Minal Aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Batin Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga hari kemenangan ini membawa kehangatan dan kedamaian bagi seluruh insan di dunia. Selamat Hari Raya. Semoga Idul Fitri kita mendapat limpahan berkah oleh Allah. Mari kita rayakan dengan menebar cinta dan kebahagiaan kepada sesama. Eid Mubarak 2024! May this Eid be the best one yet for all of us. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga Idul Fitri tahun ini menjadi yang terbaik bagi kita semua.

Artikel/Berita

Mancanegara

Gempa Melanda Kepulauan Solomon, Peringatan Tsunami berlalu

Admin TB

21 November 2022 01:26:21

2.197 Kali Dibaca

Kepulauan Solomon dilanda dua gempa bumi dalam waktu setengah jam, kata Survei Geologi Amerika Serikat.

Dirilis dari ABC Net, gempa dengan magnitudo 7,0 melanda lepas pantai barat daya pada Selasa sore pukul 13:00, awalnya memicu peringatan tsunami.

Gempa kedua, dengan magnitudo 6,0, melanda sekitar 30 menit kemudian.

Layanan Meteorologi Kepulauan Solomon mengatakan tidak ada ancaman tetapi memperingatkan tentang arus laut yang tidak biasa di pantai.

"Masyarakat juga diimbau untuk waspada karena gempa susulan diperkirakan akan terus berlanjut," kata seorang karyawan di media sosial.

Ada pemadaman listrik yang meluas dilaporkan, dan Penyiaran Kepulauan Solomon mengatakan dalam sebuah pernyataan di Facebook bahwa semua layanan radio tidak mengudara.

Seorang juru bicara perdana menteri mengatakan tidak ada kerusakan besar pada bangunan di pusat ibu kota, Honiara.

Gelombang berbahaya mungkin terjadi di pulau-pulau di kawasan itu, menurut Pusat Peringatan Tsunami Pasifik.

Gempa tersebut dapat menghasilkan gelombang hingga satu meter di atas permukaan air pasang untuk Kepulauan Solomon, dan gelombang yang lebih kecil untuk pantai Papua Nugini dan Vanuatu, kata Pusat tersebut.

Geoscience Australia mencatat gempa berkekuatan 6,9 SR.

Pusat gempa berada di lautan sekitar 56 kilometer barat daya ibu kota, Honiara, pada kedalaman 13 kilometer, menurut Survei Geologi Amerika Serikat.

Kepulauan Solomon berada di Cincin Api Pasifik, busur di sepanjang tepi Samudra Pasifik tempat banyak terjadi letusan gunung berapi dan gempa bumi.

Sementara itu dirilis dari The Sydney Morning Herald, pihak berwenang di Kepulauan Solomon mengatakan tidak ada peringatan tsunami yang akan dikeluarkan setelah Sistem Peringatan Tsunami AS mengeluarkan peringatan pada hari Selasa setelah gempa kuat melanda Malango pada pukul 13.03 AEDT.

Survei Geologi Amerika Serikat merevisi kekuatan gempa menjadi 7 dari skala 7,3 pada kedalaman 13 km.

Geoscience Australia menempatkan besarnya gempa di 6,9 dan kedalamannya di 4km. Tiga gempa susulan diukur pada 5,1 hingga 6 pada kedalaman 10 km. Semakin dangkal gempa, semakin lebar lingkaran goncangan dan potensi kerusakan.

"Gelombang tsunami yang berbahaya mungkin terjadi di pantai dalam jarak 300 km dari pusat gempa," kata sistem peringatan tsunami AS dalam pernyataan aslinya.

Tidak ada laporan segera tentang kerusakan atau cedera yang meluas.

Seorang juru bicara kantor Perdana Menteri Kepulauan Solomon Manasseh Sogavare mengatakan orang-orang disarankan untuk pindah ke tempat yang lebih tinggi.

Sore harinya, Layanan Meteorologi Kepulauan Solomon mengatakan tidak ada ancaman tsunami ke negara itu, tetapi memperingatkan tentang arus laut yang tidak biasa di wilayah pesisir.

“Masyarakat juga diimbau untuk waspada karena gempa susulan diperkirakan akan terus berlanjut,” kata seorang karyawan di media sosial.

Pemadaman listrik yang meluas dilaporkan di seluruh pulau dan Penyiaran Kepulauan Solomon mengatakan dalam sebuah pernyataan di Facebook bahwa semua layanan radio tidak mengudara.

Kantor Penanggulangan Bencana Nasional mengatakan telah menerima laporan bahwa masyarakat merasakan gempa tetapi sedang menunggu laporan kerusakan.

"Orang-orang di Honiara pindah ke tempat yang lebih tinggi beberapa menit setelah gempa tetapi beberapa sekarang telah pindah ke bawah," kata seorang pejabat kepada Reuters melalui telepon.

Seismologi Fiji mengatakan gempa tersebut tidak menimbulkan ancaman tsunami langsung ke negara kepulauan itu sekitar 2.000 km ke arah tenggara.

Wartawan lepas Charley Piringi mengatakan dia sedang berdiri di luar gudang di sebelah sekolah dasar dan menengah di pinggiran ibu kota, Honiara, ketika gempa melanda, membuat anak-anak berlarian.

"Gempa mengguncang tempat itu," katanya. “Itu sangat besar. Kami semua terkejut, dan semua orang berlarian kemana-mana.”

ARTIKEL TERKAIT: 

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik memperkirakan tidak ada ancaman tsunami yang lebih luas. Gempa tersebut dapat menghasilkan gelombang hingga 1 meter di atas permukaan air pasang untuk Kepulauan Solomon, kata pusat tersebut, dan gelombang yang lebih kecil untuk pantai Papua Nugini dan Vanuatu.

BOM mengeluarkan pernyataan yang mengatakan tidak ada ancaman tsunami ke daratan, pulau, atau wilayah Australia.

Kepulauan Solomon berada di Cincin Api Pasifik, busur di sepanjang tepi Samudra Pasifik tempat banyak terjadi letusan gunung berapi dan gempa bumi.

Itu terjadi ketika petugas penyelamat di Indonesia masih mencari korban gempa berkekuatan 5,6 yang menewaskan sedikitnya 162 orang pada hari Senin.

 

Sumber:

ABC News , The Sydney Morning Herald

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Hosting Murah se Indonesia

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Hosting Gratis

MHosting Gratis Rp.0

Komentar

Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya
Satria setiawan wijaya
06 Maret 2024 16:47:49
Bagaimana cara mndaftarkan ank saya dpet pip... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 15:48:40
Mohon bantuannya ..utk bisa mendapatkan PIP..Anak saya... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 15:47:46
Mohon bantuannya ..utk bisa mendapatkan PIP..Anak saya... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:2.872
Kemarin:6.233
Total Pengunjung:40.142
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.71.254.203
Browser:Mozilla 5.0