Selamat Hari Pendidikan Nasional! Semoga pendidikan Indonesia semakin maju dan menghasilkan generasi cerdas serta berbudi pekerti luhur. Hari Pendidikan Nasional Selamat Hari Pendidikan Nasional 2024, mari suarakan lewat mimpi-mimpi besar lewat pendidikan yang berkualitas. Hardiknas Selamat memperingati Hari Pendidikan Nasional! Terima kasih para pahlawan pendidikan yang telah mengabdikan diri untuk mencerdaskan bangsa. Hardiknas Tak ada kunci keberhasilan yang lebih mujarab selain pendidikan. Selamat Hari Pendidikan Nasional, semoga semakin membuka pintu ilmu pengetahuan. Hardiknas Hari Pendidikan Nasional mengingatkan kita untuk terus belajar dan mengasah ilmu agar dapat menjadi individu yang bermanfaat bagi negeri. Hardiknas Di Hari Pendidikan Nasional, mari kita apresiasi seluruh insan pendidikan yang tak kenal lelah dalam membagikan ilmu dan membentuk karakter bangsa. Hardiknas

Artikel/Berita

KESEHATAN

PeduliLindungi Transisi ke SATUSEHAT Mobile, Berikut Fitur Baru Yang Dihadirkan

Admin TB

01 Maret 2023 10:13:38

2.352 Kali Dibaca

Sejak diluncurkan pada April 2020, PeduliLindungi telah membantu pemerintah dalam mempercepat penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia.

Oleh karenanya, Kemenkes RI berkomitmen untuk terus melindungi masyarakat dengan menghadirkan fitur dan layanan kesehatan terintegrasi yang dapat digunakan bahkan setelah pandemi COVID-19 berakhir.

SATUSEHAT Mobile adalah aplikasi kesehatan masyarakat dengan berbagai fitur dan layanan kesehatan terintegrasi yang tidak cuma COVID19 untuk menjadi gaya hidup sehat baru masyarakat agar Tetap sehat dan makin sehat.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) resmi mentransformasikan PeduliLindungi menjadi aplikasi kesehatan masyarakat bernama SATUSEHAT Mobile.

Masyarakat hanya perlu memperbarui aplikasi melalui Play Store maupun App Store. Setelah memberikan persetujuan syarat dan ketentuan di SATUSEHAT Mobile, pengguna hanya perlu log in dengan nomor ponsel atau email yang telah terdaftar.

Profil anggota, sertifikat dan tiket vaksin COVID-19 juga akan tersinkronisasi secara otomatis.

Kementerian Kesehatan menyebut, platform tunggal SatuSehat akan menjadi salah satu tonggak sejarah Indonesia untuk menyelenggarakan pelayanan kesehatan secara komprehensif.

SatuSehat, disebut-sebut akan menjadi jembatan antar-platform aplikasi yang beragam pada fasilitas pelayanan kesehatan, mulai dari rumah sakit, Puskesmas, Posyandu, laboratorium, klinik hingga apotek.

SatuSehat hadir menyederhanakan aplikasi yang kini tersedia di berbagai fasilitas pelayanan kesehatan. Hingga kini, sebanyak 32 aplikasi layanan di rumah sakit terintegrasi dengan platform itu. Maka karenanya, pertukaran data kesehatan nasional dapat menjadi lebih efisien dan efektif.

Dengan adanya platform SatuSehat, pasien tidak perlu repot lagi mengisi formulir baru saat berpindah fasilitas pelayanan kesehatan.

Baca Juga: PeduliLindungi Resmi Bertransformasi Menjadi SATUSEHAT Mobile

 

Melalui platform itu juga pasien bisa mendapatkan informasi mengenai kondisi kesehatannya secara lebih transparan karena resume rekam medis di rumah sakit dicatat dan direkam secara digital dengan aman melalui persetujuan pemilik data.

Pandemi COVID-19 sudah terkendali, mengapa PeduliLindungi transisi ke SATUSEHAT Mobile? Fitur-fitur baru apa yang akan dihadirkan? Berikut ini fitur baru apa yang dihadirkan?

Melalui SATUSEHAT Mobile, nantinya pengguna dapat mengakses sertifikat imunisasi anak dan vaksin selain COVID-19, mendapatkan pengingat jadwal minum obat, mencatat informasi (diari) kesehatan pribadi, hingga mengakses resume rekam medis termasuk hasil pemeriksaan laboratorium.

Baca Juga: Melalui SATUSEHAT Kemenkes Pangkas Pelaporan Kesehatan

Fitur SatuSehat

Selain fitur-fitur yang ada sebelumnya di PeduliLindungi, seperti vaksinasi COVID-19, hasil tes antigen dan PCR, dan pindai QR code saat check-in, dalam waktu dekat juga akan tersedia fitur baru bernama ‘diari kesehatan’ yang dapat mencatat sekaligus memonitor kondisi kesehatan diri dan orang-orang terdekat.

Ada empat kondisi yang akan bisa dicatat pada fitur tersebut, yaitu pengukuran tubuh (tinggi dan berat badan), tekanan darah, gula darah dan detak jantung. Setelahnya, akan muncul berbagai informasi seperti kurva kesehatan, analisis, serta rekomendasi untuk tindakan lebih lanjut.

Dengan adanya fitur diari kesehatan tersebut, dapat membantu dan memberikan informasi hingga memantau kesehatan sesuai dengan kondisi tubuh pengguna, dan hal tersebut dapat diakses di mana saja dan kapan saja.

Dalam rencana pengembangannya, secara bertahap akan menambahkan beragam fitur penunjang kesehatan personal lainnya yang datanya bersumber dan terintegrasi dengan rekam medis elektronik (RME) melalui SATUSEHAT Platform.

"Dari urusan imunisasi anak, antre ke rumah sakit, hasil pemeriksaan, hingga data pembelian obat nanti akan dapat diakses dan terintegrasi melalui SatuSehat Mobile," ujar dia.

*****

 

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Artikel Menarik Lainnya

Hosting Murah se Indonesia

Arsip Artikel

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Hosting Gratis

MHosting Gratis Rp.0

Komentar

Tenggulangbaru.id
02 Mei 2024 11:49:08
Selamat Hari Pendidikan Nasional! Semoga setiap anak... selengkapnya
Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya
Satria setiawan wijaya
06 Maret 2024 16:47:49
Bagaimana cara mndaftarkan ank saya dpet pip... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:2.611
Kemarin:5.091
Total Pengunjung:79.234
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.69.7.6
Browser:Mozilla 5.0