Artikel/Berita

Bisnis

Toyota All New Kijang Innova Zenix Bermesin hybrid, Kendaraan Listrik Pertama Toyota di Indonesia

Admin TB

21 November 2022 12:53:30

5.285 Kali Dibaca

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) secara resmi mengumumkan produksi kendaraan listrik pertama Toyota di Indonesia dan membuka peluang ekspor, yaitu Toyota All New Kijang Innova Zenix bermesin hybrid.

Dalam seremoni tersebut, turut hadir Airlangga Hartarto, Menko Bidang Perekonomian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perindustrian, Hao Quoc Tien, Toyota Motor Corporation CEO of Asia Region and President of Toyota Motor Asia Pacific, dan Warih Andang Tjahjono, Presiden Direktur TMMIN.

Hao Quoc Tien dalam sambutannya mengatakan jika Toyota All New Kijang Innova Zenix akan diekspor ke beberapa negara.

Rencananya akan ada 13 negara tujuan dan diharapkan mobil buatan Karawang ini bisa diekspor ke 50 negara secara bertahap.

“Hari ini merupakan hari peluncuran mobil ikonik yang ada di Indonesia, Kijang. Toyota All New Kijang Innova Zenix ini di-develop secara mendalam oleh tim global yang juga disertai tim dari Indonesia,” kata Hao Quoc Tien di plant 1 TMMIN di Karawang, Jawa Barat, Senin (21/11/2022).

Dalam acara tersebut, TMMIN memperkenalkan secara terbatas tampilan All New Kijang Innova Zenix.

Airlangga Hartarto beserta Agus Gumiwang Kartasasmita turut menandatangani mobil tersebut sebagai langkah produksi perdana kendaraan elektrifikasi di Indonesia.

Selain melakukan seremonial, TMMIN juga turut menyerahkan 10 unit alat Augmented Reality (AR) kepada 10 sekolah di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta.

Alat bantuan ini pun diharapkan bisa membantu edukasi mengenai kendaraan elektrifikasi milik Toyota.

“Diharapkan Toyota All New Kijang Innova Zenix ini bisa diekspor ke 13 negara agar Indonesia bisa menjadi basis ekspor. Sekali lagi saya ucapkan selamat,” pungkas Airlangga Hartarto.

 

GAMBARAN KIJANG INNOVA ZENIX

Toyota Kijang Innova Zenix kini menggunakan platform Toyota New Generation Architecture (TNGA). Toyota Kijang generasi ketujuh di Indonesia ini mengadopsi platform TNGA: GA-C dengan struktur monokok. Platform ini menggantikan struktur ladder on frame pada Kijang sebelumnya. Toyota Kijang Innova Zenix juga beralih menggunakan penggerak roda depan (FWD).

"Hari ini kami hadirkan Kijang baru generasi ketujuh, All New Kijang Innova Zenix, sebagai inovative multipurpose crossover. Dengan desain mewah dan tangguh, spacious, customer-centric dan ramah lingkungan, serta menjadi solusi mobilitas terbaru yang sesuai dengan kebutuhan keluarga modern, milenial dan loyalis Kijang Innova saat ini," kata Wakil Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor Henry Tanoto dalam sambutannya di peluncuran Kijang Innova Zenix di Jakarta, Senin (21/11/2022).

Dari segi desain eksterior, tampang Toyota Kijang Innova Zenix berubah total. Desain Kijang generasi terbaru ini mengadopsi postur tubuh khas crossover.

Di depan, Kijang Innova Zenix menghadirkan desain grille trapezoidal dan lampu LED tipis. Profil desain yang kokoh diwakili lekukan tegas disertai pilar A yang lebih tegak.

Innova Zenix memiliki panjang 4.755 mm dengan wheelbase 2.850 mm sehingga posisi velg lebih dekat ke sudut bumper. Tampilannya makin gagah dengan side body moulding dan rocker body moulding tebal serta velg berukuran besar. Tipe Q HV menggunakan velg alloy 18 inchi, tipe V memakai velg alloy 17 inchi dan tipe G punya velg alloy 16 inchi.

Di belakang, ciri khas crossover tangguh tergambar dari desain bodi yang kokoh, sudut pilar D yang lebih landai, serta diperkuat oleh diffuser dan rear spoiler.

Beralih ke interiornya, Kijang Innova Zenix lebih berkelas dengan sentuhan lapisan kulit sintetis. Mobil ini menggunakan layar MID 7 ichi untuk model Hybrid EV dan 4,2 inchi untuk model bensin. Setir mewahnya terdapat tombol TSS untuk mengoperasikan fitur Toytoa Safety Sense (TSS), display, dan cruise control untuk tipe Q HV.

Innova Zenix tipe Q HV dan V hadir dengan layar audio 10 inchi, dan tipe G menggunakan layar 9 inchi. Terdapat smartphone conectivity, Bluetooth, Wi-Fi, Voice Recognition, dan NFC E-Toll Card Checking. Khusus tipe Q HV ada layar 10 inchi Dual Rear Seat Entertainment with Internet Connection untuk bangku baris kedua.

Fitur-fiturnya cukup lengkap. Ada Electric Parking Brake + Brake Hold (EPB + BH), Start Stop Button + Smart Entry, wireless charger untuk model Q HV, serta 4 USB C slot. Toyota juga menyematkan Digital Auto AC dengan Dual Zone di semua tipe Innova Zenix. Bahkan, khusus Q HV ada captain seat, jok ottoman electric recline, power back door dengan Voice Command untuk membuka bagasi, serta Panoramic View Monitor dan DVR yang bertindak sebagai dashboard camera.

Toyota Kijang Innova Zenix diproduksi di Indonesia. Foto: (Luthfi Anshori/detikOto)
Toyota Kijang Innova Zenix terbaru menggendong mesin TNGA 2.000 cc berkode M20A-FKS Dynamic Force Engine. Mesin berkapasitas 1.987 cc empat silinder dual VVT-i ini menghasilkan tenaga hingga 174 PS pada 6.600 rpm dengan torsi maksimal 204,9 Nm. Kalau dibandingkan pendahulunya, tenaga dan torsi mesin ini lebih besar dari Innova Reborn bensin, sementara dibanding Innova Reborn diesel tenaganya lebih besar tapi torsinya sedikit lebih kecil.

Toyota juga menghadirkan Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid EV. Sistem ini diklaim mengoptimalkan kontrol produksi tenaga pada motor bakar dan motor listrik. Innova Zenix Hybrid EV dibekali mesin TNGA 2.000 cc berkode M20A-FXS bertenaga 152 PS pada 6.000 rpm dengan torsi maksimal 187,3 Nm pada 4.400-5.200 rpm. Ketika melaju, mesin 1.987 empat silinder Dual VVT-i ini diperkuat oleh motor listrik berdaya 113 PS dan torsi 205,9 Nm sehingga menghasilkan tenaga gabungan 186 PS. Artinya, tenaganya meningkat dibanding Innova Reborn bensin (139 PS) maupun diesel (149 PS). Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid EV dibekali baterai hybrid Ni-MH yang dikemas dalam paket compact dan disimpan di bawah kedua jok depan tanpa mengurangi ruang di area kabin.

Seluruh tipe Toyota Kijang Innova Zenix dilengkapi dengan transmisi CVT berkode K120. Transmisi ini mengombinasikan sabuk baja dan gigi transmisi yang dapat memperlebar jangkauan rasio transmisi. Mode Sequential Shiftmatic 10-speed diadopsi untuk memungkinkan perpindahan gigi seperti transmisi manual. Ada juga uphill/downhill shift control untuk melewati rute pegunungan. Khusus tipe Hybrid, ditambahkan mode berkendara EV selain Eco, Normal, dan Power.

Tampilan belakang Toyota Kijang Innova Zenix Foto: (Luthfi Anshori/detikOto)
"All New Kijang Innova menjadi model MPV hybrid EV Toyota pertama yang lahir di Indonesia. Menggunakan platform dan mesin TNGA dengan mengadopsi teknologi hybrid EV generasi 

Varian All New Kijang Innova Zenix

Tipe Hibrid
Mulai dari Rp458.000.000

  • Velg 18" Baru yang Menarik
  • Head Unit 10" Baru dengan Konektivitas Smartphone
  • Pintu Belakang Daya Baru dengan Perintah Suara
  • Kursi Kapten Baru dengan Ottoman
  • Hiburan Kursi Belakang Ganda 10" Baru
  • Platform TNGA Baru

Pilihan Warna

  • Platinum White PearlPlatinum White Pearl
  • Silver MetallicSilver Metallic
  • Gray MetallicGray Metallic
  • Attitude BlackAttitude Black
  • DK. Steel MC (Spot Order*)DK. Steel MC (Spot Order*)

 

Eksterior

  • Tampilan Depan Crossover Baru (All Type)
  • Lampu Kombinasi Belakang Baru (All Q HV & All V Type)
  • Velg 17" Baru (Semua Tipe V)
  • Velg 16" Baru yang Menawan (Semua Tipe G)
  • Headlamp LED Menakjubkan Baru (Semua Tipe G)
  • Lebih Banyak Fitur Eksterior

 

Interior

  • Dasbor Luar Biasa Baru (Tipe Bensin V)
  • Hiburan Kursi Belakang Ganda 10" Baru (Semua Tipe Q HV & Semua V)
  • Kabin Baru yang Mengesankan (Semua Tipe)
  • Head Unit 10" Baru dengan Konektivitas Smartphone (All Q HV & All V Type)
  • Head Unit 9" Baru dengan Konektivitas Smartphone (Semua Tipe G)
  • Panel Instrumen Lampu Iluminasi Baru (Semua Tipe Q HV & Semua V)

 

Keselamatan

Dengan Keamanan Tingkat Lanjut

  • Kontrol Stabilitas Kendaraan (Semua Tipe)
  • Hill Start Assist (Semua Tipe)

 

Performa

Misi Toyota untuk terus membuat "mobil yang lebih baik". Komponen kekuatan inti mobil yang ditingkatkan meningkatkan kinerja kendaraan dan menekankan kepribadian mobil yang menonjolkan fitur unik setiap model

  • Platform TNGA Baru
  • Mesin Bensin Baru

 

Konektifitas

Solusi integrasi yang dapat Anda akses melalui aplikasi mTOYOTA. Memberi Anda kenyamanan, memberikan ketenangan pikiran, dan membuat Anda tetap terhubung dengan mobil Anda

  • Temukan Mobil Saya
  • Geofencing
  • E-Care (Pemeliharaan)
  • Pusat Pertanyaan & Dukungan
  • Pembaruan Mengemudi Perjalanan
  • Bantuan Jalan
  • Pelacakan Kendaraan Dicuri

 

Aksesoris

Suku cadang eksklusif Toyota sebagai pilihan untuk menyesuaikan mobil pilihan

  • Top Grille Ornament Modellista (All Type)
  • Ornamen Cermin Luar (Semua tipe)
  • Side Body Moulding (Bensin V & Tipe G)
  • Pelat Lecet (Semua Tipe)
  • Mudguard (Bensin V & Tipe G)

 

Sumber: Toyota  detikoto

 

--------------

Agar anda tidak ketinggalan informasi terbaru seputar Bisnis, anda bisa join di Channel WA Tenggulangbaru.id dengan KLIK DI SINI. Selain itu Anda dapat menyimak update berita lainnya di tenggulangbaru.id dengan mengakses Google News.

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Advertisement

Advertisement

Komentar

Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:43:18
Saya pingin dapat PIP tahun 2024... selengkapnya
Azriel Maulana Al-Walid
21 Mei 2024 16:40:20
Butuh ... selengkapnya
Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:37
Kemarin:7.485
Total Pengunjung:271.012
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.70.34.147
Browser:Tidak ditemukan