Minal Aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Batin Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga hari kemenangan ini membawa kehangatan dan kedamaian bagi seluruh insan di dunia. Selamat Hari Raya. Semoga Idul Fitri kita mendapat limpahan berkah oleh Allah. Mari kita rayakan dengan menebar cinta dan kebahagiaan kepada sesama. Eid Mubarak 2024! May this Eid be the best one yet for all of us. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga Idul Fitri tahun ini menjadi yang terbaik bagi kita semua.

Artikel/Berita

KESEHATAN

Dobby Syndrome dan Cara Mengatasinya

Admin TB

29 Desember 2023 05:51:41

503 Kali Dibaca

Kata Dobby, menjadi istilah yang belakangan ramai digunakan terutama di media sosial TikTok. Banyak yang yang menggunakan istilah ini terutama anak muda. Namun, mungkin banyak yang belum tahu dengan maksud atau arti dari istilah Dobby.

Melansir dari laman IBSI Education, istilah Dobby sendiri merujuk pada perilaku menyalahkan dan menghukum diri sendiri saat melakukan kesalahan sebagai bentuk dari penyesalan.

Istilah itu sendiri kemungkinan didasarkan pada perilaku sama yang dilakukan karakter bernama Dobby dalam Film Harry Potter.

Dalam cerita Harry Potter, Dobby adalah peri rumah dari keluarga Malfoy, keluarga penyihir keturunan murni yang rasialis dan elit di dunia sihir.

Keluarga ini berada di puncak piramida sosial, karenanya mereka menganggap rendah peri rumah mereka serta memperlakukannya seperti sampah. Ketika Dobby mengatasi rasa bersalah, ia memukul dirinya sendiri atau membakar jari-jarinya.

Tindakan menghukum diri sendiri yang dilakukan Dobby inilah yang dimaksud dari istilah Dobby Syndrome.

 

Pengertian Dobby Syndrome

Mengutip The Silver Lining, Dobby syndrome dapat didefinisikan sebagai rasa bersalah yang kemudian dapat berubah menjadi perilaku menghukum diri sendiri. Rasa bersalah biasanya akan datang saat kamu melakukan sesuatu yang bertentangan dengan moral atau nilai-nilai yang dianut.

Ini bisa menjadi masalah jika kamu terus-menerus menghukum diri sendiri jika setiap kamu merasa bersalah.

Menurut Nelissen dan Zeelenberg, ketika kemampuan untuk mengkompensasi suatu pelanggaran tidak memungkinkan, seseorang lebih cenderung menjatuhkan hukuman pada dirinya sendiri.

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab seseorang mengalami dobby syndrome. Dalam banyak kasus, rasa bersalah muncul saat seseorang tidak dapat memenuhi ekspektasi orang lain. Sindrom ini mungkin juga berasal dari trauma masa kecil ketika orang tua menumpahkan semua kekesalan mereka pada anaknya.

Misalnya, saat orang tua sedang kesal atau marah, mereka mungkin mengatakan kepada anak bahwa mereka tidak pantas mendapatkan sesuatu yang baik.

Kata-kata itulah yang kemudian melekat dalam ingatan anak. Ketika tumbuh dewasa, anak pun menghindari perkataan "itu salahmu" dari orang lain, tapi justru malah menyalahkan dirinya sendiri.

 

Cara Mengatasi Dobby Syndrome

Dobby syndrome dapat menimbulkan dampak tidak baik pada seseorang baik itu pada fisik maupun mental mereka. Karena itu, hal tersebut perlu diatasi. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Berhenti Ambil Tanggung Jawab Lebih Banyak

Jika merasa tidak sanggup menanggung banyak tanggung jawab, sebaiknya kurangi beban tersebut. Fokus pada tanggung jawab yang dapat dipenuhi dengan baik.

 

2. Meningkatkan Self-Esteem

Tingkatkan pandangan positif terhadap diri sendiri. Self-esteem, atau penilaian diri, dapat memengaruhi cara kita menghadapi perasaan bersalah. Membangun rasa percaya diri dapat membantu mengatasi kecenderungan untuk menghukum diri sendiri secara berlebihan.

 

3. Kenali dan Terima Kegagalan

Pahami bahwa setiap orang membuat kesalahan dan menghadapi kegagalan. Hal ini adalah bagian alami dari kehidupan. Terimalah kenyataan bahwa tidak ada yang sempurna, termasuk diri Anda sendiri.

 

4. Belajar dari Pengalaman

Lihat setiap kesalahan atau kegagalan sebagai peluang untuk belajar dan tumbuh. Fokus pada aspek pembelajaran dari situasi tersebut daripada menyalahkan diri sendiri.

 

5. Jangan Terlalu Keras pada Diri Sendiri

Hindari berbicara pada diri sendiri dengan kata-kata yang kasar atau kritis. Bayangkan bahwa Anda berbicara pada seorang teman, dan berusahalah memberikan dukungan pada diri sendiri.

 

6. Berkomunikasi dengan Orang Lain

Bicarakan perasaan Anda dengan orang percaya, teman, atau profesional kesehatan mental. Mendengar perspektif dari orang lain dapat membantu Anda mendapatkan pandangan yang lebih seimbang terhadap situasi.

 

7. Fokus pada Hal yang Bisa Anda Kontrol

Tentukan faktor-faktor yang dapat Anda kendalikan dan fokus pada upaya Anda dalam mengelola hal tersebut. Bebaskan diri Anda dari tanggung jawab yang tidak dapat Anda kontrol.

 

8. Latihan Mindfulness atau Meditasi

Praktikkan mindfulness atau meditasi untuk membantu menenangkan pikiran Anda. Ini dapat membantu Anda tetap hadir pada saat ini dan mengurangi kecenderungan untuk terlalu memikirkan kesalahan masa lalu.

 

9. Atur Harapan yang Realistis

Tentukan harapan yang realistis terhadap diri sendiri. Seringkali, perasaan bersalah muncul ketika kita memiliki harapan yang tidak realistis atau terlalu tinggi terhadap diri sendiri.

 

10. Cari Bantuan Profesional

Jika perasaan menyalahkan diri sendiri terus-menerus mengganggu kehidupan sehari-hari Anda, pertimbangkan untuk mencari bantuan dari seorang profesional kesehatan mental seperti psikolog atau terapis.

Penting untuk diingat bahwa Dobby Syndrome adalah suatu kondisi psikologis, dan jika seseorang mengalami kesulitan yang serius, sebaiknya mereka mencari bantuan profesional seperti seorang psikolog atau konselor.

 

Demikian ulasan mengenai Dobby Syndrome dan Cara Mengatasinya, istilah yang viral di TikTok. Ingatlah bahwa perasaan bersalah alami, tetapi jika tidak diatasi dengan baik, dapat berdampak negatif pada kesejahteraan mental dan emosional. Menerima diri sendiri dan belajar dari pengalaman adalah langkah-langkah penting menuju perubahan positif.

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Artikel Menarik Lainnya

Hosting Murah se Indonesia

Arsip Artikel

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Hosting Gratis

MHosting Gratis Rp.0

Komentar

Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya
Satria setiawan wijaya
06 Maret 2024 16:47:49
Bagaimana cara mndaftarkan ank saya dpet pip... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 15:48:40
Mohon bantuannya ..utk bisa mendapatkan PIP..Anak saya... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:1.670
Kemarin:5.531
Total Pengunjung:52.893
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.69.6.20
Browser:Mozilla 5.0