Selamat datang di website resmi Desa Tenggulang Baru -- selengkapnya... Mari kita saling bersinergi untuk mewujudkan pembangunan desa tercinta ini melalui semangat gotong royong dan kerjasama antar elemen masyarakat desa. -- selengkapnya... Lebih bijak dalam menyikaapi pandemi Corona Virus COVID-19 dengan mengetahui mencari informasi yang benar melalui Media Informasi Resmi Terkini Covid-19 -- selengkapnya... Bersama-sama mari kita putuskan rantai penyebaran COVID-19 dengan melakukan hal-hal berikut : 1. Menjaga kebersihan area rumah dan fasilitas umum seperti Masjid, Musholla, Sekolah dan lain-lain. 2. Menyediakan sarana cuci tangan barupa air mengalir dan sabun atau hand sanitizer di depan rumah. 3. Menunda kegiatan yang mengumpulkan banyak orang seperti pengajian, pernikahan, tontonan atau hiburan massa dan hajatan atau kegiatan serupa lainnya. Bersama-sama mari kita putuskan rantai penyebaran COVID-19 dengan melakukan hal-hal berikut : 1. Menjaga kebersihan area rumah dan fasilitas umum seperti Masjid, Musholla, Sekolah dan lain-lain. 2. Menyediakan sarana cuci tangan barupa air mengalir dan sabun atau hand sanitizer di depan rumah. 3. Menunda kegiatan yang mengumpulkan banyak orang seperti pengajian, pernikahan, tontonan atau hiburan massa dan hajatan atau kegiatan serupa lainnya. 4. Menunda bepergian keluar desa ataupun perjalanan keluar daerah. 5. Mengurangi kontak langsung seperti berjabat tangan, jika dilakukan biasakan segera mencuci tangan dengan air mengalir atau hand sanitizer. 6. Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir /hand sanitizer dilakukan sebelum melakukan aktifitas dan setelah selesai aktifitas. 7. Terapkan etika batuk (tutup hidung dan mulut dengan tisu atau lengan atas bagian dalam). 8. Gunakan masker jika batuk / flu. 9. Melaporkan kepada perangkat desa atau petugas medis desa jika ada anggota keluarga yang baru datang dari luar daerah, terutama terhadap orang yang baru datang dari daerah terjangkit Covid-19, untuk pengecekan oleh petugas medis desa terlebih dahulu.

Artikel

Penyebab Bansos PKH Tahap 4 pada November 2022 Tidak Cair Lagi

15 November 2022 09:14:57  AdminTB  78.538 Kali Dibaca 

PKH atau Program Keluarga Harapan adalah program pemberian bansos bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat atau KPM. Program ini adalah upaya percepatan penanggulangan kemiskinan yang sudah dirilis sejak tahun 2007.

Di dunia internasional, Program Perlindungan Sosial dikenal dengan istilah Conditional Cash Transfers (CCT). Pendekatan ini terbukti berhasil dalam menekan tingkat kemiskinan yang dihadapi di negara-negara tersebut terutama masalah kemiskinan kronis.

Baca Juga:  ASAL USUL DATA PENERIMA BANTUAN PKH

Dalam menjalankan Program Keluarga Harapan (PKH) ini, Pendamping PKH yang secara garis besar bertugas sebagai pelaksana program, mendapat data olahan dari pemerintah pusat untuk ditindaklanjuti dan diverifikasi data, komponen dan syarat warga sebagai penerima PKH. Lalu apa saja syarat dan ketentuan penerima PKH?

Syarat penerima PKH harus mempunyai minimal 1 dari ketiga komponen yang ada di PKH. Komponen PKH adalah Pendidikan (SD, SMP dan SMA/Sederajat), Kesehatan (Ibu Hamil dan Balita 0-6 Tahun), Kessos (Keluarga yang mempunyai Lansia 70 tahun dan Disabilitas berat).

Menurut perkiraan, PKH tahap 4 tahun 2022 akan cair pada November. Kemungkinan tanggalnya pencairan berlangsung antara 1 sampai 30 November.

Meski begitu, pencairannya bisa saja berlangsung tidak serentak karena KPM yang menerima bantuan PKH tersebut adalah dalam jumlah yang besar. Belum lagi kondisi geografis KPM yang memungkinkan penyaluran bansos tersebut harus berlangsung lebih lama.

Baca Juga:  Daftar Nama Penerima Bansos BLT 2022 Lihat di Link Ini, Bisa Dapat BLT Rp3 Juta

Berikut besaran PKH tahap 4 pada November 2022 yang disesuaikan dengan kategori KPM, yakni:

1. Ibu hamil menyusui dapat bantuan sebesar Rp3 juta per tahun
2. Anak usia 0-6 tahun dapat bantuan sebesar Rp3 juta per tahun
3. Lansia usia 60 tahun ke atas dapat bantuan sebesar Rp2,4 juta per tahun
4. Penyandang disabilitas berat dapat bantuan sebesar Rp2,4 juta per tahun
5. Siswa SMA sederajat dapat bantuan sebesar Rp2 juta per tahun
6. Siswa SMP sederajat dapat bantuan sebesar Rp1,5 juta per tahun
7. Siswa SD sederajat dapat bantuan sebesar Rp900.000 per tahun.

Apabila sudah dinyatakan diterima sebagai pada PKH tahap 4 November 2022, KPM dapat melakukan pencairan PKH tahap 4 di ATM bank himbara. 

Baca Juga:  Cara Cek dan Daftar Penerima Bansos BPNT, BST, PKH & BLT-BBM

 

Penyebab Bansos PKH Tidak Cair Lagi

Kenapa bansos PKH tahap 4 pada November 2022 tidak cair lagi ke Keluarga Penerima Manfaat atau KPM? Berikut penyebabnya.

Bansos Program Keluarga Harapan (PKH) tahap 4 bagi Keluarga Penerima Manfaat telah disalurkan oleh Kemensos mulai Oktober dan berlanjut hingga November dan Desember 2022.

PKH menjadi program perlindungan sosial yang berfokus pada perbaikan kualitas hidup dasar masyarakat miskin akan menjadi dasar penargetan program-program jaminan dan perlindungan sosial lainnya. Salah satunya program Jaminan Kesehatan Nasional.

Baca Juga:  Tentang PKH 2022 dan Cara cek PKH melalui Cekbansos untuk para Penerima Manfaat PKH

Seluruh peserta PKH tahap 4 yang cair pada November 2022 pada saat yang bersamaan adalah Penerima Bantuan Iuran (PBI) dari program Jaminan Kesehatan Nasional.

Kartu Indonesia Sehat (KIS) menjamin dan memastikan masyarakat kurang mampu untuk mendapat manfaat pelayanan kesehatan seperti yang dilaksanakan melalui Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan.

Selain itu, secara bertahap cakupan peserta akan diperluas meliputi penyandang masalah kesejahteraan sosial dan bayi yang lahir dari Penerima.

Bagi Anda yang ingin mengetahui apakah sebagai penerima PKH tahap 4 pada November 2022, KPM bisa cek nama penerima PKH tahap 4 melalui laman cekbansos.kemensos.go.id.

Perlu diketahui, tidak semua  KPM yang memiliki KKS bisa memperoleh bantuan karena masih menunggu pembayaran tahap selanjutnya atau perihal lainnya yang menyebabkan bantuan sosial PKH tidak bisa dicairkan oleh KPM.

Baca Juga:  Cek Bantuan Langsung Tunai atau BLT BBM 2022 melalui DTKS Cek Bansos Kemensos

Berikut ini adalah penyebab tidak cairnya bantuan PKH tahap 4 pada November 2022, yakni:

  1. Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau nomor Kartu Keluarga (KK) tidak valid dengan data dukcapil
  2. NIK pengurus dan NIK di rekening penerima berbeda, seperti nama pengurus ternyata anak, sedangkan di rekening adalah nama ayahnya.
  3. NIK KPM berubah di sistem.
  4. Terindikasi sebagai penerima ganda bansos dalam satu KK
  5. Belum masuk DTKS di dinas sosial
  6. Data dapodik tidak terindikasi sistem,kemungkinan kesalahan penginputan NIK, nama, data lainnya di data dapodik sekolah.
  7. Data lansia terindikasi belum melakukan e KTP di capil.
  8. Terindikasi ada tanggungan pinjaman di bank penyalur
  9. Kategori anak sekolah terindikasi sudah berusia lebih dari 20 tahun ke atas.
  10. Kategori siswa terindikasi menempuh pendidikan di sekolah elit
  11. Kategori disabilitas belum terindikasi di sistem
  12. Kategori ibu hamil belum terindikasi di sistem
  13. Pengurus meninggal dunia, saat pembaruan data capil, nomor KK berubah
  14. Nama pengurus beda dengan di buku tabungan.
  15. Terindikasi ada status sosial pekerjaan yang mumpuni dalam KK, misalnya sebagai TNI, Polri.
  16. Adanya permasalahan lainnya.
  17. Hasil dari verifikasi tidak valid atau tidak disetujui.

Baca Juga:  Cek Bantuan Subsidi Upah (BSU) 2022 dan Persyaratan Mendapatkannya

 

Ada beberapa catatan yang perlu dipahami  Jika ditemukan suatu nama di laman cek bansos tetapi yang bersangkutan tidak/belum menerima bantuan sosial. Untuk hal semacam ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya :
  1. Ada Nama yang Sama Dalam Satu Desa, Karena di laman tersebut hanya menyebutkan nama penerima, tidak menutup kemungkinan yang terdaftar sebagai penerima bansos adalah orang lain yang memiliki nama sama di suatu desa.
  2. Ada Perbedaan Ejaan Nama antara KTP dengan Buku Tabungan/KKS, Hal semacam ini mengakibatkan gagal bayar / gagal omspan.
  3. Ada Perbedaan NIK antara KTP dengan Buku Tabungan/KKS, Hal semacam ini juga mengakibatkan gagal bayar / gagal omspan.
  4. Dikategorikan Sebagai KELUARGA MAMPU, Karena bantuan sosial ditujukan untuk warga miskin.
  5. Belum Menerima KKS dari Himbara, Untuk beberapa kasus seperti ini, karena penerima tersebut merantau dan KKSnya masih di Bank. 
  6. Gagal BUREKOL, Di beberapa kasus, ketika pengajuan buka rekening kolektif untuk penerima bansos, ada yang gagal burekol karena sudah memiliki rekening bansos PIP dari Kemdikbud atau sebab lain karena ada ketidaksesuaian data kependudukan antara KTP dan KK.
  7. Belum Dimutakhirkan Datanya / Proses Pemutakhiran Data, Untuk kasus seperti ini terjadi apabila orangnya sudah meninggal dunia.
  8. Atau mungkin masih ada penyebab lain selain yang sudah disebutkan diatas.

 

Semoga dengan adanya bantuan sosial ini akan membantu meringkankan serta meningkatkan daya beli bagi masyarakat rentan dan miskin sehingga angka kemiskinan di Indonesia tetap dapat kita upayakan menurun. [admin-TB]

Baiq herwani
03 Desember 2022 15:34:40
Tetangga saya sudah pencairan PKH 2kali,tahap 3 dan 4 saya kok belum cair,
Wiwit
02 Desember 2022 20:41:32
Seerti yg para komentator tuliskan ..d kampung saya pun demikian..banyak tetangga yg berkucukupan memiliki usaha...tapi mereka dapat bantuan..sedang kan bnyk tetangga saya yg kurang mampu bahkan ada lansia pun..mereka tidak dapat bantuan...tolonglah pemerintah lebih bijak lagi...bnyk sekali yg salah sasaran..bukan saya iri ..hanya saja saya tekadang suka emosi...ibu saya 80 tahun tidak dapat bntuan apapun..sedangkan d sini d tuliskan bntuan untuk lansia..lansia yg bagai mana....????????????
Nunung nurhayati
30 November 2022 10:53:05
Orang2 didesa saya tetangga semua sudah menerima undangan bansos, sedangkan saya sampai saat ini belum ada, padahal saya sebelum2 menerima bantuan, penghasilan suami pun masih dibawah, klu lihat rumah memang udah permanen tapi itu hibah orang tua kehidapan sehari2 tetap aja jauh dari sehahtera, jangan lihat kondisi tempat dong, tanya pekerjaan? Penghasilan berapa per bulannya? Yg adil.saja ? Semua kesehahteeaan dari rakyat untk seluruh rakyat
Nurul muswar
27 November 2022 11:57:45
Kenapa orang orang didesa saya udah dapat undangan,sedangkan saya belum,apakah yg belum dapat seperti saya akan ada tahap selanjut nya????????????????????????
Sri lestari
24 November 2022 13:49:28
Kenapa saya tidak dapat undangan yah, sedangkan semuanya dapet
solikha
24 November 2022 04:03:20
bansos PKH,BPNT,BLT BBM belum cair semua pdahal sekarang tetangga sudah dapet, sudah terdaftar di DTKS, apakah ikut tahap selanjutnya atau memang udh GK dapet
Sri syifa fauziyah
23 November 2022 08:18:08
Anak saya tiga yg 1 9th sd kls 3 yg no 2 umur 4 thn yg ke 3 umur 2thn lebih hidup saya masih dibilang kekurangan sampai tidak mampu sekolahin anak saya bukan nya iri melihat orang sering dapat bantuan tolong sebagai pemrintah yg baik lihat kondisi warga nya kaya apa banyak yg kaya pada dapet bantuan sedangkan yg miskin ga pernah dapet bantuan tolong serahkan manfat nya yg bener" orang membutuhkan jangan disalah gunakan
Sri wulandari
19 November 2022 00:11:45
Hallo ,,aku sbagai penerima pkh pas 2021 kenapa 2022 aku ga menerima lagi apakah karna aku ganti kartu kluarga ya
Ridwan
18 November 2022 02:14:19
Kebetulan saya adalah Operator SIKS-NG di Desa. Memang terkait data Bansos ini masih sangat perlu di perbahrui. Dan terkait untuk yg belum tercover DTKS, kita akan upayakan akan masuk DTKS melalui usulan Musdes, namun kembali lagi pada keputusan Sistem lolos tidaknya. Kami memang selalu dilema terkait data Bansos ini.. Semoga saja ke depannya bisa lebih tepat sasaran...
Moch aziz nur fauzy
17 November 2022 08:21:55
saya sebagai warga Indonesia,rumah saya papan krja serabutan Anak tugas,tp....Alhamdulillah sampai saat ini saya blm pernah dapat bantuan serupiah pun dr pemerintah,tp sy bukanya sy iri bnyk tetangga sy yg tanahnya luas rumahnya bagus tp tiap ada bantuan pemerintah sllu dpt,sbnrnya ada ap?sy minta pemerintah lbh selektif dlm memberikan bantuan kepada masyarakat,hrs d surfey,lngsng jgn percaya sama aparat desa,terutama RT RW kadus,krna RT RW skrng mmntingkan sodara kluarga dan teman dekat,buat pemerintah kebijakan anda baik tp sllu d slh gunakan oleh aparat yg keparat trima kash
Dwi lestari
15 November 2022 14:52:40
Cek bansos kemensos
ismail
15 November 2022 12:32:59
PKH tahap 4 belum c

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur

Back Next

 Arsip Artikel

29 Agustus 2022 | 19.589 Kali
BLT Dana Desa Tahun 2023 Akan Diganti Menjadi BLT Kemiskinan Ekstrem
30 April 2014 | 76.269 Kali
LPM
23 November 2022 | 29.184 Kali
Gempa Cianjur, BMKG : Waspada Bencana Lanjutan Longsor dan Banjir Bandang
04 September 2022 | 2.572 Kali
PELAKSANAAN DAN PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DESA
20 April 2014 | 1.178 Kali
Undang Undang
30 Desember 2019 | 1.331 Kali
SCTV HD
10 November 2022 | 230 Kali
Cegah Stunting itu Penting, Apa itu Stunting dan Bagaimana Mencegahnya

 Statistik

 Media Sosial

 Safelinku

 Peta Wilayah

 Komentar

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : SP 5, Tenggulang Baru Kec. Babat Supat Kab. Musi Banyuasin Prov. Sumatera Selatan
: Tenggulang Baru
Kecamatan : Babat Supat
Kabupaten : Musi Banyuasin
Kodepos : 30755
Telepon : 08117324000
Email : [email protected]

 Sinergi Program

OpenDesa
SMP Hidayatut Thullab
PCNU Musi Banyuasin
Masjid Darul Abror
Lapak Tenggulang Baru
The Express

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:2.143
    Kemarin:47.792
    Total Pengunjung:5.437.378
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.71.222.75
    Browser:Tidak ditemukan