Minal Aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Batin Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga hari kemenangan ini membawa kehangatan dan kedamaian bagi seluruh insan di dunia. Selamat Hari Raya. Semoga Idul Fitri kita mendapat limpahan berkah oleh Allah. Mari kita rayakan dengan menebar cinta dan kebahagiaan kepada sesama. Eid Mubarak 2024! May this Eid be the best one yet for all of us. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga Idul Fitri tahun ini menjadi yang terbaik bagi kita semua.

Artikel/Berita

Mancanegara

Cristiano Ronaldo Hadapi Gugatan Senilai 1 Miliar Dolar AS atas Iklan Binance

Admin TB

30 November 2023 08:25:34

241 Kali Dibaca

Pesepakbola Cristiano Ronaldo menghadapi gugatan class action di AS atas promosinya terhadap Binance, pertukaran mata uang kripto terbesar di dunia.

Dilansir BBC (29/11/2023), penggugat mengklaim bahwa dukungan Ronaldo atas Binance menyebabkan mereka melakukan investasi yang merugi.

Mereka menuntut ganti rugi "jumlahnya melebihi" 1 miliar dolar AS (sekitar Rp. 1,5 Triliun).

BBC telah menghubungi perusahaan manajemen Ronaldo dan Binance untuk memberikan komentar.

Pada November 2022, Binance mengumumkan koleksi token non-fungible (NFT) "CR7" pertamanya dalam kemitraan dengan Ronaldo, yang menurut pesepakbola tersebut akan memberi penghargaan kepada para penggemar "atas dukungan selama bertahun-tahun".


Ronaldo sedang santai bersama istri dan anak-anaknya. (Foto: People)

NFT adalah aset virtual yang dapat diperjualbelikan, namun tidak memiliki bentuk nyata - dengan kata lain, hanya ada secara digital. Umumnya digunakan untuk menandai kepemilikan sesuatu, seperti gambar atau video online.

"CR7" mengacu pada inisial dan nomor punggung Ronaldo, dan digunakan sebagai merk dalam berbagai produk, mulai dari alas kaki hingga wewangian, yang menjadikannya salah satu atlet terkaya di dunia.

Dalam video media sosial yang mengumumkan kemitraan tersebut, Ronaldo mengatakan kepada calon investor "kami akan mengubah permainan NFT dan membawa sepak bola ke level berikutnya".

NFT termurah dari koleksi ini dihargai 77 dolar AS saat mulai dijual pada November 2022 - tetapi satu tahun kemudian, harganya sekitar 1 dolar AS.

Penggugat menuduh bahwa promosi Ronaldo terhadap Binance menyebabkan "peningkatan pencarian sebesar 500%" untuk pertukaran kripto, yang terdaftar di Kepulauan Cayman.

Mereka juga mengatakan hal itu membuat orang menggunakan perusahaan tersebut untuk berinvestasi pada apa yang mereka sebut “sekuritas tidak terdaftar” – seperti mata uang kripto BNB Binance.

 

Menurut Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC), aset-aset ini dapat dianggap sebagai sekuritas - sehingga selebriti yang mendukungnya harus mengikuti hukum AS.

Ketua SEC Gary Gensler sebelumnya mengatakan selebriti harus "mengungkapkan kepada publik dari siapa dan berapa banyak Anda dibayar untuk mempromosikan investasi di sekuritas".

“Ketika selebriti mendukung peluang investasi, termasuk sekuritas aset kripto, investor harus berhati-hati dalam meneliti apakah investasi tersebut tepat untuk mereka, dan mereka harus tahu mengapa selebriti memberikan dukungan tersebut,” katanya.

Penggugat menuduh Ronaldo seharusnya mengungkapkan berapa banyak dia dibayar, namun tidak dilakukan.

Nigel Green, bos perusahaan konsultan DeVere Group, mengatakan permasalahan yang menjadi inti kasus ini lebih luas dari sekedar satu pesepakbola.


Rencana masa depan

Ronaldo dan Binance tampaknya memiliki rencana untuk bekerja sama lagi di masa depan, dengan postingan media sosial baru-baru ini dari pesepakbola tersebut mengatakan bahwa mereka sedang "memasak sesuatu".

Tidak ada satupun yang menanggapi permintaan komentar BBC.

Gugatan class action diajukan seminggu setelah Departemen Kehakiman AS meminta perusahaan tersebut membayar denda dan penyitaan sebesar 4,3 miliar dolar AS (3,4 miliar pound).

Mereka menuduh Binance membantu pengguna melewati sanksi di seluruh dunia, dan memudahkan penjahat dan teroris untuk memindahkan uang.

Kepala eksekutifnya, Changpeng Zhao, mengundurkan diri dari perusahaan tersebut, setelah mengakui pelanggaran pencucian uang.

Major League Baseball, Formula 1 dan Mercedes-Benz semuanya juga menghadapi tuntutan hukum class action yang diajukan pada hari yang sama atas promosi mereka terhadap pertukaran kripto FTX yang gagal. 

 

Source: BBC

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Hosting Murah se Indonesia

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Hosting Gratis

MHosting Gratis Rp.0

Komentar

Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya
Satria setiawan wijaya
06 Maret 2024 16:47:49
Bagaimana cara mndaftarkan ank saya dpet pip... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 15:48:40
Mohon bantuannya ..utk bisa mendapatkan PIP..Anak saya... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:3.150
Kemarin:7.881
Total Pengunjung:62.254
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.71.254.90
Browser:Mozilla 5.0