Diawali dengan Bismillah, menyambut bulan penuh berkah. Mari tingkatkan keimanan dan takwa. Semoga ibadah kita sebulan mendatang diterima oleh Allah SWT, bisa berpuasa sebulan penuh dan terhindar dari menuruti hawa nafsu Seiring terbenam mentari di akhir Syakban. Berganti, menyambut Bulan Ramadan yang suci. Pesan ini sebagai ganti jabat tangan, Marhaban ya Ramadan! Marilah kita selalu bersyukur, dan semoga Ramadan tahun 2023 ini damai dan penuh berkah. Marhaban Ya Ramadan. Mari kita sambut bulan yang suci dengan hati yang bersih dan saling memaafkan. Marhaban Ya Ramadan! Semoga kita semua mendapat kesuksesan dan kemakmuran, serta rahmat dari Allah SWT. Wishing you a happy Ramadan! May Allah SWT bless your path with knowledge and light that will help to enlighten your heart! (Semoga Ramadanmu menyenangkan! Semoga Allah SWT memberkati jalanmu dengan ilmu dan cahaya yang akan membantu menerangi hatimu!) Selamat Hari Anak Sedunia 2023 untuk semua anak terkasih. Semoga kelak dapat melayani setiap orang dengan penuh kasih sayang dan rasa sabar. -- selengkapnya... Selamat Hari Anak Sedunia. Semoga peringatan ini bisa memberikan kesadaran semua pihak untuk lebih mengutamakan pendidikan untuk anak. -- selengkapnya...

Artikel/Berita

Bansos

Cara Daftar BLT BBM dan Bansos Lainnya menggunakan Aplikasi Cek Bansos

Admin TB

22 September 2022 01:41:56

165.778 Kali Dibaca

Bagi masyarakat yang belum ataupun tidak menerima bantuan sosial (Bansos) Tahun 2022 dari Kementerian Sosial padahal memenuhi syarat yang ada, bisa mengajukan diri di Aplikasi Cek Bansos.

Adapun syarat penerima bansos atau BLT BBM 2022 adalah fakir miskin yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Namun demikian, di Aplikasi Cek Bansos, Anda bisa mengajukan sendiri sebagai penerima BLT BBM 2022 yang nantinya akan ditinjau oleh pemerintah daerah.

Adapun besaran BLT BBM yang akan disalurkan yakni Rp300.000 yang diberikan sebanyak dua kali pencairan yaitu pada bulan September dan Desember 2022.

Baca Juga: Tentang PKH 2022 dan Cara cek PKH melalui Cekbansos untuk para Penerima Manfaat PKH

Sebelum mengajukan sendiri sebagai penerima bansos 2022, sebaiknya pastikan dahulu apakah Anda termasuk penerima BLT BBM 2022 atau tidak.

Berikut ini cara cek status penerima BLT BBM di laman cekbansos.kemensos.go.id.

  1. Masukkan Alamat Lengkap domisili dari Provinsi, Kabupaten, Kecamatan hingga Desa.
  2. Masukkan Nama Lengkap sesuai KTP.
  3. Masukkan kode Captcha yang terdiri dari 8 digit huruf, sertakan juga spasi
    Kemudian, klik "Cari Data".
  4. Jika Anda termasuk penerima bansos, maka pada kolom BLT BBM akan tercantum keterangan "YA", jika bukan penerima akan ada keterangan "TIDAK".

 

Cara Daftar Mengajukan Diri sebagai Penerima BLT BBM

Sebelum daftar dan mengajukan diri sebagai penerima BLT, anda harus sudah mempunyai akun kemensos. Adapun cara membuat akun Kemensos adalah sebagai berikut:

  1. Download Aplikasi Cek Bansos” di Playstore, pastikan merupakan aplikasi dari developer Kementerian Sosial.
  2. Setelah didownload, buka aplikasinya.
  3. Pilih “Buat akun baru” dan lakukan pengisian data diri.
  4. Pengisian data diri meliputi:
    1. Nomor K
    2. NIK Nama Lengkap
    3. Provinsi Kabupaten/Kota
    4. Kecamatan
    5. Kelurahan/Desa
    6. Alamat dan Rt/Rw
    7. Nomor ponsel
    8. Alamat e-mail
    9. Username & password
  5. Lampirkan Swafoto dengan foto KTP dan Foto KTP.
  6. Klik tombol “Buat Akun Baru”.
  7. Jika sudah selesai akan dikirimkan pesan aktivasi ke email dan cek email anda.
  8. Selanjutnya lakukan Login menggunakan akun dan username yang sudah dibuat.
  9. Setelah login Anda akan bisa melihat status bantuan yang diterima

Sebagai catatan: data diri harus diisi sesuai data kependudukan karena akan ada proses untuk memadankan data dukcapil.

Setelah membuat akun Kemensos, masyarakat luas juga bisa memantau apakah Bansos disalurkan sesuai dengan kondisi sebenarnya atau tidak melalui Aplikasi Cek Bansos, karena di dalam aplikasi tersebut terdapat fitur Usul dan Sanggah.

Fitur Usul digunakan jika ada orang yang berhak mendapatkan bantuan sosial (termasuk anda) tapi tidak mendapatkannya. 

Fitur Sanggah sebaliknya, digunakan jika ada yang tidak berhak tetapi mendapatkan bantuan sosial.

 


Baca Juga: Cek Bantuan Langsung Tunai atau BLT BBM 2022 melalui DTKS Cek Bansos Kemensos

 

Cara Menggunakan Fitur Usul

Fitur Usul digunakan jika ada orang yang berhak mendapatkan bantuan sosial (termasuk anda) tapi tidak mendapatkannya. Adapun cara menggunakan Fitur Usul adalah sebagai berikut:

  1. Unduh Aplikasi Cek Bansos di Playstore, daftar dan Log in.
  2. Klik tombol menu Daftar Usulan pada halaman menu.
  3. Klik tombol Tambah Usulan.
  4. Mengisi formulir sesuai dengan data kependudukan Calon Penerima Manfaat.
  5. Pilih jenis bantuan sosial (BPNT/PKH).
  6. Unggah 2 foto (KTP dan rumah tampak depan)

 

Cara Menggunakan Fitur Sanggah

Fitur Sanggah adalah kebalikan dari Fitur Usul. Fitur Sanggah digunakan untuk menilai apakah seseorang di sekitar daerah Anda layak mendapatkan BLT atau tidak.

Nantinya dalam Aplikasi Cek Bansos akan ditampilkan siapa saja penerima BLT di sekitar wilayah Anda.

Berikut cara menggunakan fitur Sanggah:

  1. Buka Aplikasi Cek Bansos.
  2. Klik menu "Tanggapan Kelayakan".
  3. Lalu akan ditampilkan data penerima BLT di sekitar tempat tinggal Anda.
  4. Berikan tanggapan dengan memilih ikon "jempol menghadap ke bawah" untuk dinilai tidak layak atau "jempol menghadap ke atas" untuk dinilai sudah layak.
  5. Setelah itu, isi alasan mengapa orang tersebut tidak layak menerima BLT.
  6. Klik kirimkan tanggapan

Setelah mengajukan diri lewat fitur Usul Sanggah ini, nantinya Kemensos akan memverifikasi data tersebut.

 

Hati-hati, Beredar pesan hoax di grup WhatsApp juga Facebook yang menyebutkan adanya pendaftaran PKH Tahap 2 melalui link https://pkh22.my.id/?v=105GigaBytes

Kementerian Sosial TIDAK PERNAH membuat website ataupun tautan yang membuka pendaftaran untuk Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap 2. Adapun penerima bantuan sosial PKH, adalah masyarakat yang telah terdaftar ke dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang diusulkan Pemerintah Daerah atau dapat mengajukan melalui Aplikasi Cek Bansos.

Masyarakat diharapkan agar berhati-hati dan dihimbau agar selalu mengecek ulang kebenaran sebuah informasi sebelum menyebarkannya. Pastikan sumber informasi hanya berasal dari sumbersumber terpercaya. Informasi mengenai bantuan sosial serta informasi lainnya dapat dicek melalui website official Kementerian Sosial di tautan kemensos.go.id maupun akun resmi media sosial Kementerian Sosial yang sudah terverifikasi. [admin-TB]

Komentar

Anira

16 Februari 2023 07:46:22

Apakah Anda pernah menjadi korban penipuan? Kehilangan dompet atau uang Anda karena peretas online palsu? Saya mohon Anda untuk menghubungi peretas tepercaya dan pakar pemulihan PERETAS ASLI ini. Saya adalah korban dari orang-orang palsu yang menyamar sebagai opsi biner dan investor bitcoin, saya kehilangan sejumlah $10.000 dan 2BTC dari dompet bitcoin saya ke orang-orang palsu ini. Butuh beberapa saat sebelum saya menyadari bahwa itu adalah penipuan dan ini sangat menyakitkan. Kemudian seorang teman saya mendengarnya dan merekomendasikan saya kepada HACKER ASLI yang membantu saya memulihkan semua yang hilang dari saya. Untuk informasi lebih lanjut kirim email ke [email protected] atau melalui WhatsApp +1 INSERT INTO `komentar` (`id`, `id_artikel`, `owner`, `email`, `subjek`, `komentar`, `tgl_upload`, `status`, `tipe`, `no_hp`, `updated_at`, `is_archived`, `permohonan`) VALUES (260) 218-3592.

Ahmad sirojuddin

14 Januari 2023 18:24:54

napa belum bisa

Ahmad sirojuddin

14 Januari 2023 18:22:37

gimana ni

JUNi ardi

08 Januari 2023 16:51:10

Ingin dapat bansos

RAMI

07 Januari 2023 22:12:30

Saya masih sekolah pak orang tua saya tidak bisa guru tani pak saya masih sekolah berdua orang pak orang SMK curang pesantren pak orang tua saya sudah tua tidak bisa mencari upah di ladang orang pak tolong bantunya dapat bansos pak

Mega purwanti

04 Januari 2023 18:03:10

Saya butuh bantuan buat modal usaha

Siti nurhikmah

04 Januari 2023 02:38:58

Maaf saya sebelumnya belum pernah dapat bantuan apa apa saya mau daftar semoga saya bisa ikut merasakan seperti yang lain mendapatkan bantuan dari pemerintah

Siti nurhikmah

04 Januari 2023 02:37:43

Maaf saya sebelumnya belum pernah dapat bantuan apa apa saya mau daftar semoga saya bisa ikut merasakan seperti yang lain mendapatkan bantuan dari pemerintah

Usman

22 Desember 2022 22:06:10

Kenapa kartu pkh saya sekarang tida bisa dapat bansos lagih . Kip anak sekolah ga keluar Tolong pa minta batuan nya.

Takhrudin

12 Desember 2022 07:40:41

Ingin dapet bansos

Endri

09 Desember 2022 15:57:56

Tolong di bantu. Ini bapak supadi usia 77 tidak pernah dapet bantuan apa pun dari pemerintah.

nelius wenda

06 Desember 2022 08:49:05

ingin bantuan dana bansos

Ira sovina

02 Desember 2022 08:37:52

Untuk bapak ibu , tolong saya di masukan dalam bantuan PKH atau bantuan BLT yg lain nya karna saya sangat membutuhkan saya punya anak kecil2 3, dan tidak pernah menerima bantuan apa pun dari desa atau RT syaa, terimakasih

Joko

02 Desember 2022 08:13:09

Dapat kartu PKH tapi tidak dapat isinya,,cuma kasih harapan palsuuu,,herann udah 1 tahun Tidak ada tindakan sama sekali..

casudi

01 Desember 2022 17:37:53

saya di sini kluarga tidak mampu, ga dapat bantuan apa apa, tolong dong biar kami dapat kaya yg lain

Tain

01 Desember 2022 08:02:24

Bansos ini bnr2 tidak adil menurut saya, karena byk org yg mampu malah mendapatkan bantuan, dan yg seharusnya layak mendapatkan bantuan malah tidak dapat bantuan, ini kayaknya ada Kong kalikong sama aparat desa... Mohon pihak kemensos turun langsung melihat kondisi yg sebenarnya, supaya bantuan ini tepat sasaran... D daerah saya byk yg tidak tepat sasaran... Wassalam

Marjohan

30 November 2022 05:25:05

Saya belum pernah menerima bentuk bantuan apapun dari Mensos sejak pak Jokowi menjabat jadi presiden. Sedangkan saya yang hanya kerja sebagai kuli UKM sementara toke saya tempat saya bekerja mendapat kan bansos dan BLT

Didiirya

25 November 2022 12:42:03

Sy tidak pernah dapat bantuan apapun dari pemerintah tolong lah yg adil

Yusni Rosmiyanti

25 November 2022 12:38:00

Saya sudah daftar belum dapat lagi.

Yusni Rosmiyanti

25 November 2022 12:34:30

Saya belum dapat bansos sudah daftar.

Yusni Rosmiyanti

25 November 2022 08:03:04

Belum dapat bansos

Yusni Rosmiyanti

25 November 2022 08:01:42

Belum dapat bantuan

Yusni Rosmiyanti

25 November 2022 07:59:49

Blm dpt bantuan

Yusni Rosmiyanti

25 November 2022 07:54:42

Belum dapat bansos

Yusni Rosmiyanti

25 November 2022 07:37:57

Bapak / ibu saya belum dapat bansos.

Yusni Rosmiyant

25 November 2022 07:35:20

Bapa / ibu saya butuh bansos

APEP SAEPUL ROHMAN

17 November 2022 10:55:21

Saya tinggal di kampung babakan jareged kab garut kec samarang des. Parakan. sudah lama tapi belum pernah mendapat kan bantuan dari pemerintah tolong permudah saya juga termasuk masyarakat kurang mampu

Ovan

15 November 2022 02:56:38

Tolong masukan data saya ke bansos

Munah

11 November 2022 05:27:10

Ya

Zainul ahmad

08 November 2022 23:58:27

tolong saya pk mulai saya tingga di desa yg saya tinggal sedikit pun saya gk pernah dapat bantuan mulai dari gk punya anak sampai anak saya sekolah dn sampai sekarang gk pernah dapat apa ap tolong saya pk

Elistin widyawati

07 November 2022 13:43:25

Saya keluarga miskin. Saya punya nak sekolah SD dan 2 balita. Suami saya pkh karena covid. Tolong daftar kan saya. Pkh. Saya sangat membutuhkan. A.

Fatir

07 November 2022 09:38:22

Blum pernah sama sekali butuh bantuan

Dahlam

06 November 2022 11:20:02

Tolong sy pak sy belum pernah dpt bantuan apapun.

ABIDIN

01 November 2022 00:26:09

Bismilah baru daftar

Ansar Soulissa

27 Oktober 2022 06:59:30

Daftar BLT

Silpia

24 Oktober 2022 17:21:30

Ingin dapat bansos

Muhamad hapid hidayat

20 Oktober 2022 17:42:21

Tolong masukan saya ke bantuan blt bbm atau ke pkh

Kusnita

18 Oktober 2022 18:02:30

Pak saya tidak pernah dapet bantuan apapun dari pemerintah saya single parent anak sekolah dua orang mohon bantuan nya terima kasih

rikiferdiansyah

18 Oktober 2022 12:36:46

ingin dapat bantuan

Agiet maulana

14 Oktober 2022 12:49:38

Ingin BLT BBM

Yusup

13 Oktober 2022 01:05:25

Saya ingin batuan blt bbm

Hendrik

07 Oktober 2022 11:18:31

Selamat Pagi Bapak/Ibu Tolong Kami Masukan Ke BLT/BBM dan Bantuan Anak Sekolah Karena Kami Sangat Membutuhkan Bantuan dari Pemerintah Sebelumnya Kami Mengucapkan Banyak Terimakasih.........????????

AFRIZAL

06 Oktober 2022 14:51:18

Tolong data saya di masukan dalam bansos,anak masih bayi.keluarga kami membutuhkan

Dani

06 Oktober 2022 01:42:32

Ingin mendapatkan bantuan

Dikin

01 Oktober 2022 19:16:30

Belum cair2 nih ,padahal udh daftar

Andre febriyansah

29 September 2022 19:20:11

Berharap dapat uang bantuan.

Dimas Junoyo Aji Prasetyo

29 September 2022 03:26:24

Butuh bansos BLT BBM

Zulkurnain

29 September 2022 02:57:06

Ya

Siti khotimah

28 September 2022 12:08:43

tolong data keluarga saya dimasukkan dlm bansos kip ank sekolah..kluarga kami sangat membutuhkan

Darwita

22 September 2022 15:08:46

Ingin dapat bansos

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Hosting Murah se Indonesia

Arsip Artikel

Statistik

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Hosting Gratis

MHosting Gratis Rp.0

Komentar

Topani
08 Maret 2024 23:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 22:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 17:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya
Satria setiawan wijaya
06 Maret 2024 23:47:49
Bagaimana cara mndaftarkan ank saya dpet pip... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 22:48:40
Mohon bantuannya ..utk bisa mendapatkan PIP..Anak saya... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 22:47:46
Mohon bantuannya ..utk bisa mendapatkan PIP..Anak saya... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 22:44:08
Bagaimana cara mendapatkan PIP..suami terkena PHK..... selengkapnya
Epelina
01 Maret 2024 13:04:46
Mohon solusinya , knp ya anak saya pd saat masuk SMA... selengkapnya
Adinda desta natasya
29 Februari 2024 10:16:10
Anak sya SD PIP dapat 2x sekarang masuk SMP gak keluar... selengkapnya
UFIYah AFIYAN
27 Februari 2024 17:34:20
Anak saya pernah dapat pip... Satu kali, kali nya terus... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:2.741
Kemarin:5.062
Total Pengunjung:288.426.464
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.174.167
Browser:Tidak ditemukan