Mari kita saling bersinergi untuk mewujudkan pembangunan desa tercinta ini melalui semangat gotong royong dan kerjasama antar elemen masyarakat desa. -- selengkapnya... Selamat Hari Anak Sedunia 2023. Semua anak di penjuru dunia berhak untuk tertawa, bermain, dan bersenang-senang. -- selengkapnya... Tanggal 20 November 2023 adalah Hari Anak Sedunia 2023. Semoga anak-anak bangsa di seluruh dunia mampu menjadi generasi penerus terbaik! -- selengkapnya... Selamat Hari Anak Sedunia tahun 2023! Marilah kita menghargai dan menghormati hak-hak setiap anak di dunia! -- selengkapnya... Selamat Hari Anak Sedunia 20 November 2023! Penuhi hak pendidikan anak melalui pendidikan inklusif! -- selengkapnya... Selamat Hari Anak Sedunia 2023 untuk semua anak terkasih. Semoga kelak dapat melayani setiap orang dengan penuh kasih sayang dan rasa sabar. -- selengkapnya... Selamat Hari Anak Sedunia. Semoga peringatan ini bisa memberikan kesadaran semua pihak untuk lebih mengutamakan pendidikan untuk anak. -- selengkapnya...

Artikel

Cara Daftar PIP 2023 Online di pip.kemdikbud.go.id

07 April 2023 10:45:13  Admin TB  222.760 Kali Dibaca  Bansos

PIP merupakan bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membiayai pendidikan

Program Indonesia Pintar (PIP) melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) adalah pemberian bantuan tunai pendidikan kepada anak usia sekolah (usia 6–21 tahun) yang berasal dari keluarga miskin, dan rentan miskin yang termasuk:

  • Pemilik Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).
  • Peserta Program Keluarga Harapan (PKH).
  • Yatim piatu.
  • Penyandang disabilitas.
  • Korban bencana alam atau musibah.

PIP merupakan kerja sama tiga kementerian yaitu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Sosial (Kemensos), dan Kementerian Agama (Kemenag).

Sebagaimana diketahui bahwa pemerintah telah menyiapkan dana bantuan pendidikan pada tahun 2023 yaitu Program Indonesia Pintar (PIP). Berikut ini syarat dan kategori siswa SD-SMA yang berhak mendapatkan bantuan pendidikan PIP 2023.

Siswa SD-SMA yang ingin mendapatkan bantuan pendidikan PIP 2023 bisa mendaftar secara online. Namun, terlebih dahulu harus mengetahui kategori siswa SD-SMA yang berhak terima PIP 2023.

Kategori Sasaran dari Program Indonesia Pintar

Ada beberapa kelompok yang menjadi sasaran pengguna Program Indonesia Pintar dan perlu mengetahui cara daftar Kartu Indonesia Pintar, diantaranya adalah:

  1. Siswa atau peserta didik yang memiliki KIP (Kartu Indonesia Pintar)

  2. Peserta didik dari keluarga miskin/rentan miskin dengan pertimbangan khusus.

    • Berasal dari keluarga PKH (Program Keluarga Harapan)

    • Berasal dari atau memegang KKS (Kartu Keluarga Sejahtera)

    • Merupakan anak yatim atau piatu dari sekolah maupun panti sosial atau panti asuhan

    • Terkena dampak bencana

    • Tidak bersekolah

    • Ada kelainan fisik, korban dari musibah, orang tua di PHK, berada di daerah konflik, keluarga kena pidana, mempunyai saudara lebih dari 3

    • Berasal dari lembaga kursus atau pendidikan non formal

  3. Peserta didik SMK yang menempuh studi keahlian kelompok bidang Pertanian, Perikanan, Peternakan, Kehutanan, Pelayaran, dan Kemaritiman.

Jika termasuk dalam daftar kategori tersebut, siswa SD-SMA bisa mendaftarkan diri sebagai penerima PIP 2023.

Dana PIP ini dapat digunakan untuk membantu biaya pribadi peserta didik, seperti membeli perlengkapan sekolah atau kursus, uang saku dan biaya transportasi, biaya praktik tambahan, serta biaya uji kompetensi.

Sementara, KIP (Kartu Indonesia Pintar) diberikan sebagai penanda atau identitas penerima bantuan pendidikan PIP.

Kartu ini memberi jaminan dan kepastian kepada anak-anak usia sekolah agar terdaftar sebagai penerima bantuan pendidikan.

Penting dicatat, bahwa setiap anak yang menjadi penerima bantuan pendidikan PIP hanya berhak mendapatkan 1 (satu) akun KIP.

 

Cara Daftar PIP 2023 Siswa SD, SMP, dan SMA.

Cara daftar PIP Kemdikbud 2023 untuk siswa SD, SMP, dan SMA adalah sebagai berikut:

  1. Sebelumnya, orang tua lebih dulu unduh aplikasi Cek Bansos melalui App Play Store menggunakan HP untuk mendaftar DTKS PIP Kemdikbud 2023, Caranya dapat dilihat disini

  2. Siapkan (KK) dan (KTP) milik orang tua, untuk pendaftaran DTKS.

  3. Kemudian orang tua siswa diminta mengisi data diri dengan lengkap dan benar pada kolom pembuatan akun baru.

  4. Setelah itu, isi nomor (KK), Nomor KTP dan juga nama lengkap orang tua siswa sesuai sesuai dengan KTP.

  5. Input alamat provinsi, kabupaten, kota, kecamatan, kelurahan atau desa, dan alamat sesuai dengan yang ada di dalam KTP orang tua siswa.

  6. Setelah memasukan alamat lengkap, berikutnya orang tua siswa wajib melampirkan foto KTP dan swafoto dengan menunjukkan KTP asli.

  7. Kemudian, klik opsi ‘Buat Akun Baru’.

 

Setelah berhasil memiliki akun baru, selanjutnya akses aplikasi tersebut untuk melakukan pendaftaran DTKS Kemensos, untuk dapat PIP Kemdikbud 2023. dengan cara berikut di bawah ini:

  1. Tahap pertama pilih menu ‘Daftar Usulan’ untuk mendaftarkan DTKS.Pilih opsi ‘tambah usulan’.

  2. Kemudian data dapat dilihat sesuai dengan yang sudah diusulkan segera muncul dan sudah tercatat dukcapil.

 

Cara Daftar PIP Kemdikbud melalui Dinas Pendidikan:

  1. Cara daftar PIP Kemdikbud 2023 Siswa dapat mendaftar dengan membawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) milik wali atau orang tuanya, dan ajukan kepada lembaga pendidikan setempat.

  2. Jika siswa tersebut tidak memiliki KKS, maka wali atau orang tua siswa harus dapat meminta Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Ketua RT atau RW dan kelurahan atau desa terlebih dahulu agar dapat melengkapi syarat pendaftaran.

  3. Ajukan KKS miliki orang tua siswa atau peserta didik untuk dilakukan verifikasi data.

 

Alur Pendaftaran PIP 2023

Cara daftar KIP (Kartu Indonesia Pintar): syarat, tahapan, dan dokumen apa saja yang perlu disiapkan, berikut ini cara daftar KIP yang perlu diperhatikan.

1. Menyiapkan Berkas yang Diperlukan

Ada berkas-berkas yang perlu dipersiapkan sebelum membuat KIP:

  • Kartu Keluarga (KK)
  • Akta Kelahiran
  • Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau SKTM apabila tidak memiliki KKS
  • Rapor hasil belajar siswa
  • Surat pemberitahuan penerima BSM dari Kepala Sekolah/Madrasah

Jika sudah menyiapkan berkas, selanjutnya berikut ini langkah-langkah untuk membuat KIP:

2. Melakukan Proses Pendaftaran

Siswa dapat mendaftar dengan membawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) orang tuanya ke lembaga pendidikan terdekat.

Jika tidak memiliki KKS, orang tua dapat meminta Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari RT/RW dan Kelurahan/Desa terlebih dahulu agar dapat melengkapi syarat pendaftaran.

3. Pengajuan Calon Penerima

Setelah itu, sekolah atau madrasah akan mencatat data siswa calon penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk dikirim atau diusulkan ke Dinas Pendidikan atau Kementerian Agama kabupaten/kota setempat.

4. Pendaftaran Dapodik dan Seleksi

Dinas pendidikan atau Kementerian Agama kabupaten/kota mengirim data/rekapitulasi pengajuan calon penerima KIP ke Kemendikbud/Kemenag.

Nantinya, sekolah akan mendaftarkan calon peserta KIP ke aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Sekolah yang berada dalam naungan Kemendikbud wajib memasukan data calon penerima KIP dalam dapodik.

Kemendikbud/Kemenag akan mengirimkan KIP kepada calon penerima KIP yang lolos seleksi.

 

Cara Cek Daftar Penerima PIP

Untuk memastikan apakah anak Anda termasuk penerima Bansos PIP Kemdikbud 2023, bisa di cek melaui laman resmi milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), yaitu pip.kemdikbud.go.id.

Sekali lagi, pastikan anak Anda atau siswa yang bersangkutan memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Di bawah ini cara yang bisa Anda ikuti untuk mengecek nama penerima PIP Kemdikbud 2023:

  1. Buka tautan https://pip.kemdikbud.go.id/home_v1
  2. Isikan NISN dan NIK, lalu isikan Hasil yang diminta sistem, lalu klik Cek Penerima PIP. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini:

  3. Jika data sudah dimasukkan dengan benar maka bisa diketahui apakah termasuk penerima PIP atau bukan. Termasuk sebagai pemegang Kartu Indonesia Pintar atau bukan. Jika tercatat sebagai penerima PIP, silahkan konfirmasikan ke sekolah untuk dibuatkan Surat Keterangan Penerima PIP dari sekolah.

 

Nominal Biaya PIP Kemdikbud 2023

Adapun nominal yang di terima oleh siswa SD, SMP, dan SMA/SMK berbeda-beda. Di bawah ini akan di sampaikan besaran nominal Bansos PIP Kemdikbud 2023 yang di terima masing-masing jenjang :

  • Siswa SD mendapat Bansos PIP Kemdikbud 2023 sebesar Rp 450.000
  • Siswa SMP mendapat Bansos PIP Kemdikbud 2023 sebesar Rp 750.000
  • Siswa SMA/SMK mendapat Bansos PIP Kemdikbud 2023 sebesar Rp 1.000.000

Semakin tinggi jenjang pendidikan, nominal yang di peroleh semakin tinggi. Karena kebutuhan untuk menunjang pendidikan juga lebih banyak.

Demikian Cara Daftar PIP 2023 Online di pip.kemdikbud.go.id. Semoga dengan adanya program idonesia pintar ini dapat mengurangi angka putus sekolah di indonesia. [Admin-TB]

 

Agar anda tidak ketinggalan informasi terbaru seputar Bansos, anda bisa join di Channel WA Tenggulangbaru.id dengan KLIK DI SINI.

Anda dapat menyimak update berita lainnya di tenggulangbaru.id dengan mengakses Google News

Sulkha
03 Februari 2024 10:30:58
Adik saya piatu (ibu meninggal) sejak umur bln 2 tahun Tapi tidak pernah mendapatkan bantuan apapun Cara untuk daftar PIP bagaimana?
Samira
23 Januari 2024 08:43:07
Mohon bantuan
ANDI MARTUA POHAN
03 Januari 2024 21:21:03
Gimana cara daftar bansos nya.
Yusril mahendra
01 Januari 2024 21:27:40
saya Yusril ingin bantuan PIP SMP terimakasih
Muhammad asharul khoiri
23 Desember 2023 18:40:34
Pengen dapat kip
Bahrun
20 Desember 2023 14:00:26
Daftar PKH anak sekolah
Lusie Zulfiah
06 Desember 2023 18:34:08
Anak saya memperoleh bantuan pendidikan 2X, yaitu oktober 2021 dan april 2022. Untuk tahun sekarang belum dapat, dan saya cek "Data tidak berlaku". Mohon penjelasannya langkah apa yang harus saya lakukan untuk mengaktivasi kembali bantuan pendidikan tersebut demi keberlangsungan sekolah anak.
Hayikal purnama
29 November 2023 19:47:43
Semoga ada rizkinya
Epi matasina
07 November 2023 17:00:30
Semoga bantuan beasiswa ini membantu saya dalam studi
NADIRA QURROTUL UYYUN AL ULA
05 November 2023 08:20:09
Punya anak saya ada PIP nya tapi kenapa kok blm cair
NADIRA QURROTUL UYYUN AL ULA
05 November 2023 08:18:48
Punya anak saya ada PIP nya tapi kenapa kok blm cair
Musinia Gulo
03 November 2023 07:50:22
Saya berharap agar anak saya di SD 075096 Tumari Kec.Lolomatua Kab.Nias Selatan mendapatkan kartu PIP atau pun beasiswa. Trimakasih
Karisa putri
19 Oktober 2023 14:05:04
Kenapa saya tidak dapat beasiswa atau pip padahal saya dari keluarga miskin yang kurang mampu dan teman teman saya aja yang lancar ekonominya dapat pip sedangkan saya tidak ini tidak adil saya sangat sedih dengan ini
Nia hasanah
17 September 2023 06:18:32
Assalamualaikum.. Anak saya bukan penerima PIP, sekolah Negeri dikota Bandung, Di daerah saya di bandung justru yang mendapatkan PIP anak² yang orang tua nya mampu bahkan mobil rumah pun mewah, tetapi banyak anak yatim anak yg tidak mampu tidak mendapatkan PIP, merasa tidak adil saja melihatnya,
Linda
14 September 2023 21:36:52
Supaya bisa membantu perkonomian keluarga saya,,terima kasih
Linda
14 September 2023 21:36:04
Supaya bisa membantu perkonomian keluarga saya,,terima kasih
Janur priyanyo
12 September 2023 10:40:36
Tolong dapat kan pip buat ansk
Sadarman halawa
11 September 2023 20:55:57
Cairkan lahhh pip saya
Emiyati
07 September 2023 22:39:55
Kenapa anak saya punya kartu PIP waktu SD msih dpt. Setelah SLTP tdk pernah dpt Cair an dana mohon solosinya
Ibnu Sina
06 September 2023 09:33:48
Assalamualaikum/wr.wb.mohon ditingkatkan lagi bagi penerima PIP sehubungan dipesisir pedasaan masyakaratnya termasuk golongan ekonami lemah, kebanyakan pekerjaannya sebagai buruh tani , yatim piatu, orang miskin
Qaila dzikro
22 Agustus 2023 13:36:03
Anak saya dah gak dapat PIP dari tahun 2021 kenapa baru sekali dapat pip kata y kartu PIP anak saya tidak terdaftar di dtks kenapa
Sarkawi
31 Juli 2023 19:18:45
Pendaftaran
Rani hanifa wulan dari
29 Juli 2023 08:20:15
Mf pa anak saya mts tp g pernah dpt bantuan
Kimenus magai
27 Juli 2023 20:36:51
Saya ingin sekali daftar jalur bantuan beasiswa ini karena selama ini saya kuliah tapi tidak ada yang biaya saya karena orang tua saya juga meninggal dunia pada tahun 2007waktu saya masih umur 6 tahun pa jadi tolong saya butuh sekali bantuan
Sutami
15 Juli 2023 13:58:58
Mengharapkan dapat bansos
M fazli p
14 Juli 2023 20:32:04
Kenapa saya tdk dapat kip ataupun pip padahal kita ada kks dan data dah padan di dtks??
Marlina
25 Juni 2023 12:20:42
Anak saya waktu SD dpt tpi pas SMP ngga dpt kasian dia temannya Mash dpt dia aj yg ngga dpt
Senen
16 Juni 2023 20:35:07
Saya hanya buruh tukang baru, mempunyai anak sekolah, kenapa pip anak saya berhenti, dan bantuan juga berhenti
Hafiz sulaiman
12 Juni 2023 18:05:15
saya belum menerima pip dti kls 1
Sumina
08 Juni 2023 17:42:56
Assalamu'alaikum saya mau tanya knp anak saya mulai dari SD sampai SMP kls 2 tdk terdaftar di PIP sdgkan kami bener2 keluarga yang kurang mampu rumah aja masih sewa di PG Jatiroto semoga BPK/ ibu bs membantu kami terimakasih wassalamu'alaikum
Tatag anggitan
08 Juni 2023 17:29:47
Yg th 2023 kok blm keluar/dapat pip
Susanti
01 Juni 2023 14:34:09
Kenapa ya anak saya ada kartu pip ada bukunya juga,tapi di sekolah sd dia masih dapat.pas masuk mtsn dia tidak dapat lagi,kenapa ya tolong solusinya..
gladys karisma putri
27 Mei 2023 12:20:08
pip
Maryana ittha
22 Mei 2023 15:30:26
Mohon solusinya kenapa setelah masuk SLTP anak saya tidak lagi menerima PIP
Risma khaerunisa
12 Mei 2023 20:12:52
Waktu klas 5 sd dapat pip sekarang SMP klas 2 gga dapat,gimana ya supaya dapat pip
Fatmawati
08 Mei 2023 08:23:09
Anak saya spe sekarang tdk pipx padahal guru bilang sdh di input tp kalo dicek peginputanx salah saya tdk tahu ini sengaja ataw tdk sengaja
Almira setiani
06 Mei 2023 06:51:11
knp saya masuk ke Mts pip saya gak cair padahal punya kip tapi pas saya cek di ling penerima pip gak ada waktu SD saya dapat saya sudah daftar di dtks kenapa ya ko engak dapat tolong di usahakan kembali supaya saya dapat lagi orang tua saya pedagang sate kaki lima
mutia
29 April 2023 01:35:10
Kenapa saya baru sekali keluar kip?
bela
14 April 2023 09:17:19
mengapa saya tidak mendapatkan pip?dinilai dari segi apa untuk mendapatkan pip
Radit novalsyah putra
11 April 2023 15:46:17
Saya udah daftar dtks kenapa anak PIP belum cair dari tahun 2021sampai 2022 dan2023dari sekarang
Radit novalsyah putra
11 April 2023 15:45:35
Saya udah daftar dtks kenapa anak PIP belum cair dari tahun 2021sampai 2022 dan2023dari sekarang
Ahmad Abu Abdillah
11 April 2023 14:59:12
Knp pas saya masuk SMA pip saya gak cair padahal saya punya KIP Tapi pas saya cek di ling penerima pip gak gak ada penerimaan di sma saya padah SMP aku dapet
Bambang
09 April 2023 18:35:24
Apa banyak pengurangan PIP untuk tahun 2023 punya anak saya nggak keluar.
Bambang
09 April 2023 18:34:44
Apa banyak pengurangan PIP untuk tahun 2023 punya anak saya nggak keluar.
Sulasdan
08 April 2023 22:26:00
Apakah saya sudah terdaftar?
ezy risqina zahwa
08 April 2023 10:40:27
kenapa punya saya belum cair cair juga

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Hosting Murah se Indonesia

 Arsip Artikel

 Statistik

 Media Sosial

 Hosting Gratis

MHosting Gratis Rp.0

 Komentar

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : SP 5, Tenggulang Baru Kec. Babat Supat Kab. Musi Banyuasin Prov. Sumatera Selatan
: Tenggulang Baru
Kecamatan : Babat Supat
Kabupaten : Musi Banyuasin
Kodepos : 30755
Telepon : 085273552303
Email : tenggulangbaru@gmail.com

 Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:2.382
    Kemarin:7.493
    Total Pengunjung:288.277.907
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.220.62.183
    Browser:Tidak ditemukan