AdminTB on Bola SEA Games
13 May 2023 14:27 - 12 minutes reading

Hasil Timnas Indonesia U-22 vs Vietnam pada Semifinal SEA Games 23, Garuda Nusantara Lolos Ke Final

Timnas Indonesia U-22 berhasil lolos secara dramatis ke final cabang olah raga sepakbola SEA Games 2023. Berhadapan dengan Vietnam, Garuda Nusantara berhasil menang dengan skor 3-2.

Garuda Nusantara unggul terlebih dahulu melalui gol Komang dan Muhammad Ferrari, sementara Vietnam menyamakan kedudukan gol Nguyin Van Tung dan gol bunuh diri Bagas Kaffa. Di masa injury time Muhammad Taufany berhasil mencetak gol kemenangan Indonesia.

Berkat kemenangan ini, timnas Indonesia U-22 berhasil lolos ke final SEA Games 2023. Sementara Vietnam harus berjuang untuk memperebutkan medali perunggu.

Lamine Yamal, Pemain Muda Terbaik Euro 2024, berikut Gaji Bocah Ajaib ini

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Duel yang digelar di Olympic Stadium Phnom Penh ini diawali dengan tempo sedang. Kedua tim masih berhati-hati dalam membangun serangan mereka.

Laga baru memasuki menit ke-10, Indonesia berhasil unggul terlebih dahulu. Berawal dari umpan jauh dari Pratama Arhan, Komang Teguh Trisnanda masuk ke kotak penalti Vietnam lalu menanduk bola dan masuk ke gawang Vietnam. Skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Indonesia.

Gol ini membuat intensitas pertandingan meningkat. Timnas Indonesia U-22 semakin percaya diri untuk menyerang, sementara Vietnam juga meningkatkan intensitas serangan untuk menyamakan kedudukan.

Kedua tim sama-sama membuat sejumlah peluang melalui jual beli serangan. Namun penyelesaian akhir kedua tim tidak maksimal, sehingga peluang yang tercipta gagal berbuah menjadi gol.

Di menit ke-35, Vietnam akhirnya menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Di awali umpan lambung dari Vo Minh Trong, bola berhasil ditanduk oleh Nguyen Van Tung dan bola mengenai tiang gawang Indonesia dan memantul masuk ke gawang Indonesia.

Gol Van Tung ini membuat jalannya pertandingan jadi berubah. Timnas Vietnam semakin intens menyerang pertahanan Indonesia.

Garuda Nusantara mampu meredam serangan-serangan Vietnam, sehingga ketika babak pertama berakhir skor 1-1 bertahan.

Tensi pertandingan mulai memanas di akhir babak pertama laga semi-final SEA Games 2023 antara Indonesia vs Vietnam, (c) Twitter @gilabola_ina.

Tensi pertandingan mulai memanas di akhir babak pertama laga semi-final SEA Games 2023 antara Indonesia vs Vietnam, (c) Twitter @gilabola_ina.

Hasil Spanyol vs Inggris di Final Euro 2024, Skor 2-1

Babak Kedua

Aksi Bagas Kaffa di laga Timnas Indonesia U-22 vs Vietnam U-22 di semifinal sepak bola putra SEA Games 2023 di Olympic Stadium, Sabtu (13/05/2023) sore WIB. (c) Bola.net/Abdul Aziz
Jalannya pertandingan di babak kedua, tempo pertandingan tidak menurun. Kedua tim sama-sama melakukan jual beli serangan sejak awal pertandingan.

Timnas Indonesia U-22 lagi-lagi berhasil mencetak gol cepat di awal babak kedua. Berawal dari umpan jauh Pratama Arhan, bola berhasil ditepis oleh kiper Vietnam. Bola tepisan itu jatuh di kaki Marselino Ferdinan, dan sang gelandang melepaskan tembakan mendatar yang mengenai kaki Muhammad Ferrari dan bola masuk ke gawang Vietnam. Indonesia kembali unggul 2-1.

Gol ini membuat Indonesia kian percaya diri untuk menghadapi Vietnam. Namun tidak lama berselang, Indonesia harus bermain dengan 10 pemain. Arhan mendapatkan kartu kuning kedua akibat membuat pelanggaran yang ceroboh sehingga Indonesia harus bermain dengan 10 pemain.

Punya keunggulan pemain membuat Vietnam semakin intens untuk menyerang gawang Indonesia. Namun Garuda Nusantara mampu bertahan dengan baik dan meredam serangan-serangan Vietnam.

Di menit ke-78 gawang Indonesia kembali bobol. Bagas Kaffa yang mencoba untuk membuang bola umpan silang Vietnam, namun bola malah masuk ke gawang Indonesia. Skor kembali imbang 2-2.

Gol ini membuat Vietnam semakin percaya diri dalam menyerang. Sementara Indonesia tidak menyerah begitu saja dan memberikan perlawanan kepada Vietnam.

Di masa injury time, Indonesia berhasil mencetak gol ketiga di laga ini. Melalui skema serangan balik, Muhammad Taufany melepaskan tembakan mendatar dari luar kotak penalti yang gagal dihalau kiper Vietnam. Skor berubah menjadi 3-2 untuk keunggilan Indonesia.

Vietnam langsung tancap gas untuk menyamakan kedudukan, namun Indonesia berhasil meredam perlawanan Vietnam sehingga Indonesia lolos ke Final.

Argentina vs Kolombia di Final Copa America 2024

Susunan Pemain Kedua Tim

Indonesia Timnas Indonesia

    • Ernando Ari Sutaryadi;Alfeandra Dewangga, Rizky Ridho, Bagas Kaffa, Komang Teguh Trisnanda, Ananda Raehan, Pratama Arhan; Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Fajar Fatur Rachman, Ramadhan Sananta
    • Pelatih: Indra Sjafri

Vietnam Vietnam

    • Quan Van Chuan; Phan Tuan Tai, Tran Quang Thing, Nguyen Ngoc Thang, Le Van Do, Nguyen Van Tung, Nguyen Thanh Nhan, Nguyen Thai Son, Ho Van Cuong, Vo Minh Trong, Nguyen Duc Phu
    • Pelatih: Philippe Trousser

Spanyol vs Inggris di Final EURO 2024

Jadwal Final SEA Games 2023

Final SEA Games 2023 cabang olahraga sepak bola Putra akan digelar pada hari Selasa, 16 Mei 2023 mendatang.

Lawan yang akan dihadapi Indonesia adalah pemenang laga Thailand vs Myanmar yang digelar beberapa jam lagi.

Spanyol vs Prancis di Semifinal Euro 2024



Live Report Indonesia vs Vietnam di Semifinal SEA Games 2023

18:01 Indonesia Lolos ke Final SEA Games 2023
Pertandingan babak final SEA Games 2023 akan digelar pada hari Selasa, 16 Mei 2023 mendatang. Lawan yang akan dihadapi Indonesia adalah pemenang laga Thailand vs Myanmar yang digelar beberapa jam lagi.

18:00 Pertandingan Berakhir, Skor 3-2
Pertandingan Indonesia vs Vietnam berakhir dengan kemenangan tim Merah Putih 3-2 dan lolos ke final SEA Games 2023.

17:59 Vietnam Ancam Gawang Indonesia
Pada menit ke-90+7, Vietnam mampu mengancam gawang Indonesia lewat tembakan seorang pemain. Namun bola dapat ditangkap oleh kiper Indonesia Ernando Ari.

17:57 Goool Indonesia, Skor 3-2
Pada menit ke-90+5, Taufany berhasil mencetak gol lewat tembakan Taufany dari luar kotak penalti Vietnam. Indonesia unggul 3-2 atas Vietnam.

17:55 Tendangan Bebas Dewangga
Pada menit ke-90+3, Indonesia dapat tendangan bebas usai Fajar dilanggar pemain Vietnam di sisi kiri pertahanan lawan. Tendangan bebas Dewangga mampu mengarah tepat ke penjaga gawang lawan.

17:53 Tambahan Waktu 8 Menit
Babak kedua sudah memasuki menit ke-90, wasit memberikan tambahan waktu delapan menit.

17:48 Vietnam Ancam Indonesia
Pada menit ke-86, Vietnam terus menyerbu pertahanan Indonesia dan diakhiri tembakan keras Le Van Do. Namun tendangan keras Van Do masih melenceng jauh dari gawang Indonesia.

17:47 Skor 2-2, Jika Imbang Extra Time
Hingga menit ke-84 skor Indonesia vs Vietnam masih 2-2. Jika hingga babak kedua berakhir skor masih tetap imbang, maka pertandingan akan dilanjutkan ke babak extra time.

17:40 Gool Bunuh Diri Indonesia, Skor 2-2
Pada menit ke-79 Vietnam berhasil menyamakan kedudukan lewat gol bunuh diri dari Bagas Kaffa saat berusaha membuang bola. Berawal dari umpan silang Nguyen Ngoc Thang dari sisi kanan ke kotak penalti Indonesia, berhasil disambut oleh Xuan Tien Dinh lalu bola liar berusaha dibuang Bagas, tapi justru masuk ke gawang sendiri.

17:39 Pertandingan Dilanjutkan, Indra Sjafri Minta Pemain Tenang
Pertandingan Indonesia vs Vietnam kembali dilanjutkan usai cooling break. Indra Sjafri tampak meminta pemain Indonesia untuk tampil lebih tenang.

17:38 Cooling Break, Indonesia 2-1 Vietnam
Pada menit ke-75 wasit memberikan cooling break untuk para pemain. Saat ini Indonesia masih unggul 2-1 atas Vietnam.

17:35 Tembakan Rudal Taufany Ancam Vietnam
Pada menit ke-73 kepercayaan diri dan keberanian Taufany menggiring bola dari tengah lalu melepaskan tembakan keras seperti \’rudal\’ berhasil mengejutkan Vietnam. Sayangnya, tembakan Taufany masih melenceng tipis ke sisi kanan gawang Vietnam meski membuat kiper lawan harus jungkir balik.

17:33 Shooting Jarak Jauh Vietnam Berbahaya
Pada menit ke-71 pemain Vietnam Van Khang Khuat melepaskan tembakan keras mendatar dari luar kotak penalti yang mengancam gawang Indonesia. Namun tembakannya masih melenceg tipis di sisi kiri gawang Indonesia.

17:31 Pemain Vietnam Ditabrak Ramadhan
Pada menit ke-69, pemain Vietnam Nguyen Thanh Nhan membutuhkan perawatan medis usai ditabrak Ramadhan Sananta saat duel di lini tengah permainan. Usai duel tersebut tak hanya membuat Thanh Nhan harus menahan sakit di bagian perut, tapi juga harus menahan sakit di bagian kaki karena salah jatuh. Pemain Vietnam itu pun harus ditandu keluar lapangan.

17:28 Vietnam Mengepung, Indonesia Lugas
Keunggulan jumlah pemain membuat Vietnam terus mengepung Indonesia. Namun penampilan lugas, impresif, dan ngotot dari pemain Indonesia mampu menggagalkan serangan Vietnam.

17:27 Rio Fahmi Gantikan Witan
Pada menit ke-64, Rio Fahmi dimasukkan menggantikan Witan Sulaeman.

17:25 Vietnam Masukan Pemain Baru
Usai Indonesia bermain dengan 10 pemain, Vietnam langsung memasukan dua pemain baru guna menambah daya gedor.

17:24 Arhan Protes kepada Wasit
Pratama Arhan melakukan protes kepada wasit usai mendapatkan kartu merah. Setelah itu dia keluar lapangan dengan wajah kesal.

17:23 Arhan Kartu Merah
Pratama Arhan mendapatkan kartu kuning kedua yang berujung kartu merah usai melanggar Nguyen Duc Phu pada menit ke-60. Indonesia pun harus bermain dengan 10 pemain.

17:20 Rizky Ridho dan Pemain Vietnam Adu Kepala
Pada menit ke-57, bek Indonesia Rizky Ridho beradu kepala dengan pemain Vietnam Tran Quang Thinh saat duel udara. Wasit sempat menghentikan permainan. Setelah dapat perawatan kedua pemain bisa kembali melanjutkan permainan.

17:18 Vietnam Mengancam
Pada menit ke-55, Vietnam bereaksi dengan melancarkan serangan dari sisi kiri pertahanan Indonesia. Pemain sayap Vietnam kemudian mengirimkan umpan silang, namun bola dapat dibuang oleh Rizky Ridho.

17:16 Gooool Indonesia, Skor 2-1
Pada menit ke-53 Arhan melepaskan lemparan ke dalam jarak jauh langsung ke mulut gawang lalu ditepis kiper Vietnam bola jatuh ke arah Marselino yang langsung melepaskan tembakan dan sempat menyentuh kaki Ferarri dan tercipta gol.

17:13 Kerja Sama Witan dan Arhan Gagal
Pada menit ke-50 Witan dan Arhan melakukan kerja sama satu-dua dalam melancarkan serangan balik. Sayangnya ketika mendekati kotak penalti Vietnam, Witan terlalu lama mengambil keputusan sehingga serangan Indonesia gagal.

17:11 Vietnam Ball Possession, Indonesia Serangan Balik
Pada awal babak kedua para pemain Vietnam lebih banyak menguasai bola, sementara pemain Indonesia lebih banyak menunggu momen untuk melancarkan serangan balik cepat.

17:10 Serangan Vietnam Digagalkan Rizky Ridho
Pada menit ke-48 sebuah passing ke jantung pertahanan Indonesia mampu digagalkan Rizky Ridho.

17:08 Kick-off Babak Kedua Indonesia vs Vietnam
Pertandingan babak kedua Indonesia vs Vietnam sudah dimulai. Skor 1-1.

17:07 Ananda Raehan Diganti Taufany
Pada awal babak kedua pelatih Indonesia Indra Sjafri melakukan pergantian dua pemain. Muhammad Ferarri gantikan Komang Teguh, sementara Muhammad Taufany gantikan Ananda Raehan yang cedera.

17:05 Pemain Masuk ke Lapangan
Para pemain sudah kembali memasuki lapangan untuk menjalani pertandingan babak kedua.

17:05 Permainan Positif Indonesia di Babak Pertama
Timnas Indonesia U-22 secara umum sebenarnya tampil baik di babak pertama. Kesalahan-kesalahan elementer seperti umpan atau kontrol tidak banyak terlihat di babak pertama.

Para pemain juga aktif dalam bergerak dan mencoba terlibat dalam permainan. Hanya saja sayangnya Indonesia kecolongan akibat kelengahan dalam mengantisipasi umpan silang Vietnam.

17:01 Evaluasi di Babak Pertama
Para pemain Indonesia harus mengevaluasi penampilan mereka di babak pertama demi tampil lebih baik di babak kedua.

Para pemain Indonesia diharapkan bisa tampil lebih fokus, lebih ngotot, dan harus bisa mengontrol emosi dalam menghadapi provokasi pemain Vietnam.

16:58 Indonesia Tampil Baik di 10 Menit Pertama
Timnas Indonesia U-22 sejatinya tampil baik di 10 menit pertama hingga akhirnya menghasilkan gol lewat tandukan Komang Teguh. Namun usai unggul Indonesia justru gagal meningkatkan performa permainan.

Situasi ini dimanfaatkan Vietnam untuk memberikan tekanan pada Indonesia hingga akhirnya mampu mencetak gol penyeimbang menjadi 1-1 pada menit ke-35. Tetapi setelah tertinggal para pemain Indonesia mulai kembali tampil ngotot.

16:54 Pemain Turun Minum
Pertandingan Indonesia vs Vietnam memasuki jeda pertandingan. Para pemain memasuki ruang ganti.

16:51 Hasil Babak 1: Indonesia Ditahan Vietnam 1-1
Pertandingan babak pertama Indonesia vs Vietnam berakhir imbang 1-1.

16:50 Pemain Indonesia dan Vietnam Ribut
Pada menit ke-45+3 pemain Indonesia terpancing emosi usai pemain Vietnam melakukan provokasi. Berawal dari pelanggaran Komang Teguh terhadap pemain Vietnam, tapi pemain Vietnam lainnya yaitu Vo Minh Trong mencoba mendorong Komang. Aksi Von Minh Trong itu memancing emosi Alfeandra Dewangga hingga akhirnya dapat kartu kuning.

16:46 Percobaan Tembakan Pemain Vietnam
Pada menit ke-45+1, pemain Vietnam Nguyen Thai Son mencoba melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Namun tembakannya masih sedikit melenceng di sisi kiri gawang Indonesia.

16:45 Tambahan Waktu 5 Menit
Wasit memberikan tambahan waktu selama lima menit di akhir babak pertama.

16:42 Indonesia Kuasai Bola
Pada menit ke-42 Indonesia mulai kembali tampil ngotot dan mencoba mengambil alih penguasaan bola.

16:36 Goool Vietnam, Skor 1-1
Pada menit ke-36 Vietnam berhasil menyamakan kedudukan lewat tandukan Van Tung Nguyen usai meneruskan umpan silang dari Nguyen Phu Duc. Skor 1-1.

16:34 Tembakan Arhan Melenceng
Pada menit ke-34 Arhan berhasil merangsek ke sisi kanan pertahanan Vietnam yang diakhiri melepaskan tembakan ke gawang lawan. Sayang, tembakannya masih terlalu lemah dan sedikit melenceng ke sisi kanan gawang Vietnam.

16:33 Shooting Jarak Jauh Dewangga
Pada menit ke-32 shooting jarak jauh Alfeandra Dewangga meluncur deras di atas mistar gawang Vietnam.

16:30 Alfeandra Dewangga Dilanggar
Pada menit ke-30, pemain Indonesia Alfeandra Dewangga terpaksa harus dijatuhkan pemain Vietnam di lini tengah saat tengah berusaha memulai serangan balik.

16:29 Arhan Kartu Kuning
Bek kiri Timnas Indonesia Pratama Arhan mendapatkan kartu kuning pada menit ke-30 usai melanggar pemain Vietnam dari belakang.

16:29 Bagas Nyaris Cetak Gol
Pada menit ke-29 umpan Fajar yang melewati sela-sela kaki pemain belakang Vietnam berhasil diterima Bagas. Bagas dari sisi kiri gawang Vietnam langsung melepaskan tembakan. Sayangnya, tembakan Bagas masih bisa diblok kiper Vietnam.

16:28 Kartu Kuning Pemain Vietnam
Pemain Vietnam Le Van Do mendapatkan kartu kuning pada menit ke-27 usai tidak sengaja menendang wajah Bagas saat duel.

16:24 Solo Run Witan
Pada menit ke-23 Witan melakukan solo run apik dari lini belakang sampai ke lini serang Indonesia, kemudian dia mengirimkan umpan kepada Fajar di sisi kanan. Sayangnya, Fajar gagal mengirimkan umpan silang dengan sempurna kepada Ramadhan yang sudah berdiri di kotak penalti Vietnam. Gagal serangan Indonesia.

16:21 Vietnam Kuasai Permainan
Pada menit ke-22 Vietnam kembali mencoba mengambil alih penguasaan bola.

16:19 Ananda Raehan Ditandu
Pada menit ke-19, gelandang Timnas Indonesia U-22 Ananda Raehan harus ditandu keluar lapangan karena cedera usai dilanggar keras pemain Vietnam. Namun ofisial tim Indonesia mengisyaratkan Andan Raehan dapat kembali melanjutkan permainan.

16:18 Peluang Ramadhan
Menit ke-17, Ramadhan Sananta melepaskan tembakan yang mengarah tepat ke penjaga gawang Vietnam.

16:16 Erick Thohir Nonton Indonesia vs Vietnam
Ketua Umum PSSI Erick Thohir juga hadir menyaksikan laga Indonesia vs Vietnam.

16:15 Ramadhan Sananta Offside
Pada menit ke-15 penyerang Timnas Indonesia U-22 Ramadhan Sananta gagal lolos dari jebakan offside barisan pertahanan Vietnam saat mendapat umpan direct dari lini tengah Indonesia.

16:13 Pergerakan Arhan Hasilkan Sepak Pojok
Pada menit ke-13 pergerakan Arhan merangsek dari sisi kanan pertahanan Vietnam hasilkan sepak pojok.

16:12 Indonesia Serang Vietnam
Pada menit ke-11 usai Indonesia unggul para pemain Garuda semakin nyaman bermain dan melancarkan serangan terus menerus ke pertahanan Vietnam.

16:10 Goool Indonesia, Skor 1-0
Pada menit ke-10 Arhan melepaskan lemparan ke dalam jarak jauh yang menghasilkan gol yang dicetak Komang Teguh. Umpan lambung Arhan berhasil diteruskan lewat tandukan Komang Teguh. Indonesia unggul 1-0 atas Vietnam.

16:09 Shin Tae Yong Nonton Indonesia vs Vietnam
Pelatih Timnas Indonesia senior Shin Tae Yong turut menyaksikan laga Indonesia vs Vietnam dari tribune penonton dengan didampingi para asistennya.

16:07 Tendangan Bebas Vietnam
Pada menit kelima Vietnam mengancam gawang Indonesia lewat tendangan bebas dari sisi kiri pertahanan tim Garuda. Beruntung bola tendangan bebas Vietnam dapat diamankan kiper Indonesia Ernando Ari.

16:04 Tendangan Sudut Witan
Pada menit ketiga Indonesia mendapatkan tendangan sudut yang dieksekusi Witan Sulaeman. Umpan Witan mampu ditanduk Alfeandra Dewangga dan mengarah kepada Ramadhan Sananta, namun kiper Vietnam dengan sigap dalam merebut bola.

16:02 Indonesia Pegang Bola
Mulai pada menit kedua Indonesia mulai menguasai permainan. Serangan dari sisi kanan yang digalang Marselino Ferdinan mampu mengancam pertahanan Vietnam.

16:01 Vietnam Coba Kuasai Bola
Vietnam mencoba bermain sabar untuk menguasai bola dengan memainkan umpan pendek dari kaki ke kaki.

16:00 Kick-off Indonesia vs Vietnam
Kick-off Indonesia vs Vietnam telah dilakukan tanda pertandingan dimulai. Indonesia mengenakan kostum merah-merah-merah, sedangkan Vietnam mengenakan kostum putih-putih-putih.

Follow Berita Tenggulangbaru.id di Google News