Minal Aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Batin Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga hari kemenangan ini membawa kehangatan dan kedamaian bagi seluruh insan di dunia. Selamat Hari Raya. Semoga Idul Fitri kita mendapat limpahan berkah oleh Allah. Mari kita rayakan dengan menebar cinta dan kebahagiaan kepada sesama. Eid Mubarak 2024! May this Eid be the best one yet for all of us. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga Idul Fitri tahun ini menjadi yang terbaik bagi kita semua.

Artikel/Berita

Bansos

Orang Tua Siswa Penerima PIP Diminta Perhatikan Aktivasi Rekening

Admin TB

16 Oktober 2023 07:30:18

259 Kali Dibaca

Dinas pendidikan kota/kabupaten dihimbau selalu aktif menginformasikan  SK Nominasi ke semua satuan pendidikan di wilayah binaannya. Selanjutnya, satuan pendidikan juga harus mengingatkan  agar  orang tua dari siswa penerima SK Nominasi PIP tersebut untuk tidak mengabaikan informasi terkait aktivasi rekening PIP.

Himbauan untuk dinas pendidikan,satuan pendidikan, dan orang tua itu disampaikan Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) terkait survey Hambatan Aktivasi Rekening Pada Pelaksanaan PIP Tahun 2022.

Survey terhadap sekitar 79.360 siswa di 17.975 satuan pendidikan jenjang sekolah dasar sampai SMA dan SMK itu menunjukkan, 47 persen kendala dalam aktivasi rekening itu berasal dari faktor ‘kondisi siswa’, dan dari faktor ‘kondisi siswa’ itu, sekitar 33 persen akibat dari orang tua dari siswa penerima PIP mengabaikan informasi terkait aktivasi rekening.

Survey tersebut juga menemukan ada sebanyak 81 kendala dalam aktivasi rekening yang  terbagi dalam enam kategori, yakni layanan perbankan, pemenuhan berkas aktivasi, kondisi siswa, geografis, kendala di satuan pendidikan, dan kendala di dinas pendidikan. 

Baca Juga: Daftar Bansos Oktober 2023: BNPT Tahap 5, PIP, PKH Tahap 4 Siap Cair

 

Faktor ‘Kondisi siswa’ lain yang juga menyumbang terbesar dalam kendala aktivasi rekening adalah penerima PIP mutasi ke satuan pendidikan lain serta penerima PIP tidak berada di satuan pendidikan dalam waktu yang lama sehingga melewati batas akhir aktivasi. Selain itu, juga ada penerima PIP yang menolak bantuan PIP karena merasa tidak layak dan juga karena siswa penerima PIP sedang dalam keadaan sakit.

“Kepala Satuan Pendidikan diharapkan memperhatikan bila ada  peserta didiknya yang akan pindah satuan Pendidikan lain untuk segera mengaktivasi rekening dan menerima buku tabungan sebelum pindah satuan pendidikan, “kata Koordinator PIP Dikdasmen,Puslapdik, Sofiana Nurjanah.

Baca Juga: Daftar Penerima PIP dan Cara Cek PIP Lewat HP


Sementara itu, untuk satuan pendidikan yang menerima siswa pindahan, juga diharapkan  memperhatikan peserta didik yang merupakan pindahan dari satuan pendidikan lain untuk diperiksa surat keterangan aktivasi rekening yang dibawa dari kepala satuan pendidikan awal untuk digunakan pada proses aktivasi rekening. 

“Peserta Didik  yang  masuk ke dalam SK Nominasi Penerima PIP namun telah pindah satuan Pendidikan dalam satu jenjang pendidikan yang sama, Surat Keterangan Aktivasi Rekening dapat diterbitkan oleh kepala satuan pendidikan asal atau satuan pendidikan yang baru, “jelas Sofiana.

Baca Juga: Cara Cek Penerima PIP Agustus 2023 Menggunakan HP, Siswa Dapat Bantuan Rp1 Juta dari Kemdikbud

 

Karena itu, apabila peserta didik yang baru pindah tidak membawa surat keterangan aktivasi rekening dari kepala satuan pendidikan asal, maka kepala satuan pendidikan yang baru dapat menerbitkan surat keterangan aktivasi rekening. 

Merujuk pada survey hambatan aktivasi rekening dengan faktor ‘Kondisi siswa’ berdasarkan jenjang pendidikan, 50 persen lebih berada di jenjang sekolah dasar.

Sementara dari sisi wilayah, menurut hasil survey, ada 10 kabupaten/kota dinilai ekstrim dari jumlah kejadian dan dari 10 kabupaten/ kota tersebut, Kabupaten Deli Serdang dan Kota bandung menempati urutan terbesar.

“Untuk 10 kabupaten/kota itu, Puslapdik perlu melakukan pendampingan pada dinas pendidikan dan satuan pendidikan, “kata Sofiana. 

Baca Juga: Cara Cek dan Daftar Penerima PIP Secara Mandiri

 

Hambatan dalam aktivasi rekening merupakan salah satu faktor terbesar yang menyebabkan dana bantuan PIP terpaksa dikembalikan ke kas negara. Tahun 2022 lalu, dari Rp9,6 triliun dana bantuan PIP yang disalurkan pada 17, 9 juta siswa, sebanyak Rp250 miliar lebih terpaksa dikembalikan ke kas negara karena sebanyak 409, 7 ribu siswa tidak melakukan aktivasi rekening.

“Bila dibanding tahun 2021,jauh lebih menurun dana yang dikembalikan, Tahun 2021, dana yang dikembalikan mencapai Rp654,3 miliar untuk 1,2 juta siswa, “ujarnya.

 

Source: Puslapdik 

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Artikel Menarik Lainnya

Hosting Murah se Indonesia

Arsip Artikel

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Hosting Gratis

MHosting Gratis Rp.0

Komentar

Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya
Satria setiawan wijaya
06 Maret 2024 16:47:49
Bagaimana cara mndaftarkan ank saya dpet pip... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 15:48:40
Mohon bantuannya ..utk bisa mendapatkan PIP..Anak saya... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:5.003
Kemarin:8.422
Total Pengunjung:50.695
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.69.6.128
Browser:Mozilla 5.0