Minal Aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Batin Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga hari kemenangan ini membawa kehangatan dan kedamaian bagi seluruh insan di dunia. Selamat Hari Raya. Semoga Idul Fitri kita mendapat limpahan berkah oleh Allah. Mari kita rayakan dengan menebar cinta dan kebahagiaan kepada sesama. Eid Mubarak 2024! May this Eid be the best one yet for all of us. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga Idul Fitri tahun ini menjadi yang terbaik bagi kita semua.

Artikel/Berita

BERITA

Elektabilitas Paslon Capres Anies, Prabowo, Ganjar Berdasarkan Hasil Survei Terbaru

Admin TB

23 Desember 2023 00:19:25

525 Kali Dibaca

Pemilihan presiden di Indonesia selalu menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Setiap calon presiden dan calon wakil presiden tentu berharap untuk memiliki elektabilitas yang tinggi agar dapat memenangkan pemilihan tersebut. Elektabilitas merupakan ukuran sejauh mana seorang calon memiliki potensi untuk dipilih oleh masyarakat.

Pelbagai lembaga survei terus merilis hasil survei terkait elektabilitas tiga calon presiden dan wakil presiden 2024-2029, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka masih unggul di sejumlah survei. Namun, keunggulan itu tidak tampak di survei Roy Morgan Poll, lembaga yang berbasis di Australia.

Survei itu mencatat keunggulan pasangan calon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Elektabilitas Ganjar-Mahfud di survei Roy Morgan Poll mencapai 38 persen.

Sementara itu, pasangan calon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar belum tampak unggul di survei mana pun. Namun, Litbang Kompas menyebut Anies-Cak Imin menyalip Ganjar-Mahfud.

Sebelum kita bahas hasil beberapa lembaga survei Pilpres-Wapres 2024 ini, simak visi dan nisi paslon pilpres 2024 berikut ini:

 

Visi dan Misi Paslon Pilpres 2024

1. Anis Baswedan - Cak Imin

Capres: H. Anies Rasyid Baswedan, Ph.D

Cawapres: H. A. Muhaimin Iskandar, Dr. (H.C.)

Partai Pengusung:

  • Partai NasDem
  • PKB
  • PKS

Visi: Indonesia Adil Makmur Untuk Semua

Misi:

  1. Memastikan ketersediaan kebutuhan pokok dan biaya hidup murah melalui kemandirian pangan, ketahanan energi, dan kedaulatan air;
  2. Mengentaskan kemiskinan dengan memperluas kesempatan berusaha dan menciptakan lapangan kerja, mewujudkan upah berkeadilan, menjamin kemajuan ekonomi berbasis kemandirian dan pemerataan, serta mendukung korporasi Indonesia berhasil di negeri sendiri dan bertumbuh di kancah global;
  3. Mewujudkan keadilan ekologis berkelanjutan untuk generasi mendatang;
  4. Membangun kota dan desa berbasis kawasan yang manusiawi, berkeadilan, dan saling memajukan;
  5. Mewujudkan manusia Indonesia yang sehat, cerdas, produktif, berakhlak, serta berbudaya;
  6. Mewujudkan keluarga Indonesia yang sejahtera dan bahagia sebagai akar kekuatan bangsa;
  7. Memperkuat sistem pertahanan dan keamanan negara, serta meningkatkan peran dan kepemimpinan Indonesia dalam kancah global untuk mewujudkan kepentingan nasional dan perdamaian dunia;
  8. Memulihkan kualitas demokrasi, menegakkan hukum dan HAM, memberantas korupsi tanpa tebang pilih, serta menyelenggarakan pemerintahan yang berpihak pada rakyat.

 

2. Prabowo - Gibran

Capres: H. Prabowo Subianto

Cawapres: Gibran Rakabuming Raka

Partai Pengusung:

  • Partai Gerindra
  • Partai Golkar
  • Partai Demokrat
  • PAN
  • PSI
  • PBB
  • Partai Garuda

Visi: Bersama Indonesia Maju Menuju Indonesia Emas 2045

Misi:

  1. Memperkokoh ideologi Pancasila, demokrasi, dan hak asasi manusia (HAM);
  2. Memantapkan sistem pertahanan keamanan negara dan mendorong kemandirian bangsa melalui swasembada pangan, energi, air, ekonomi syariah, ekonomi digital, ekonomi hijau, dan ekonomi biru;
  3. Melanjutkan pengembangan infrastruktur dan meningkatkan lapangan kerja yang berkualitas, mendorong kewirausahaan, mengembangkan industri kreatif serta mengembangkan agro-maritim industri di sentra produksi melalui peran aktif koperasi;
  4. Memperkuat pembangunan sumber daya manusia (SDM), sains, teknologi, pendidikan, kesehatan, prestasi olahraga, kesetaraan gender, serta penguatan peran perempuan, pemuda (generasi milenial dan generasi Z), dan penyandang disabilitas;
  5. Melanjutkan hilirisasi dan mengembangkan industri berbasis sumber daya alam untuk meningkatkan nilai tambah di dalam negeri;
  6. Membangun dari desa dan dari bawah untuk pertumbuhan ekonomi, pemerataan ekonomi, dan pemberantasan kemiskinan;
  7. Memperkuat reformasi politik, hukum, dan birokrasi, serta memperkuat pencegahan dan pemberantasan korupsi, narkoba, judi, dan penyelundupan;
  8. Memperkuat penyelarasan kehidupan yang harmonis dengan lingkungan, alam dan budaya, serta peningkatan toleransi antarumat beragama untuk mencapai masyarakat yang adil dan makmur.

 

3. Ganjar - Mahfud

Capres: H. Ganjar Pranowo

Cawapres: Prof. Dr. H. M. Mahfud MD, S.H., M.LP.

Partai Pengusung:

  • DI Perjuangan
  • PPP
  • Partai HANURA
  • Partai Perindo

Visi: Gerak Cepat Menuju Indonesia Unggul

Misi:

  1. Manusia Indonesia yang sehat, terdidik, dan sejahtera;
  2. Indonesia unggul dalam bidang inovasi dan teknologi;
  3. Ekonomi yang tangguh dan berdikari;
  4. Hilangnya kemiskinan dan ketimpangan antarwilayah dari akarnya;
  5. Ekosistem digital yang mengutamakan akses internet cepat dan terjangkau;
  6. Pembangunan ekonomi yang memperhatikan kelestarian lingkungan;
  7. Demokrasi terjaga melalui pemberantasan korupsi dan pemerintahan inklusif berlandaskan supremasi hukum;
  8. Indonesia bangsa terhormat di kancah internasional, serta pertahanan yang tangguh dan modern.

 

Hasil Survei Terbaru

Berikut ini hasil survei elektabilitas capres-cawapres Pilpres 2024 terbaru:

Roy Morgan Poll

Survei Roy Morgan Poll menyebut Ganjar-Mahfud punya elektabilitas 38 persen. Prabowo-Gibran tercatat punya elektabilitas 30 persen dan Anies-Cak Imin 25 persen.

Roy Morgan Poll menyebut elektabilitas Ganjar-Mahfud naik 10 persen dari Maret 2023. Sementara itu, Prabowo-Gibran disebut mengalami peningkatan elektabilitas 13 persen sejak Maret 2023.

Survei itu dilakukan dalam rentang waktu Juli-September 2023. Survei ini melibatkan 2.630 orang responden yang terdata sebagai pemilih berumur 17 tahun ke atas.

 

Poltracking Indonesia

Berbeda dari survei Roy Morgan Poll, Poltracking mencatat keunggulan Prabowo-Gibran. Elektabilitas pasangan ini mencapai 45,2 persen.

Elektabilitas Ganjar-Mahfud hanya 27,3 persen. Adapun elektabilitas Anies-Cak Imin 23,1 persen.

Elektabilitas Prabowo-Gibran naik 5 persen, sedangkan Ganjar-Mahfud turun 2,8 persen dari November 2023. Elektabilitas Anies-Cak Imin turun tipis dari 24,4 persen pada waktu yang sama.

Poltracking Indonesia menggelar survei ini pada 29 November-5 Desember 2023. Mereka melibatkan 1.220 orang responden yang dipilih melalui metode stratified multistage random sampling. Margin of error survei +/- 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

 

Litbang Kompas

Survei Litbang Kompas mencatat elektabilitas Prabowo-Gibran sebesar 39,3 persen. Pasangan itu menempati urutan pertama di survei.

Posisi kedua diduduki Anies-Cak Imin dengan elektabilitas 16,7 persen. Pasangan Ganjar-Mahfud duduk di posisi terakhir dengan 15,3 persen.

Litbang merekam migrasi pemilih PDIP ke Prabowo-Gibran. Jumlah PDIP yang memberikan dukungan ke Prabowo meningkat dari 22,1 persen menjadi 35,1 persen.

Ada pula pergeseran suara orang yang memilih Jokowi pada Pilpres 2019. Sebanyak 39,8 persen dari kelompok itu memilih Prabowo dan 27,4 persen lainnya memilih Ganjar.

Jumlah itu berbeda dari catatan Litbang Kompas Agustus 2023. Saat itu, 48,1 persen pemilih Jokowi memilih Ganjar dan 22,9 persen lainnya memilih Prabowo.

Survei Litbang Kompas dilakukan pada 29 November hingga 4 Desember 2023 dengan melibatkan 1.364 orang responden. Margin of error dari survei ini +/- 2,65 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

 

Arus Survei Indonesia (ASI)

Arus Survei Indonesia (ASI) merilis hasil survei elektabilitas capres-cawapres di Pulau Jawa. Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berada di posisi pertama dengan elektabilitas 34,2%.

Survei dilaksanakan pada 28 November hingga 5 Desember 2023 di Pulau Jawa yang meliputi Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur. Survei dilakukan secara tatap muka dengan metode penarikan sampel multistage random sampling.

Dalam survei ini melibatkan 1.200 responden. Margin of error mencapai +- 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia, Ali Rif'an, menjelaskan alasan melakukan survei secara khusus dilakukan di Pulau Jawa. Dia mengatakan setengah pemilih di Pemilu 2024 berada di Pulau Jawa.

"Kenapa survei dilakukan di Pulau Jawa? Secara demografi data KPU mengatakan 56% pemilih ada di Pulau Jawa. Pemilih orang Jawa menyebar di seluruh Indonesia," kata Ali dalam rilis survei ASI bertajuk Peta Elektoral Pilpres 2024 di Pulau Jawa di Hotel Alia, Cikini, Jakarta Pusat, Senin (11/12/2023).

Temuan survei dari ASI ini menunjukkan pasangan Prabowo-Gibran meraih suara tertinggi di Pulau Jawa dengan elektabilitas 34,2%. Peringkat kedua ditempati Ganjar Pranowo-Mahfud Md dengan elektabilitas 30,7% dan disusul Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan raihan elektabilitas 26,3%.

Dalam survei ini terdapat pemilih yang tidak tahu/tidak jawab dengan angka 8,7%. Survei ASI ini juga menangkap temuan pemilih yang tidak akan mengubah pilihan capres-cawapres atau strong voters di angka 48,6%.

"Sementara yang mengatakan masih dapat berubah atau swing voters 44,0% dan undecided voters 7,4%," ujar Ali.

Survei ASI juga menjelaskan alasan pemilih di Pulau Jawa menentukan suara di Pilpres 2024. Faktor pertama berupa program kerja dengan angka 30,7%. Faktor yang juga berpengaruh secara urutan masing-masing berkarakter jujur dan dapat dipercaya sebesar 19,5%, berpengalaman di pemerintahan 10,6%, cerdas 8,0%, dan peduli dengan rakyat 7,9%.

Ali mengatakan temuan survei tersebut menunjukkan cerug suara di Pulau Jawa masih dapat diperebutkan. Dia menilai tidak ada pasangan capres-cawapres yang mendominasi di Pulau Jawa.

"Kompetisi capres-cawapres di Pulau Jawa masih sangat kompetitif karena belum ada yang unggul dominan," kata Ali.

 

Populi Center

Lembaga Survei Populi Center merilis survei terbaru, salah satunya terkait elektabilitas tiga pasang calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) di Pemilu 2024. Survei menunjukkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul di atas dua paslon lainnya.

Survei ini dilakukan pada 28 November hingga 5 Desember 2023. Sampel responden tersebar secara proporsional di 38 provinsi di Indonesia, termasuk di 4 (empat) Daerah Otonomi Baru, yaitu Papua Tengah, Papua Barat Daya, Papua Pegunungan, dan Papua Selatan.

Metode pengambilan data dalam survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka (face to face interview) dengan menggunakan aplikasi survei Populi Center kepada 1.200 responden yang dipilih menggunakan metode acak bertingkat (multistage random sampling). Margin of Error (MoE) diperkirakan ± 2,83 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Peneliti Populi, Dimas Ramadhan, menjelaskan bahwa Prabowo-Gibran berada di atas pasangan calon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. Anies-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud memperoleh angka yang sama.

"Data menunjukkan bahwa pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mendapat elektabilitas tertinggi dengan 46,7 persen. Di urutan selanjutnya pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md serta Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat angka yang sama, yakni sebesar 21,7 persen," kata Dimas Ramadhan dalam paparannya, Senin (11/12/2023).

Berikut elektabilitas 3 pasangan capres dan cawapres versi survei Populi Center:

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming: 46,7%
Ganjar Pranowo-Mahfud Md: 21,7%
Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar: 21,7%

Belum memutuskan: 8,1%
Menolak menjawab: 1,8%

 

Indikator Politik Indonesia

Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil simulasi terkait elektabilitas tiga pasangan capres-cawapres peserta Pilpres 2024. Hasilnya, pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul dibanding pasangan lain.

Survei dilakukan pada 23 November hingga 1 Desember 2023 terhadap 5.380 responden. Survei dilakukan melalui survei tatap muka.

Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random sampling. Margin of error ±2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Dalam survei, responden diberikan pertanyaan 'Jika pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa yang akan Ibu/Bapak pilih di antara pasangan nama berikut?'

Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan suara Prabowo-Gibran mengalami kenaikan menjadi 45,8 persen. Sementara pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud Md mengalami penurunan.

"Pak Prabowo-Gibran itu sekarang 45,8 persen naik kurang lebih sekitar 5-6 persen dibanding bulan lalu. Sementara Mas Ganjar turun 4-5 persen dibanding bulan lalu. Mas Anies sedikit turun tapi kurang lebih stabil," kata Burhanuddin dalam paparannya, Sabtu (9/12/2023).

Burhan mengatakan saat ini belum dapat dipastikan pemilu berjalan dengan satu putaran. Namun ia meyakini, jika Prabowo-Gibran akan lolos ke putaran 2.

"Meskipun belum bisa dipastikan Pak Prabowo-Gibran menang satu putaran, tapi kalau terjadi putaran kedua, hampir bisa dipastikan Pak Prabowo-Gibran lolos putaran kedua," kata Burhanuddin.

Berikut hasil simulasi terkait elektabilitas tiga pasangan capres-cawapres Pilpres 2024 berdasarkan survei Indikator Politik Indonesia:

Prabowo-Gibran: 45,8 Persen
Ganjar-Mahfud: 25,6 persen
Anies-Cak Imin: 22,8 persen
Tidak Tahu/Tidak Jawab: 5,8 persen

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Hosting Murah se Indonesia

Statistik

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Hosting Gratis

MHosting Gratis Rp.0

Komentar

Topani Sahara
03 April 2024 04:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
28 Maret 2024 01:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 09:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 23:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 22:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 17:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya
Satria setiawan wijaya
06 Maret 2024 23:47:49
Bagaimana cara mndaftarkan ank saya dpet pip... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 22:48:40
Mohon bantuannya ..utk bisa mendapatkan PIP..Anak saya... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 22:47:46
Mohon bantuannya ..utk bisa mendapatkan PIP..Anak saya... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 22:44:08
Bagaimana cara mendapatkan PIP..suami terkena PHK..... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:1.538
Kemarin:6.008
Total Pengunjung:18.181
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.34.253
Browser:Tidak ditemukan