Selamat Hari Pendidikan Nasional! Semoga pendidikan Indonesia semakin maju dan menghasilkan generasi cerdas serta berbudi pekerti luhur. Hari Pendidikan Nasional Selamat Hari Pendidikan Nasional 2024, mari suarakan lewat mimpi-mimpi besar lewat pendidikan yang berkualitas. Hardiknas Selamat memperingati Hari Pendidikan Nasional! Terima kasih para pahlawan pendidikan yang telah mengabdikan diri untuk mencerdaskan bangsa. Hardiknas Tak ada kunci keberhasilan yang lebih mujarab selain pendidikan. Selamat Hari Pendidikan Nasional, semoga semakin membuka pintu ilmu pengetahuan. Hardiknas Hari Pendidikan Nasional mengingatkan kita untuk terus belajar dan mengasah ilmu agar dapat menjadi individu yang bermanfaat bagi negeri. Hardiknas Di Hari Pendidikan Nasional, mari kita apresiasi seluruh insan pendidikan yang tak kenal lelah dalam membagikan ilmu dan membentuk karakter bangsa. Hardiknas

Artikel/Berita

HIKMAH

Bolehkah Menggosok Gigi atau Menggunakan Siwak saat Berpuasa dalam Islam? Inilah Penjelasannya!

Admin TB

06 April 2023 15:52:05

631 Kali Dibaca

Dalam agama Islam, bulan Ramadan merupakan waktu yang istimewa karena pada bulan ini umat Muslim diwajibkan untuk berpuasa. Puasa merupakan salah satu rukun Islam yang harus dijalankan oleh setiap Muslim dewasa dan sehat secara fisik serta mampu untuk melaksanakannya. Selama berpuasa, ada beberapa hal yang harus dihindari oleh seorang Muslim, salah satunya adalah memasukkan benda apapun ke dalam tubuh.

Namun, seringkali ada kekhawatiran yang muncul dari umat Muslim terkait dengan menggosok gigi atau menggunakan siwak di siang hari selama bulan Ramadan. Sebagian dari mereka mungkin menganggap hal tersebut tidak berpengaruh atau sepele, namun sebenarnya ada aturan yang harus diperhatikan terkait dengan hal ini.

Efek samping dalam perintah syara' memang terdapat konsekuensi toleransi. Seperti orang yang berwudhu disunahkan berkumur tiga kali. Bagi orang yang berpuasa, selama berkumurnya hanya sampai batas tiga kali saja pada setiap akan wudhu, itu masih tetap disunahkan oleh syara’. Efek sampingnya, apabila ada air yang tertelan secara tidak sengaja, tidak membatalkan puasa asalkan berkumurnya tidak berlebih-lebihan.

Namun, bagaimana dengan menggosok gigi atau menggunakan siwak? Dalam hal ini, para ulama sepakat bahwa penggunaan siwak atau pasta gigi selama berpuasa masih diperbolehkan. Selama tidak ada air atau pasta yang masuk ke dalam mulut secara tidak sengaja, maka puasa tetap sah.

Sheikh Nuh Ali Salman pernah menjawab pertanyaan tentang bagaimana hukum menggosok gigi di siang hari saat berpuasa. Berikut penjelasannya:

ما دخل الفم ولم ينزل إلى الجوف لا يفطِّر، سواء كان طعاماً أو شراباً أو غيرهما، ومعجون الأسنان (فرشاة الأسنان) إذا لم ينزل إلى الجوف لا يفطر هذا من ناحية نظريّة، "فتاوى الشيخ نوح علي سلمان، المذهب شافعية""

Artinya: "Apapun yang masuk ke dalam mulut dan tidak turun ke kerongkongan tidak akan membatalkan puasa, baik itu makanan, minuman, atau hal lainnya. serta pasta gigi (sikat gigi) jika tidak turun ke kerongkongan tidak akan membatalkan puasa secara teori." (Fatwa Sheikh Nuh Ali Salman Bermadzhab Syafi'iyah)

 

Fatwah tersebut menjelaskan bahwa apapun yang masuk ke dalam mulut dan tidak sampai ke kerongkongan tidak akan membatalkan puasa, termasuk makanan, minuman, atau hal lainnya, seperti pasta gigi atau sikat gigi. Menurut fatwa Sheikh Nuh Ali Salman yang bermadzhab Syafi'iyah, jika pasta gigi tidak sampai ke kerongkongan, maka puasa tidak akan batal.

Namun, jika terjadi insiden dimana air atau pasta gigi masuk ke dalam mulut secara tidak sengaja, maka puasa harus diulang di hari lain. Hal ini disebabkan karena puasa adalah ibadah yang harus dilakukan dengan niat dan penuh kesadaran. Jika ada benda yang masuk ke dalam tubuh tanpa disadari, maka niat berpuasa dapat terganggu.

Dalam hal ini, sebaiknya para Muslim memperhatikan secara cermat penggunaan siwak atau pasta gigi saat berpuasa. Pastikan tidak ada air atau pasta gigi yang masuk ke dalam mulut secara tidak sengaja. Jika memang terpaksa harus menggunakan pasta gigi, maka hindari menggunakan terlalu banyak pasta gigi atau menggosok gigi terlalu kuat sehingga air atau pasta gigi tidak masuk ke dalam mulut.

 

Solusi: Bagi orang yang berpuasa, untuk menghindari kemungkinan masuknya air atau pasta gigi ke dalam mulut, disarankan untuk menggosok gigi sebelum waktu imsak tiba. Jika sudah siang, bisa menggunakan kayu siwak atau sikat gigi tanpa pasta untuk membersihkan gigi tanpa membatalkan puasa. Hal ini bisa menjadi solusi untuk menjaga kehati-hatian dalam menjalankan ibadah puasa.

Dalam kesimpulannya, menggosok gigi atau menggunakan siwak selama berpuasa masih diperbolehkan asalkan tidak ada air atau pasta gigi yang masuk ke dalam mulut secara tidak sengaja. Jika terjadi insiden seperti ini, maka puasa harus diulang di hari lain. Oleh karena itu, para Muslim harus memperhatikan penggunaan siwak atau pasta gigi dengan cermat untuk menjaga sahnya puasa mereka. [Dlom]

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Artikel Menarik Lainnya

Hosting Murah se Indonesia

Arsip Artikel

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Hosting Gratis

MHosting Gratis Rp.0

Komentar

Tenggulangbaru.id
02 Mei 2024 11:49:08
Selamat Hari Pendidikan Nasional! Semoga setiap anak... selengkapnya
Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya
Satria setiawan wijaya
06 Maret 2024 16:47:49
Bagaimana cara mndaftarkan ank saya dpet pip... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:87
Kemarin:5.134
Total Pengunjung:81.844
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.69.6.159
Browser:Mozilla 5.0