Selamat Hari Pendidikan Nasional! Semoga pendidikan Indonesia semakin maju dan menghasilkan generasi cerdas serta berbudi pekerti luhur. Hari Pendidikan Nasional Selamat Hari Pendidikan Nasional 2024, mari suarakan lewat mimpi-mimpi besar lewat pendidikan yang berkualitas. Hardiknas Selamat memperingati Hari Pendidikan Nasional! Terima kasih para pahlawan pendidikan yang telah mengabdikan diri untuk mencerdaskan bangsa. Hardiknas Tak ada kunci keberhasilan yang lebih mujarab selain pendidikan. Selamat Hari Pendidikan Nasional, semoga semakin membuka pintu ilmu pengetahuan. Hardiknas Hari Pendidikan Nasional mengingatkan kita untuk terus belajar dan mengasah ilmu agar dapat menjadi individu yang bermanfaat bagi negeri. Hardiknas Di Hari Pendidikan Nasional, mari kita apresiasi seluruh insan pendidikan yang tak kenal lelah dalam membagikan ilmu dan membentuk karakter bangsa. Hardiknas

Artikel/Berita

HIKMAH

Shalawat Jibril: Menyingkap 4 Keajaiban Saat Membacanya

Admin TB

22 November 2023 12:47:16

536 Kali Dibaca

Shalawat adalah sebagai doa yang disampaikan oleh umat Muslim kepada Nabi muhammad SAW, mengandung berbagai keberkahan, termasuk syafaat dari Nabi Muhammad SAW. Dengan rajin membacakan shalawat, umat Islam dapat yakin akan menerima syafaat tersebut.

Selain sebagai doa umat Muslim, shalawat juga merupakan amalan yang dicintai Allah, tidak hanya dipersembahkan oleh umat Islam, melainkan juga mendapat perhatian Allah dan malaikat-Nya. Seperti yang disampaikan dalam surat Al-Ahzab ayat 56, shalawat adalah bentuk ibadah yang mendapat keberkahan.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

 

إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِيِّ ۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ صَلُّواْ عَلَيۡهِ وَسَلِّمُواْ تَسۡلِيمًا

"Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya."

(QS. Al-Ahzab 33: Ayat 56)

 

Shalawat banyak sekali macamnya, salah satunya adalah Shalawat Jibril. Meskipun singkat, akan tetapi memiliki keutamaan besar.

Awalnya, Malaikat Jibril mengucapkan Shalawat ini kepada Nabi Adam sebagai mahar untuk mempersunting Siti Hawa.

Shalawat Jibril memiliki makna sebagai doa untuk melimpahkan rahmat dan kasih sayang kepada Nabi Muhammad saw. Doa ini, saat dibacakan untuk mendoakan Nabi Muhammad saw, akan kembali kepada yang mengamalkannya, sesuai dengan hadits Nabi saw yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.

Rasulullah SAW bersabda:

"Barang siapa yang membaca shalawat kepadaku satu kali, maka Allah dan malaikat akan membaca shalawat kepadanya sebagaimana banyaknya shalawatnya kepadaku" (HR. Muslim).

Adapun bacaan shalawat Jibril sebagai berikut:

صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد

Arab latin:

Shalallaahu ‘ala Muhammad

Artinya: Semoga Allah memberikan rahmat-Nya kepada Nabi Muhammad.

 

Manfaat Shalawat Jibril

Manfaat Shalawat Jibril yang diamalkan secara rutin antara lain:

  1. MEMBUKA 70 PINTU RAHMAT BAGI YANG RAJIN MEMBACANYA

Seperti yang diungkapkan oleh Imam Sya'roni, Rasulullah bersabda bahwa membaca shalawat Jibril akan membuka 70 pintu rahmat, dan Allah akan menanamkan cinta-Nya dalam hati manusia, menjauhkan mereka dari kemarahan, kecuali bagi yang menyimpan kemunafikan dalam hatinya.

 

  1. KEMUNGKINAN BESAR MELIHAT NABI MUHAMMAD SAW DALAM MIMPI

Diriwayatkan oleh  Imam As-Sakhari, Ada seorang laki-laki dari Suriah yang ingin melihat Nabi Muhammad meskipun ayahnya renta dan buta. Dengan membaca shalawat Jibril, ia berhasil melihat Nabi Muhammad dalam mimpinya dan bahkan mampu meriwayatkan hadits dari beliau.

 

  1. MERAIH PAHALA BESAR MENGHAPUS SEGALA DOSA

Rasulullah saw menyatakan bahwa setiap kali seseorang bershalawat kepadanya, Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali, menghapuskan sepuluh kejelekan, dan mengangkat derajatnya.

 

  1. MEMBUKA PINTU REZEKI DARI SEGALA ARAH

Rasulullah SAW Menyampaikan bahwa membaca shalawat Jibril sebanyak 5000 kali setelah salat Dhuha akan membawa berkah rezeki, dengan Allah mencukupi kebutuhan dan memberikan keberkahan harta benda atas izin-Nya.

Sebagai bentuk penghormatan dan cinta kepada Nabi Muhammad SAW, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak membaca shalawat, khususnya shalawat Jibril. Shalawat Jibril memiliki keutamaan besar, salah satunya adalah membuka 70 pintu rahmat, memberikan kemungkinan untuk melihat Nabi Muhammad saw dalam mimpi, serta memperoleh kebaikan dan dihapuskan dari segala kesalahan.

Berdasarkan ajaran Rasulullah saw, setiap shalawat yang diucapkan kepada Nabi akan dijawab dengan sepuluh kali shalawat dari Allah, serta menghapuskan sepuluh kejelekan dan meningkatkan derajat hamba yang bershalawat. Khususnya di bulan Rabiul Awal, momen ini menjadi peluang emas untuk mendekatkan diri kepada Allah dan memperoleh berkah yang melimpah. Dengan memahami manfaat dan keutamaan shalawat Jibril, umat Islam diajak untuk memanfaatkan kesempatan berharga ini dengan meningkatkan ibadah dan membaca shalawat sebagai wujud penghormatan kepada Nabi Muhammad saw.

Selain itu, membaca shalawat Jibril pada bulan bulan yang lain, bukan hanya sekadar amalan rutin, tetapi juga sarana untuk meningkatkan kesadaran spiritual dan memperkuat ikatan batin dengan Nabi. Dalam suasana khusus ini, umat Islam dapat merenungkan ajaran-ajaran yang dibawa oleh Nabi Muhammad saw serta mengambil inspirasi untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan membangun hubungan yang lebih erat dengan Nabi melalui shalawat, umat Islam diharapkan dapat menjalani hidup dengan penuh keberkahan dan mendekatkan diri kepada tujuan ibadah yang lebih tinggi.

Mari kita bersama-sama memperbanyak membaca shalawat Jibril, terutama di bulan Rabiul Awal, bulan di mana Nabi Muhammad saw dilahirkan sebagai pencerah bagi umat manusia. Dengan meresapi keutamaan shalawat ini, kita dapat lebih mendekatkan diri kepada kasih sayang Allah dan merasakan berkah dalam setiap langkah hidup kita.[DM]

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Artikel Menarik Lainnya

Hosting Murah se Indonesia

Arsip Artikel

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Hosting Gratis

MHosting Gratis Rp.0

Komentar

Tenggulangbaru.id
02 Mei 2024 11:49:08
Selamat Hari Pendidikan Nasional! Semoga setiap anak... selengkapnya
Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya
Satria setiawan wijaya
06 Maret 2024 16:47:49
Bagaimana cara mndaftarkan ank saya dpet pip... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:4.090
Kemarin:5.091
Total Pengunjung:80.713
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.71.254.249
Browser:Mozilla 5.0