Artikel/Berita

Bansos

Cek Daftar Penerima Bansos 2023: Jelang Puasa, 5 Bansos BLT ini Segera Cair di Bulan Maret 2023

Admin TB

19 Februari 2023 15:54:59

128.856 Kali Dibaca

Kementerian Sosial menyalurkan bantuan sosial (bansos) tunai Program Keluarga Harapan (PKH) dan BPNT Sembako menjelang puasa Ramadhan 1444 H yang seharusnya bansos Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap 1 tahun 2023 ini, sudah cair sejak awal Februari ini. 

Kendati surat resmi penyaluran PKH Tahap 1 belum ada, setidaknya titik terang menyangkut jadwal penyaluran sudah ada. Ini didapat dari beberapa sumber resmi yang ada. 

Pertama, melalui penyampaian dari PLT Dirjen Linjamsos  Robben Rico pada bulan lalu, ketika menghadiri pertemuan dengan beberapa SDM PKH di Jawa seperti dikutip dari akun youtube @Linjamsosoke. 

Beliau mengatakan telah bersurat kepada Mensos untuk mengundur sedikit waktu penyaluran bansos PKH Tahap 1 ini, dikarenakan ada beberapa hal yang akan difokuskan terlebih dahulu. 

Kemudian dilansir dari instagram resmi PT.Pos @posindonesia.ig pada satu postingan, 14 Februari 2023 bahwa perihal informasi mengenai penyaluran bansos PKH Tahap 1 belum ada informasinya.

“Silahkan dikonfirmasi kepada Kemensos" begitu jawaban dari admin tersebut. 

Jadi besar kemungkinan jika sampai akhir bulan ini bansos PKH belum juga cair, bisa dipastikan akan disalurkan pada bulan Maret 2023 ini menjelang Ramadhan.

Mengenai mekanisme penyaluran, juga belum dapat dipastikan, bisa melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang merangkap sekaligus ATM, atau bisa juga berbarengan secara tunai dengan BPNT/Sembako, seperti akhir tahun lalu melalui kantor Pos. 

Dengan nominal bantuan yang didapat berbeda-beda sesuai dengan tanggungan (komponen), dan juga bansos apa yang didapatkan. 

Komponennya berupa anak balita, ibu hamil, disabilitas, lansia usia 60 tahun keatas, dan anak sekolah SD, SMP, SMA/Sederajat. 

Untuk memastikan namamu ada dalam daftar penerima bansos, kamu bisa langsung log ini pada website www.cekbansos.go.id. 

Atau aplikasi yang sama pada playstore. Jika belum ada akun, kamu haarus buat terlebih dahulu dengan menggunakan NIK, KK, nomor hape, dan juga email beserta password. 

Sebelumnya, pastikan namamu ada didalam DTKS, dengan menayakan hal tersebut kepada aparat desa atau kelurahan yang berada di tempat tinggalmu.

Sebagai tambahan informasi, setidaknya ada 3 alasan mengapa bansos PKH Tahap 1 kemungkinan besar cair pada bulan Maret. 

Pertama, Pendamping Sosial  PKH fokus pada pemutakhiran data untuk Program PENA (Pahlawan Ekonomi Nusantara) yang menyasar penerima bansos PKH dibawah umur 45 tahun yang memiliki  rintisan usaha dibawah atau bahkan lebih dari satu tahun. 

Nantinya, mereka akan diberikan bantuan usaha Rp600.000 untuk modal usaha, dan diharapkan keluar dari kepesertaan PKH. 

Kedua, perubahan wilayah dampak dari kebijakan Kemensos terhadap SDM PKH yang harus mendampingi KPM sesuai denga wilayah KTP. 

Jadi pendamping Sosial PKH yang harusnya fokus terhadap pengawalan penyaluran bansos, harus meraba lagi dampingan wilayah baru mereka, termasuk dileburnya Administrator Pangkalan Data PKH menjadi Pendamping Sosial semuanya. 

Nantinya akan berfokus pada pendampingan, dan pemberdayaan KPM melalui modul lansia, pengasuhan anak, perlindungan anak, disabilitas, modul gizi, dan pencegahan stunting. 

Selanjutnya alasan terakhir kemungkinan bansos PKH dicairkan pada Maret, dikarenakan menjaga daya beli masyarakat mendekati bulan puasa nanti agar tetap stabil ditengah melonjaknya harga kebutuhan pokok nantinya.

Bagi kamu pemilik BPJS Kesehatan KIS, yang ingin mendapatkan bansos PKH bisa mengusulkan namamu kedalam DTKS jika belum ada. 

Langsung saja bawa datamu berupa KK dan KTP kedesa/kelurahan setempat, atau bisa melalui aplikasi usul-sanggah yang bisa kau download kapanpun dan dimanapun hanya bermodalkan Hape dan kuota. 

Dikarenakan DTKS merupakan daftar tunggu dari segala bansos yang disalurkan oleh Kemensos, juga data yang dipakai secara resmi jika ada penambahan kuota. 

Apabila kamu masuk kedalam data tersebut, berpeluang besar mendapatkan bansos dengan catatan kamu memiliki NIK dan KK online dan pada Dukcapil, EMIS, dan Dapodik, tentunya juga memiliki komponen berupa anak balita, ibu hamil, disabilitas, lansia usia 60 tahun keatas, dan anak sekolah SD, SMP, SMA/Sederajat.

Baca Juga: Cara Daftar KIP Kuliah Secara Online Tahun 2024

 

Cara Daftar Bansos 2023

Masyarakat yang khusunya belum terdaftar sebagai penerima manfaat dari PKH, dapat melakukan pendaftaran secara online menggunakan Aplikasi Cek Bansos.

Berikut ini cara yang dapat dilakukan KPM untuk melakukan pendaftaran PKH 2023 secara online melalui aplikasi Cek Bansos

  1. Unduh Aplikasi Cek Bansos lewat Play Store atau Apps Store dengan HP
    download aplikasi PKH online cek bansos
  2. Buka aplikasi, pilih 'Buat Akun Baru';
  3. Input NIK KTP dan KK;
  4. Input data diri secara lengkap mulai dari nama lengkap hingga alamat tempat tinggal hingga email
  5. Upload foto berupa:
    • Foto KTP
    • Swafoto diri sembari memegang KTP (pastikan data KTP terlihat jelas);
  6. Klik 'buat akun baru' untuk registrasi akun;
  7. Akun akan diaktivasi oleh Kemensos melalui pemberitahuan di email, cek kotak masuk email;
  8. Jika sudah, kemudian buka kembali aplikasi untuk mengusulkan bansos
    Cara-Melakukan-Usulan-Penerima
  9. Pilih 'daftar usulan';
  10. Pilih antara 'BPNT atau PKH'
  11. Input data diri;
  12. Unggah foto berupa kali ini adalah;
    • Foto rumah tampak depan
    • Foto KTP;
  13. Klik 'tambah usulan';
  14. Pendaftaran dan pengusulan bansos 2023 berupa PKH atau BPNT selesai.

Baca Juga : Anak penjual Bubur Ayam Lulus ITB dengan Predikat Cumlaude

 

Cek Bansos 2023

Untuk diketahui, sumber data Bantuan Sosial dari Kemensos adalah DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial), memiliki NIK yang sudah padan/online sistem Dukcapil, dan yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Sosial sebagai penerima Bansos 2023.

Namun sebelumnya, masyarakat harus memastikan terlebih dahulu terdaftar atau belum di DTKS, karena Kemensos hanya akan menyalurkan bantuan PKH sesuai database DTKS. 

Untuk memastikan hal tersebut, masyarakat bisa melakukan cek daftar nama penerima PKH 2023 secara online.

Adapun langkah dan Cara Cek Daftar Penerima Bansos 2023 secara online adalah sebagai berikut:

  1. Buka laman resmi cekbansos.kemensos.go.id.
  2. Pilih Nama Provinsi, Kabupaten, Kecamatan dan Desa/Kelurahan pada kolom yang tersedia.
  3. Masukkan Nama anda sesuai dengan nama yang tertera pada KTP.
  4. Ketikkan empat huruf kode verifikasi flat ke kolom putih sesuai petunjuk, jika huruf kode kurang jelas, klik icon untuk mendapatkan huruf kode baru.
  5. Klik tombol CARI DATA
  6. Sistem Cek Bansos Kemensos akan mencari Nama PM (Penerima Manfaat) sesuai Wilayah yang Anda inputkan.

2022-12-28_22h45_25

Baca Juga: Bansos BPNT dan BLT BBM Cair Februari 2023: Berikut Ini Jadwal, Syarat, dan Cara Cek

Jika masyarakat terdaftar sebagai penerima, maka akan muncul Nama Penerima, Wilayah, Umur, Jenis Bantuan (BST, PBI-JK, PKH, BPNT, dan BLT BBM).

Lebih lanjut, pada kolom BST, PBI-JK, PKH, BPNT, dan BLT BBM, akan ada informasi Status (YA), Keterangan (Proses Bank Himbara/PT Pos Indonesia), dan Periodenya.

2022-12-28_22h44_25

 

Baca Juga: Bansos BLT Dana Desa 2023, Dapat Rp 300.000, Ini Syaratnya

 

Selanjutnya, Anda hanya perlu menunggu informasi jadwal pencairan yang disampaikan lewat undangan dari Kemensos. 

Terkait besaran bantuan, Kemensos tampaknya masih memberikan bansos PKH sesuai dengan kategori yang dipenuhi, berikut rinciannya:

  • Ibu hamil atau nifas mendapat Rp3 juta setahun.
  • Anak usia dini 0-6 tahun mendapat Rp3 juta setahun.
  • Anak sekolah atau siswa SD/sederajat dengan Rp900.000 setahun.
  • Siswa SMP/sederajat dengan Rp1,5 juta setahun.
  • Siswa SMA/sederajat dengan Rp2 juta setahun.
  • Penyandang disabilitas berat memperoleh Rp2,4 juta setahun.
  • Lansia di atas 60 tahun memperoleh Rp2,4 juta. 

Demikian informasi terkait bansos yang cair menjelang puasa. Semoga bantuan sosial ini akan membantu meringkankan serta melindungi masyarakat rentan dan miskin dari tekanan gejolak kenaikan harga global sehingga angka kemiskinan Indonesia tetap dapat di upayakan menurun. [admin-TB]

 

--------------

Agar anda tidak ketinggalan informasi terbaru seputar Bansos, anda bisa join di Channel WA Tenggulangbaru.id dengan KLIK DI SINI. Selain itu Anda dapat menyimak update berita lainnya di tenggulangbaru.id dengan mengakses Google News.

Komentar

Facoct

11 April 2023 03:26:02

Pengen kaya tetangga dapat pkh. Kenapa gak gantian gitu bergilir yang udah udah yang belom kasih. 3th di gilir gitu jangan orang yang sama setidak mereka terbantu ekonominya dng ada nya pkh. Lah kita hasil keringet sendiri pun gak mencukupi

Darius Runawery

05 April 2023 00:32:19

terimakasih

Iis desiana

13 Maret 2023 05:05:20

Saya mau bertanya Saya kan memang mendapat bansos tapi kali ini tidak knp ya? Yg lain dapet kenapa saya tidak pas saya cek ATM mohon dijawab pak terimakasih

I Wayan Sukadana

09 Maret 2023 19:21:40

Saya ada saudara punya anak 3 orang sdg Yatim Piatu, Krn kedua orang tuanya sdg menunggal .... Sedangkan anaknya no 3 msh SD klas 2... Apakah bisa dapat bantuan sosial ya... Bagaimana caranya ngurus ya Pak...? Mohon infonya .. trm ksg

NOFFRI susilawati

09 Maret 2023 05:55:45

Tlng pak bantu sya wat lhrn sma anak sklh semenjak abs ppkm sampe skrng blm dpt bansos lagi

Surati

07 Maret 2023 03:39:20

Kapan bansos cair

Melkior Adebertus pati

03 Maret 2023 04:57:40

Saya ingin mendapatkan Bansos di tahun 2023 ini

Ngatiyem

02 Maret 2023 21:56:00

Maaf saya pemilik kartu kis, dan saya juga keluarga kurang mampu bagaimana cara mendapatkan pkh, terimakasih

Antonius Pasaribu

26 Februari 2023 21:15:23

Saya ingin sekali mendapatkan bansos di tahun 2023 ini terimakasih

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Advertisement

Advertisement

Komentar

Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:43:18
Saya pingin dapat PIP tahun 2024... selengkapnya
Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:40:20
Butuh ... selengkapnya
Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:174
Kemarin:7.485
Total Pengunjung:271.149
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.34.146
Browser:Tidak ditemukan