Selamat Hari Pendidikan Nasional! Semoga pendidikan Indonesia semakin maju dan menghasilkan generasi cerdas serta berbudi pekerti luhur. Hari Pendidikan Nasional Selamat Hari Pendidikan Nasional 2024, mari suarakan lewat mimpi-mimpi besar lewat pendidikan yang berkualitas. Hardiknas Selamat memperingati Hari Pendidikan Nasional! Terima kasih para pahlawan pendidikan yang telah mengabdikan diri untuk mencerdaskan bangsa. Hardiknas Tak ada kunci keberhasilan yang lebih mujarab selain pendidikan. Selamat Hari Pendidikan Nasional, semoga semakin membuka pintu ilmu pengetahuan. Hardiknas Hari Pendidikan Nasional mengingatkan kita untuk terus belajar dan mengasah ilmu agar dapat menjadi individu yang bermanfaat bagi negeri. Hardiknas Di Hari Pendidikan Nasional, mari kita apresiasi seluruh insan pendidikan yang tak kenal lelah dalam membagikan ilmu dan membentuk karakter bangsa. Hardiknas

  Artikel/Berita

HIKMAH

Ada 10 Keutamaan Silaturahmi yang Mengubah Hidup Anda

Admin TB

13 April 2024 17:20:45

106 Kali Dibaca

Tenggulangbaru.id – Syekh Sulaiman Al-Bujairimi menjelaskan sepuluh (10) keutamaan baik bagi orang yang menjaga hubungan silaturahim dengan merujuk pada beberapa hadis yang menyebutkan hal tersebut.

 

Al-Imam Zakiyuddin Abdul Azhim Al-Mundziri dalam Kitab At-Targhib wat Tarhib minal Haditsis Syarif (Beirut, Darul Fikr, 1998 M/1418 H: juz III, halaman 267-268) mengutip hadis dari Bukhari dan Muslim yang menunjukkan keutamaan menjaga silaturahim.

 

Dalam hadis tersebut, Rasulullah mengaitkan iman kepada Allah, hari akhir, serta hubungan yang baik melalui silaturahim, menyambut tamu dengan baik, dan menggunakan perkataan yang baik. Ini adalah kutipan dari hadis Bukhari dan Muslim yang kami sebutkan:

 

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ ( مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَلْيُكْرِمْ ضَيْفَهُ وَمَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَلْيُصَلِّ رَحِمَهُ وَمَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَلْيَقُلْ خَيْرًا أَوْ لِيَصْمُتْ).

 

Artinya: “Dari Abu Hurairah ra., dari Nabi Muhammad Saw, beliau bersabda: ‘Barang siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir, maka hendaklah dia memuliakan tamunya. Barang siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir, maka hendaklah dia menyambung silaturahmi. Dan barang siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir, maka hendaklah dia berkata baik atau diam.’”

 

Syekh Sulaiman Al-Bujairimi menjelakan setidaknya 10 keutamaan silaturahim dengan cara mengutip dibeberapa hadits di dalamnya:

 

وَفِي صِلَةِ الرَّحِمِ عَشْرُ خِصَالٍ مَحْمُودَةٍ

 

Artinya: “Dan dalam menjalin silaturahmi ada sepuluh sifat terpuji.” (Syekh Sulaiman Al-Bujairimi, Hasyiyatul Bujairimi alal Khatib, [Beirut, Darul Fikr: 2007 M/1427-1428 H], juz III, halaman 272).

 

Berikut sepuluh keutamaan untuk orang yang menjaga silaturahim:

  1. Ridha Allah. Pasalnya, silaturahim adalah perintah-Nya.
  2. Membuat bahagia kerabat atau “Idkhalus Surur”.

 

وَقَدْ وَرَدَ فِي الْخَبَرِ  إنَّ أَفْضَلَ الْأَعْمَالِ إدْخَالُ السُّرُورِ عَلَى الْمُؤْمِنِ

 

Artinya: “Dan telah disebutkan dalam sebuah hadits bahwa amalan yang paling utama adalah memasukkan kebahagiaan ke dalam hati orang mukmin.”

 

  1. Menggembirakan malaikat karena mereka merasa senang saat manusia menjaga hubungan silaturahim.
  2. Menciptakan kenangan yang positif bagi orang beriman tentang mereka yang memelihara silaturahim.
  3. Membuat Iblis gelisah karena dia berharap agar hubungan persaudaraan di antara manusia terputus.
  4. Menambah umur yang penuh berkah.
  5. Meningkatkan berkah rezeki.
  6. Membuat bahagia orang tua dan kakek nenek yang telah tiada karena mereka merasa senang jika keturunannya menjaga hubungan kekeluargaan.
  7. Menambah kehormatan.
  8. Meningkatkan pahala setelah orang yang memelihara silaturahim meninggal, karena kerabat akan mengingat kebaikannya selama hidupnya.

 

Hadis dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu menyatakan hal berikut:

 

وَعَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ثَلَاثَةٌ فِي ظِلِّ الْعَرْشِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ : وَاصِلُ الرَّحِمِ وَامْرَأَةٌ مَاتَ زَوْجُهَا وَتَرَكَ أَيْتَامًا فَتَقُومُ عَلَيْهِمْ حَتَّى يُغْنِيَهُمْ اللَّهُ أَوْ يَمُوتُوا وَرَجُلٌ اتَّخَذَ طَعَامًا وَدَعَا إلَيْهِ الْيَتَامَى وَالْمَسَاكِينَ

 

Artinya: “Dan dari Anas bin Malik ra., dia berkata, Rasulullah Saw  bersabda: ‘Ada tiga orang yang berada di bawah naungan Arsy pada Hari Kiamat: Orang yang menyambung silaturahmi, seorang wanita yang suaminya meninggal dunia dan meninggalkan anak-anak yatim, dan seorang laki-laki yang menyediakan makanan dan mengundang anak-anak yatim dan orang miskin.’”

 

Berikut adalah kutipan hadis yang disebutkan oleh Syekh Sulaiman Al-Bujairimi untuk menjelaskan keutamaan silaturahim:

 

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَأَيْت فِي الْجَنَّةِ قُصُورًا مِنْ دُرٍّ وَيَاقُوتٍ وَزُمُرُّدٍ يُرَى بَاطِنُهَا مِنْ ظَاهِرِهَا وَظَاهِرُهَا مِنْ بَاطِنِهَا ، فَقُلْت : يَا جِبْرِيلُ لِمَنْ هَذِهِ الْمَنَازِلُ ؟ قَالَ : لِمَنْ وَصَلَ الْأَرْحَامَ وَأَفْشَى السَّلَامَ وَأَطَابَ الْكَلَامَ وَأَطْعَمَ الطَّعَامَ وَرَفَقَ بِالْأَيْتَامِ وَصَلَّى بِاللَّيْلِ وَالنَّاسُ نِيَامٌ

 

Artinya: “Rasulullah Saw. Bersabda, ‘Aku melihat di Surga istana-istana yang terbuat dari mutiara, zamrud, dan yakut yang dapat dilihat dari dalam dan luarnya, dan luarnya dapat dilihat dari dalamnya. Lalu aku berkata, ‘Wahai Jibril, untuk siapakah rumah-rumah ini?’ Dia menjawab, ‘Untuk orang yang menyambung silaturahmi, menyebarkan salam, berkata yang baik, memberi makan, bersikap lembut kepada anak yatim, dan shalat di malam hari saat orang lain tidur.’’”

 

Inilah beberapa penjelasan yang disampaikan oleh Syekh Sulaiman Al-Bujairimi mengenai keutamaan silaturahim. Wallahu’alam.

(DM)

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Hosting Murah se Indonesia

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Hosting Gratis

MHosting Gratis Rp.0

Komentar

Tenggulangbaru.id
02 Mei 2024 11:49:08
Selamat Hari Pendidikan Nasional! Semoga setiap anak... selengkapnya
Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya
Satria setiawan wijaya
06 Maret 2024 16:47:49
Bagaimana cara mndaftarkan ank saya dpet pip... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:2.203
Kemarin:7.353
Total Pengunjung:91.313
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.131.170
Browser:Mozilla 5.0