Minal Aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Batin Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga hari kemenangan ini membawa kehangatan dan kedamaian bagi seluruh insan di dunia. Selamat Hari Raya. Semoga Idul Fitri kita mendapat limpahan berkah oleh Allah. Mari kita rayakan dengan menebar cinta dan kebahagiaan kepada sesama. Eid Mubarak 2024! May this Eid be the best one yet for all of us. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga Idul Fitri tahun ini menjadi yang terbaik bagi kita semua.

Artikel/Berita

BERITA

Hilirisasi Ekonomi Digital, Kominfo Perluas Adopsi Teknologi Digital

Admin TB

24 Desember 2023 07:39:58

700 Kali Dibaca

Pemerintah berupaya mendorong hilirisasi untuk mengoptimalkan potensi ekonomi digital. Oleh karena itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika melakukan akselerasi transformasi digital dari hulu hingga hilir.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Mira Tayyiba menyatakan di tingkat hulu, Kementerian Kominfo terus mengupayakan percepatan pemerataan pembangunan infrastruktur digital. Sementara di hilir, serangkaian program perluasan adopsi teknologi digital juga dilaksanakan bersamaan agar pemerataan infrastruktur digital diiringi dengan pemanfaatan oleh masyarakat.


Sekjen Kementerian Kominfo Mira Tayyiba saat membuka acara Focus Group Discussion Strategi Hilirisasi Ekonomi Digital di Jakarta Pusat, Rabu (05/07/2023). - (Foto: Kominfo)

 

Baca Juga: Asal Usul Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN)

“Agar konektivitas dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat secara merata, Kominfo menyediakan akses internet, kabel serat optik, microwave hingga peluncuran Satelit Republik Indonesia (SATRIA)-1. Kominfo juga melakukan serangkaian program perluasan adopsi teknologi digital seperti fasilitasi serta pendampingan terhadap masyarakat dan UMKM untuk mengadopsi teknologi digital,” jelasnya saat membuka acara Focus Group Discussion Strategi Hilirisasi Ekonomi Digital di Jakarta Pusat, Rabu (05/07/2023).

Sekjen Kementerian Kominfo menyatakan, koneksi ke jaringan internet saja tidak cukup untuk mendukung percepatan tranformasi digital di Indonesia. Oleh karena itu, Kementerian Kominfo juga meningkatkan kecakapan digital masyarakat.

“Masyarakat juga harus memiliki literasi dan kecakapan digital yang memadai. Apalagi berdasarkan riset Bank Dunia, Indonesia membutuhkan setidaknya 9 juta talenta-talenta digital hingga 15 tahun ke depan. Hanya 20% dari total 4.000 kampus di Indonesia yang memiliki Program Studi Teknologi Informasi Komunikasi sehingga ada gap bahkan sampai 400 ribu sampai 500 ribu talent gap per tahun,” tuturnya

Sekjen Mira Tayyiba menegaskan penciptaan dan pengembangan talenta digital yang kompeten dan andal, menjadi program strategis Kementerian Kominfo. Salah satunya yang dilaksanakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Kominfo melalui Program Digital Talent Scholarship. Tujuannya memenuhi kebutuhan 600.000 talenta digital di Indonesia setiap tahun.

“Ada beberapa program tetapi secara keseluruhan Kementerian Kominfo menjalankan secara komprehensif di tiga tingkatan. Tingkat dasar (basic) merupakan pelatihan dasar yang ditujukan bagi masyarakat umum, kemudian tingkat menengah (intermediate) merupakan pelatihan teknis bagi para angkatan kerja muda, lulusan baru, profesional dan elemen masyarakat lainnya dan tingkat lanjutan (advanced) disediakan khusus bagi pembuat kebijakan digital di sektor publik maupun privat,” tuturnya.

Baca Juga: Ledakan Tungku Smelter PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP)

 

Sekjen Kementerian Kominfo mengharapkan forum diskusi ini dapat menghasilkan rekomendasi penting untuk memperkaya proses penyusunan strategi dan pembuatan kebijakan yang berkaitan dengan hilirisasi ekonomi digital. Apalagi saat ini, Kementerian Kominfo tengah menyusun sebuah dokumen memuat visi Indonesia Digital 2045.

“Kami sangat yakin gagasan dari BAPPENAS, Bank Indonesia dan Kemendikbudristek dapat memperkaya pikiran juga mendorong akselerasi transformasi digital khususnya penerapan kebijakan dan strategi hilirisasi ekonomi digital hingga di tingkat mikro dan pembentukan SDM digital yang makin luas dan merata serta dapat membuka ruang kolaborasi yang lebih luas,” harapnya.

Dalam diskusi itu, hadir sebagai narasumber Deputi Bidang Ekonomi, Kementerian PPN/BAPPENAS, Amalia Adininggar Widyasanti; Staf Ahli Mendikbudristek Bidang Manajemen Talenta, Tatang Muttaqin; dan Deputi Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia, Butet Linda H. Panjaitan. Hadir pula Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Kominfo, Hary Budiarto; Staf Ahli Bidang Komunikasi dan Media Massa, Widodo Muktiyo; dan Staf Ahli Bidang Teknologi, Mochamad Hadiyana.

 

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Artikel Menarik Lainnya

Hosting Murah se Indonesia

Arsip Artikel

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Hosting Gratis

MHosting Gratis Rp.0

Komentar

Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya
Satria setiawan wijaya
06 Maret 2024 16:47:49
Bagaimana cara mndaftarkan ank saya dpet pip... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 15:48:40
Mohon bantuannya ..utk bisa mendapatkan PIP..Anak saya... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:3.827
Kemarin:5.531
Total Pengunjung:55.050
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.127.18
Browser:Mozilla 5.0