Minal Aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Batin Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga hari kemenangan ini membawa kehangatan dan kedamaian bagi seluruh insan di dunia. Selamat Hari Raya. Semoga Idul Fitri kita mendapat limpahan berkah oleh Allah. Mari kita rayakan dengan menebar cinta dan kebahagiaan kepada sesama. Eid Mubarak 2024! May this Eid be the best one yet for all of us. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga Idul Fitri tahun ini menjadi yang terbaik bagi kita semua.

Artikel/Berita

Piala AFF

Report: Vietnam vs Thailand di Final Piala AFF 2022 Leg Pertama

Admin TB

13 Januari 2023 18:05:31

24.795 Kali Dibaca

Leg pertama final Piala AFF 2022 antara timnas Vietnam vs timnas Thailand berlangsung seru. Timnas Vietnam berhasil menahan imbang Thailand di pertandingan final ini dengan skor 2-2.

Timnas Vietnam unggul terlebih dahulu melalui gol Nguyen Thien Linh namun Thailand mampu membalikkan keadaan di babak kedua berkat gol Porament Arjvirai dan Sarach Yooyen. Vu Van Tanh menjadi penyelamat Vietnam dari kekalahan berkat golnya di akhir babak kedua.

Berkat hasil imbang ini, kedua tim sama-sama berpeluang untuk menjadi juara Piala AFF 2022, meski Thailand sedikit lebih unggul karena mereka punya keunggulan dua gol tandang.

Baca Juga:  Prediksi Vietnam vs Thailand Final Leg Pertama Piala AFF 2022

 

Susunan Pemain

Vietnam (5-3-2):

  • Dang Van Lam; Do Duy Manh, Bui Tien Dung, Que Ngoc Hai; Doan Van Hau, Ho Tan Tai, Nguyen Quang Hai, Nguyen Hoang Duc, Do Hung Dung; Nguyen Tien Linh, Pham Tuan Hai
  • Pelatih: Park Hang-seo

Thailand (5-3-2):

  • Kampon Phatomakkakul; Suphanan Bureerat, Pansa Hemviboon, Kritsada Kaman, Sasalak Haiprakhon; Theerathon Bunmathan, Sarach Yooyen, Peeradol Chamrasamee, Weerathep Pomphun; Adisak Kraisorn, Poramet Arjvirai
  • Pelatih: Alexandre Polking

Baca Juga: Pemain Terbaik Pada Semifinal Leg Kedua Piala AFF 2022

 

Berikut ini jalannya pertandingan antara Vietnam vs Thailand di Leg Pertama Final Piala AFF 2022 :

Babak Pertama

Pertandingan yang digelar di markas Thailand, My Dinh Stadium ini diawali dengan tempo yang sedang. Kedua tim sama-sama masih meraba-raba permainan lawan sembari mengembangkan permainan mereka.

Wasit Ko Hyung-jin sudah meniup peluit tanda kick-off dimulainya pertandingan final leg pertama Vietnam vs Thailand.

Baru satu menit pertandingan dimulai Thailand langsung melakukan pelanggaran. Peeradol Chamrasamee melanggar Nguyen Quang Hai.

Pada menit ketiga, gelandang Thailand Sarach Yooyen mengirimkan umpan silang ke jantung pertahanan Vietnam namun terlalu deras sehingga bola keluar lapangan.

Pada menit keempat, Vietnam mendapatkan peluang pertama lewat tembakan keras Nguyen Quang Hai dari kotak penalti saat memanfaatkan situasi serangan balik. Namun tembakan Quang Hai masih dapat diamankan kiper Thailand.

Pada menit keenam Vietnam mendapatkan peluang lewat Nguyen Tien Linh. Tien Linh yang menerima umpan silang dari rekannya tidak mampu memanfaatkan peluang untuk mencetak gol setelah kehilangan penguasaan bola.

Pada menit kesepuluh Vietnam mendapatkan peluang emas lewat tembakan keras Pham Tuan Hai dari dalam kotak penalti Thailand. Sayangnya tembakan Tuan Hai masih melenceng di sisi kanan gawang Thailand.

Hingga menit ke-12 tuan rumah Vietnam masih mampu menguasai jalannya pertandingan. Permainan pendek tidak dari belakang dan diakhiri dengan umpan direct atau umpan crossing menjadi strategi yang diterapkan Vietnam.

Pada menit ke-14 Thailand mendapatkan peluang terbaik pertama lewat tembakan Adisak Kraisorn dari dalam kotak penalti Vietnam. Namun tembakan keras Adisak masih dapat diblok kiper Vietnam.

Mulai menit ke-16 Thailand mencoba menguasai bola lebih lama dengan bermain tenang dan main pendek dari belakang.

Hingga pada menit ke-21 kedua tim masih bermain dengan tempo lambat dan bermain pendek dari kaki ke kaki. Sebuah tembakan percobaan dilakukan Quang Hai dari jarak jauh saat melihat kiper Thailand keluar dari sarangnya. Tetapi bola tersebut masih bisa ditangkap kiper Thailand.

Pada menit ke-24 Vietnam mampu membuka keunggulan lewat gol Nguyen Tien Linh. Tien Linh mencetak gol lewat sundulan terbang usai meneruskan umpan silang dari Que Ngoc Hai dari sisi kanan

Pada menit ke-27, Vietnam mencoba melancarkan serangan dari umpan silang di sisi kanan lewat Ho Tan Tai. Namun umpannya terlalu tajam sehingga dapat diamankan kiper Thailand.

Di menit ke-28 tembakan keras dari Nguyen Hoang Duc mengarah tepat ke pelukan kiper Thailand.

Pada menit ke-30 Nguyen Tien Linh gagal mencetak gol kedua setelah golnya dianulir wasit. Wasit tidak mengesahkan gol kedua Tien Linh karena dinilai lebih dulu melakukan pelanggaran terhadap kiper Thailand saat duel udara.

Hingga menit ke-38, belum ada gol tambahan yang tercipta. Thailand masih terus berupaya untuk membongkar pertahanan Vietnam. Sebuah tembakan Sasalak mampu mengancam gawang Vietnam namun melenceng.

Pada menit ke-40 terjadi keributan antara Bui Tien Dung dan Theerathon Bunmathan. Kedua pemain saling dorong dan harus dipisahkan pemain lain.

Pada menit ke-43 Thailand mendapatkan peluang emas lewat tendangan bebas Bunmathan. Tendangan bebas keras Bunmathan mengarah tepat ke arah gawang Vietnam namun membentur mistar.

Pertandingan babak pertama memasuki menit ke-45. Wasit keempat Thoriq Alkatiri asal Indonesia mengangkat tanda tambahan waktu lima menit.

Pada menit ke-47, penyerang Thailand Adisak Kraisorn mendapat peluang di dalam kotak penalti Vietnam, namun wasit meniup peluitnya karena Adisak dalam posisi offside.

Babak pertama Vietnam vs Thailand telah berakhir. Vietnam sementara unggul 1-0 lewat gol Nguyen Tien Linh pada menit ke-24.

Baca Juga: Hasil Akhir Thailand vs Vietnam di Final Piala AFF 2022 Leg Kedu, Thailand Unggul 1-0

 

Babak Kedua

Babak kedua final Piala AFF 2022 antara Vietnam vs Thailand telah dimulai. Vietnam sementara unggul 1-0 atas Thailand pada final leg pertama Piala AFF 2022.

Pada menit ke-47 Thailand berhasil membobol gawang Vietnam lewat gol Poramet Arjvirai untuk mengubah skor menjadi 1-1. Gol berawal dari umpan direct Bunmathan dari lini tengah. Bola berhasil disambut Poramet lalu dia mengecoh bek Vietnam Que Ngoc Hai dan melepaskan tembakan keras yang menggoyangkan jala gawang Vietnam.

Mulai memasuki menit ke-52 kedua tim mulai meningkatkan tempo permainan. 

Pada menit ke-53, tendangan keras pemain Vietnam Doan Van Hau dari luar kotak penalti nyaris membobol gawang Thailand setelah sepakannya berubah arah lantaran membentur kaki pemain Thailand. Beruntung kiper Thailand bisa menjangkau bola yang telah mengarah ke gawangnya sehingga hanya menghasilkan sepak pojok.

Memasuki menit ke-56 Vietnam mencoba menguasai permainan lewat permainan umpan pendek.

Pelatih Vietnam Park Hang Seo mengganti dua pemainnya.  Park Hang Seo memasukkan Van Duc Phan menggantikan Tuan Hai Pham dan memasukkan Viet Anh Bui Hoang menggantikan Do Duy Manh.

Pada menit ke-63, Thailand berhasil mencetak gol kedua lewat Sarach Yooyen usai terlepas dari jebakan offside. Sarach Yooyen berhasil lepas dari jebakan offside untuk menerima umpan Bunmathan. Sarach Yooyen pun berhasil mengecoh kiper Vietnam untuk membawa Thailand unggul 2-1.

Pada menit ke-68, Vietnam mampu mengancam gawang Thailand lewat tandukan Nguyen Tien Linh usai meneruskan umpan silang Doan Van Hau. Namun tandukan Tien Linh dapat ditangkap kiper Thailand.

Memasuki menit ke-70 Vietnam mencoba membangun serangan secara perlahan untuk mencari celah di pertahanan Thailand.

Pada menit ke-74, pelatih Thailand Alexandre 'Mano' Polking mengganti Adisak Kraisorn dengan Ekanit Panya.

Pada menit ke-78 pertandingan harus terhenti sebentar karena pemain Thailand yang membutuhkan perawatan akibat benturan.

Pada menit ke-81 Theerathon Bunmathan mendapatkan kartu kuning usai melanggar pemain belakang Vietnam.

Pada menit ke-84 Thailand mendapatkan peluang untuk mencetak gol lewat Sasalak Haiprakhon. Sayangnya penyelesaian akhir Sasalak kurang sempurna karena membentur pemain belakang Vietnam.

Pada menit ke-88 Vietnam berhasil mencetak gol lewat Vu Van Thanh usai memanfaatkan kemelut di pertahanan Thailand usai sepak pojok. Gol Vu Van Thanh membuat skor 2-2.

Pertandingan babak kedua telah memasuki menit ke-90. Wasit memberikan tambahan waktu empat menit. Skor masih 2-2.

Pada menit ke-90+3 Thailand mendapatkan peluang emas lewat Ekanit Panya yang sudah satu lawan satu berhadapan dengan penjaga gawang Vietnam. Namun Ekanit gagal membobol gawang Vietnam setelah kiper Vietnam berhasil memblok tembakannya. 

Pertandingan babak kedua Vietnam vs Thailand telah berakhir dengan skor 2-2.

Hasil imbang ini menjadi modal bagus buat Thailand jelang menjamu Vietnam pada final leg kedua yang akan digelar di Stadion Thammasat, Pathum Thani pada Senin.

Baca Juga: Jadwal Final Piala AFF 2022 Leg 2: Thailand vs Vietnam

 

STATISTIK PERTANDINGAN

Vietnam
STATISTIK TIM
Thailand
12 Tembakan 9
6 Tembakan ke arah gawang 5
54% Penguasaan bola 46%
545 Operan 482
83% Akurasi operan 79%
11 Pelanggaran 7
2 Kartu kuning 2
0 Kartu merah 0
0 Offside 3
3 Tendangan sudut 1

Baca Juga: Prediksi Thailand vs Vietnam di Leg II Final Piala AFF 2022, Misi Mustahil Vietnam Ulangi Kisah 2018

 

LINIMASA

  • 21:26
    Pertandingan Berakhir, Vietnam vs Thailand 2-2
  • 21:25
    Ekanit Buang Peluang Emas
  • 21:19
    Goool Vietnam, Skor 2-2
  • 21:11
    Kartu Kuning Bunmathan
  • 21:00
    Peluang Nguyen Tien Linh
  • 20:55
    Goool Kedua Thailand
  • 20:45
    Van Dau Nyaris Bobol Gawang Thailand
  • 20:40
    Goool Thailand
  • 20:37
    Kick-Off Babak Kedua
  • 20:21
    Babak Pertama Berakhir, Vietnam Ungguli Thailand 1-0
  • 20:14
    Tendangan Bebas Bunmathan Kena Tiang
  • 20:12
    Keributan Tien Dung dan Bunmathan
  • 20:01
    Gol Vietnam Dianulir
  • 19:54
    Gool Tien Linh
  • 19:45
    Peluang Terbaik Pertama Thailand
  • 19:35
    Peluang Pertama Vietnam

Baca Juga: Hasil Persis vs Persikabo 1973 Pada Laga Pekan Ke 20 BRI Liga 1 2022/2023

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Hosting Murah se Indonesia

Statistik

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Hosting Gratis

MHosting Gratis Rp.0

Komentar

Topani Sahara
03 April 2024 04:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
28 Maret 2024 01:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 09:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 23:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 22:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 17:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya
Satria setiawan wijaya
06 Maret 2024 23:47:49
Bagaimana cara mndaftarkan ank saya dpet pip... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 22:48:40
Mohon bantuannya ..utk bisa mendapatkan PIP..Anak saya... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 22:47:46
Mohon bantuannya ..utk bisa mendapatkan PIP..Anak saya... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 22:44:08
Bagaimana cara mendapatkan PIP..suami terkena PHK..... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:4.451
Kemarin:7.129
Total Pengunjung:288.591.713
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.35.68
Browser:Tidak ditemukan