajam ke depan tanpa berkata-kata saat selesai bernyanyi.

Aksi tersebut sangat mengejutkan karena Wakil Presiden acara SNL, Rick Ludwig, hanya tahu bahwa O'Connor akan mengangkat foto anak-anak yang tengah mengungsi karena bencana alam. Oleh karena itu, O'Connor pun dilarang untuk tampil di SNL selamanya atas alasan melakukan tindakan yang kurang terpuji dan menyinggung beberapa pihak.

O'Connor juga menyita perhatian publik setelah memutuskan menjadi mualaf. Ia resmi memeluk agama Islam pada 2018 lalu.

"Aku mengumumkan bahwa aku resmi menjadi seorang Muslim. Ini adalah sebuah konklusi dari perjalanan teologi yang alami. Kitab suci membawaku pada Islam dan hal itu membuat kitab suci lain seperti mubazir. Aku akan mendapatkan nama baru, yakni Shuhada," tulisnya.

Pelantun Mandinka tersebut terlihat bangga memeluk agama Islam. Melalui media sosialnya, dia tak sungkan memperlihatkan dirinya melakukan azan hingga diberikan hijab pemberian temannya.

Gejala agoraphobia yang diidap Sinead O' Connor

Gejala agoraphobia dapat melibatkan kombinasi antara rasa takut dan kemunculan sensasi fisik. Mengutip Medical News Today, semuanya dapat bervariasi dari ringan hingga parah.

Berdasarkan manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental Edisi ke-5 (DSM-5), orang dengan agorafobia biasanya akan merasa takut:

  • menggunakan transportasi umum,
  • berada di ruang terbuka,
  • berada di ruang tertutup,
  • berbaris,
  • berada di keramaian,
  • berada di luar rumah sendirian.

Baca Juga: Baca Juga: Serial The Last of Us Syuting di Indonesia, Ilmuwan Cristine Hakim Sarankan Bom Kota Jakarta

 

Satu hal yang paling khas muncul pada orang dengan agorafobia adalah rasa takut akan terjadinya bahaya atau situasi darurat dan tak tersedianya bantuan. Ketakutan dapat meningkat hingga memicu serangan panik.

Jika serangan panik muncul, biasanya gejala akan meliputi:

  • detak jantung cepat,
  • sesak napas,
  • berkeringat,
  • merasa sakit,
  • nyeri dada,
  • pusing,
  • pingsan,
  • muntah dan gejala pencernaan lain,
  • menggigil,
  • tersedak,
  • gemetar,
  • perasaan disorientasi.

Tak cuma itu, orang dengan agoraphobia seperti yang dialami Sinead O'Connor juga bisa menghindari situasi pemicu tertentu. Mereka bisa mengalami perubahan perilaku hingga enggan bertemu teman.

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Hosting Murah se Indonesia

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Hosting Gratis

MHosting Gratis Rp.0

Komentar

Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya
Satria setiawan wijaya
06 Maret 2024 16:47:49
Bagaimana cara mndaftarkan ank saya dpet pip... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 15:48:40
Mohon bantuannya ..utk bisa mendapatkan PIP..Anak saya... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:83
Kemarin:7.881
Total Pengunjung:59.187
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.69.58.140
Browser:Mozilla 5.0