15 Jul 2024 07:27 - 6 menit membaca

Hasil Spanyol vs Inggris di Final Euro 2024, Skor 2-1

Bagikan

Spanyol menjadi juara Eropa untuk keempat kalinya yang memecahkan rekor setelah menang 2-1 melawan Inggris di Berlin.

Kapten Spanyol Álvaro Morata dengan trofi | AFP melalui Getty Images
Kapten Spanyol Álvaro Morata dengan trofi | AFP melalui Getty Images

Gol Mikel Oyarzabal empat menit menjelang akhir pertandingan membuat Spanyol menang 2-1 melawan Inggris di final UEFA EURO 2024 – gelar keempat yang memecahkan rekor bagi La Roja.

Baca Juga: Argentina vs Kolombia di Final Copa America 2024

Momen-momen penting

47′ : Williams melakukan penyelesaian pertama
73′ : Palmer menyamakan kedudukan untuk Inggris
86′
 : Oyarzabal menyontek umpan silang Cucurella
90′
 : Dani Olmo menyundul bola di garis gawang

Ringkasan pertandingan: Kualitas Spanyol terlihat jelas

Mengingat kedua pelatih meramalkan “selisih tipis” untuk menentukan kemenangan pada pertandingan ini, mungkin tidak mengherankan bahwa babak pertama ini berlangsung alot. Gareth Southgate dan Luis de la Fuente sesekali mengubah susunan pemain mereka, tetapi itu adalah 45 menit jeda dan peluang.

Ada nuansa berbeda di udara setelah babak kedua dimulai dan, tentu saja, Spanyol sudah unggul hanya dalam waktu dua menit. Umpan memutar sudut Dani Carvajal tidak boleh diabaikan, tetapi Lamine Yamal-lah yang menyediakan lari dinamis dan umpan untuk mengumpan kepada Nico Williams untuk penyelesaian pertama yang meyakinkan dan tepat.

Nico Williams dan Lamine Yamal merayakan gol pembuka Spanyol | Gambar Getty
Nico Williams dan Lamine Yamal merayakan gol pembuka Spanyol | Gambar Getty

Momentum telah berpihak pada satu tim untuk pertama kalinya. Dani Olmo sempat berbalik dan melepaskan tembakan di area penalti – sebuah kemewahan yang tidak diberikan kepada siapa pun di babak pertama – tetapi bola meleset dari sasaran. Álvaro Morata dan Williams juga melakukan hal yang sama segera setelahnya, tetapi tidak dengan Yamal di pertengahan babak kedua – kali ini hanya penyelamatan gemilang Jordan Pickford yang mencegah kedudukan menjadi 2-0.

Namun, jika ada satu hal yang menjadi ciri khas tim Inggris ini dalam perjalanan ke Berlin, itu adalah ketahanan dan, beberapa menit kemudian, mereka menyamakan kedudukan. Bukayo Saka berkontribusi di sisi lapangan, Jude Bellingham melakukan umpan yang bagus, dan Cole Palmer – tiga menit setelah masuk – melakukan penyelesaian yang tepat untuk mencari sudut bawah gawang. Yamal mencoba hal yang sama dengan delapan menit tersisa, tetapi Pickford kembali mampu melakukan tugasnya.

Cole Palmer merayakan gol penyeimbangnya | FA melalui Getty Images
Cole Palmer merayakan gol penyeimbangnya | FA melalui Getty Images

Akan tetapi, penjaga gawang Inggris tidak dapat berbuat apa-apa untuk menghalau Oyarzabal dengan empat menit tersisa, penyerang Real Sociedad itu menyambar umpan silang Marc Cucurella untuk membuat timnya – dan negaranya – menjadi gembira.

Inggris masih punya waktu untuk bangkit lagi, tetapi Unai Simón menyelamatkan sundulan Declan Rice dan Dani Olmo menepis tendangan Marc Guéhi di garis gawang. Spanyol berhasil melakukannya untuk keempat kalinya yang memecahkan rekor; bagi Inggris, penantian masih panjang.

Baca Juga: Spanyol vs Inggris di Final EURO 2024

Pemain Terbaik Pertandingan Vivo: Nico Williams (Spanyol)

Pemain Terbaik Pertandingan Spanyol vs Inggris: Nico Williams | UEFA/EURO 2024
Pemain Terbaik Pertandingan Spanyol vs Inggris: Nico Williams | UEFA/EURO 2024

“Serangan yang sangat berbahaya, bertahan dengan baik, menjaga Cucurella, bergerak ke lini tengah untuk melakukan kombinasi dengan Olmo. Mencetak gol pertama dan merupakan salah satu pemain paling berbahaya di lapangan.”

Graham Hunter, wartawan Spanyol

Saya tidak yakin bahwa sepak bola memang dimaksudkan untuk dipahami. La Roja melakukan beberapa hal ajaib, tetapi ini bukan hal yang mereka lakukan di ‘Reserva’ bintang lima. Namun, mereka punya solusi. Mereka punya Cucurella, yang tidak menyangka akan masuk skuad ini tetapi membantu Oyarzabal mencetak gol kemenangan, dan, entah bagaimana, mereka punya pukulan telak di akhir pertandingan. Sekali lagi.

Joe Terry, wartawan Inggris

Inggris tidak malu dengan kekalahan ini. Mereka menghadapi tim yang fantastis dan berjuang keras melawan mereka, sekali lagi menunjukkan keberanian luar biasa untuk bangkit setelah kebobolan lebih dulu. Ini adalah kelompok pemain yang istimewa dan mereka pasti akan meraih trofi, tetapi penantian masih berlanjut.

Timnas Spanyol mengangkat trofi kemenangan EURO 2024 | UEFA/EURO 2024
Timnas Spanyol mengangkat trofi kemenangan EURO 2024 | UEFA/EURO 2024

Baca Juga: Spanyol vs Prancis di Semifinal Euro 2024

Reaksi

Luis de la Fuente, pelatih Spanyol : “Saya sangat senang – kami adalah tim yang hebat, juara Eropa. Saya semakin bangga dengan mereka dari hari ke hari. Terima kasih atas dukungan dari seluruh Spanyol.”

Rodri, Pemain Terbaik Turnamen : “Ini mungkin hari terbaik dalam karier saya. Kami adalah juara Eropa, meskipun itu sulit. Kami telah menjadi tim nasional tersukses di Eropa. Kami telah mengukir sejarah.”

Nico Williams, Pemain Terbaik Pertandingan : “Saya merasa gembira, sangat bahagia. Semua orang di tim kami pantas mendapatkannya: keluarga kami, penggemar… Juara Eropa dan sekarang kami akan berlaga di Piala Dunia. Tidak ada yang bisa mengalahkan kami. Saya katakan kami adalah tim yang hebat.”

Gareth Southgate, manajer Inggris : “Saya pikir Spanyol adalah tim terbaik di turnamen ini. Kami tidak menguasai bola dengan baik, tetapi kami mampu bertahan hingga sepuluh menit terakhir. Saya sangat sedih untuk semua orang.”

Gareth Southgate, manajer Inggris, berbicara kepada EURO2024.com : “Selamat kepada Spanyol. Saya pikir mereka adalah tim terbaik di turnamen ini dan mereka adalah tim yang lebih baik malam ini. Masalah terbesar kami adalah kami tidak menggunakan bola dengan cukup baik. Kami sebenarnya bertahan dengan sangat baik di babak pertama sebagai sebuah tim, tetapi ketika kami merebut bola, kami tidak cukup sering mampu mengatasi tekanan balik mereka.”

Southgate dukung Inggris bangkit kembali | Foto UEFA
Southgate dukung Inggris bangkit kembali | Foto UEFA

Harry Kane, kapten Inggris : “Sulit untuk mengungkapkan dengan kata-kata apa yang kami rasakan. Ini adalah kesempatan yang terlewatkan. Anda harus memanfaatkannya saat itu datang dan kami tidak melakukannya lagi. Ini akan menyakitkan untuk waktu yang lama.”

Southgate tentang masa depan pemain generasi ini
Southgate tentang masa depan pemain generasi ini | Foto UEFA

Statistik utama

  • Spanyol adalah tim pertama yang memenangkan EURO sebanyak empat kali, setelah sebelumnya berbagi rekor dengan Jerman.
  • Spanyol adalah tim pertama yang memenangi seluruh tujuh pertandingan di turnamen final EURO.
  • 15 gol La Roja di EURO 2024 merupakan rekor turnamen baru, melampaui 14 gol yang dicetak Prancis pada tahun 1984.
  • Gareth Southgate merupakan pelatih ketiga yang mampu mencapai dua final EURO setelah Helmut Schön dari Jerman (1972 dan 1976) dan Berti Vogts (1992 dan 1996).
  • Di usianya yang baru 17 tahun dan satu hari, Lamine Yamal menjadi pemain termuda yang pernah tampil di final EURO atau Piala Dunia FIFA.
  • Williams – 22 tahun, dua hari – menjadi pemain termuda kedua yang mencetak gol di final EURO.
  • Ini adalah pertama kalinya dua remaja memulai final EURO: Lamine Yamal (17 tahun, satu hari) dan Kobbie Mainoo (19 tahun, 86 hari).
  • Inggris kebobolan gol pertama di keempat pertandingan babak sistem gugur EURO 2024 mereka.
Lamine Yamal dengan penghargaan Pemain Muda Terbaik Turnamennya | UEFA melalui Getty Images
Lamine Yamal dengan penghargaan Pemain Muda Terbaik Turnamennya | UEFA melalui Getty Images

Lamine Yamal dengan penghargaan Pemain Muda Terbaik Turnamennya | UEFA melalui Getty Images

Baca Juga: Jadwal Lengkap Liga Inggris 2024/2025

Susunan Pemain Awal

Spanyol: Unai Simón; Carvajal, Le Normand (Nacho 83), Laporte, Cucurella; Rodri (Zubimendi 46), Fabián Ruiz; Yamal (Merino 89), Olmo, Williams; Morata (Oyarzabal 68)

Inggris: Pickford; Walker, Stones, Guéhi, Shaw; Mainoo (Palmer 70), Rice; Saka, Foden (Toney 89), Bellingham; Kane (Watkins 61)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Recent Posts

Klasemen

- - Dame Maggie Smith: yang paling dikenal karena film Harry Potter dan Downton Abbey