Mari kita saling bersinergi untuk mewujudkan pembangunan desa tercinta ini melalui semangat gotong royong dan kerjasama antar elemen masyarakat desa. -- selengkapnya... Selamat datang di website resmi Desa Tenggulang Baru -- selengkapnya... Lebih bijak dalam menyikaapi pandemi Corona Virus COVID-19 dengan mengetahui mencari informasi yang benar melalui Media Informasi Resmi Terkini Covid-19 -- selengkapnya... Bersama-sama mari kita putuskan rantai penyebaran COVID-19 dengan melakukan hal-hal berikut : 1. Menjaga kebersihan area rumah dan fasilitas umum seperti Masjid, Musholla, Sekolah dan lain-lain. 2. Menyediakan sarana cuci tangan barupa air mengalir dan sabun atau hand sanitizer di depan rumah. 3. Menunda kegiatan yang mengumpulkan banyak orang seperti pengajian, pernikahan, tontonan atau hiburan massa dan hajatan atau kegiatan serupa lainnya. Bersama-sama mari kita putuskan rantai penyebaran COVID-19 dengan melakukan hal-hal berikut : 1. Menjaga kebersihan area rumah dan fasilitas umum seperti Masjid, Musholla, Sekolah dan lain-lain. 2. Menyediakan sarana cuci tangan barupa air mengalir dan sabun atau hand sanitizer di depan rumah. 3. Menunda kegiatan yang mengumpulkan banyak orang seperti pengajian, pernikahan, tontonan atau hiburan massa dan hajatan atau kegiatan serupa lainnya. 4. Menunda bepergian keluar desa ataupun perjalanan keluar daerah. 5. Mengurangi kontak langsung seperti berjabat tangan, jika dilakukan biasakan segera mencuci tangan dengan air mengalir atau hand sanitizer. 6. Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir /hand sanitizer dilakukan sebelum melakukan aktifitas dan setelah selesai aktifitas. 7. Terapkan etika batuk (tutup hidung dan mulut dengan tisu atau lengan atas bagian dalam). 8. Gunakan masker jika batuk / flu. 9. Melaporkan kepada perangkat desa atau petugas medis desa jika ada anggota keluarga yang baru datang dari luar daerah, terutama terhadap orang yang baru datang dari daerah terjangkit Covid-19, untuk pengecekan oleh petugas medis desa terlebih dahulu.

Artikel

KEMENDES PDTT BENTUK DESA DIGITAL LEWAT SDGS DESA

28 Juli 2022 22:32:13  AdminTB  24 Kali Dibaca  BERITA
Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) membentuk Desa Cerdas (smart village) berbasis digital melalui Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Desa atau Sustainable Development Goals (SDGs) Desa.
 
"Sebetulnya ide dasar dari Menteri Desa PDTT yang berkaitan dengan smart village itu sangat sederhana, indikator utamanya yaitu ketika melakukan kegiatan itu berbasis data. Kemudian ketika melakukan layanan kepada masyarakat itu berbasis teknologi Informasi. Dua aspek itu sudah dimiliki seluruh desa saat ini, terutama yang sudah mengikuti proses pendataan SDGs Desa," ujar Kepala Badan Pengembangan dan Informasi Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Kemendes PDTT, Ivanovich Agusta dalam Webinar Professor Talk dengan tema Membangun Desa Cerdas Berbasis Digital pada Rabu (27/7/2022).
 
Saat ini terdapat 233 Desa Digital yang sudah berjalan dengan lancar di berbagai daerah. Untuk meningkatkan jumlah Desa Digital, Kemendes PDTT terus mengembangkan dua aspek tersebut ketika menjalankan pembangunan berdasarkan SDGs Desa.
 
"Kenapa pilihannya SDGs Desa? karena dari kajian pembangunan, manfaat dan dampak pembangunan paling holistik dilaksanakan melalui SDGs," ujar alumnus doktoral Universitas IPB bidang sosiologi pedesaan ini.

Menurut Ivan, sebelum SDGs Desa diinisiasi Mendes PDTT, Badan Perencanaan pembangunan Nasional (Bappenas) hanya memberi desa dua tugas dalam SDGs, yakni menanggulangi kemiskinan dan mendorong kemandirikan agar kesenjangan spasial antara desa dan kota menurun.

Mendes PDTT kemudian menyampaikan bahwa penugasan itu agak ironis, karena jumlah keseluruhan desa yang mencapai 74.961 desa (yang mendapat Dana Desa 74.960) meliputi 91 persen dari wilayah pemerintahan terkecil di Indonesia.

Selain itu, data Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mencatat sebanyak 71 persen pemilik KTP elektronik bermukim di desa.

“Bisa dibayangkan jika menjalankan pembangunan desa itu bisa mengatasi 71 persen kendala terkait manusia dan 91 persen jika berorientasi pada wilayah,” imbuhnya.

Oleh karenanya, lanjut Ivan, Mendes PDTT mengeluarkan Peraturan Mendes PDTT Nomor 1 tahun 2020 yang isinya mengenai SDGs desa, yaitu no 1-18 meliputi seluruh tujuan SDGs desa yang lain.

Sebab, jika menggunakan sudut pandang yang lama tentang SDGs, katanya, Desa Cerdas, Desa Digital, dan Smart Village tidak memiliki tempat, tapi dengan SDGs Desa itu jelas.

“SDGs Desa no 18 itu untuk budaya, institusi dan interaksi khas desa berjalan dan memayungi tujuan-tujuan pembangunan desa yang lain. Itu yang menjadi basis smart village, Desa Cerdas,” tandasnya. [Admin-TB]

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Safelinku

Wilayah Desa

Peta Desa

Agenda

Sinergi Program

OpenDesa

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : SP 5, Tenggulang Baru Kec. Babat Supat Kab. Musi Banyuasin Prov. Sumatera Selatan
Desa : Tenggulang Baru
Kecamatan : Babat Supat
Kabupaten : Musi Banyuasin
Kodepos : 30755
Telepon : 082278883352
Email : [email protected]

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:455
    Kemarin:886
    Total Pengunjung:593.067
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.70.42.95
    Browser:Tidak ditemukan

Tenggulang Baru on Youtube