Selamat datang di website resmi Desa Tenggulang Baru -- selengkapnya... Mari kita saling bersinergi untuk mewujudkan pembangunan desa tercinta ini melalui semangat gotong royong dan kerjasama antar elemen masyarakat desa. -- selengkapnya... Lebih bijak dalam menyikaapi pandemi Corona Virus COVID-19 dengan mengetahui mencari informasi yang benar melalui Media Informasi Resmi Terkini Covid-19 -- selengkapnya... Bersama-sama mari kita putuskan rantai penyebaran COVID-19 dengan melakukan hal-hal berikut : 1. Menjaga kebersihan area rumah dan fasilitas umum seperti Masjid, Musholla, Sekolah dan lain-lain. 2. Menyediakan sarana cuci tangan barupa air mengalir dan sabun atau hand sanitizer di depan rumah. 3. Menunda kegiatan yang mengumpulkan banyak orang seperti pengajian, pernikahan, tontonan atau hiburan massa dan hajatan atau kegiatan serupa lainnya. Bersama-sama mari kita putuskan rantai penyebaran COVID-19 dengan melakukan hal-hal berikut : 1. Menjaga kebersihan area rumah dan fasilitas umum seperti Masjid, Musholla, Sekolah dan lain-lain. 2. Menyediakan sarana cuci tangan barupa air mengalir dan sabun atau hand sanitizer di depan rumah. 3. Menunda kegiatan yang mengumpulkan banyak orang seperti pengajian, pernikahan, tontonan atau hiburan massa dan hajatan atau kegiatan serupa lainnya. 4. Menunda bepergian keluar desa ataupun perjalanan keluar daerah. 5. Mengurangi kontak langsung seperti berjabat tangan, jika dilakukan biasakan segera mencuci tangan dengan air mengalir atau hand sanitizer. 6. Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir /hand sanitizer dilakukan sebelum melakukan aktifitas dan setelah selesai aktifitas. 7. Terapkan etika batuk (tutup hidung dan mulut dengan tisu atau lengan atas bagian dalam). 8. Gunakan masker jika batuk / flu. 9. Melaporkan kepada perangkat desa atau petugas medis desa jika ada anggota keluarga yang baru datang dari luar daerah, terutama terhadap orang yang baru datang dari daerah terjangkit Covid-19, untuk pengecekan oleh petugas medis desa terlebih dahulu.

Artikel

Cara Daftar BLT BBM dan Bansos Lainnya menggunakan Aplikasi Cek Bansos

22 September 2022 15:41:56  AdminTB  120.741 Kali Dibaca  BERITA

Bagi masyarakat yang belum ataupun tidak menerima bantuan sosial (Bansos) Tahun 2022 dari Kementerian Sosial padahal memenuhi syarat yang ada, bisa mengajukan diri di Aplikasi Cek Bansos.

Adapun syarat penerima bansos atau BLT BBM 2022 adalah fakir miskin yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Namun demikian, di Aplikasi Cek Bansos, Anda bisa mengajukan sendiri sebagai penerima BLT BBM 2022 yang nantinya akan ditinjau oleh pemerintah daerah.

Adapun besaran BLT BBM yang akan disalurkan yakni Rp300.000 yang diberikan sebanyak dua kali pencairan yaitu pada bulan September dan Desember 2022.

Baca Juga: Tentang PKH 2022 dan Cara cek PKH melalui Cekbansos untuk para Penerima Manfaat PKH

Sebelum mengajukan sendiri sebagai penerima bansos 2022, sebaiknya pastikan dahulu apakah Anda termasuk penerima BLT BBM 2022 atau tidak.

Berikut ini cara cek status penerima BLT BBM di laman cekbansos.kemensos.go.id.

  1. Masukkan Alamat Lengkap domisili dari Provinsi, Kabupaten, Kecamatan hingga Desa.
  2. Masukkan Nama Lengkap sesuai KTP.
  3. Masukkan kode Captcha yang terdiri dari 8 digit huruf, sertakan juga spasi
    Kemudian, klik "Cari Data".
  4. Jika Anda termasuk penerima bansos, maka pada kolom BLT BBM akan tercantum keterangan "YA", jika bukan penerima akan ada keterangan "TIDAK".

 

Cara Daftar Mengajukan Diri sebagai Penerima BLT BBM

Sebelum daftar dan mengajukan diri sebagai penerima BLT, anda harus sudah mempunyai akun kemensos. Adapun cara membuat akun Kemensos adalah sebagai berikut:

  1. Download Aplikasi Cek Bansos” di Playstore, pastikan merupakan aplikasi dari developer Kementerian Sosial.
  2. Setelah didownload, buka aplikasinya.
  3. Pilih “Buat akun baru” dan lakukan pengisian data diri.
  4. Pengisian data diri meliputi:
    1. Nomor K
    2. NIK Nama Lengkap
    3. Provinsi Kabupaten/Kota
    4. Kecamatan
    5. Kelurahan/Desa
    6. Alamat dan Rt/Rw
    7. Nomor ponsel
    8. Alamat e-mail
    9. Username & password
  5. Lampirkan Swafoto dengan foto KTP dan Foto KTP.
  6. Klik tombol “Buat Akun Baru”.
  7. Jika sudah selesai akan dikirimkan pesan aktivasi ke email dan cek email anda.
  8. Selanjutnya lakukan Login menggunakan akun dan username yang sudah dibuat.
  9. Setelah login Anda akan bisa melihat status bantuan yang diterima

Sebagai catatan: data diri harus diisi sesuai data kependudukan karena akan ada proses untuk memadankan data dukcapil.

Setelah membuat akun Kemensos, masyarakat luas juga bisa memantau apakah Bansos disalurkan sesuai dengan kondisi sebenarnya atau tidak melalui Aplikasi Cek Bansos, karena di dalam aplikasi tersebut terdapat fitur Usul dan Sanggah.

Fitur Usul digunakan jika ada orang yang berhak mendapatkan bantuan sosial (termasuk anda) tapi tidak mendapatkannya. 

Fitur Sanggah sebaliknya, digunakan jika ada yang tidak berhak tetapi mendapatkan bantuan sosial.

 


Baca Juga: Cek Bantuan Langsung Tunai atau BLT BBM 2022 melalui DTKS Cek Bansos Kemensos

 

Cara Menggunakan Fitur Usul

Fitur Usul digunakan jika ada orang yang berhak mendapatkan bantuan sosial (termasuk anda) tapi tidak mendapatkannya. Adapun cara menggunakan Fitur Usul adalah sebagai berikut:

  1. Unduh Aplikasi Cek Bansos di Playstore, daftar dan Log in.
  2. Klik tombol menu Daftar Usulan pada halaman menu.
  3. Klik tombol Tambah Usulan.
  4. Mengisi formulir sesuai dengan data kependudukan Calon Penerima Manfaat.
  5. Pilih jenis bantuan sosial (BPNT/PKH).
  6. Unggah 2 foto (KTP dan rumah tampak depan)

 

Cara Menggunakan Fitur Sanggah

Fitur Sanggah adalah kebalikan dari Fitur Usul. Fitur Sanggah digunakan untuk menilai apakah seseorang di sekitar daerah Anda layak mendapatkan BLT atau tidak.

Nantinya dalam Aplikasi Cek Bansos akan ditampilkan siapa saja penerima BLT di sekitar wilayah Anda.

Berikut cara menggunakan fitur Sanggah:

  1. Buka Aplikasi Cek Bansos.
  2. Klik menu "Tanggapan Kelayakan".
  3. Lalu akan ditampilkan data penerima BLT di sekitar tempat tinggal Anda.
  4. Berikan tanggapan dengan memilih ikon "jempol menghadap ke bawah" untuk dinilai tidak layak atau "jempol menghadap ke atas" untuk dinilai sudah layak.
  5. Setelah itu, isi alasan mengapa orang tersebut tidak layak menerima BLT.
  6. Klik kirimkan tanggapan

Setelah mengajukan diri lewat fitur Usul Sanggah ini, nantinya Kemensos akan memverifikasi data tersebut.

 

Hati-hati, Beredar pesan hoax di grup WhatsApp juga Facebook yang menyebutkan adanya pendaftaran PKH Tahap 2 melalui link https://pkh22.my.id/?v=105GigaBytes

Kementerian Sosial TIDAK PERNAH membuat website ataupun tautan yang membuka pendaftaran untuk Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap 2. Adapun penerima bantuan sosial PKH, adalah masyarakat yang telah terdaftar ke dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang diusulkan Pemerintah Daerah atau dapat mengajukan melalui Aplikasi Cek Bansos.

Masyarakat diharapkan agar berhati-hati dan dihimbau agar selalu mengecek ulang kebenaran sebuah informasi sebelum menyebarkannya. Pastikan sumber informasi hanya berasal dari sumbersumber terpercaya. Informasi mengenai bantuan sosial serta informasi lainnya dapat dicek melalui website official Kementerian Sosial di tautan kemensos.go.id maupun akun resmi media sosial Kementerian Sosial yang sudah terverifikasi. [admin-TB]

nelius wenda
06 Desember 2022 22:49:05
ingin bantuan dana bansos
Ira sovina
02 Desember 2022 22:37:52
Untuk bapak ibu , tolong saya di masukan dalam bantuan PKH atau bantuan BLT yg lain nya karna saya sangat membutuhkan saya punya anak kecil2 3, dan tidak pernah menerima bantuan apa pun dari desa atau RT syaa, terimakasih
Joko
02 Desember 2022 22:13:09
Dapat kartu PKH tapi tidak dapat isinya,,cuma kasih harapan palsuuu,,herann udah 1 tahun Tidak ada tindakan sama sekali..
casudi
02 Desember 2022 07:37:53
saya di sini kluarga tidak mampu, ga dapat bantuan apa apa, tolong dong biar kami dapat kaya yg lain
Tain
01 Desember 2022 22:02:24
Bansos ini bnr2 tidak adil menurut saya, karena byk org yg mampu malah mendapatkan bantuan, dan yg seharusnya layak mendapatkan bantuan malah tidak dapat bantuan, ini kayaknya ada Kong kalikong sama aparat desa... Mohon pihak kemensos turun langsung melihat kondisi yg sebenarnya, supaya bantuan ini tepat sasaran... D daerah saya byk yg tidak tepat sasaran... Wassalam
Marjohan
30 November 2022 19:25:05
Saya belum pernah menerima bentuk bantuan apapun dari Mensos sejak pak Jokowi menjabat jadi presiden. Sedangkan saya yang hanya kerja sebagai kuli UKM sementara toke saya tempat saya bekerja mendapat kan bansos dan BLT
Didiirya
26 November 2022 02:42:03
Sy tidak pernah dapat bantuan apapun dari pemerintah tolong lah yg adil
Yusni Rosmiyanti
26 November 2022 02:38:00
Saya sudah daftar belum dapat lagi.
Yusni Rosmiyanti
26 November 2022 02:34:30
Saya belum dapat bansos sudah daftar.
Yusni Rosmiyanti
25 November 2022 22:03:04
Belum dapat bansos
Yusni Rosmiyanti
25 November 2022 22:01:42
Belum dapat bantuan
Yusni Rosmiyanti
25 November 2022 21:59:49
Blm dpt bantuan
Yusni Rosmiyanti
25 November 2022 21:54:42
Belum dapat bansos
Yusni Rosmiyanti
25 November 2022 21:37:57
Bapak / ibu saya belum dapat bansos.
Yusni Rosmiyant
25 November 2022 21:35:20
Bapa / ibu saya butuh bansos
APEP SAEPUL ROHMAN
18 November 2022 00:55:21
Saya tinggal di kampung babakan jareged kab garut kec samarang des. Parakan. sudah lama tapi belum pernah mendapat kan bantuan dari pemerintah tolong permudah saya juga termasuk masyarakat kurang mampu
Ovan
15 November 2022 16:56:38
Tolong masukan data saya ke bansos
Munah
11 November 2022 19:27:10
Ya
Zainul ahmad
09 November 2022 13:58:27
tolong saya pk mulai saya tingga di desa yg saya tinggal sedikit pun saya gk pernah dapat bantuan mulai dari gk punya anak sampai anak saya sekolah dn sampai sekarang gk pernah dapat apa ap tolong saya pk
Elistin widyawati
08 November 2022 03:43:25
Saya keluarga miskin. Saya punya nak sekolah SD dan 2 balita. Suami saya pkh karena covid. Tolong daftar kan saya. Pkh. Saya sangat membutuhkan. A.
Fatir
07 November 2022 23:38:22
Blum pernah sama sekali butuh bantuan
Dahlam
07 November 2022 01:20:02
Tolong sy pak sy belum pernah dpt bantuan apapun.
ABIDIN
01 November 2022 14:26:09
Bismilah baru daftar
Ansar Soulissa
27 Oktober 2022 20:59:30
Daftar BLT
Silpia
25 Oktober 2022 07:21:30
Ingin dapat bansos
Muhamad hapid hidayat
21 Oktober 2022 07:42:21
Tolong masukan saya ke bantuan blt bbm atau ke pkh
Kusnita
19 Oktober 2022 08:02:30
Pak saya tidak pernah dapet bantuan apapun dari pemerintah saya single parent anak sekolah dua orang mohon bantuan nya terima kasih
rikiferdiansyah
19 Oktober 2022 02:36:46
ingin dapat bantuan
Agiet maulana
15 Oktober 2022 02:49:38
Ingin BLT BBM
Yusup
13 Oktober 2022 15:05:25
Saya ingin batuan blt bbm
Hendrik
08 Oktober 2022 01:18:31
Selamat Pagi Bapak/Ibu Tolong Kami Masukan Ke BLT/BBM dan Bantuan Anak Sekolah Karena Kami Sangat Membutuhkan Bantuan dari Pemerintah Sebelumnya Kami Mengucapkan Banyak Terimakasih.........????????
AFRIZAL
07 Oktober 2022 04:51:18
Tolong data saya di masukan dalam bansos,anak masih bayi.keluarga kami membutuhkan
Dani
06 Oktober 2022 15:42:32
Ingin mendapatkan bantuan
Dikin
02 Oktober 2022 09:16:30
Belum cair2 nih ,padahal udh daftar
Andre febriyansah
30 September 2022 09:20:11
Berharap dapat uang bantuan.
Dimas Junoyo Aji Prasetyo
29 September 2022 17:26:24
Butuh bansos BLT BBM
Zulkurnain
29 September 2022 16:57:06
Ya
Siti khotimah
29 September 2022 02:08:43
tolong data keluarga saya dimasukkan dlm bansos kip ank sekolah..kluarga kami sangat membutuhkan
Darwita
23 September 2022 05:08:46
Ingin dapat bansos

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur

Back Next

 Arsip Artikel

30 April 2014 | 1.067 Kali
TKP2KDes
07 November 2014 | 75.709 Kali
Pemerintahan Desa
27 November 2022 | 14.957 Kali
Laga Timnas Belgia Vs Maroko di Group F Piala Dunia FIFA 2022 Qatar
06 Agustus 2019 | 77.499 Kali
TUPOKSI PERANGKAT DESA
26 Agustus 2016 | 76.451 Kali
Wilayah Desa
02 November 2022 | 283 Kali
APA ITU SIARAN TELEVISI DIGITAL?
30 April 2014 | 76.054 Kali
PKK

 Statistik

 Media Sosial

 Safelinku

 Peta Wilayah

 Komentar

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : SP 5, Tenggulang Baru Kec. Babat Supat Kab. Musi Banyuasin Prov. Sumatera Selatan
: Tenggulang Baru
Kecamatan : Babat Supat
Kabupaten : Musi Banyuasin
Kodepos : 30755
Telepon : 08117324000
Email : [email protected]

 Sinergi Program

OpenDesa
SMP Hidayatut Thullab
PCNU Musi Banyuasin
Masjid Darul Abror
Lapak Tenggulang Baru
The Express

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:2.554
    Kemarin:47.792
    Total Pengunjung:5.437.789
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.71.222.75
    Browser:Tidak ditemukan